P. 1
BAB 1 Ilmu Kimia, Sejarah, Ruang Lingkup-Www.yushiniswah

BAB 1 Ilmu Kimia, Sejarah, Ruang Lingkup-Www.yushiniswah

|Views: 928|Likes:
Published by Jasa Nita Listiana

More info:

Published by: Jasa Nita Listiana on Jul 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/04/2013

pdf

text

original

http://www.yushiniswah.com/ email : iswahchemunnes07@gmail.

com

BAB I MATERI

A. Pendahuluan Kimia merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari komposisi, struktur, siifat dan reaksi berbagai zat – zat. Kimia mencakup materi tentang berbagai substansi yang berpengaruh dalam dalam kehidupan alam sekitar, mulai dari air yang sederhana hingga molekul – molekul kompleks yang berpengaruh terhadap genetik makhluk hidup. Hasil pembelajaran ini adalah pengembangan teori yang bertujuan untuk menjelaskan sifat – sifat zat baik secara umum maupun secara lebih spesifik. Contohnya teori atom dan teori kinetik. Bagian kedua dari kimia yang tidak bisa dipisahkan adalah pembelajaran tentang sintesis atau pembentukan substansi/zat baru dan identifikasi sifat – sifatnya. Contoh yang termasuk di dalamya adalah pembuatan obat – obatan, seperti aspirin, dan bahan – bahan bermanfaat lainnya seperti nilon dan keramik superkonduktor. Sedangkan bagian ketiga dari kimia terletak pada kegiatan analisis kimiawinya. Misalnya penentuan komposisi suatu sampel mineral, analisis kualtas air minum, dan identifikasi peningkatan penggunaan obat–obatan secara ilegal.

B. Tujuan Khusus Perkuliahan Pada akhir pertemuan, mahasiswa dapat memahami tentang: 1. Kimia sebagai bagian dari ilmu pengetahuan alam 2. Sejarah kimia 3. Perbedaan perubahan kimia dan perubahan fisika 4. Ruang lingkup materi kimia 5. Klasifikasi zat.

C. Sejarah Kimia Kimia telah mengalami perjalanan panjang selama ribuan tahun untuk

memperkenalkan ilmunya kepada dunia seperti sekarang ini. Pada 3500 S.M., bangsa mesir awal telah menguasai teknik memproduksi minuman anggur dan telah menemukan beberapa logam seperti tembaga dan stanum yang diperoleh dengan membakar biji logam dalam api menggunakan koral.

Dia percaya bahwa alam semesta terdiri atas satu jenis atom yang ukuran dan betuknya bervariasi. Pada sekitar 350 S. perhatian beralih dari zat/bahan alam mengarah ke hal yang lebih praktik. arsen.http://www.com Sekitar 1500 S. Kedua disiplin ilmu ini berpusat pada sifat dan sifat dasar zat. seng. Seperti pada ilmu pertanian. Sedang tujuan keduanya adalah untuk menemukan “obat kehidupan” yang dapat memperpanjang usia hidup manusia secara langsung. seng. pengobatan. Meski ada keterbatasan pendekatan para alkimia terhadap ilmu mereka.M. Kaitan ini tetap bertahan secara terpisah karena kehidupan organisme dibentuk oleh zat – zat kimia dan juga karena kehidupan itu sendiri merupakan sistem proses kimia yang saling terhubung dan sangat lengkap.yushiniswah.. Pada masa 500 – 1600 masehi. Pendapat mengenai zat ini mendominasi pemikir – pemikir dunia barat selama 200 tahun sampai terjadi perkembangan dalam ilmu kimia modern. Kimia dan geologi juga memiliki keterkaitan yang dekat.M. Para filsuf yunani. air. termasuk alkohol. Kimia juga merupakan dasar bagi ilmu biologi dan biologi manusia. beberapa zat telah berhasil diproduksi pada masa ini. Kimia juga telah menemukan berbagai aplikasi dalam beberapa disiplin ilmu lainnya. serta asam klorida. teknik mesin. Aristotle menyangkal pemikiran tentang atom tersebut. dan ilmu lingkungan. Bahan yang saat ini disebut sebagai baja ini.. Hasilnya. farmasi. udara dan tanah_ dengan perbandingan yang berbeda – beda.com/ email : iswahchemunnes07@gmail. Hittites menemukan bahwa jika besi dan koral dipanaskan maka akan terbentuk besi yang jauh lebih keras dari sebelumnya. Democritus lah yang mengutarakan keberadaan atom. telah digunakan dalam produksi serangkaian peralatan dan senjata. mempunyai dua tujuan utama. Tujuan pertama adalah untuk menemukan cara mengubah logam – logam seperti besi. D. adalah manusia pertama yang berhasil memahami bahan – bahan alam. Para ahli kimia melakukan berbagai percobaan dengan keras tapi kegiatan mereka tidak didasari dengan pengembangan teori keilmuan. Sesungguhnya. Dia beranggapan bahwa zat terbentuk dari empat elemen_bumi. ilmu astronomi. Kimia yang pada masa itu lebih dikenal sebagai alkimia. banyak dari kegiatan mereka dilakuan secara rahasia dan hasil penemuan mereka tidak menjadi perbincangan umum yang merupakan karakter ilmu pengetahuan saat ini. dan tembaga menjadi emas. Tumpang tindih kimia dengan ilmu – ilmu lainnya . termasuk Democritus dan Aristotle. Ruang Lingkup Kimia Kimia dan fisika terkadang diartikan sebagai ilmu pengetahuan fisik. ilmu kelautan. asam sulfat dan asam nitrat.

Kimia Murni dan Terapan Kimia seringkali dikelompokkan secara artifisial menjadi kimia “murni” dan “terapan”. dan kimia mesin.http://www. pestisida. Sedangkan contoh fenomena yang bukan zat adalah cahaya. hal itu memberikan penjelaskan dua segi penting dalam ilmu kimia. Perkembangan teori atom merupakan salah satu contoh kimia murni. Saat ini kimia mengembangkan kedua cakupan ini. . baja dan udara merupakan contoh zat. kertas. CSIRO (Organisasi Penelitian Industri dan Persemakmuran Ilmiah). Dan penelitian tentang sifat murni juga dapat disamakan mengarah pada terapan – terapan baru dan penting lainnya. tekstil. Institusi Tertiary. air. Meskipun perbedaan ini agk sedikit sewenang-wenang. Luasnya cakupan dan pentingnya kimia industri dapat diukur dengan berdasarkan jangkauan produk dihasilkan oleh industri. Semua benda – benda ini memiliki massa dan membutuhkan ruang. kimia sering disebut sebagai “Ilmu pengetahuan pusat”. Penelitian suatu sifat terapan sering mengarah pada peningkatan pengetahuan kimia. Sedang Kimia “terapan” lebih terpusat kepada pengembangan produk atau proses yang dapat digunakan untuk meningkatkan standar kehidupan manusia. Contoh disiplin ilmu yang baru – baru ini muncul adalah biokimia. murni dann terapan. Keduanya terpusat pada pengembangan pemahaman kita tentang alam sekitar.yushiniswah. yang telah mengakibatkan revolusi di dunia industri pertanian.com/ email : iswahchemunnes07@gmail. logam. Contoh kimia terapan adalah perkembangan zat penyubur tanaman dan pestisida.com telah mengarah kepada perkembangan ilmu – ilmu baru yang telah menjadi disiplin dalam lingkungan mereka sendiri. berbagai pemerintahan instrumental dan beberapa induustri memanfaatkan kimia untuk berperan dalam rangkaian kerja yang luas. Harus ditegaskan bahwa aspek “murni” dan “terapan” dalam kimia saling ketergantungan satu dengan yang lainnya. Termasuk di dalamnya zat penyubur tanaman. geokimia. dan medan magnet. petroleum. Oleh karena aplikasinya dalam berbagai ilmu. astrokimia. plastik. dan lain – lain. Kayu. Kimia “murni” dapat diartikan sebagai pencarian dari pengetahuan kimia untuk kepentingan sendiri. cat. suara. karet. Keberadaan dan Sifat Zat Zat diartikan sebagai segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang (o). pengawet makanan. farmasi. kosmetik. Perkembangan ini merupakan hasil dari penelitian yang bertujuan pada penemuan pengetahuan ilmiah untuk hakekat kepentingannya. E.

3 g cm-3 1063 0C Tidak larut Emas Palsu (Besi pirit) Kuning/emas Logam Keras dan rapuh 5.0 g cm-3 1171 0C Tidak larut Subtansi tersebut memiliki beberapa kesamaan sifat.com Dalam bentuk padatannya. partikel masih terletak berdekatan secara seimbang tetapi tidak terpasang erat dalam posisinya. Kegunaan sifat – sifat tersebut untuk mengidentifikasi subtansi yang diinginkan dapat diilustrasikan dengan membandingkan sifat – sifat emas dan emas palsu. Tabel 1. terpasang erat dengan seimbang dan hanya bergetar di sekitar posisi tertata ini. subtansi tersebut dapat dibedakan kekerasan dan kerapatannya. Oleh karena itu.2 berikut.3. yang memunculkan fakta bahwa besi pirit sering disalahartikan sebagai emas. Selain kesamaan beberapa sifatnya. tidak ada dua subtansi yang sama persis dalam segala hal.yushiniswah. partikel tersebar luas dan hampir bergerak secara bebas satu dengan yang lain. Dalam wujud cair.http://www. Sedangkan pada wujud gas. Difusi juga dapat terjadi secara cepat. partikel tertata rapat. Emas dan emas palsu dapat dibedakan antara sifat fisik dan sifat kimia zat. Pada wujud cair ini.com/ email : iswahchemunnes07@gmail. Meskipun beberapa substansi memiliki sifat yang sama. gas dapat terdispersi melalui wadah apapun gas ini ditempatkan. .2 Sifat Emas dan Emas Palsu Sifat Warna Kekilapan Kekerasan Kerapatan Titik Leleh Kelarutan dalam Air Emas Kuning/emas Logam Halus dan lunak 19. Sifat Fisik dan Kimia Zat Substansi/zat kimia dapat diidentifikasi dengan pengamatan dengan hati – hati terhadap sifat – sifatnya. Gas sangat mudah dimampatkan karena partikel tersebar luas relatif dibandingkan dengan ukuran partikel tersebut. seperti pada tabel 1. partikel dapat bergerak relatif satu terhadap yang lainnya dan inilah alasan mengapa cairan memiliki bentuk yang bbervariasi. Alasan ini juga mendasari terjadinya difusi dalam cairan. Contohnya sifat fisika dan sifat kimia yang ditampilkan pada Tabel 1.

kekerasan. kerapatan. titik leleh. Sifat kimia meliputi perubahan yang terjadi saat suatu zat terdekomposisi atau bereaksi dengan zat lain selama reaksi kimia berlangsung. kekuatan mekanik. dibentuk. Perubahan volume raksa saat dipanaskan adalah salah satu contoh perubahan fisik yang biasanya diterapkan pada termometer. kilauan logam. Sebagai contoh. Contohnya adalah pembakaran bahan bakar dalam mesin mobil serta metana dalam pemanas gas dan kompor. Perubahan Fisik dan Kimia Zat dapat mengalami dua macam perubahan. basa. . konnduktifitas elektrik. warna. zat baru yang terbentuk adalah karbon dioksida dan air.com Tabel 1. konduktor listrik dan termal yang baik. sifat fisik besi di antaranya padatan abu – abu.yushiniswah. Sifat fisika adalah sifat – sifat yang dapat ditentukan tanpa mengubah komposisi kimia zat tersebut. Sedangkan sifat kimianya meliputi: bereaksi perlahan dengan udara lembab membentuk karat. rasa. bereaksi dengan uap asam dan asam encer membentuk gas hidrogen. reaksi spesifik dengan subtansi lainnya.3. konduktifitas termal. titik didih. Perubahan fisik adalah perubahan pada sifat fisik seperti volume atau kerapatan. Sifat Penempaan (kemampuan untuk dipukul menjadi lembaran). dapat dibentuk (kemampuan untuk ditarik menjadi kabel). kelarutan. Contoh Sifat Fisik dan Sifat Kimia Sifat Fisik Bau. asam. Perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan zat baru dengan komposisi dan sifat berbeda dari zat asal. Perubahan fisik terjadi tanpa mengubah komposisi partikel dalam zat. Sifat kimia merupakan sifat – sifat yang berhubungan dengan kemampuan zat tersebut untuk membentuk zat baru. Pada kedua kasus tersebut. jika dibagi dengan sempurna akan terbakar dalam oksigen ketika dipanaskan. perubahan fisik dan kimia. Sifat Kimia Reaksi dengan oksigen. titik leleh yang tinggi (1540 0C).http://www. lunak. Kekilapan. air. atau perubahan wujud seperti perubahan dari padatan ke cair atau dari cair ke gas.com/ email : iswahchemunnes07@gmail. sangat halus dalam kondisi murninya.

. Sebagian besar unsur atau senyawa ditemukan dalam campuran. generalisasi sementara dari hasil observasi. sifat dan reaksi zat. Tiga teknik yang umum dilakukan untuk memisahkan komponen – komponen dari campurannya adalah filtrasi dan kristalisasi. Kimia terpusat pada: a. Campuran Homogen (komposisi seragam dan sifat seluruhnya) Unsur (tidak dapat dipisahkan menjadi zat yang lebih sederhana) Senyawa (dua atau lebih unsur kimia tergabung dalam perbandingan tertentu) Campuran Heterogen (campuran bervariasi dan sifat seluruhnya) Pemisahan Campuran – Metode Pemurnian Zat Sangat sedikit unsur atau senyawa terbentuk di alam dalam keadaan murninya. dan c. Oleh karena zat murni sering dibutuhkan dalam beberapa proses. b. b. Pembentukan/sintesis zat baru dan penelitian mengenai sifat – sifatnya. Penelitian tentang subtansi/zat yang terbentuk di alam sekitar. F. 3. Pengamatan.com Klasifikasi Zat Skema klasifikasi untuk berbagai jenis zat tercantum pada gambar berikut. Klasifikasi Zat Zat (memiliki massa dan membutuhkan ruang) Zat Murni (komposisi tetap) Campuran (komposisi bervariasi) Larutan. diistilasi. Analisis zat untuk menentukan komposisinya. Kimia berhubungan dengan komposisi. Hipotesis. 2. dan kromatografi.com/ email : iswahchemunnes07@gmail. Kimia merupakan ilmu pengetahuan eksperimental yang meliputi hal – hal sebagai berikut. teknik tertentu dibutuhkan untuk memisahkan komponen – komponen dari campurannya.yushiniswah. Rangkuman 1. a.http://www.

4. Unsur. b. c. 10. Senyawa. 11. cair. Subtansi kimia murni dapat diidentifikasi dari sifat – sifatnya. dua atau lebih zat yang tercampur bersama – sama dengan sembarang perbandingan. . pernyataan saksama dari hipotesis yang diterima umum.com c. b. d. Distilasi. bergantung pada komponen – komponen yang memiliki perbedaan kelarutan. Zat adalah segala yang bermassa dan menempati ruang. 7. Zat dapat terdapat dalam wujud padatan. zat yang terdiri atas dua atau lebih unsur yang tergabung secara kimiawi dengan perbandingan tertentu. Perubahan fisik terjadi jika zat mengalami perubahan sifat fisik. 5. Larutan. zat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi zat yang lebih sederhana oleh perubahan kimia.yushiniswah. Hukum . Zat dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori sebagai berikut. Teori atom Dalton merupakan titik awal yang sangat penting dalam perkembangan ilmu kimia. a. hipotesis dan hukum – hukum terkait. dan gas. 12. Teori – penjelasan pengamatan. d. campuran homogen 13. 8. Sifat kimia meliputi perubahan yang terjadi saat zat mengalami dekomposisi atau bereaksi membentuk zat kimia baru. 9. 6.http://www. Campuran.com/ email : iswahchemunnes07@gmail. Kromatografi. c. Kimia modern muncul selama abad ke-17. Filtrasi dan kristalisasi. Campuran dapat dipisahkan dengan proses – proses berikut. bergantung pada komponen – komponen yang memiliki perbedaan titik didih. Sifat fisik adalah sifat – sifat yang dapat ditentukan tanpa mengubah komposisi kimia zat. bergantung pada komponen adhering dengan perbedaan kekuatan dibanding zat inert ketika campuran dilewatkan melalui permukaan. a. Perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan zat baru.

Sesuatu kadang-kadang disebut teori tidak akan pernah dibuktikan tetapi dapat disanggah. Gasolin menguap b. cair dan gas. b. Padatan kristal bening kelihatannya tidak dapat dipisahkan menjadi bagian sederhana menggunakan metode fisika.com/ email : iswahchemunnes07@gmail. Pencernaan makanan f. timbal. Besi tuang dari campuran besi tuang-arang. senyawa. c. Beri komentar singkat pada pernyataan tersebut! 2. Pembentukan kepingan salju 5. Identifikasi masing-masing tiga contoh zat padat. Daftarlah delapan bahan-bahan biasa tetapi berguna dan kelompokkan menjadi unsur. Apa perbedaan pokok antara larutan dan campuran? b.Jelaskan sifat fisika yang membuat masing-masing benda berikut ini berguna.yushiniswah. b. dihasilkan padatan abu-abu dan cairan coklat. senyawa atau campuran? 7. dengan mempertimbangkan apakah padatan putih adalah unsur. cair dan gas. oksigen dan karbon dioksida 4. tembaga. Perak memudar c. Daftarlah perbedaan pokok antara zat padat. Pertanyaan dan Kasus 1. Buah menjadi masak d. Identifikasi bahan-bahan tersebut yang digunakan secara langsung dari alam dan telah melalui beberapa proses. a. Jelaskan sifat kimia yang membuat masing-masing benda berikut ini berguna.http://www. a. Identifikasi masing-masing contoh berikut ini mengalami perubahan fisika atau kimia! a. Sejumlah kecil insektisida dari buah. b. d. alkohol dan helium. Kenapa 2 atau lebih padatan yang larut sulit untuk dipisahkan secara total dengan cara penyaringan atau kristalisasi? 8. 3. 6. Bagaimanapun jika padatan putih dilelehkan dan dialiri arus listrik. besi. Identifikasi. a. gasolin. . Berikan usul bagaimana pemisahan dapat dilakukan! a. Garam larut dalam air e.com G. Oksigen dari udara. larutan atau campuran heterogen. Guala dari larutan gula.

oksigen. a. titik didih rendah Helium = massa ringan. sulit terbakar 4. tidak mudah bereaksi. pengoksidasi yang baik Karbon dioksida = bahan fotosintesis tumbuhan. mudah dibentuk. Gasolin = panas pembakaran tinggi. Gasolin menguap b. Oksigen = mudah bereaksi. helium Contoh Zat Padat Padatan batu. Perak memudar c. Timbal = densitas tinggi. Tembaga = konduktor listrik yang baik. Wujud Jarak Antar Partikel Sangat dekat Bentuk Sesuai dengan benda Menyesuaikan wadah Memenuhi ruang air. Garam larut dalam air (perubahan fisika) (perubahan kimia) (perubahan kimia) (perubahan fisika) . titik leleh rendah Alkohol = mudah menguap.http://www.yushiniswah. minyak. Buah menjadi masak d. titik didih sangat rendah b. Sifat fisika apakah yang yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi masingmasing bahan? Jawaban 1.mudah terbakar. 2. konduktor listrik yang baik. lentur. Tembaga (II) sulfat. raksa oksigen. Teori dapat disanggah oleh teori lain jika teori yang baru tersebut dapat menyempurnakan dan menjawab pertanyaan yang tidak dapat dibuktikan oleh teori yang sebelumnya. hidrogen.com 9. kayu. Besi = mudah ditempa. air. a. meleleh pada suhu yang tinggi. besi dan belerang. Enam botol berisi natrium klorida. kaca Zat Cair Cairan Renggang Zat Gas Gas Sangat Renggang 3.com/ email : iswahchemunnes07@gmail.

Larutan. Melalui beberapa proses) 6. Pembentukan kepingan salju (perubahan kimia) (perubahan fisika) 5.com e. Dapat digunakan langsung) (Unsur. padahal jika garam sudah larut ukuran partikelnya sangat kecil sehingga lolos dari saringan apapun. Melalui beberapa proses) (Senyawa. Besi tuang dari campuran besi tuang-arang (dibakar sampai besi meleleh kemudian dipisahkan dari keraknya yang berupa arang). 7. Campuran heterogen. b. Campuran heterogen.http://www. . Campuran heterogen. b. hal ini menunjukkan terdapat dua zat yang berbeda sifatnya. Dapat digunakan langsung) (Senyawa. Dapat digunakan langsung) (Unsur. Padatan putih tersebut adalah campuran. Larutan hanya 1 fase yang homogen sedang campuran lebih dari 1 fase dan heterogen. Pasir Batu kapur Oksigen Air Madu Karet Kayu Aluminium (Senyawa. Melalui beberapa proses) (Senyawa. Larutan. Gula dari larutan gula (pelarut gula diuapkan sampai yang tersisa hanya padatan gula).yushiniswah. Dapat digunakan langsung) (Senyawa. Dengan penyaringan hanya akan memisahkan partikel yang ukurannya lebih besar dari diameter lubang saringan. Setelah dilelehkan dan dialiri arus listrik terbentuk padatan abu-abu dan cairan coklat. Padatan putih tersebut bukan senyawa karena senyawa tidak dapat dipecah menjadi bagian yang lebih sederhana (unsur-unsurnya) dengan menggunakan metode fisika. Karena bila 2 atau lebih garam yang larut dalam larutannya bersifat homogen. Perbedaan pokok antara larutan dengan campuran adalah fase keduanya. a. sehingga sulit dipisahkan secara total dengan penyaringan dan kristalisasi. Pencernaan makanan f. Cara pemisahan : a.com/ email : iswahchemunnes07@gmail. Kristalisasi bisa memisahkan antara pelarut dan zat terlarut tetapi tidak dapat memisahkan antara kristal garam satu dengan yang lain. 8. Dapat digunakan langsung) (Senyawa. Campuran heterogen.

Tembaga (II) sulfat (kristal garam biru). Pada suhu kamar (25oC) wujud natrium klorida (kristal garam putih).berbau dan berasa). d. Tembaga (II) sulfat.berasa dan berbau). Oksigen dari udara (udara didinginkan sampai cair. air. Sifat fisika yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi natrium klorida. besi dan belerang adalah wujud zat suhu kamar.yushiniswah. bisa campuran beberapa jenis). oksigen (udara tak berwarna.com c. besi (padatan mengkilap dan keras) dan belerang (padatan kuning dan rapuh) .com/ email : iswahchemunnes07@gmail. pada suhu dimana oksigen menjadi cair dibuat wadah untuk menampung oksigen cair lalu dialirkan pada wadah lain yang mampu menahan oksigen) 9.http://www. oksigen. Sejumlah kecil insektisida dari buah (Buah-buahan diblender sesudah dipotong kecil-kecil dalam pelarut ekstraktan (bisa satu jenis senyawa. air (cairan tak berwarna.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->