P. 1
ARTIKEL KESEHATAN

ARTIKEL KESEHATAN

|Views: 22|Likes:
Published by Robai Robert

More info:

Published by: Robai Robert on Jul 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2011

pdf

text

original

ARTIKEL KESEHATAN Cara Melangsikan Tubuh

Ada banyak cara menurunkan berat badan, mulai dari bermacam metode diet, olahraga, operasi sedot lemak, tusuk jarum, sampai minum obat pelangsing. Manakah yang aman dan efektif ? Merujuk pada badan kesehatan dunia, WHO, disebutkan bahwa penurunan berat badan yang baik tidak dapat dilakukan secara instan, tetapi merupakan terapi jangka panjang. Yang dibutuhkan untuk mengurangi berat badan bukan sekadar mengurangi porsi makan, tetapi juga diperlukan bimbingan dari ahli gizi sebelum melakukan perubahan pola makan, disertai aktivitas fisik serta terapi perilaku. Untuk mencari tahu cara pelangsingan mana yang sehat, aman, sekaligus efektif, bacalah uraian berikut sampai tuntas. Sedot lemak Cara membuang lemak yang kini sedang tren adalah operasi liposuction dan tummy-tuck. Operasi ini banyak dipilih karena berat badan bisa turun secara drastis tanpa perlu capek berolahraga dan melakukan diet, hal itu dibuktikan oleh kesaksian seorang artis ternama. Tapi mengapa ya meski lemaknya sudah dibuang, badannya masih juga melar ? Pada dasarnya liposuction adalah operasi untuk mengeluarkan lemak di bawah kulit, dan dilakukan untuk mencapai keserasian bentuk tubuh, bukan untuk menurunkan berat badan. Sedangkan tummy-tuck adalah proses pembuangan jaringan lemak yang berlebih dan kulit di atasnya untuk membentuk tubuh lebih estetis. Lemak yang dikurangi pun tak boleh lebih dari 3-5 kg sekali operasi Menurut dokter spesialis gizi, dr.Johanes Chandrawinata, MND,SpGK, kedua jenis operasi tersebut biasa dilakukan dokter terhadap pasien yang memiliki tubuh bergelambir setelah berat badan tubuhnya susut. Jadi, menurunkan berat dulu baru dioperasi, bukan operasi untuk menurunkan berat karena setelah 3 bulan tubuh akan gemuk kembali. Gastric binding & gastric by-pass Tindakan ini dipilih jika dengan metode pelangsingan apa pun tidak berhasil. Gastric binding adalah pemasangan alat "pengikat lambung" yang menyebabkan kantung lambung lebih kecil sehingga kita tidak akan makan terlalu banyak karena tubuh lebih cepat merasa kenyang. Melalui tindakan ini berat badan dapat berkurang 35-60 persen dalam 12 bulan. Berbeda dengan gastric binding yang bersifat sementara, gastric by-pass bersifat permanen, dokter akan membuat ’jalan’ penghubung antara pangkal lambung dengan usus halus sehingga makanan tidak melalui lambung namun langsung ke usus halus. Dengan gastric by-pass, berat badan dapat dikurangi sampai 80 persen. Untuk melakukan kedua jenis tindakan tersebut, pasien harus berusia di atas 35 tahun. Akunpuntur

Johanes merekomendasikan pola diet yang dilakukan oleh National Weight Control Registry (NWCR) di AS.2 kg selama 6-14 minggu.Johanes. Diet popular Diet popular sering disebut sebagai "Fad Diets". Umumnya para pasien pun berhenti di tengah jalan karena tak kunjung mendapatkan berat ideal yang diharapkan. food combining. memiliki karateristik antara lain . membatasi atau melarang makanan tertentu dan hanya untuk jangka pandang. kurangi bumbu kacang dan kerupuknya. serta serat.Boromeus. siang dan malam) dianjurkan memakan makanan yang bervariasi dalam jumlah seimbang. dan sebagainya". namun dr. Dijelaskan oleh dr. Obat dan suplemen pelangsing Sebelum percaya oleh iming-iming iklan. Bandung ini. dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Menurunkan berat badan secara sehat Meskipun belum ada jawaban pasti diet mana yang paling tepat untuk menurunkan berat badan. lebih memilih nasi putih daripada nasi goreng. tak sedikit obat pelangsing yang hanya mampu mengurangi berat tubuh 1. sebaiknya teliti lebih dahulu kandungan obat-obatan dan suplemen tersebut. diet berdasar golongan darah. setiap waktu makan (pagi. Dari segi ilmu gizi.Johanes menyarankan untuk mengurangi asupan lebih kecil dari porsi biasa. dr.Sampai saat ini metode akunpuntur belum dapat dibuktikan secara ilmiah dapat menurunkan berat badan. makan berdasarkan waktu tertentu. St. Karena kita tidak mungkin mengetahui berapa kalori yang dikandung dalam makanan. mengganggu saluran cerna serta membuat jantung berdebar-debar.sinica atau efedrin karena memiliki efek samping gejala psikiatrik. Badan pengawasan obat dan makanan AS (FDA) bahkan melarang konsumsi suplemen pelangsing yang mengandung kandungan akftif E. biasanya kebutuhan tubuh akan gizi tidak terpenuhi karena kekurangan vitamin. Karena banyaknya larangan untuk memakan jenis makanan tertentu. mayoritas anggota yang terdaftar dalam NWCR melakukan makan . saran dokter yang yang berpraktek di RS. asupan karbohidrat cukup tinggi. misalnya jika makan gado-gado. mayo clinic diet. setara dengan diet redah kalori sebesar 1250/hari pada kurun waktu 0.5 minggu tanpa obat apa pun. NWCR adalah kumpulan data orang (ada 4000 orang) yang telah berhasil menurunkan berat badan lebih dari 13 kg dan tetap bertahan selama lebih dari 5 tahun. zat besi. Karateristik pola makannya adalah rendah lemak (24 persen asupan kalori). rendah kalori (1300-1500 kcal/hari). menganjurkan penggunaan suplemen. menjanjikan penurunan badan yang cepat. Meski menyebutkan mampu menurunkan kadar lemak. "Untuk mengurangi 500 kalori setiap hari mudah kok. karena tubuh membutuhkan berbagai macam zat gizi sekaligus. Yang dapat digolongkan ke dalam fad diets misalnya diet rendah karbohidrat.

Paragraph-paragraph berikut ini akan menguraikan tanggung jawab Pemegang Saham dan Direktur menurut Undang-Undang Perseroan Terbatas yang baru. Beberapa ketentuan mengenai tanggung jawab Pemegang Saham dan Komisaris dalam Undang-Undang yang baru sama pula dengan ketentuan dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 telah menggantikan Undang-Undang No. Walaupun Indonesia digolongkan dalam negeri dengan sistem hukum “Civil Law” yang tidak menganut “Stare Decisis Doctrine” seperti “Common Law”. . yaitu hakim yang belakangan wajib mengikuti putusanputusan hakim terdahulu dalam perkara yang faktanya sama. KOMISARIS. 1 Tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas. Putusan-putusan Pengadilan. yang berasal dari Negeri Belanda dan diperlakukan di Indonesia mulai tahun 1848. sebab bunyi ketentuannya tidak berubah sejak berlakunya Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) dan kemudian digantikan oleh UndangUndang No. Dengan pola makan rendah lemak rendah kalori seperti ini telah terbukti mampu menurunkan berat badan lebih dari 13 kg dan bisa dipertahankan lebih dari 5 tahun. terlihat dari uraian berikut ini perlunya konsistensi putusan hakim di Indonesia untuk menciptakan kepastian hukum. Sebelum tahun 1995. khususnya putusan Mahkamah Agung menjadi penting untuk menjelaskan maksud Undang-Undang dan konsistensi penerapan hukum perusahaan di Indonesia. pengaturan Perseroan Terbatas dimuat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD). memantau berat badan sendiri secara berkala serta melakukan olahraga. Mahkamah Agung dengan putusan-putusannya dapat berfungsi sebagai lembaga yang menciptakan unifikasi. 1 Tahun 1995. DAN DIREKSI Undang-Undang No. menjalankan reformasi. Putusan-putusan Pengadilan pada masa lalu akan melengkapi pula uraian berikut ini karena masih relevan. 1 Tahun 1995. ARTIKEL HUKUM PENGELOLAAN PERUSAHAAN YANG BAIK : TANGGUNG JAWAB PEMEGANG SAHAM. dan melaksanakan pengawasan terhadap Pengadilan di bawahnya.pagi secara rutin.

tidak seorangpun yang dapat menyanggah risiko tersebut. ARTIKEL POLITIK "maka berkat Rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. tidak terjadi perubahan apa-apa. Kita harus berusaha untuk menghindari penggunaan HaPe. Selama 15 menit pertama. peneliti menyimpan sebuah telor di dalam sebuah cangkir porselen (karena mudah untuk menyerap panas). Peneliti kemudian memanggil salah satu HaPe kemudian menyimpannya berhadapan dalam keadaan salurannya tersambungkan untuk jangka waktu beberapa lama. Dalam sebuah percobaan. tidak ada seorangpun mengetahui secara pasti sejauh mana sebuah HaPe dapat membahayakan seseorang.Artikel Sains Merebus Telur dengan HP (HandPhone) Banyak organisasi termasuk industri HP seringkali mengesampingkan akibat radiasi HP kepada otak. Hasil-hasil studi jangka pendek yang dimanfaatkan untuk meyakinkan para konsumen bahwa dengan menggunakan HaPe tidak ada hubungannya dengan kanker atau tumor otak. Anak-anak harus dilarang menggunakan HaPe karena otak mereka masih berkembang dan terutama rawan terhadap radiasi. setelah 25 menit kemudian kulit telor mulai memanas dan setelah 40 menit kemudian permukaan kulit telor menjadi keras dan merekah. Karena itu maafkanlah mereka & mohonkanlah ampunan untuk mereka. Setelah 65 menit telur matang dengan sempurna. Para peneliti menemukan protein yang berupa putih telor menjadi keras meskipun kuning telurnya masih dalam bentuk cairan. Sekiranya engkau bersikap keras & berhati kasar. Meskipun tidak seorangpun telah membuktikan radiasi dari HaPe dapat menyebabkan sesuatu yang secara klinis signifikan. Wajar saja. Lagipula. yang hanya berkembang beerapa dekade setelah terekspose. Media baru Howe Recently melaporkan sebuah studi yang memperlihatkan radiasi HaPe yang penuh dengan energi dapat digunakan untuk memasak telor. dan meletakkan dua buah HaPe yang saling berhadapan dengan telor di dalam cangkir porselen tersebut. dan . Namun. Penelitian memperlihatkan bagaimana menakutkannya radiasi HaPe.

maka bertakwalah kepada Allah. mereka tidak beriman sebelum mereka menjadikan engkau (Muhammad) sebagai Hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan. kemudian. Dan mereka itulah orangorang yang beruntung. yang jadi permasalahannya selanjutnya adalah cara mendapatkan serta mempengaruhi kekuasaan tersebut. Maha Melihat. Allah Maha Mengetahui. dan mencegah dari yang munkar. kritik dan nasehat misalnya) apabila tidak mampu juga. yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antar mereka dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang kami berikan kepada mereka" (Asy-Syura: 38) "wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah. dan jadilah politik sesuatu yang wajib bagi kita. dan mereka menerima dengan sepenuhnya. (sehingga) kemudian tidak ada rasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang engkau berikan. tidak ada cara paling efektif selain berpolitik. Syari'at . malah jika kita hubungkan kepada prinsip-prinsip dasar berpolitik. apabila engkau telah membulatkan tekad. mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. lakukan dengan hati (pada diri sendiri yaitu dengan hati. kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh Allah Maha Mendengar. menyuruh (berbuat) yang makruf. Mahateliti. dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik." (Ali Imran: 104) Ayat-ayat al-Qur'an tersebut adalah bukti dan alasan bahwa bukan suatu pelanggaran jika kita berpolitik praktis. Berlaku adillah. Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan." (An-Nisa':65) "serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. militer misalnya) apabila tidak mampu maka hendaknya ia merubahnya dengan mulutnya (dengan perkataan. Sedangkan usaha tersebut sangat tergantung dengan sarana kekuasaan. Allah maha teliti apa yang kamu kerjakan. sungguh. semuanya menjadi saling menguatkan dengan ayat-ayat al-Qur'an tadi." (Ali Imran: 159) "dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhan dan melaksanakan shalat. dan apabila kamu menetapkan hukum diantara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. sungguh.bermusyawarahlah dengan mereka untuk urusan itu. Sungguh." (An-Nahl: 125) "wahai manusia! Sungguh. Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat Petunjuk. Sungguh. agar tidak mengikuti kemungkaran tersebut juga) dan itu adalah tingkatan iman yang paling rendah.Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa diantara kamu melihat sebuah kemungkaran maka hendaknya ia merubahnya dengan tangannya (kekuasaan yang besar dan bersifat fisik." (Al-Hujurat: 13) "Dan hendaklah diantara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan. Sesungguhnya Tuhanmu. Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya." (An-Nisa': 58) "maka demi Tuhanmu. Pada zaman sekarang dengan keadaan yang tidak terlalu menguntungkan. Sebuah USHUL FIQH yang disepakati mayoritas ulama dan pemikir islam menyebutkan. SEGALA SESUATU YANG MENYEBABKAN SATU KEWAJIBAN (contohnya." (AlMa'idah: 8) "sungguh. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum. Dan bertakwalah kepada Allah.Rendahnya iman ditandai dengan sedikitnya atau tidak ada sama sekali usaha yang dilakukan untuk merubah kemunkaran tadi. (ketika) menjadi saksi dengan adil.

Begitu juga para penganut paham sekular yang mengaku muslim. hanya karena menganggap 'perhiasan' dunia bisa menghalangi dirinya dari jalan Allah. . Memang banyak hasil pemikiran dan diskusi yang berkembang saat ini yang dibedah oleh pemikir-pemikir muslim ekstremis (garis keras) yang cenderung berlebih-lebihan (Ghuluw) dalam menyikapi muslim moderat (pertengahan) lainnya berpolitik. dan konsep zuhud yang benar tidak .. mereka ini beranggapan bahwa agama seharusnya dipisahkan dari politik pemerintahan. dunia harus dipisahkan dengan akhirat dan hukum manusia juga harus dipisahkan dengan hukum tuhan. harta benda didunia ini justru sangat penting untuk berjuang dijalan Allah serta harus dimaksimalkan. manusia dan tuhan hanya memiliki hubungan yang bersifat ruhani saja. Untuk yang satu ini (SUFI/TASAWUF) Muhammad al-Ghazali berkomentar. Jangan lupa juga dengan para penganut aliran SUFI yang malah memisahkan diri dari dunia dan aspek-aspek materi serta kebendaan. MAKA HUKUM SESUATU ITU (Politik) WAJIB JUGA.Islam) TIDAK SEMPURNA KECUALI DENGANNYA (Politik).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->