RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Materi Pokok Alokasi Waktu : Kimia : XI SMK : Larutan elektrolit dan non elektrolit : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : Memahami sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sifat larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data dan hasil percobaan. I. Indikator: 1. Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui percobaan 2. Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya. 3. Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik II. Materi Pembelajaran 1. Ciri-ciri larutan elektrolit dan non elektrolit 2. Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit 3. Jenis larutan berdasarkan kekuatan daya hantar III. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri larutan elektrolit dan non elektrolit 2. Siswa dapat mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit. 3. Siswa dapat mengelompokkan larutan berdasarkan kekuatan daya hantar. IV. Metode Pembelajaran 1.Eksperimen / Demonstrasi 2.Diskusi-Informasi

Ikatan kimia Motivasi : Apa yang akan terjadi jika arus listrik dialirkan ke dalam larutan garam dan larutan gula. o Guru menugaskan siswa membuat laporan praktikum dan membuat lagu tentang larutan. elektrolit kuat dan elektrolit lemah. o Siswa mencatat hasil pengamatan o Siswa mendiskusikan manakah larutan yang tergolong non elektrolit. Langkah Pembelajaran Tahapan Pendahuluan Kegiatan Belajar Mengajar Apersepsi : Guru mengulang pengetahuan tentang 1. o Siswa memeriksa kelengkapan alat dan zat yang Pelaksanaan dibutuhkan untuk percobaan o Setiap kelompok siswa melakukan percobaan LKS o Setiap siswa dalam kelompoknya mengamati apa yang terjadi pada hasil percobaan. lalu siswa disuruh mengelompokkan senyawa-senyawa tersebut atas larutan non elektrolit. Persiapan o Siswa duduk bersama kelompoknya lalu 5’ Waktu 10’ membaca LKS yang sudah diberikan guru sebelumnya. 15’ 60’ .V. o Salah satu kelompok mempresentasikan ke depan Penutup kelas hasil diskusi kelompoknya o Guru memberi pengertian konsep larutan o Guru menulis 10 macam senyawa. elektrolit kuat atau elektrolit lemah. Larutan 2.

cermat dan bekerja keras Merangkai alat-alat percobaan Melaksanakan percobaan dengan cermat dan hati-hati Melakukan pengamatan dengan teliti Mengolah data hasil pengamatan Mendiskusikan hasil percobaan Mempresentasikan hasil percobaan Membuat laporan praktikum Menyimpulkan ciri-ciri larutan elektrolit dan non elektrolit Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit Berdasarkan daya hantar listriknya. Penilaian a. larutan dikelompokkan atas larutan non elektrolit.Jenis tagihan Laporan praktikum Ulangan bab c. elektrolit kuat dan elektrolit lemah.o Siswa mencuci alat-alat yang digunakan VI.aspek penilaian o Kognitif    o Psikomotor        o Afektif    b.Bentuk instrument o o Pilihan ganda Uraian Obyektif Berpartisipasi aktif selama percobaan Berpartisipasi aktif selama diskusi Ketelitian. .

Ganesa Excat 3. 2 dan 5 5 3. lampu menyala . air memberikan muatan listrik kepada zat padat 2. 4 dan A. 1 dan 2 B. Data eksperimen daya hantar listrik beberapa larutan: Larutan 1 2 3 4 5 Pengamatan Nyala lampu terang tidak menyala tidak menyala terang tidak menyala Gelembung gas ada tidak ada ada ada tidak ada Berdasarkan data ekperimen di atas yang merupakan larutan non elektrolit adalah nomor… A. Di bawah ini yang termasuk ke dalam senyawa elektrolit lemah adalah : C. Pilihan ganda 1. dan larutannya dapat mengahantar listrik. Pernyataan yang tepat untuk menerangkan peristiwa ini adalah… A. Suatu zat padat dilarutkan ke dalam air. B.LKS kelas XI SMK VIII. KOH D. zat padat itu dalam air terurai menjadi ionnya D.Buku Kimia Kelas XI SMK. Essis 2. 3 dan 4 E. Bentuk Instrumen a. H2SO4 C.VII. air dapat menghantar listrik jika ada zat terlarut di dalamnya B. zat padat itu dalam air terurai menjadi molekulnya E.Buku Kimia Kelas XI SMK. HF CH3COOH 4. Manakah di antara larutan di bawah ini yang dengan alat uji elektrolit. 1 dan 3 D. air dapat terionisasi jika mengandung zat terlarut C. HNO3 E. Buku Sumber 1.

Senyawa kovalen jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion-ion bermuatan Larutan Cuka memiliki daya hantar listrik yang mampu membentuk gelembung gas dan nyala lampu redup. NaOH C. Elektrolit lemah c. Pada konsentrasi yang sama larutan HCl akan menghantarkan arus listrik lebih baik b. Urea c. B. sabun b. 2. kecuali: A. Berapa harga derajat ionisasi ( ∞ ) dari larutan a. Air murni . Bagaimana daya hantar listrik dari : a. NaCl c. Elektrolit kuat b. Non elektrolit d. C.paling terang! A. C6H12O6 D. B. H2O Di bawah ini merupakan pernyataan yang benar . CH3COOH E. Leburan senyawa ionic b. Larutan senyawa ionic c. Larutan senyawa kovalen polar 5. Amonia 3. HF 5. E. KBr 4. Larutan HCl mengandung ion-ion bermuatan Urea merupakan senyawa ion yang dapat menghantarkan arus listrik dari larutan CH3 COOH D. Air aki e. HCl b. Soal Essay 1. Jelaskanlah pengertian larutan elektrolit dan non elektrolit. Tuliskan reaksi ionisasi dari : a. a. Kelompokkan larutan berikut kedalam larutan elektrolit kuat. elektrolit lemah dan non elektrolit.

Kunci Jawaban a. B Penskoran : Setiap jawaban benar diberi nilai 2 Skor maksimal Pilihan ganda : 10 b. sedangkan larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik karena dalam larutan tidak terdapat ion-ion. Leburan senyawa ionik Daya hantar listriknya lebih kuat ( skor 1) Larutan senyawa ionik daya hantar listriknya kuat (skor 1) Larutan senyawa kovalen daya hantar listriknya lebih lemah dari larutan senyawa ionik. D 4. karena dalam larutan terdapat ion-ion yang bebas bergerak.( skor 1) 5. Yang termasuk larutan elektrolit kuat adalah : air aki ( skor1) Yang termasuk elektrolit lemah adalah : sabun. ( skor 2 ) 2.( skor 1) c. NaCl → Na+ + Cl.( skor 1) b. Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. a. B 3. Pilihan Ganda 1. HCl → H+ + Cl. amonia ( skor 1 ) Larutan non elektrolit adalah 3. Larutan elektrolit kuat : nilai alfa = 1 (skor 1) : Air murni dan urea ( skor 1 ) . a.(skor 1 ) 4. B 5. Essay 1. C 2. KBr → K+ + Cl.

S. Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Emah Setianah. Juli 2010 Mengetahui. Larutan non elektrolit nilai alfa = 0 (skor 1 ) Jumlah Skor Maksimal adalah : 20 Skor perolehan PG dan essay Skor siswa = Skor maksimal Pg dan Essay x 100 % Sawangan.E Dede Sulaeman .b. Larutan elektrolit lemah : nilai alfa = <1 (skor 1) c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful