1. Ikhlas ketika melakukan amal sholeh lebih mudah daripada menjaga keikhlasan setelahnya.

Karena syetan selalu berusaha agar kita mengungkit amalan tsb. 2. Dalam hidup, tak selalu kita memperoleh apa yang kita inginkan. Tapi yakinlah bahwa Allah memberikan apa yang kita butuhkan lebih daripada yang kita inginkan. 3. Waktu itu hanya ada 3: yang lalu jadikan pelajaran, yang kini jadikan peluang & yang akan dating boleh jadi milik orang lain. Jangan terpedaya oleh hari esok. 4. Zikir adalah mengingat Allah. Siapa mengingat Alloh, maka Allah juga akan selalu mengingatnya. 5. Hitunglah dirimu sebelum Allah menghitung di hari akhir. Berapa banyak amal & dosa yang telah kau perbuat. Segera lakukan perbaikan selama masih ada waktu. 6. Hati/Qolbu artinya bolak-balik & berarti hati kita mudah terbolak-balik. Maka HATI ini harus senantiasa dijaga & dirawat dengan menghadiri majelis ilmu. 7. Selalu ingat ALLAH dengan Zikir. Zikirlah dimana saja, kapan saja, saat berjalan, duduk/ berbaring. 8. Perkataan itu dapat menembus apa saja. Sekecil apapun bisa jadi menyakitkan. Maka berhati-hatilah dengan setiap kata yang kau lontarkan. 9. Siapa yang ingin berbincang-bincang dengan Allah, hendaklah ia Sholat. Siapa yang ingin Allah berbicara dengannya, hendaklah ia membaca Al Qur·an. 10. Ketika bertemu orang yang pernah mengkhianatimu, berikan senyummu. Karena dialah, engkau menyadari bahwa hidup ini tak mudah & engkau jadi lebih kuat. 11. Mata yang tidak akan tersentuh api neraka salah satunya adalah mata yang menangis karena merasa takut kepada Allah. 12. Doa ibarat sebuah pintu, yang akan terbuka bila ada yang mengetuknya. Teruslah berdoa, agar pintu senantiasa terbuka.

Allah mengaruniai 2 teling & 1 mulut. 17. Suami istri adalah pakaian bagi pasangannya. Tapi berterima kasih ketika DIHINA itu luar biasa. Padahal karunia Allah sungguh luas. Pandangan manusia terbatas & tidak pernah puas karena selalu memandang ke atas. BERSABARLAH. hikmahnya: mendengarlah 2x lebih banyak daripada berbicara. tapi teman sejati yang menemani hingga ke liang kubur adalah amalan kita. Bila kehendakNya sesuai dengan keinginanmu. 22. saling menutupi satu sama lain. Teman di dunia bisa datang & pergi seiring waktu. 23. BERSYUKURLAH. kalau ia bisa. sehingga Dia menyederhanakan bilangan sholat. Ketika merasa berat menahan hawa nafsu. 15. mengapa kita tidak? 18. Bagaimana mungkin berharap Allah mengingatmu sebagai orang yang mencintaiNya. saling melengkapi. Setiap peristiwa pastilah semata-mata menurut kehendak Allah SWT. ingatlah. bila engkau belum meninggalkan apa2 yang dibenciNya. agar kalian terhormat. jadikan kerendahan hati sebagai jalanmu. Allah pun mengetahui kebutuhanmu sehingga Dia melipatgandakan pahalanya. 20. Allah mengetahui kelemahanmu.13. Karnanya. Mengapa manusia tidak mau bersyukur? 19. Tutupilah aib pasanganmu. 14. Berterima kasih ketika DIPUJI itu biasa. . Iri yang diperbolehkan diantaranya iri kepada orang kaya yang rajin bersedekah. perbaiki amalmu. Bila tidak. 21. Lihatlah mentari akan mengangkat embun kembali ke langit setelah turun ke bumi. Jika ingin mencapai kemuliaan. 16. bahwa menahan siksa api neraka jauh lebih berat.

Kurang ikhlas membuat seseorang ketika dapat kenikmatan dunia merasakan kesenangan semu.24. Sabar itu bagaikan perjalanan panjang dalam lorong yang gelap. Semua hal yang kita ´milikiµ hanyalah titipan Allah yang menemani kita menunggu kematian. Sering kita menuntut doa segera dikabulkan dan menghujat bila doa tak terkabul. Orang yang pesimis suka melihat kesempitan dibalik kesempatan. tabah dalam kesulitan. Muslim sejati itu selalu tampak santai saat sibuk. seribu kali lebih baik daripada sejuta mutiara di lautan. Kemampuan tersebut tergantung keimanan kita yang naik turun. senyum dalam kesedihan . Betapa sering manusia meremehkan satu sama lain. 28. karena merasa dirinya yang paling bahagia. Selalu perlakukan setiap orang dengan kebaikan hati dan rasa hormat meski mereka telah berlaku buruk kepadamu. yang diikuti ketakutan & khawatir akan hilangnya nikmat itu. Setetes air mata yang jatuh karena keinsyafan. Suatu hari nanti mereka juga akan kembali kepada Allah. 29. 34. rebutlah ridho mereka. Padahal Allah Maha Tahu apa yang terbaik bagi kita. pasti ia akan menangis dan sibuk mempersiapkan diri menyambut kematian. Berhati-hatilah ketika bahagia sedang menyelimuti diri. 25. tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dibalik kesempitan. 35. namun di ujungnya ada secercah cahaya indah. 26. Yang terbatas adalah kemampuan kita dalam bersabar. optimis di depan tantangan. 32. Seandainya manusia tahu apa yang akan terjadi nanti di kehidupan akhirat. 27. 31. tenang dibawah tekanan. 30. . Hidupmu ingin berkah? Ketahuilah Ridho dan murka Allah tergantung kepada keridhaan dan kemurkaan orang tuamu. 33. Kesabaran itu tidak ada batasnya.

taubat penawanya. agar namamu kelak tetap disebut meski telah tiada. agar penyakit itu tidak kambuh lagi. 40. sedangkan umur yang hilang kita bergembira? Perbanyaklah bekal tuk akhirat sebelum umur kita hilang dan habis.36. dan cacian tak membuat amalanmu berhenti. Ikhlas itu adalah. Dipuji atau dicaci tetap saja beramalhanya karena Allah swt. akhlak & karya bermanfaat. 39. . 38. Jika dosa itu penyakit maka istighfar obatnya. 37. Panjangkanlah umur dengan ilmu. ketika pujian tak membuat amalanmu bertambah karenanya. Mengapa ketika harta hilang kita menangis. Nikmati kerendahan di saat ruku· dan kedekatan dengan Allah di saat sujudmu. Maka kau akan meresakan khusyu· dalam sholatmu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful