BAB II PEMBAHASAN A.

PERBEDAAN MW 2007 DAN MW 2010
Bagi yang terbiasa menggunakan Microsoft Office 2003, mungkin akan sedikit kesulitan ketika menggunakan Office 2007, atau lebih lagi ketika menggunakan Microsoft Office 2010. Ada banyak perubahan yang dilakukan Microsoft sebagai pengembang aplikasi Office yang dimaksudkan agar setiap penggunanya dapat memanfaatkan fitur-fitur baru dan beberapa fitur lama yang lebih disempurnakan. Perbedaan yang paling menonjol diantara kedua versi tersebut bisa dilihat dari segi tampilan, layout dan tata letak dari menu. Perubahan itu nyatanya malah membuat orang jadi bingung karena harus meluangkan waktu lagi agar bisa beradaptasi dengan tampilan yang baru. Karena bingung dengan tampilan baru, beberapa orang lebih memilih untuk menguninstall kembali Office 2007, kemudian kembali menggunakan versi lama yaitu Office 2003. Menginstall software lama juga bukan merupakan solusi terbaik mengingat anda mungkin akan sering bertukar file dengan orang lain yang menggunakan Office 2007. 2

Bisa dipastikan, data word, excel, access, power point teman anda tidak akan terbaca karena anda masih menggunakan Microsoft Office 2003.Dibawah ini beberapa perbedaan antara MW 2007 dan MW 2010 1. Lebih Cepat Microsoft Office 2010 di claim lebih cepat start-upnya dibandingkan 2007. Selain lebih cepat Office 2010 terbagi menjadi aplikasi 64 bit (x64) dan 32 bit (x86). Jadi kalau kalian ingin pakai Ms Ofice 2010 disarankan untuk melihat dulu jenis OS yang dipakai di komputer agar performa komputer lebih cepat saat menjalankan program. Untuk performa saat dijalankan saya nggak begitu merasakan berat, karena saya menginstall program ini di komputer yang cukup mumpuni performanya. <– tunggu reviewnya ya! 2. Ribon lebih simple Salah satu perbedaan yang sangat berarti adalah dengan adanya Ribbon yang lebih canggih dengan menu tipis yang cukup menawan. Sejak Microsoft 2007, sudah meninggalkan pilihan menu, begitu juga dengan Office 2010. Dibandingkan tampilan ribon di 2007, menurut saya ribon di 2010 lebih simple dan enak dilihat. Sebetulnya hampir sama persis, namun pada setiap tomboltombol di ribon tidak diberi kotak atau separator sehingga terlihat lebih lenggang dan lebih mudah dicari tombol-tombol yang kita inginkan. 3

Kelebihan menu Ribbon ini adalah bahwa masing-masing menu dapat diakses dengan satu kali klik dan tidak perlu harus keluar masuk menu untuk menemukan fasilitas yang diperlukan. Dengan menu Ribbon ini pemakai tidak lagi direpotkan dengan berbagai menu dan sub menu yang ada dalam suatu aplikasi. Ribbon adalah suatu cara baru untuk mengelompokkan menu dalam toolbar. Office 2010 juga disertai Office Communicator 2007 R2 baru yang terintegrasi dalam Outlook 2010. Selain dengan mengklik menu pemakai bisa juga dengan menekan tombol CTRL dan F1 secara bersamaan.Ribbon yang ada di Office 2010 merupakan fasilitas canggih yang tidak dimiliki oleh aplikasi manapun untuk saat ini. Selain dengan ikon baru. Begitu juga untuk menampilkan kembali menu-menu tersebut klik dua kali di salah satu menu untuk menampilkan kembali ikon-ikon yang ada. Selain itu fasilitas Ribbon ini bisa ditampilkan atau disembunyikan sesuai selera dengan menekan atau mengklik dua kali di tab menu mana saja untuk menyembunyikanya. Dengan fasilitas ini pemakai tidak lagi direpotkan dengan bermacam-macam menu berbasis teks karena menu-menu dikelompokkan pada toolbar berupa ikonikon cantik dan canggih. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyinkronisasikan Windows Live dan situs jejaring sosial lainnya dalam Ribbon office 2007 (atas) dan 2010 (bawah) 4 .

disini juga dapat kita temukan dengan mengklik tombol file. justru malah ribet karena ada pilihan pilihan menu yang tidak begitu penting dipaparkan seperti permisions dan info yang nggak begitu berguna buat saya. Di aplikasi office selain word. 5 . Application Menu Di MS Office 2007 kita menemukan application menu yang simple saat meng-klik logo ofice di pojok kiri. Habis itu ketika memakai berkali-kali. Misalkan pada excel berwarna hijau dan power point orange kecoklatan. Hanya saja tampilannya lebih menarik bila dibandingkan dengan 2007 yang simpel. menu ini disesuaikan warnanya dengan themes.3. Dengan tampilnya application menu yang lebih atraktif saya kagum pada pemakaian pertama. menu yang atraktif ini buat saya nyaris nggak ada gunanya. Tapi menurut saya dari fungsibilitas saya kurang suka.

pastel dan cat minyak (oil paintings). Smart art yang lebih editable dan beragam . Artistic Effects pada image Sepert Photoshop. 6 Artistic effects pada ms Word 5.Application Menu Office 2010 4. fitur yang satu ini jadi salah satu point selling penting ms Office 2010. Office 2010 juga punya alat penghilang background gambar (Remove Background tool) nah. maosaic dan kaca bergelombang (rippled glass). kini di office pun bisa menggunakan filter artistic effects pada image yang kita gunakan di ms Word. Di dalam ribon picture tools (format) kita bisa memilih 23 effects artistik yang dapat digunakan pada image seperti sketsa lukisan pensil (pencil sketches). Nggak hanya sampai disitu aja.

7 Dan hebatnya lagi kita bisa menaruh video kita ini pada frame 3 dimensi. dan yang paling mengesankan kita bisa menaruh kode embed code youtube pada persentasi kita. Fitur video yang lebih maksimal pada Power Point Pada power point kita bisa memasukan video HD dengan format movie file yang lebih banyak dibandingkan office 2007. 6. Menaruh Frame 3D pada Video di MS Office Power Point . Kini di Office 2010 fitur smart art memiliki lebih banyak diagram dan lebih banyak opsi untuk diedit. Keren bukan? buat kalian yang suka persentasi wajib nih pakai ms Office 2010. Kekurangannya ketika menaruh kode embed youtube kita harus online saat memutar video tersebut di persentasi. smart art akan membantu mempercantik bentuk persentasi anda. Disini kita juga bisa menambahkan filter pada video kita dengan mudah.Kita bisa menemukan smart art di Office 2007. Namun bagi yans suka dengan persentasi menggunakan MS Power point.

8 1.Screen layout MW 2007 9 . Gambar.

B. 10 .diantaranya adalah fungsi dari aplikasi word tersebut yaitu untuk pengolahan kata dan digunakan untuk berbagai keperluan dalam menulis dokumen.PERSAMAAN MW 2007 DAN 2010 Ada beberapa kesamaan antara microsoft word 2007 dengan micrososft word 2010.berikut gambar tampilan area kerja microsoft word 2007 dengan microsoft word 2010 dan beberapa menu bar yg memiliki fungsi yang sama.

dan View Toolbar. Ribbon. Menu Bar. Selain menulis dokumen. novel. skripsi. Secara default tampilan area kerja program MS Word 2007 terdiri atas Title Bar. maupun yang lainnya. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis. menulis teks dengan kreasi. menyisipkan gambar. Office Button. Tampilan area kerja dapat dilihat pada Gambar 1 . MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel. Status Bar.1. Microsoft Word 2007 Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Quick Access Toolbar.dan sebagainya. Ruler.

yaitu tombol Minimize. Maximize/Restore. atau menyembunyikan jendela program. 12 . dan sebagainya. menyimpan dokumen (Save).1 tampilan area kerja MS word 2007 Title Bar berisi nama file yang sedang dikerjakan. dan Close.11 Gambar. dan menutup program. membuka dokumen (Open). serta tombol menampilkan. Office Button berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti membuat dokumen baru (New). mencetak dokumen (Print).

yaitu di atas dokumen. dan Editing yang didalamnya berisi perintah-perintah sesuai kategorinya. Status Bar adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan. Sebagai contoh. tool tool Save Openmerupakan shortcut dari Office Button>Open. atau merupakanshortcut dari Office Button>Save. Font. Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal. pada menu Home terdapat submenu Clipboard. Menu Bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. dan secara vertikal. Sebagai contoh. 13 . antara lain. Paragraph. Styles. yaitu di sebelah kiri dokumen.Quick Access Toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan. Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar. Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.

Outlook). Ini pertama kali dirilis pada tahun 1983 dengan nama Multi-tool Word untuk system Xenix. AT & T unik PC (1985). Ini adalah komponen dari system Microsoft Office. Versi berikutnya kemudian ditulis untuk beberapa Platform termasuk PC IBM untuk menjalankan DOS (1983).2. melainkan juga dijual sebagai produk mandiri dan termasuk dalam Microsoft Work Suite. Atari ST (1986). membuat tabel pada dokumen. dan Microsoft Windows (1989). OS / 2.MICROSOFT WORD 2010 Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata (Word Processor) yang akan membantu Anda mulai dari membuat surat. membuat laporan pekerjaan. Microsoft Word merupakan bagian dari paket Microsoft Office (Excell. membuat halaman web dan masih banyak lagi dokumen bisnis serta dokumen pribadi yang dapat dikerjakan. Progam pengolah katanon bebas komersial ini dirancang oleh Microsoft. Apple Macintosh (1984). mengirim fax. membuat dokumen berbentuk surat kabar. SCOUNIX. Access. Versi saat ini adalah Microsoft Word 2010 untuk Windows dan 2011 untuk Mac. 14 . Power Point.

Tampilan area kerja dapat pada gambar berikut: 15 Tampilan area kerja microsoft word 2010 . References Review ataupun View. Office Button. dan View Toolbar. Insert. Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Ruler. menulis teks dengan kreasi. MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel. Mulai dari Home. Page Layout. maupun yang lainnya.bagi pengguna Microsoft Word XP atau Office 2007 mungkin sedikit bingung jika suatu saat harus menggunakan Office 2010 karena file yang harus dibuka menggunakan format . Ribbon. menyisipkan gambar. Quick Access Toolbar. Menu Bar. Secara default tampilan area kerja program Microsoft Word 2010 terdiri atas dari Bar. Status Bar. Selain menulis dokumen.docx. Microsoft Office 2010 sebenarnya dirancang untuk memudahkan user.

tool Open merupakan Shortcut dari Office Button > Open. . Sebagai contoh.16 Keterangan : • Quick Access Toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan. atau tool Save merupakan Shortcut dari Office Button > Save.

paragraf. • Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal. • Status Bar adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan. dan secara vertikal. yaitu di atas dokumen. Styles. setelah terbuka klik pada Icon logo microsoft office yang bulat besar pada pojok kiri atas jendela microsoft office. perhatian bagian bawah menu yang tampil. huruf (tanpa spasi). Sebagai contoh. huruf (dengan spasi). Paragraph. kata. Font. antara lain. dan Editing yang didalamnya berisi perintah-perintah sesuai kategorinya. o o Page: menampilkan informasi halaman Words: Menampilkan jumlah halaman. ada . misalnya adalah microsoft 2007 / 2010. Rulerberfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman. • Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar. bukalah salah satu program atau aplikasi microsoft office 2007 / 2010.• Menu Bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. yaitu di sebelah kiri dokumen.Untuk menampilkan menu setting – options pada microsoft office 2007 atau 2010. 17 Persamaan antara mw 2007 dan mw 2010 yang lainnya adalah cara menampilkan menu setting-optionsnya. pada menu Home terdapat submenu Clipboard. dan baris.

sesaat kemudian akan tampil setting options pada microsft word 2007. 18 Persamaan antara MW 2007 dan 2010 yang sangat jelas adalah merupakan aplikasi untuk mengolah kata. klik pada tombol itu. 19 .tompol Word Options.

sehingga kita semua dapat memahami dan mengetahui tentang perbedaan Microsoft word 2007 dan Microsoft word 2010 yang kita gunakan.karena atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat menyelesaikan tugas makalah mata kuliah’’PENGANTAR KOMPUTER’’ yang berjudul’’PERBEDAAN DAN PERSAMAAN MICROSOFT WORD 2007 DAN MICROSOFT WORD 2010’’. Adapun tujuan dari penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas kelompok pada mata kuliah pengantar computer. Kami sebagai penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan.KATA PENGANTAR Puji dan syukur kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.Untuk itu kami sangat mengharapkan .

Namun yang akan kita bahas dalam makalah ini adalah program aplikasi Microsoft word 2007 dan 2010. 30 Mei 2011 Penulis i BAB I PENDAHULUAN A.Kita sering menggunakan aplikasi ini untuk membantu kita dalam menyalesaikan . Dumai.dan lain-lainnya.Microsoft exel.seperti Microsoft word.perhatian kepada pembaca dan dosen yang bersangkutan agar makalah ini dapat bermanfaat dan diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.Microsoft powerpoint dan lain-lain.mengedit data.dan mengenai persamaan dan perbedaannya.LATAR BELAKANG Komputer adalah alat untuk membantu kita dalam beberapa pekerjaan seperti mengolah data.amiiiin.Ada beberapa aplikasi pada computer yang kita butuhkan untuk melakukan pekerjaan kita.membuat makalah.

Meski memiliki perbedaan tetap saja fungsi dari kedua aplikasi ini adalah untuk peengolahan kata.KESIMPULAN Microsoft word merupakan aplikasi pengolahan kata yang dapat kita gunakan untuk membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan kita.pekerjan kita.Microsoft word selalu berganti-ganti setiap tahunnya. B.sehingga kita dapat membandingkan dan memilih yang mana yang akan kita gunakan.TUJUAN PENULISAN Adapun tujuan dari penulisan makalah ini agar kita semua dapat mengetahui perbedaan dan persamaan dari Microsoft word 2007 dan Microsoft word 2010.diantaranya adalah Microsoft word 2007 dan Microsoft word 2010 yang memiliki persamaan dan perbedaan tersendiri.semoga dengan adanya makalah ini kita dapat mengetahui perberdaan dan persamaan dari kedua aplikasi ini. 1 BAB III PENUTUP A.khususnya dalam pengolahan kata. .

com/2010/11/perbedaan-microsoft-office2007-dan.dan mengetahui perbedaan dan persamaan dari Microsoft word 2007 dan Microsoft word 2010.answers.yahoo.Atas perhatian dari pembaca sekalian kami mengucapkan terima kasih. 20 DAFTAR PUSTAKA Google: 1. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan makalah ini.SARAN Sebagai penulis kami mengharapkan kepada pembaca dan dosen yanag bersangkutan agar dapat memahami dan mengerti.com/office/2010/en/default.kami sebagai penulis sangat mengharapkan kritik dan sarannya.blogspot.agar kami dapat lebih teliti dan berhati-hati dalam pembuaatan makalah selanjutnya.html 4.html . http://www. http://silid-info.asp 3.org/p/perbedaan-microsoft-word-2007-dengan2010.belawan.http://id.microsoft.B. http://www.com/question/index?qid=20100209163451AAgxNpm 2.

......... Daftar isi …………………………………………………...... ............................................................21 DAFTAR ISI Kata Pengantar …………………………………………..... 1 A..............…... i ii Bab I Pendahuluan .......Latar Belakang…………………………..............

........ 1 Bab II Pembahasan .......... ..................................................Perbedaan MW 2007 dan MW 2010......Persamaan MW 2007 and MW 2010.......................................................................................1 B..... 20 A. 2 B............................................................................... 10 Bab III Penutup...................Kesimpulan...............Tujuan Penulisan................ 2 A..................................

................... 20 Daftar Pustaka....SYAHRUDIN ................Saran..................SAHRUL ANUAR 2. 21 ii PENGANTAR KOMPUTER PERBEDAAAN DAN PERSAMAAN MICROSOFT WORD 2007 DAN MICROSOFT WORD 2010 DISUSUN OLEH: 1.....................................................20 B..............................................

KOM.KOM SEKOLAH TIINGGI ILMU ADMINISTRASI(STIA) LANCANG KUNING DUMAI T.DOSEN PEMBIMBING:ELISAWATI.A.S.M.2010/2011 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful