MANAGEMEN KEORGANISASIAN OSIS MTs MAMBAUL ULUM SIMOREJO A.

Pengertian Managemen Kata managemen berasal dari bahasa Inggris “ managemen” diambil dari kata kerja “ To Manage “, yang artinya mengemudikan, mengendalikan, mengurus, menjalankan, membina dan memimpin. 1. 2. Dengan demikian secara ethimologis ( segi bahasanya ), kata “ manage “ diartikan sebagai : House Keeping, yang berarti rumah tangga To direct and control, yang berarti memimpin dan mengawasi

Berdasarkan uraian di atas, management diartikan sebagai the actor art to managing conduct, direction and control ( sebagai tindakan atau seni pengurusan, pengaturan, pengarahan dan pengawasan ). B. Fungsi Managemen Managemen pada dasarnya berpungsi untuk melaksanakan kegiatan - kegiatan dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditentukan ter;lebih dahulu. Dalam proses pelaksanaanya, managemen mempunyai tugas tugas tertentu yang mutlak harus dilaksanakan supaya tujuan tersebut dapat tercapai dengan efektif dan efesien. Fungsi management ada empat macam : 1. Planning 2. Organizing 3. Actuating 4. Controlling PLANNING ( Perencanaan ) Perencanaan dapat didefinisikan sebagi persiapan penentuan penentuan terlebih dahulu tentang apa yang akan dikerjakan kemudian, atau merupakan fungsi penentu tentang apa yang kan dilaksanakan dalam batas waktu tertentu, biaya dan fasilitas tertentu untuk mencapai hasil yang ditentukan. Pentingnya dari perencanaan adalah untuk memudahkan tugas tugas seorang manager dalam melaksanakan pekerjaan yang akan kita lakukan, dengan menggunakan dasar dasar kalimat ( What, Why, Who, When, Where, How ) Contoh : OSIS merencanakan peringatan Maulid Nabi, sebelum dilaksanakan rencana tersebut, maka OSIS harus membuat rencana terlebih dahulu, misalnya : - Tujuan apa yang dicapai dalam peringatan tersebut ( What ? - Mengapa hal tersebut harus dilakukan ( Why ) - Oleh siapa rencana tersebut akan dilaksanakan ( Who ) - Kapan akan dilaksanakan maulid Nabi ( When ) - Dimanakah tempat pelaksanaanya ( Where ) - Dengan cara bagaimana dan dengan alat - alat apa yang diperlukan untuk merealisasikannya ( How) ORGANIZING ( pegorganisasian ) Organizing atau pengorganisasian berasal dari kata organism berarti menciptakan suatu kerangka atau struktur kerja yang tersusun rapi, sehingga setiap bagian akan merupakan satu kesatuan dan bersifat saling mempengaruhi. Dengan kata lain organisasi bisa juga disebut penyusunan tugas kerja dan tanggungjawabnya. Sedang mengorganisasikan adalah menghimpun beberapa orang yang telah sepakat bekerja sama untuk melakukan kegiatan bersama sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing -masing agar tercapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya. 1. 2. 3. 4. 5. Dalam pengorganisasian dapat kita lihat ciri ciri organisasi, yaitu : Terdapat sekelompok orang yang saling mengenal Mereka melakukan kegiatan yang berbeda beda, tetapi saling berkaitan dan merupakan satu kesatuan usaha. Tiap anggota berusaha untuk saling menyumbangkan tenaganya, hasi karyanya, hasil usahanya dan sebagainya. Dalam kegiatan kerjasama tersebut setiap orang mempunyai wewenag dan tanggungjawab, terkoordinasikan dan ada yang mengawasi. Hanya ada satu tujuan yang hendak mereka capai bersama.

Bidang Berorganissi. Sekretaris bidang. C. Mempermudah pelaksanan tugas dan pengawasan oleh pihak atasan C. Bidang Kepribadian dan Budi Pekerti luhur e. Bidang Kehidupan Berbangsa dan Bernegara c.masing seorang untuk: a. tanpa menunggu perintah atasan. terdiri dari 2 orang setiap kelas c. Bidang Pendidikan Pendahuluan Bela Negara d.Pentingnya pengorganisasian tersebut antara lain : A. terdiri dari: 1. Sasaran Penggerakan adalah guna memperoleh data sejauh mana kerelaan dan semangat kerja anggota dalam menyelesaikan tugasnya dengan penuh rasa tanggungjawab. Pengurus OSIS. Majelis Perwakilan Kelas. organisasi dan personalia ada. terdiri dari : 1. Ketua dan dibantu oleh 2 orang wakil ketua 2. masing . supaya dapat merealisasi tujuan. Seorang sekretaris dan dibantu 2 orang wakil sekretaris 3. Mempermudah pertanggungjawabannya terhadap pekerjaan yang dilimpahkan kepada para anggota / bawahan D. Mencegah kegiatan kegiatan ganda ( bertumpuk ). Bidang Keterampilan dan Kewiraswastaan g. STRUKTUR ORGANISASI a. dilingkungan perguruan. Kepala Sekolah 2. Bidang Persepsi. . Memberikan kepastian kerja yang harus dilakukan oleh para pegawai. Pembina. Bidang Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi h. Guru / Tenaga kependidikan sedikitnya 5 orang guru. Agar kegiatan dapat selesai secara efektif dan efesien sesuai rencana B. Setiap siswa tingkat menengah secara otomatis menjadi anggota OSIS di sekolahnya. Bidang Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Tujuan OSIS OSIS merupakan satu satunya wadah untuk menampung dan menyalurkan kreatifitas siswa baik melalui kegiatan kokurikuler maupun ekstra kurikuler dalam menunjang tercapainya keberhasilan. PENGGERAKAN ( ACTUATING ) Setelah Rencana. b. Para Wakil Kepala Sekolah 3. OSIS adalah satu satunya wadah organisasi siswa di sekolah. Apresiasi dan Kreasi Seni. Pendidikan Politik dan Kepemimpinan f. b. Apakah pelaksanaan yang dilakukan sudah sesuai dengan program yang telah digariskan atau belum. ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH ( OSIS ) Setiap sekolah wajib membentuk OSIS. Seorang bendahara dan dibantu oleh seorang wakil bendahara 4. PENGAWASAN ( CONTROLLING ) Pengawasan dilakukan untuk mengendalikan atau mengawasi sampai dimana usaha usaha itu dijalankan. maka maka fungsi penggerakan ( Fungsi Actuating ) baru dilakukan. D. Dan tidak ada hubunganya dengan OSIS sekolah lain. dan E.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful