KOMPETENSI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN INTERNASIONAL STANDAR KOMPETENSI : 5.

Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional KOMPETENSI DASAR: 5.1 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional 5.2 Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional 5.3 Menghargai putusan Mahkamah Internasional

Pada pertemuan ini akan dibahas KD 1 sistem hukum dan peradilan internasional INDIKATOR: 1. Menganalisa makna, asas dan sumber hukum internasional. 2. Mendeskripsikan proses ratifkasi hukum internasional menjadi hukum nasional.

MATERI: 1. Makna, asas dan sumber hukum internasional. 2. Proses ratifkasi hukum internasional menjadi hukum nasional.

PDF Created with deskPDF PDF Writer - Trial :: http://www.docudesk.com

Trial :: http://www.docudesk. Hukum antar negara adlah hubungan hukum yang mengatur hubungan antar negara-negara di dunia. Hukum antar bangsa berasal dari istilah ius inter gentes yaitu hukum yang mengatur hubungan antar kerajaan yang ada di dunia. droit de gens. prosedur pembuatan. Batas-batas daerah suatu negara Hukum perang adalah hukum yang mengatur hubungan hukum amtara negara-negara yang berperang dan larangan – larangan dalam perang yaitu: a. Penyelesaian secara damai sengketa internasional d. yakni ius gentium.? Memang banyak istilah yang di tujukan untuk hukum internasional. Hukum damai adalah hukum yang mengatur hubungan hukum antar negaranegar dalam keadaan damai. hubungan diplomatik. antara lain : a. hukum antarbangsa atau hukum antar negara dan hukum internasional. Hukum internasional publik adalah keseliruhan kaidah dan asas hukum yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas negara (hubungan internasional) yang bukan bersifat perdata. Menurut Mochtar Kusumaatmadja. Peperangan tidak boleh melibatkan dan membinasakan penduduk sipil b. Ada banyak ahli hukum internasional tetapi yang dianggap sebagai bapak hukum internasional adlah Hugo de Groot ( grotius) yang menulis buku yang berjudul ’de jure belli ac pacis’ atau ’perihal hukum perang dan damai’. sekolah dan tempat peribadatan c.A. negara dengan subjek hukum lain bukan negara atau subjek hukum bukan negara satu sama lain.com . Hukum internasional adalah keseluhan kaidah dan asas yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas negara antara : a. hak dan kewajibannya b. yang berarti hukum yang mengatur hubungan antar orang romawi dengan orang bukan romawi dan hubungan antar orang bukan romawi satu sama lain. Tidak dibolehkan mengebom kota/ perkampungan penduduk. Traktrat . setiap istilah memiliki ciri tersendiri yang membedakannya dengan istilah lainnya. Hukum internasional terdiri dari hukum perdata internasional dan hukum internasional publik. volkerrecht ) berasal dari istilah hukum romawi. istilah yang populer karena dianggap lebih mendekati kenyataan adalah hukum internasional . Makna . Makna Hukum Nasional Pernahkah kalian mendengar istilah hukum hukum bangsa-bangsa . negara dengan negara b. berlaku. Hukum bangsa-bangsa ( Law of nation. Asas dan Sumber Hukum Internasional 1. Perlakuan yang baik terhadap tawanan perang 53 PDF Created with deskPDF PDF Writer . batal dan berakhirnya c. Hukum perdata internasional adalah keseluruhan kaidah dan asas hukum yang mengatur hubungan perdata yang melintasi batas negara.

Terlepas dari teori daya mengikat hukum intermnasional. Para pendukung dan penganut aliran ini disebut aliran positivisme. Menurut Mazhab Wiena yang terkenal dan dipelopori oleh Kelsen.Kedudukan hukum internasional bukan karena kehendak masingmasing negara melainkan kehendak bersama negra-negara yang ada di dunia yang dengan sendirinya mengikat setiap negara. Negara tunduk dan patuh pada hukum internasional semata-mata atas kehendak negara itu sendiri karena negara merupakan sumber segala hukum. Grundnorm yang berlaku sebagai daya mengikat hukum internasianl. Kedudukan hukum internasional tidak lebih tinggi dari negara sehingga ia tidak dapat mengikat negara kecuali atas kehendak negara itu sendiri. Grundnorm adalah kaidah hukum tertinggi yang harus diterima sebagai suatu hipotesa akhir dan tidak dapat diterangkan secara hukum. Para pendukung dan pengikut aliran pada akhirnya dikenal dengan aliran naturalis. adalah asas pacta sunt servanda. Menurut Selbst-limitation yang ditokohi oleh George Jellineck dan Zorn. daya mengikat hukum internasional bersumber dari kehendak negara melainkan didasarkan pada grundnorm.yaitu hukum alam.com . Subjek hukum internasional tunduk pada hukum internasional karena hukum internasional merupakan bagian dari hukum yang lebih tinggi. Perlindungan petugas palang merah 2. Asas Hukum Internasional Apa daya berlaku hukum internasional? Mengapa hukum internasional dipatuhi oleh subyek hukum internasional.termasuk negara? Ada beberapa teori yang menjelaskan apa daya berlaku dan mengapa hukum internasional dipatuhi. hukum internasional adalah hukum tata negara yang mengatur hubungan luar suatu negara. Larangan perang kuman dan senjata kimia e. Kota-kota terbuka tidak bileh di bom f. Menurut Vereibarungs theorie yang dicetuskan oleh Triepel.yaitu: a. Negara melaksanakan hukum bagi semua orang dan benda yang berada 54 PDF Created with deskPDF PDF Writer . Dalam praktiknya ada beberapa asas yang diperhatikan dalam pemberlakuan hukum internasional. Menurut asas ini. suatu fakta yang tidak bisa diingkari oleh siapapun bahwa pada dasa warsa ini pada umumnya semua subjek hukum internasional.Trial :: http://www. negara berkuasa atas daerahnya.d.hukum alam adalah kesatuan kaidah-kaidah hukum ideal atau hukum yang paling tinggi yang diilhamkan alam pada akal manusia. termasul negra patuh tunduk pada hukum internasional. Asas teritorial. hukum internasional adalah hukum tata negara yang mengatur hubungan luar suatu negara.docudesk.Menurut penganut teori hukum alam yang dipelopori oleh Hugo de Groot.

sudah menjadi subjek hukum internasional sejak dulu kala sebagai peniggalan bukti sejarah abhwa paus disamping menjadi kepala gereja juga pernah menjadi penguasa dunia. sumber hukum internasional materiil diartikan sebagai dasar berlakunya hukum internasional. sumber hukum internasional formal diartikan menurut pasal 38 piagam Mahkamah Internasional. Menurut asas ini. Kebiasaan internasional . negara. Sumber Hukum Internasional Apakah yang dimaksud dengan sumber hukum internasional? Pertama. Terhadap orang dan barang yang berada di luar wilayahnya berlaku hukum internasional b. ekonomis. sebagai bukti dari suatu kebiasaan umum yang diterima sebagai hukum c.negara berwenang menerapkan hukum tanpa memperhatikan batas-batas wilayah untuk melindungi kepentingan dan keselamatan umum (masyarakat) 3. Sisanya dikatagorikan sebagai sumber hukum subsider.docudesk. kemasyarakatan. sumber hukum internasional ada kalanya diartikan sebagai faktor atau kekuatan utama yang menyebabkan timbulnya hukum internasional.di wilayahnya. Menurut asas ini. teknis. kebiasaan internasional dan prinsip hukum umum yang diakui bangsa-bangsa beradab. Mahkamah Internasional kan mempergunakan: a. Faktor itu biasanya berupa faktor politik. merupakan subjek hukum internasional yang klasik dan telah demikian halnya sejak hukum internasional b. baik yang bersifat umum maupun khusus. Asas kepentingan umum. Bagi siapa saja berlaku hukum internasional? Hukum internasional berlaku bagi subjek hukum internasional yang terdiri dari : a. Keputusan pengadilan dan ajaran para sarjana yang pailing terkemuka dari berbagai negara Sumber hukum internasional dalam arti formal diklasifikasikan menjadi sumber hukum utama (primer) dan sumber hukum tambahan (subsider). tahta suci (vatican). Perjanjian internasional . 55 PDF Created with deskPDF PDF Writer . hukum negara tetap berlaku bagi warga negaranya meskipun ia berada di negara asing. c.Trial :: http://www. dan sebagainya. Kedua. Pasal 38 ayat 1 piagam Mahkamah Internasional menyatakan bahwa dalam mengadili perkara yang diajukan kepadanya . Sumber hukum primer meliputi perjanjian internasional.untuk menjawab persoalan apa penyebab hukum internasional itu mengikat. Asas kebangsaan. yang mengandung ketentuan yang diatur secara tegas oleh negara-negar yang bersengketa. Prinsip hukum yang diakui oleh bangsa-bangsa yang beradab d. b. psikologis. Ketiga.com .

Pemberontak dan pihak dalam sengketa (billegerent). 56 PDF Created with deskPDF PDF Writer .com . awalnya merupakan subjek hukum yang terbatas yang kemudian diperkokoh dalam konvensi Jenewa athun 1949 tentang perlindungan korban perang d. pastinya adalah sejak tahun 1919 ketika perjanjian versailes memuat pasal-pasal yang berisi kemungkinan mengajukan perkara ke Mahkamah internasional f. perjanjian dan ratifikasi. yaitu perundingan (negotiation). Palang merah internasional. penandatangan (signature). pada awalnya posisinya diragukan tetapi pada saat ini atas dasar berbagai kasus masa lalu. B. Persetujuan suatu negara untuk mengikat diri pada suatu perjanjian internasional (hukum internasional) diberikan dengan berbagai cara yaitu penandatanganan. Pengertian dan Sistem ratifikasi Menurut Mochtar Kusumaatmadja pengertian ratifikasi adalah pesetujuan suatu negara untuk terikat kepada suatu perjanjian internasional dengan syarat bahwa persetujuan itu harus di sahkan atau dikuatkan oleh yang berwenag di negaranya. Untuk perjanjian internasional (hukum internasional)yang sangat diperlukan proses ratifikasi agar perjanjian itu mengikat dan menjadi hukum nasional negaranya. Orang perorang (individu).c. pernyataan turut serta. Ratification merupakan proses yang sangat penting karena berhubungan dengan terikatnya suatu negara terhadap suatu perjanjian internasional atau proses hukum internasional menjadi hukum nasional. Suatu negara dapat mengikat dirinya dengan menadatangani perjanjian apabila hal itu memang menjadi maksud dari peserta perjanjian.Trial :: http://www. Penyebabnya adalah bentuknya yang tertulis sehingga lebih menjamin hukum subjek hukum internasional.docudesk. menurut hukum perang. sudah sejak lama orang perorang menjadi subjek hukum internasional . Organisasi internasional. pemberontak dapat memperoleh kedudukan dan hak sebagai pihak yang bersengketa (billegerent) dalam beberapa keadaan tertentu. Proses Ratifikasi Hukum Internasional menjadi Hukum Nasional Perjanjian internasional merupakan salah satu sumber hukum internasional yang sangat penting. penerimaan (acceptance). Dengan adanya ratifikasi ini maka persetujuan yang diberikan dengan penandatanganan naskah perjajian oleh wakil negara bersifa sementara dan harus disahkan oleh lembaga negara yang berwenang. Pembuatan perjanjian internasional melalui tiga tahapan . sudah dipastikan bahwa organisasi internasional subjek hukum internasional e. pengersahan (ratification). 1.

suatu perjanjian internasional (hukum internasional) dapat menjadi hukum nasional apabila telah disahkan oleh lembaga perwakilan rakyat. negara yang mempraktikannaya. Indonesia. dan Honduras tahun 1936. yaitu : a. Amerika Serikat. di negara nasional sosialis (NAZI) Jerman dari tahun 1933 s/d 1954. Pernah berlaku di Jepang dari tanggal 11 februari 1829 ns/d 3 November 1946.suatu perjanjian internasional hukum internasional dapat menjadi hukum nasional apabila telah disahkan oleh kepala negara dan lembaga perwakilan rakyat negaranya secara bersama-sama. suatu perjanjian hukum internasional dapat menjadi hukum nasional apabila telah disahkan oleh kepala negara atau kepala pemerintahan negaranya.com .presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan perang. b. Dari isi pasal ini disimpulkan bahwa sistem ratifikasi yang berlaku di indonesia adalah sistem ratifikasi campuran antara badan eksekutif dan legislatif. c.Trial :: http://www. Sistem ratifikasi oleh badan legislatif. 2. Sistem ratifikasi campuran antara badan eksekutif dan legislatif. Dari praktik-praktik selama ini .Sistem ini jarang sekali dilaksanakan pada saat ini dan merupakan peninggalan sejarah. Pernah berlaku di Turki pada tahun 1924. Bila jawaban yang ditemukan adalah sebaliknya maka ada alasan yang sangat 57 PDF Created with deskPDF PDF Writer . Latar Belakang dan Materi Ratifikasi Latar belakang diadakannya ratifikasi adalah memberi kesempatan kepada negara peserta perjanjian internasional untuk mengkaji kembali apakah isi perjanjian sudah sesuai dengan kepentingan nasionalnya? Apakah pejabat yang mewakili negara dalam pembuatan perjanjian telah melaksanakan tugasnya dengan benar sesuai dengan kewenangan yang diberikan kepadanya? Apakah isi perjanjian internasional tidak bertentangan dengan hukum internasional? Setelah lembaga berwenang dalam suatu negara mengadakan pengkajian terhadap suatu naskah perjanjian internasional ditemukan jawaban bahwa isi perjanjian sudah sesuai dengan kepentingan nasional. Hal ini di perkuat lagi oleh Undang-Undang nomor 24 tahun 2000 tentang perjanjian internasional.Sistem ini sanagat populer. Menurut pasal 11 UUD 1945.yang menyatakan bahwa ratifikasi dilakukan dengan undang-undang atau keputusan presiden. Sistem ratifikasi oleh badan eksekutif.Siapakah lembaga negara yang berwenang meratifikasi perjanjian internasional ? Pertanyaan ini dapat dijawab dengan memahami sistem ratifikasi. Sistem ini jarang digunakan pada saat ini. El salvador tahun 1950.bahwa pejabat yang mewakili negara sudah menjalankan tugas sesuai dengan wewenangnya dan bahwa isi perjanjian tidak bertentangan dengan hukum nasional maka tidak ada halangan lagi bagi negara tersebut untuk meratifikasinya. diantaranya adalah Inggris.membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain. sistem ratifikasi terdiri dari 3.docudesk. di Italia dari tahun 1922 s/d 1943.

pertahanan dan keamanan negara. f. Materi penting dimaksud adalah: a. Hak asasi manusia dan lingkungan hidup e.tujuan ratifikasi adalah : a. Apakah semua perjanjian internasional daratifikasi? Tentu saja tidak. Perjanjian internasional diratifikasi apabila ia memuat materi yang sangat penting.docudesk. Tidak semua perjanjian internasional harus diratifikasi. Memberi kesempatan kepada negara. b.perdamaian. b. Pembentukan kaidah hukum baru. Perubahan wilayah atau penetapan batas wilayah suatu negara c. Masalah politik.com . Memberi kesempatan kepada badan perwakilan rakyat untuk mengontrol tindakan pemerintah. d. Kedaulatan atau hak berdaulat negara. Pinjaman dan/atau hibah luar negeri 58 PDF Created with deskPDF PDF Writer .kuat bagi negara itu untuk tidak meratifikasinya.Trial :: http://www. Sesuai dengan latar belakangnya.negara peserta untuk mengadakan peninjauan secara seksama apakah negaranya dapat diikat oleh perjanjian tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful