PEMANFAATAN PEMBELAJARAN TIK

NAMA : Iwan Maulana Malik. S KELAS : IX-3 MATERI KELAS : 2 SMP

Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah yang telah memberi kemampuan pada saya untuk menyelesaikan isi dari makalah ini dengan judul µPEMANFAATAN PEMBELAJARAN TIKµ. Sebelumnya saya berterima kasih pada guru TIK saya yaitu Pak Soemarno yang mana telah memberi waktu luang untuk menyelesaikan makalah ini. Isi dalam makalah ini adalah materi-materi kelas 2 smp semester 1 dengan menerangkan secara detail yaitu seperti materi PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA dan disertakan oleh fungsinya. Untuk mengetahui lebih lanjut isinya, silahkan untuk membaca makalah ini dan semoga makalah ini dapat bermanfaat pada para pembaca. Wassalam Salam Penulis

DAFTAR ISI
BAB 1 : Elemen Dasar Lembar Kerja Microsoft Word A. Elemen Dasar Lembar Kerja Microsoft Word B. Menu dan Ikon 1. Menu Bar 2. Standard Toolbar 3. Formatting Toolbar 4. Drawing Toolbar BAB II : FUNGSI MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA A. Fungsi Menu dan ikon 1. Menu Bar a) Menu File b) Menu Edit c) Menu View d) Menu Insert e) Menu F ormat f) Menu Tools g) Menu Table h) Menu Window i) Menu Help 2. Standard Toolbar 3. Formatting Toolbar 4. Drawing Toolbar BAB III : PENGGUNAAN MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA A. Penggunakan Menu dan Ikon 1. Penggunaan Menu dan Ikon pada Menu Bar a) Menggunakan fungsi tombol Alt b) Menggunakan fungsi tombol Ctrl 2. Penggunaan Ikon pada Standard Toolbar 3. Penggunaan Menu dan Ikon pada Formatting Toolbar 4. Penggunaan Menu dan Ikon pada Drawing Toolbar BAB IV : MEMBUAT DOKUMEN A. Memulai Mengoprasikan Microsoft Word 1. Membuka Jendela Microsoft Word 2. Membuat Dokumen Baru 3. Membuka Dokumen/File yang telah Tersimpan 4. Menyimpan dokumen 5. Menutup File Dokumen 6. Menutup Jendela Microsoft Word B. Format Teks 1. Cara Menggunakan Pointer 2. Cara Menggeser Insertion Point (kursor) 3. Blok Teks a. Memblok teks dengan mouse b. Memblok teks dengan keyboard 4. Perataan Teks

C.

D.

E.

F.

G.

5. Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font) 6. Mengubah Ukuran Huruf (Font Size) 7. Memilih Gaya Tampilan Huruf ( Font Style) 8. Membuat Garis Bawah (Underline) 9. Menentukan Warna Huruf (Font Color) Edit Teks 1. Meng-copy Teks 2. Menghapus Teks 3. Memindahkan Teks Format Paragraf 1. Pengaturan Paragraf dan Spasi Keterangan 2. Memisahkan dan Menggabungkan Paragraf 2. Memisahkan paragraf 3. Menggabungkan paragraf c. Mengatur Indentasi Menyisipkan Objek 1. Menyisipkan Word Art 2. Menyisipkan Clipt Art a. Meletakan Clipt Art pada sebuah dokumen b. Mengubah ukuran gambar c. Menggeser Gambar d. Menentukan jarak antara gambar dengan teks e. Menghiasi gambar dengan bingkai dan warna latar belakang Format Halaman 1. Margins 2. Paper Mencetak Dokumen 1. Print Preview 2. Mencetak Dokumen

klik Program/ All Program Klik Microsoft Office bila menggunakan Ms. 2. . 1. Word 2003 Klik Microsoft Office Word 2003 Jika di Desktop terdapat Shortcut Microsoft Office Word 2003 dapat pula langsung melakukan double klik pada Shortcutnya Maka akan tampil lembar kerja Microsoft Word seperti yang tampak pada gambar . 3. Memulai Microsoft Excel Klik Start yang ada pada taksbar menu Setelah muncul sejumlah menu. 5. Elemen Dasar Lembar Kerja Microsoft Word Menjalankan program Microsoft Word: Gambar 1. 4.BAB I MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA A.

Horizontal Scroll bar 12. Insertion point . Ruler Lines 7.Di bawah ini adalah sebuah gambar dari elemen dasar Microsoft Word 1. View layout toolbar 9. 2. Statusbar 10. Drawing toolbar 8. Restor down 13. 5. Task pane bar 14. Title bar Icon control Menu Bar Standard toolbar Formatting toolbar 6. Vertical scroll bar 11. 3. 4.

Ruler Lines (baris penggaris) berisi pengaturan paragraf. terdapat juga Word Art. Horizontal scroll bar adalah Baris penggulung berisi fasilitas . Print. 9. Redo dan seterusnya. Title bar atau Baris Judul merupakan program aplikasi dari file yang aktif 2. Restor down adalah ukuran untuk menentukan besarnya layar tampilan. Formatting Toolbar berisi fasilitas-fasilitas untuk memformat teks berupa jenis huruf. Menu Bar (Baris Menu) berisi perintah berupa menu-menu perintah yang terdapat dalam Microsoft word dimulai dari menu File sampai dengan Help. Teks Box dan lain-lain. 5. Undo. Status Bar adalah Baris status. Layout dan Outline. 3. Paste. Standard Toolbar berisi perintah-perintah shotcut (singkat) yang membentuk icon-icon berupa icon New. View Layout Toolbar adalah Jenis-jenis view berisi jenis-jenis tampilan layar baik normal. Task Pane adalah Perintah-perintah yang disediakan dalam bentuk panel perintah 14. batas kiri dan kanan pengetikan. rata kanan. apakah diperbesar penuh satu layar atau diperkecil. miring. Web Layout. Clip Art. Copy. tengah. Print. Insertion Point adalah kursor atau titik sisip berbentuk garis yang selalu berkedip-kedip. tebal. 11. untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan 12. rata kiri. 8. garis bawah. 4. rata kiri dan kanan dan seterusnya. Menu dan Ikon . 13. 6. Vertical Scroll bar adalah Baris penggulung berisi fasilitas untuk menggulung layar ke atas dan kebawah. 7. tabulasi. Icon control menu merupakan menu yang digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Drawing Toolbar (baris gambar) berisi fasilitas sederhana untuk menggambar.Detail: 1. 10. tepi kiri dan kanan ukuran kertas dan lainlain. B. Cut. Save. Open. untuk menampilkan berbagai informasi mengenai sesuatu hal yang berhubungan dengan posisi titik sisip sekarang berada.

Tabel 1.1. Menu dan Submenu . namun apabila di dalam mengolah data tidak menemukan ikon di tolbar tersebut. Submenu -submenu tersebut berfungsi sebagai menu utama dalam pengolahan data. Perintah Menu dan ikon tersebut antara lain. toolbar formatting dan toolbar drawing merupakan sebagian kecil dari fasilitas menu bar. sebab tampilan ikon-ikon seperti toolbar standar. Ikon yang ada di toolbartoolbar tersebut merupakan ikon yang sering kita gunakan dalam menggunakan Microsoft Word. Menu Bar Di dalam menu bar terdapat sub menu-submenu yang sangat banyak sekali fungsinya untuk mengolah dokumen. kita dapat menggunakan menu bar sebagai kunci utama dalam mengolah data.

.

. Detail Standard toolbar Ikon Nama Perintah New Open Save Permission E-mail Print Print Preview Spelling and grammer Research Cut Copy Paste Format Painter Undo Typing Ikon Nama Perintah Redo Clear Insert Hyperlink Tables and Borders Insert Table Insert Microsoft Excel Worksheet Columns Drawing Document Map Show/Hide Zoom Microsoft Office Word Help Read 3. Toolbar standar terdiri dari ikon sebagai berikut: Tabel 2. Formatting Toolbar Formatting Toolbar adalah kumpulan ikon-ikon yang disediakan oleh microsoft word untuk memformat dokumen yang aktif.2. Standard Toolbar Standard Toolbar adalah kumpulan ikon-ikon standar yang disediakan oleh microsoft word secara otomatis.

Berikut detailnya. Drawing Toolbar Drawing Toolbar adalah kumpulan icon-icon untuk memberikan efek gambar. membuat dan Ikon Nama Perintah Draw Select Objects AutoShapes Line Arrow Rectangle Oval Textbox Insert Word Art Insert Diagram Insert Clipt Ikon Nama Perintah Art Insert Picture Fill Color Line Color Font Color Line Style Dash Style Arrow Style Shaow Style 3-D Style .Ikon Nama Perintah Styles and formatting Style Font Font Size Bold Italic Underline Align Left Center Align Right Ikon Nama Perintah Justify Line Spacing Numbering Bullets Decrease Indent Increase Indent Border Highlight Font Color 4.

Perintah yang digunakan untuk menyimpan dokumen yang sedang dibuka. View. Edit. Menu File Menu ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk pengelolaan file. . Menu File Menu dan Ikon Fungsi Perintah Perintah yang digunakan untuk membuka dokumen baru. Perintah untuk keluar dari program. Perintah yang digunakan untuk mencetak di layar (Print Preview). Format. Table. dibawah ini akan dibahas fungsi-fungsi menu dan ikon pada submenu terdiri atas: a. Menu Bar Menu Bar terdiri atas submenu File. dan Help. Insert. Perintah yang digunakan untuk membuka dokumen lama (dokumen yang sudah dibuat sebelumnya). Perintah yang digunakan untuk menyimpan sebagai halaman web. Perintah yang digunakan untuk menyimpan dengan nama lain. Dikirim ke (hal yang berhubungan dengan pengiriman file antar direktori dan web).BAB II FUNGSI MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA A. Fungsi Menu dan ikon 1. Perintah yang digunakan untuk menanyakan versi. Perintah yang digunakan untuk menutup dokumen yang sedang dibuka (aktif). Perintah yang digunakan untuk mencetak di kertas (hard copy). Perintah yang digunakan untuk mencari kata. Perintah yang digunakan untuk pengaturan halaman. menu ini terdiri atas: Tabel 5. Tools. Window. Perintah yang digunakan untuk preview halaman web.

misalnya: mengurutkan data. garis bawah. menutup file. dan dipergunakan untuk mengatur struktur dokumen. cetak tebal. membuka file. yaitu dipergunakan untuk operasi database. Perintah yang digunakan untuk mengambil teks dan gambar pada dokumen secara keseluruhan. Perintah yang digunakan untuk menempelkan hasil kopian dengan format tertentu. 2) Formatting. Perintah yang digunakan untuk pergi (menuju) ke halaman tertentu. Perintah yang digunakan untuk mencari kata atau rangkaian kata. Tabel 6. perataan teks dll. Toolbars yang disediakan: 1) Standard. mengkopy dll. Menu View Menu dan Ikon Fungsi Perintah Perintah untuk menampilkan dokumen dalam tampilan sederhana. Dipakai apabila ingin menampilkan dalam bentuk html (hyper text markup language). Menu Edit c. yaitu dipergunakan dalam operasi format dokumen. jenis huruf (font). Menu View Tabel 7. 3) Border. Perintah yang digunakan untuk mengkopi paragraf atau kata.b. Menu dan Ikon Fungsi Perintah Perintah yang digunakan untuk memotong paragraf atau kata. yaitu dipergunakan dalam operasi pembuatan bingkai. yaitu dipergunakan dalam operasioperasi disetiap modus kerja. Perintah yang digunakan untuk mencari dan mengganti kata atau rangkaian kata. Kumpulan beberapa ikon yang sering dipakai pada proses pengeditan. cetak miring. 4) Database. Perintah yang digunakan untuk menempelkan hasil menyalin. Dipakai apabila ingin menampilkan dalam bentuk outline. yaitu seperti tampilan layar Internet Explorer Menampilkan dokumen dilayar semirip apa yang akan dihasilkan pada hasil cetakan. e. Menu Edit d. mangatur .

dll. semakin tinggi prosentase semakin besar pula tampilan dokumen yang sedang aktif tersebut. Perintah untuk menempatkan dan mengatur letak catatan kaki pada dokumen. kotak. Digunakan untuk menyisipkan field-field untuk penggunaan rumus dan lain-lain. dll. sehingga yang tampak hanya halaman dokumen yang sedang aktif saja. Perintah untuk menampilkan dan mengatur header dan footer pada halaman dokumen. Garis mistar untuk membantu dalam melihat dan mengatur dokumen yang diketik. 6) Forms. Menu Insert Tabel 8. . g.Menu dan Ikon Fungsi Perintah file. Digunakan untuk melakukan pengaturan letak nomor halaman. Digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang sedang aktif. Digunakan untuk melakukan pengaturan komentar dalam projek. Perintah untuk menampilkan peta dokumen halaman per halaman. 7) Microsoft. Digunakan untuk melakukan pengaturan tampilan layar editor menjadi sebesar prosentase pembesaran. memberi warna. pergantian halaman ini permanen. Microsoft Power Point. dll. yaitu dipergunakan apabila bekerja dengan beberapa program lain misalnya: Microsoft Excel. f. yaitu dipergunakan jika anda bekerja dengan menggunakan formulir. bab per bab dan file per file pada jendela sisi kiri. Digunakan untuk menampilkan dokumen dalam posisi layar penuh dengan meniadakan semua menu dan tampilan dalam editor Microsoft Word. menambah data. yaitu untuk operasi dalam bentuk gambar serta obyek yang lain misalnya: membuat garis. Digunakan untuk menyisipkan kata-kata (ucapan) khusus yang telah dibuat dalam dunia internet (biasanya untuk pengguna internet). 5) Drawing. Menu Insert Menu dan Ikon Fungsi Perintah Digunakan untuk melakukan pengaturan pergantian halaman sesuai yang dikehendaki pengguna. lingkaran.

berfungsi untuk menyisipkan objek dengan desain tulisan artistik 7. Digunakan untuk menyisipkan hyperlink pada dokumen. New drawing. atau yang lainnya 3. penyisipan ini dapat melalui beberapa sumber. Digunakan untuk menyisipkan tanda yang dapat dipakai untuk di tuju pada dokumen. style. . Form scanner or camera. Digunakan untuk menyisipkan gambar ke dalam dokumen. Digunakan untuk menyisipkan footnote. CD. dan indeks. Organization chart. untuk lebih menghidupkan dokumen. Wordart. berfungsi untuk menyisipkan objek dari hasil scaner atau kamera. berfungsi untuk meyisipkan objek diagram 8. berfungsi untuk menyisipkan objek yang telah tersedia di dalam komputer 2. Digunakan untuk menyisipkan komentar pada dokumen yang sedang dibuat. Clipart. 4. berfungsi menyisipkan objek dari file tertentu. Autoshapes. Form file. berfungsi untuk menyisifkan dengan fasilitas gambar 5. berfungsi untuk menyisipkan objek dengan bentuk grafik Digunakan untuk menyisipkan bentuk-bentuk diagram ke dalam dokumen Digunakan untuk menyisipkan kotak teks pada dokumen. Menu Format Tabel 9. warna. ukuran.Menu dan Ikon Fungsi Perintah Digunakan untuk penyisipan simbol-simbol khusus. Digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen. cross reference. baik dari harddisk. caption. dan efek huruf yang akan digunakan. berfungsi untuk menyisipkan objek dengan fasilitas yang ada di autoshapes 6. h. Chart. Menu Format Menu Dan Ikon Fungsi Perintah Digunakan untuk melakukan pemilihan jenis. Digunakan untuk menyisipkan file (dokumen lain) ke dalam dokumen yang sedang dibuka. 1.

Digunakan untuk pemilihan tabulasi dalam paragraf yang sedang dipilih. Digunakan untuk melakukan pemilihan style dan format dalam style yang akan dipakai. paragaf margin. spasi antar baris. . perubahan tersebut adalah huruf kapital. indentasi. Digunakan untuk memberikan efek huruf awal yang besar (biasanya besarnya sama dengan tiga baris) pada paragraf yang dipilih. i. Digunakan untuk membuat dokumen sesuai dengan format yang telah banyak dibuat orang kebanyakan. Digunakan untuk pemilihan garis batas alinea atau halaman. serta arsiran background alinea atau halaman. atau huruf judul. spasi atas dan bawah. indentasi. bullet dan numbering. Digunakan untuk membuat daftar isi dari dokumen yang sedang aktif. huruf kecil.Menu Dan Ikon Fungsi Perintah Digunakan untuk melakukan pengaturan paragraf seperti alinea. Digunakan untuk memberikan warna background dokumen. left margin. bahasa. Digunakan untuk memberikan bentuk tekstur background. Digunakan untuk pemilihan jenis identasi dengan menggunakan bullets dan angka. Digunakan untuk memberikan efek arah teks (arah bisa 360o) pada alinea yang sedang dipilih. Menu Tools Menu Dan Ikon Fungsi Perintah Digunakan untuk pengaturan dan pemilihan pola auto corect grammar dan spelling cek diaktifkan agar setiap kata yang diketik akan dicek grammar dan spellingnya. Digunakan untuk memberikan perubahan huruf pada teks atau alinea yang sedang dipilih (diblok). font. Menu Tools Tabel 10. Digunakan untuk melakukan perubahan style yang telah dipakai. Digunakan untuk pemilihan jumlah kolom bentuk dokumen yang akan digunakan (biasanya untuk penulisan majalah dan surat kabar).

Digunakan untuk memisahkan cell yang sudah gabung dengan cell yang lain karena perintah Merge Cells. Digunakan untuk membuat tabel dengan acuan contoh yang ada pada kotak dialog. penambahan. Digunakan untuk memproteksi dokumen untuk kepentingan keamanan dan kerahasiaan. save. Digunakan untuk memilih apakah tabel. view. Digunakan untuk membuat. j. dan memproteksi macro. letak file. jika file tersebut sama maka tidak jadi digabungkan. Menu Table Menu Dan Ikon Fungsi Perintah Digunakan untuk membuat tabel baru Digunakan untuk menyisipkan tabel Digunakan untuk menghapus tabel. pengguna dipersilahkan memilih salah satu yang sudah ada. grammer dan spelling. Digunakan untuk pengaturan. Digunakan untuk menghitung jumlah kata dalam blok (halaman) yang dipilih. Digunakan untuk menggabungkan beberapa cell menjadi satu sel. Digunakan untuk memisahkan tabel karena pergantian halaman dan alasan lain. dan pengurangan jenis ikon aktif yang akan digunakan dalam menu. edit.Menu Dan Ikon Fungsi Perintah Digunakan untuk pengaturan dan pemilihan pola bahasa dan grammar yang akan dipakai pada pilian auto corect grammar dan spelling cek. Digunakan untuk mengatur apa saja yang terkait dengan pembetulan kata dan Auto Wizard. Menu Table Tabel 11. maupun pengaturan umum. Digunakan untuk pembuatan mail merge-surat dengan banyak alamat yang berbeda lalu dicetak gabung. Digunakan untuk membandingkan dokumen yang sedang dibuka dengan file baru yang akan digabungkan. . Digunakan untuk melakukan pemilihan dan pengaturan metode yang ada pada pilihan cetak. merekam.

Menu Help Tabel 13. Menu Help Menu Dan Ikon Fungsi Perintah Digunakan untuk memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah Digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan office assistant Digunakan untuk membuka koneksi ke Internet menuju ke Microsoft Office Online Digunakan untuk membuka koneksi Internet untuk menghubungi Microsoft Digunakan untuk memberikan informasi bagi pemakai Word Perpect Digunakan untuk meminta informasi terkini dari office Website Digunakan untuk mencari dan memperbaiki kesalahan secara otomatis Digunakan untuk memunculkan Activate . lebar kolom. Digunakan untuk mengurutkan isi tabel sesuai dengan kriteria yang dikehendaki. dan kolom tetap dll. Menu Window Menu Dan Ikon Fungsi Perintah Digunakan untuk membuka jendela baru Digunakan untuk menyusun semua jendela yang aktif Digunakan untuk membandingkan dokumen Digunakan untuk membagi lembar kerja yang aktif menjadi dua bagian Dokumen yang sedang aktif l. Digunakan untuk mengubah tabel menjadi teks atau sebaliknya. Digunakan untuk menulis formula dalam cell. Menu Window Tabel 12. Digunakan untuk menggunakan judul atau header tabel berulang.Menu Dan Ikon Fungsi Perintah Digunakan untuk membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada. urut bisa menaik (ascending) atau menurun (descending). sesuai dengan lebar teks. k.

Adapun fungsi ikon -ikon tersebut terdiri atas: Tabel 14.Menu Dan Ikon Fungsi Perintah Product Digunakan untuk menawarkan pilihan bagi pengguna Word untuk memberikan umpan balik pada Microsoft Digunakan untuk menampilkan informasi mengenai program Microsoft Word yang kita pakai 3. Standard Toolbar Ikon-ikon pada Standard toolbar berfungsi sebagai perintah -perintah yang sering dilakukan berlaku standar dan ada kesamaan ikon pada perangkat lunak yang lain. Fungsi Standar Menu Ikon Nama Perintah New Open Save Permission E-mail Print Print Preview Spelling and grammer Research Cut Copy Paste Format Painter Undo Typing Redo Clear Insert Hyperlink Tables and Borders Insert Table Fungsi Perintah Perintah untuk membuat dokumen baru Perintah untuk membuka file Perintah untuk menyimpan file Perintah untuk menentukan izin akses dokumen Perintah untuk membuat e-mail Perintah untuk mencetak dokumen Perintah untuk melihat tampilan dokumen sebelum di cetak Perintah untuk mengecek ejaan Perintah untuk menceri dokumen tertentu Perintah untuk memotong objek ke dalam clipboard Perintah untuk mencetak dokumen Perintah untuk memunculkan objek dari clipboard Perintah untuk memformat naskah dengan fasilitas painter Perintah untuk membatalkan perintah terakhir Perintah untuk membatalkan undo typing Perintah untuk menyisipkan dan memperbaiki hyperlink Perintah untuk memberi format pada tabel dengan memunculkan toolbar pada tables and border Perintah untuk menyisipkan tabel .

Fungsi Formatting Menu Ikon Nama Perintah Styles and formatting Style Font Font Size Bold Italic Underline Align Left Center Align Right Justify Line Spacing Numbering Bullets Fungsi Perintah Perintah untuk menampilkan Task Pane tentang style dan Formatting Perintah untuk memilih gaya/style pada paragraf yang dipilih Perintah untuk menentukan jenis huruf Perintah untuk menentukan ukuran huruf Perintah untuk menebalkan huruf Perintah untuk memiringkan huruf Perintah untuk menggarisbawahi huruf Perintah untuk memberi teks rata kiri Perintah untuk memberi teks rata tengah Perintah untuk memberi teks rata kanan Perintah untuk memberi teks rata kiri dan kanan Perintah untuk menentukan spasi dari teks atau paragraf yang dipilih Perintah untuk memberi penomoran Perintah untuk memberi bulet dan penomoran simbol . Adapun fungsi ikon-ikon tersebut terdiri atas: Tabel 15.Ikon Nama Perintah Insert Microsoft Excel Worksheet Columns Drawing Document Map Show/Hide Zoom Microsoft Office Word Help Read Fungsi Perintah Perintah untuk menyisipkan lembar kerja Excel Perintah untuk membuat efek kolom koran Perintah untuk menampilkan toolbar drawing Perintah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan peta dokumen Perintah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan karakter-karakter yang tersembunyi Perintah untuk memperbesar dan memperkecil tampilan Perintah untuk menampilkan menu Help Perintah untuk menampilkan secara Reading Layout 3. Formatting Toolbar Ikon-ikon pada Formatting toolbar berfungsi sebagai perintah -perintah yang berkaitan dengan pengaturan atau format dokumen.

Ikon Nama Perintah Decrease Indent Increase Indent Border Highlight Font Color Fungsi Perintah Perintah untuk menggeser indentasi ke kiri Perintah untuk menggeser indentasi ke kanan Perintah untuk memberi batas/bingkai Perintah untuk memberi warna arsiran pada teks Perintah untuk memberi warna pada huruf 4. Drawing Toolbar Ikon-ikon pada Drawing Toolbar berfungsi sebagai perintah-perintah untuk kegiatan dalam pembuatan bentuk-bentuk garis. membuat tulisan artistik dan lain-lain. Adapun fungsi ikon-ikon tersebut terdiri atas: Tabel 16. Fungsi Menu Drawing Ikon Nama Perintah Draw Select Objects AutoShapes Line Arrow Rectangle Oval Textbox Insert Word Art Insert Diagram Insert Clipt Art Insert Picture Fill Color Line Color Font Color Line Style Dash Style Arrow Style Shaow Style 3-D Style Fungsi Perintah Perintah untuk mengatur objek Perintah untuk memilih dan menyeleksi objek Perintah untuk membuat bentuk bidang Perintah untuk membuat garis Perintah untuk membuat anak panah Perintah untuk membuat kotak Perintah untuk membuat lingkaran oval Perintah untuk membuat tulisan dalam kotak Perintah untuk membuat teks hias Perintah untuk membuat diagram Perintah untuk menyisipkan gambar Perintah untuk menyisipkan gambar dan file lain Perintah untuk memberi warna objek gambar Perintah untuk memberi warna garis Perintah untuk memberi warna huruf Perintah untuk memodifikasi ketebalan garis Perintah untuk memberi efek garis terputus-putus Perintah untuk memberi efek anak panah Perintah untuk memberi efek bayangan Perintah untuk memberi efek 3 dimensi . menyisipkan gambar.

BAB III PENGGUNAAN MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA A. sebagai contoh menu File. Penggunakan Menu dan Ikon 2. Penggunaan Menu dan Ikon pada Menu Bar Penggunaan menu bar dapat menggunakan 2 (dua) cara: 1) Menggunakan Mouse: 1) Arahkan poiter mouse pada salah satu menu bar Sebagai contoh arahkan poiter mouse pada menu File 2) Klik menu File. terlihat pada setiap menu terdapat huruf yang bergaris bawah untuk melaksanakan perintah tersebut menggunakan fungsi tombol Alt. Menu Bar 3) Klik salah satu perintah yang diinginkan. Sebagai contoh klik sub menu perintah New. maka akan muncul sub menu File berisi perintahperintah pengelolaan file seperti yang terlihat pada gambar 3. Gambar 3. 4) Lakukan hal yang sama untuk menu yang lain. 2) Menggunakan fungsi tombol keyboard: a) Menggunakan fungsi tombol Alt Jika kita melihat menu program. maka huruf F yang bergaris bawah dan untuk melakukan perintahnya adalah: . maka perintah yang dilakukan adalah membuat dokumen baru.

Perintah menuju kondisi berikutnya Perintah menyalin data Perintah meletakan hasil copy dan cut Perintah memformat data pada cell Perhatikan tampilan submenu pada menu Edit berikut: Perintah Menu yang menggunakan fungsi tombol Ctrl pada submenu Edit .1) Tekan tombol Alt (tidak dilepas ) pada keyboard dan tombol huruf F secara bersamaan. 3) Maka perintah yang dilakukan adalah membuat dokumen baru. Fungsi tombol Ctrl Fungsi Ctrl Ctrl + N Ctrl + O Ctrl + W Ctrl + S Ctrl + P Ctrl + F Ctrl + G Ctrl + X Ctrl + Y Ctrl + Z Ctrl + C Ctrl + V Ctrl + 1 Keterangan Fungsi Perintah membuat dokumen baru Perintah membuka dokumen Perintah menutup dokumen Perintah Perintah menyimpan dokumen Perintah mencetak dokumen Perintah mencari/menemukan teks Perintah menuju area (sel. 2) Tekan tombol huruf yang bergaris bawah pada sub menu perintah. Sebagai contoh perintah New maka yang ditekan tombol huruf N. b) Menggunakan fungsi tombol Ctrl Penggunaan menu fungsi tombol Ctrl pada dasarnya hampir sama dengan menggunakan fungsi tombol Alt. Berikut ini beberapa contoh menu perintah yang dapat menggunakan fungsi tombol Ctrl: Tabel 17. range) data dan lembar kerja Perintah memotong data Perintah membatalkan perintah (kembali ke kondisi sebelumnya). akan tetapi tidak semua Menu dapat menggunakan fungsi tombol Ctrl.

Penggunaan Menu dan Ikon pada Formatting Toolbar Untuk dapat menggunakan perintah Ikon pada formatting toolbar yaitu dengan melakukan cara sebagai berikut: 1) Blok terlebih dahulu kata atau kalimat yang akan diformat 2) Arahkan pointer mouse pada ikon perintah pada toolbar Sebagai contoh arahkan pointer mouse pada ikon formatting 3) Lakukan klik menggunakan tombol mouse sebelah kiri 4) Maka perintah yang dilakukan adalah untuk menebalkan kata/huruf yang diblok tadi. Lakukan hal yang sama pada ikon -ikon yang lainnya 3.Gambar 4. Penggunaan Menu dan Ikon pada Drawing Toolbar Untuk dapat menggunakan perintah Ikon pada drawing toolbar yaitu dengan melakukan cara sebagai berikut: 1) Arahkan pointer mouse pada Icon perintah Sebagai contoh arahkan pointer mouse pada ikon pada toolbar drawing 2) Lakukan klik menggunakan tombol mouse sebelah kiri 3) Maka perintah yang dilakukan adalah untuk membuat tulisan artistik Lakukan hal yang sama pada ikon -ikon yang lainnya. Lakukan hal yang sama pada ikon -ikon yang lainnya. . Penggunaan Ikon pada Standard Toolbar Untuk dapat menggunakan perintah Ikon pada standard toolbar yaitu dengan melakukan cara sebagai berikut: 1) Arahkan pointer mouse pada Icon perintah Sebagai contoh arahkan pointer mouse pada ikon pada standard toolbar 2) Lakukan klik menggunakan tombol mouse sebelah kiri 3) Maka perintah yang dilakukan adalah membuat dokumen baru. Fungsi tombol Ctrl 2. 4.

Tunggu sampai jendela Microsoft Word ditampilkan dan siap untuk menerima perintah . Word 2003 Klik Microsoft Office Word 2003 Jika di Desktop terdapat Shortcut Microsoft Office Word 2003 dapat pula langsung melakukan double klik pada Shortcutnya. diantaranya adalah: 6. Membuka Jendela Microsoft Word Untuk membuka Microsoft Word. 11. 10. 8. 7. klik Program/ All Program Klik Microsoft Office bila menggunakan Ms. 9. ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan. Klik Start yang ada pada taksbar menu Setelah muncul sejumlah menu. Memulai Mengoprasikan Microsoft Word 1.BAB IV MEMBUAT DOKUMEN A.

maka langkah yang kita lakukan adalah dengan membuat dokumen baru. . jika lagi membuat dokumen tertentu dan ingin membuat dokumen lain di lembar dokumen baru. Word seperti gambar di bawah ini. Klik New. Maka akan keluar lembar dokumen Ms.2. Membuat Dokumen Baru Apabila kita memulai mengoperasikan Microsoft Word. Pilih menu File b. Namun. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: a. maka langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk dipergunakan. c.

Membuka Dokumen/File yang telah Tersimpan Kelebihan dari komputer adalah dapat menyimpan dokumen/file yang telah kita buat. bisa diceta kembali dan lain-lain. Bisa juga dengan langsung menekan tombol kombinasi keyboard Ctrl+N. 3. langkah-langkah untuk membuka dokumen/file yang telah tersimpan adalah sebagai berikut: . kita dapat membuka nya kembali dokumen/file yang telah tersimpan di dalam komputer sehingga bisa ditambah lagi isi dari dukumen/file tersebut. maka dokumen baru akan ditampilkan di layar. b.Selain cara di atas kita dapat menggunakan alternatif/cara lain yaitu: a. Klik ikon (New Blank Document) pada standard toolbar.

f. e. maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word. Klik pada nama file yang akan dibuka. Selain cara di atas kita dapat menggunakan alternatif/cara lain yaitu: . Maka akan tampil kotak dialog Open d. Klik Open.a. c. Pilih file yang ingin kita buka dengan terlebih dahulu menentukan letak folder tempat dokumen/file kita tersimpan. Klik menu File b. klik Open.

Adapun langkah-langkah yang dapat kita lakukan adalah: a. . maka file yang kita buka akan ditampilkan di layar. c.a. Menyimpan dokumen Dari semua kegiatan kita dalam pengetikan dan pengolahan dokumen. Klik menu File b. Klik tombol ikon (Open) pada standard toolbar. hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen. kegiatan yang paling penting adalah menyimpan dokumen. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save As. Bisa juga dengan langsung menekan tombol kombinasi keyboard Ctrl+O. b. Klik Save/Save As. 4.

Lakukan penyimpanan file sesering mungkin. Selain cara di atas kita dapat menggunakan alternatif/cara lain yaitu: a. kita dapat menutupnya dengan menggunakan langkah berikut: . b. Klik tombol perintah Save atau enter untukk menyimpannya f. Pada kotak isian File name. ketikkan nama file dokumen e. maka file yang kita buka akan ditampilkan di layar. Bisa juga dengan langsung menekan tombol kombinasi keyboard Ctrl+S. Menutup File Dokumen Setelah kita selesai bekerja sebuah file dokumen dan ingin menutupnya tanpa keluar dari jendela Microsoft Word. Klik tombol ikon (Save) pada standard toolbar.4. untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak. pilih dan klik drive atau folder yang diinginkan d. 5. Pada tombol daftar pilihan Save in.

maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang sedang aktif. pilih menu File. Setelah menyimpan file dokumen. b. klik tombol Close. untuk menutup file.a. c. pada jendela Microsoft Word. Atau bisa dilakukan dengan menekan 6. kita dapat mengakhirinya dengan menggunakan langkah berikut : . Menutup Jendela Microsoft Word Kegiatan terakhir saat proses pengolahan file adalah mengakhiri kegiatan tersebut dengan keluar dari jendela Microsoft Word. (close) pada baris menu.

dengan memblok teks yang diinginkan. b. maka jendela Microsoft Word akan tertutup. Blok Teks Blok teks adalah batasan area yang akan diolah. atau seluruh teks di dalam dokuman. memindahkan atau menghapus teks. bentuknya dapat diubah sesuai dengan jenis perintah yang dipergunakan. Klik Exit. Batasan area tersebut dapat berupa karakter. secara default bentuk sebuah pointer berbentuk panah kecil jika menunjuk sebuah ikon. Format Teks 1. c. pilih menu File. B. dan pewarnaan teks secara cepat. Selain dengan menu File. menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakuk an dengan mengklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word. alinea. kita dapat melakukan meng -copy. berbentuk garis tegak bila ada dalam daerah pengetikan dan berbentuk jam pasir kita sedang melakukan suatu proses dan lain-lain. 2. Pastikan dokumen telah tersimpan/telah ter-save. ( ) jika . Cara Menggunakan Pointer Pointer merupakan petunjuk mouse saat digunakan dan digerakan untuk mengakses suatu perintah.a.

Memblok teks dengan mouse Kegiatan Klik dan tahan (drag) teks geser ke arah akhir teks yang diinginkan Klik dua kali pada kata yang diinginkan Klik pada selection bars Tekan Ctrl (tahan) klik kalimat yang diinginkan Tekan Ctrl lalu klik kalimat yang diinginkan Klik gkita pada selection bar atau klik 3x pada bagian paragraf Tekan ALT lalu drag mouse ke posisi yang diinginkan d. Memblok teks dengan keyboard Fungsi Memblok teks sesuai dengan keinginan Memblok satu kata Memblok satu baris Memblok beberapa baris Memblok satu kalimat Memblok satu paragraf Memblok berbentuk kolom Kunci Shift+  Shift+  Shift+ Shift+ Ctrl+Shift+  Ctrl+Shift+  Ctrl+Shift+ Ctrl+Shift+ Shift+Home Shift+End Shift+PgUp Shift+PgDn Ctrl+Shift+Home Ctrl+Shift+End Ctrl+A Fungsi Memblok satu karakter ke arah kiri Memblok satu karakter ke arah kanan Memblok satu baris ke atas Memblok satu baris ke bawah Memblok satu kata ke kanan Memblok satu kata ke kiri Memblok sampai ke awal paragraf Memblok sampai ke akhir paragraf Memblok sampai ke awal baris Memblok sampai ke akhir baris Memblok sampai satu layar ke atas Memblok sampai satu layar ke bawah Memblok sampai ke awal dokumen Memblok sampai ke akhir dokumen Memblok seluruh teks dalam sebuah dokumen .c.

Blok terlebih dahulu teks yang akan diolah. Cara pengaturan teks dengan formatting toolbar: a. Kemudian klik ikon pengaturan teks yang terdapat pada formatting toolbar. Perataan Teks Pada materi ini kita akan mempelajari tentang bagaimana membuat teks rata kiri. maka dapat mengklik tombol kiri mouse di sembarang tempat pada dokumen tersebut 3. b.Catatan: Jika ingin membatalkan pemblokan pada teks yang telah dilakukan. rata tengah. Misalkan ada naskah seperti di bawah ini: Ikon Fungsi Alternatif Nama Perintah Fungsi Perintah Ctrl + L Ctrl + E Ctrl + R Align Left Center Align Right Teks rata kiri Teks rata tengah Teks rata kanan . rata kanan dan rata kiri kanan.

Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font) Huruf (font) mempunyai nama. contohnya Arial. Blok teks yang akan diubah jenis hurufnya .Ctrl + J Justify Teks rata kiri dan kanan 5. Untuk mengubah font dari teks kita yang sebelumnya telah diketik. Times New Roman. dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: Gambar Cara memformat jenis font a. Comic Sans MS dan lain-lain.

secara default Ms. Mengubah Ukuran Huruf (Font Size) Pada sebuah dokumen yang pertama kali dibuka dan siap menerima perintah. klik Font. Klik huruf yang kita pilih . Word memakai pilihan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran huruf (font) 12 point. Langkah-langkah apabila teks tersebut ingin kita ganti ukuran hurufnya adalah sebagai berikut: . Klik ikon Font pada toolbar Formatting . Lakukan hal yang sama pada teks yang lain dengan langkah yang sama Selain cara di atas kita dapat menggunakan alternatif/cara lain yaitu: a. 6. maka akan tampil daftar pilihan jenis-jenis huruf c. Bisa juga dengan langsung menekan tombol kombinasi keyboard Ctrl+Shift+F untuk melakukan perubahan jenis huruf. b. d. Klik menu Format pada menu bar.b. maka akan tampil kotak dialog pengaturan font seperti yang tampak pada gambar. Maka huruf tadi akan berubah menjadi jenis Time New Roman e. misalnya jenis huruf Time New Roman.

5. Klik ikon Font Size pada formatting toolbar. Untuk jenis huruf yang lainnya sama dengan langkah di atas. klik Font. Blok teks yang akan diubah ukuran hurufnya 2. Maka huruf tadi akan berubah menjadi ukurannya 12.1. Klik menu Format pada menu bar. 4. misalnya ukuran huruf 12. Selain cara di atas kita dapat menggunakan alternatif/cara lain yaitu: b. maka akan tampil daftar pilihan ukuran huruf 3. . Klik ukuran huruf yang kita pilih . maka akan tampil kotak dialog pengaturan font seperti yang tampak pada gambar perhatikan font sizenya.

Pilih dan blok teks yang akan dirubah diberi garis bawahi b. dengan langkah-langkah sebagai berikut: a. 2) Menekan tombol Ctrl+Shift+D untuk memberi garis bawah ganda . Pilih dan klik tombol Underline yang terdapat pada tombol formatting toolbar: 1) Menekan tombol Ctrl+Shift+U untuk memberi garis bawah tunggal. dengan langkah-langkah sebagai berikut: Pilih dan blok teks yang akan dirubah gaya tampilannya. Bisa juga dengan langsung menekan tombol kombinasi keyboard Ctrl+Shift+P untuk melakukan perubahan ukuran huruf 7. Memilih Gaya Tampilan Huruf ( Font Style) Untuk memberikan dan mengubah gaya tampilan huruf (font style) dari sebuah teks yang telah kita ketik sebelumnya. Apabila teks tersebut ingin menggunakan huruf tebal. pilih dan klik tombol Bold yang terdapat pada toolbar formatting atau menekan tombol Ctrl+B. 1. pilih dan klik tombol Italic yang terdapat pada toolbar formatting atau menekan tombol Ctrl+I. Apabila teks tersebut ingin menggunakan huruf miring. Ikon Nama Perintah Bold Italic Fungsi Perintah Menebalkan huruf Memiringkan huruf 8.2. 2. Membuat Garis Bawah (Underline) Untuk memberikan garis bawah dari sebuah teks yang telah kita ketik sebelumnya.

Ikon Nama Perintah Underline Fungsi Perintah Menggarisbawahi 9. Pilih dan blok teks yang akan dirubah dan diberi warna b.3) Menekan tombol Ctrl+Shift+W untuk memberi garis bawah tunggal hanya pada kata. Pilih dan klik ikon Nama Ikon Perintah Font Color (Font Color) yang terdapat pada formatting toolbar. Menentukan Warna Huruf (Font Color) Apabila diperlukan dalam pengetikan dapat kit a tampilkan teks dengan menggunakan warna huruf. Edit Teks . sehingga tampilan huruf yang kita ketik akan terlihat lebih menarik. Fungsi Perintah Merubah warna huruf C. Untuk mengubah warna huruf langkah-langkahnya 3 adalah sebagai berikut: a.

Pindahkan kursor/insertion point ke lokasi peng-copyan d.Jika kita membuat kesalahan selama proses pengetikan. pilih dan klik menu Edit. Tekan Ctrl+C c. Repeat Typing (Ctrl+Y). Tekan Ctrl+Drag teks tersebut dan geser mouse ke lokasi tujuan pengcopyan Atau dengan cara: a. Klik menu Edit dan pilih Copy pada standard toolbar atau ikon c. Blok teks yang akan di-copy b. 5. Klik menu Edit lalu pilih dan klik Cut atau klik ikon standard toolbar Nama Ikon Fungsi Perintah Perintah Cut 3. Blok teks yang akan di-copy b. Klik menu Edit dan pilih Paste atau klik ikon Ikon Nama Perintah Copy Paste (Paste) (Copy) Fungsi Perintah Meng-copy pengetikan ke areal luar Pengambilan/penempelan hasil dari peng-copy-an Atau dengan cara: a. Meng-copy Teks Untuk meng-copy sebuah teks dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: a. 3. 2. Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik ikon (Undo) pada standard toolbar. Tekan tombol BacksSpace untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip. Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf. 2. Memindahkan Teks Menggunting /menghapus (Cut) pada . Bawa kursor/insertion point ke area tujuan d. pilih menu Edit. Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip. Blok teks yang akan dihapus b. kita dapat memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini: 1. Menghapus Teks Menghapus teks dapat kita lakukan sebagai berikut: a. Untuk menghapus teks yang baru saja Kita ketik. 4. Tekan Ctrl+V 2. tekan tombol Shift+Enter. Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Kita ketik. Blok teks yang akan di-copy b.

Drag teks tersebut dan geser mouse ke lokasi tujuan Atau dengan cara: a. Klik Redo Atau dengan cara: Meng-klik ikon Ikon (Redo) pada standard toolbar Fungsi Perintah Membatalkan setelah kita melakukan pembatalan perintah karakter terakhir Nama Perintah Redo Typing D. Menyisipkan Objek . Klik Undo Atau dengan cara: Meng-klik ikon Ikon Nama Perintah Undo (Undo) pada standard toolbar Fungsi Perintah Membatalkan perintah karakter terakhir Atau dengan cara: Menekan tombol Ctrl+Z atau tombol kombinasi Alt+Backspace Untuk mengulangi perintah. Pindahkan kursor/insertion point ke lokasi tujuan (Cut) pada standard (Paste) d. Klik menu Edit b. Klik menu Edit pilih dan klik Cut atau klik ikon toolbar c. Klik menu Edit b.dapat dilakukan sebagai berikut : a. Tekan Ctrl+V Untuk membatalkan perintah.Untuk memindahkan sebuah teks dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: a.dapat dilakukan sebagai berikut: a. Pindahkan kursor/insertion point ke lokasi tujuan d. Blok teks yang akan dipindahkan b. Klik menu Edit dan pilih Paste atau klik ikon Atau dengan cara: a. Tekan tombol Ctrl+X c. Blok teks yang akan dipindahkan b. Blok teks yang akan dipindahkan b.

. Meletakan Clipt Art pada sebuah dokumen 1) Pertama-tama. 3) Pilih dan klik menu Insert. Menyisipkan Word Art Word Art adalah fasilitas yang disediakan Microsoft Word untuk menambah tulisan indah dan artistik.1. Terakhir klik OK 2.Klik Insert. Word Art pada standard toolbar - Atau dengan klik ikon (Word Art) pada drawing toolbar. Clipt Art dan tunggu sampai jendela dialog Clipt Art aktif. Pilih salah satu cara di bawah ini: . baik resolusi warna maupun ukurannya. b. Clipt Art merupakan gambar yang sudah siap untuk diletakan pada dokumen tanpa harus kehilangan kualitas dari gambar. Picture. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: a. Picture. a. terlebih dahulu buka sebuah dokumen yang akan disisipkan sebuah gambar dari Clipt art 2) Atur letak gambar. Pilih model Word Art yang disukai c. contohnya gambar akan ditempatkan di tengah sebuah dokumen. Menyisipkan Clipt Art Clipt Art adalah sebuah fasilitas dari Microsoft Office yang berfungsi untuk menambahkan gambar pada teks atau tulisan. Ketiklah teks yang akan dibuat dengan Word Art d.

maka akan tampil garis tepi bingkai yang memiliki titik geser. klik gambar salah satu yang kita inginkan. contohnya ´Religionµ. 2) Arahkan pointer mouse pada titik geser dan klik kiri (drag) geser sesuai dengan keinginan ukuran. maka Ms. a) Gunakan titik sudut untuk mengubah gambar kecil atau besar dengen bentuk yang sama . 5) Setelah ditampilkan gambar yang telah kita cari tadi. Mengubah ukuran gambar Untuk mengubah ukuran gambar dapat kita pada gambar dibawah ini. 1) Klik gambar yang akan diatur ukurannya. 6) Klik Insert atau dengan melakukan drag gambar yang dipilih. 7) Setelah selesai klik ikon (Close) b. tuliskan nama gambar yang akan dicari. Word akan meletakan gambar clipt art yang kita pilih di dalam dokumen tersebut. kemudian tekan ikon Go atau enter.4) Pada Search for.

Menghiasi gambar dengan bingkai dan warna latar belakang . Menggeser Gambar Gambar yang sudah disispkan pada dukumen terkadang sulit di atur letaknya . Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: 1) Pilih dan klik terlebih dahulu gambar yang ingin diatur jaraknya 2) Pilih dan klik toolbar pada Format. Jadi supaya dokumen tersebut terlihat proporsional terhadap tulisan dan dan gambar. Left dan Right Terakhir klik OK e. Toolbar. Menentukan jarak antara gambar dengan teks Jarak dan ukuran gambar pada sebuah teks/dokumen memiliki karakteristik masing-masing. hal ini disebabkan karena terikat dengan tempat awalnya. Picture 3) 4) 5) 6) 7) 8) Klik pada tabulasi Layout Pilih dan klik Advanced Pilih Text Wrapping Pastikan pilihan dengan mengklik Square dan Both slide Atur dan klik panah pada bagian Top. Maka apabila kita ingin menempatkan sebuah gambar sesuai dengan keinginan harus disetting terlebih dahulu. c. 3) Kemudian tempatkan gambar sesuai keinginan dengan cara men-dragnya d.b) Gunakan titik horizontah untuk mengubah gambar melebar atau memperkecil ke kanan dan ke kiri c) Gunakan titik vertikal untuk mengubah gambar memperpanjang atau memperkecil ke atas atau ke bawah. maka kita terlebih dahulu harus mengatur settingnya. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: 1) Pilih dan klik View. Bottom. Picture 2) Klik pada tools Text Wrapping dan pilih Square.

Klik menu File.Untuk menambah gambar supaya terlihat lebih indah. maka dapat menambahkan bingkai dan warna. Picture a) b) c) d) e) Klik tabulasi Color and Lines Pada bagian Fill. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: 1. Langkah-langkahnya sebagai berikut: 1) Pilih dan klik terlebih dahulu gambar yang ingin diatur jaraknya 2) Pilih dan klik toolbar pada Format. Format Halaman Pengaturan format halaman tergantung pada bentuk print out yang akan dihasikan. Pilih warna yang disukai Pada bagian Line. 2. Tunggu sampai muncul kotak dialog Page Setup . pilih warna garis Pilih tebal dan tipisnya garis pada bagian Dashed Terakhir klik OK F. lalu pilih dan klik menu Page Setup.

artinya pengaturan dokumen ini berlaku mulai dari halaman yang aktif (yaitu pada posisi insertion point) sampai halaman terakhir. 4) Right. untuk mengatur batas kanan dokumen mulai dari tepi kanan kertas. untuk memberikan jarak tertentu dari tepi kiri kertas atau tepi atas kertas dengan tujuan untuk memberikan lokasi kosong untuk penjilidan. Margins a. 1) Top. 1) Portrait. Untuk menentukan ukuran klik symbol . untuk mengatur batas bawah dokumen mulai dari tepi bawah kertas. Pada option ini terdapat beberapa option lagi sebagai berikut: 1) Whole document. digunakan untuk menentukan data jenis pengaturan. 3. yaitu posisi kiri (left) atau atas (top) b. untuk mengatur batas atas dokumen mulai dari tepi atas kertas. Apply to. digunakan untuk pengaturan batas halaman secara timbal balik sehingga dapat dicetak secara timbal balik. 3) Left. 5) Gutter. Biasanya dipergunakan jika ingin dokumen yang kita ketik timbal balik dengan hasilseperti buku cetak. digunakan untuk menentukan arah pencetakan halaman. Paper . 2) Bottom. menyediakan dua alternatif posisi. untuk pengaturan arah pencetakan dengan arah melebar/tertidur (horizontal) c. Orientation. d. untuk pengaturan arah pencetakan dengan arah tegak/berdiri (vertikal) 2) Landscape. artinya pengaturan margin berlaku untuk seluruh dokumen. 6) Gutter posistion. Miror Margin. 2) This point forward. untuk mengatur batas kiri dokumen mulai dari tepi kiri ker tas. Margin.1. adalah pengaturan batas-batas halaman.

maka sebaiknya terlebih dahulu kita dapat melihat hasil kerja kita pada fasilitas Print Preview. Mencetak Dokumen Setelah dokumen selesai dikerjakan. secara default ukurannya adalah letter. Klik Print Preview . untuk memilih ukuran lain dapat diklik pada a. Height. pengaturan halaman dan kertas sudah dilakukan. Proses ini bisa berjalan jika komputer yang sedang dipakai telah terhubung dengan printer. digunakan untuk pengaturan tinggi kertas yang kita miliki. Mencetak adalah proses menjadikan berkas dalam bentuk tampilan di layar menjadi bentuk cetakan di kertas. digunakan untuk mengatur ukuran kertas. 1.Paper Size. Print Preview Untuk memastikan ketikan dokumen kita hasilnya yang rapi. Pilih dan klik File b. Width. maka tahap yang terakhir yaitu melakukan pencetakan. Langkah-langkahnya sebagai berikut: a. hal ini fungsinya untuk melakukan koreksi apabila ada kesalahan dalam pengetikan. digunakan untuk pengaturan ukuran lebar kertas b. . G.

Lalu pilih dan klik Print . Jendela Print Preview telah terbuka Selain cara di atas kita dapat menggunakan fasilitas ikon pada standard toolbar: Ikon Nama Perintah Print Preview Fungsi Perintah Untuk membuka jendela Print Preview 2. Mencetak Dokumen Sebelum melakukan perintah pencetakan. Langkah-langkah mencetak dokumen: a.c. Klik menu file b. pastikan printer sudah terpasang dan terinstall di komputer.

dan halaman 5 sampai dengan halaman 12). 2) Page range ada tiga alternatif pencetakan yang disediakan: a) ALL. 4) Prints dapat kita pilih alternatif pencetakan. lakukan dengan cara meng-klik dan pilih jenis printernya. 3) Print what isikan dokumen jika ingin mencetak dokumen. Klik OK atau enter untuk proses pencetakan. b) Current page. dan lain-lain. Contoh 1.3. yaitu mencetak halaman yang sedang aktif.5-12 (berarti mencetak halaman 1. apakah hanya mencetak halaman ganjil (odd) atau genap (event) saja. tergantung pada letak kursor. yaitu mencetak dengan memilih halaman yang diinginkan. atau keduanya (allranges) 5) Copies digunakan untuk menentukan jumlah salinan ( copy-an) dari dokumen yang akan dicetak. Jika kita mencetak 5 rangkap maka isilah dengan angka 5.1) Name. 3. c. Selain itu dapat pula menggunakan ikon (Print) pada standard toolbar . digunakan untuk memilih jenis printer yang sedang aktif. kualitas pencetakan. yaitu mencetak seluruh dokumen. 6) Option properties dapat digunakan untuk memilih jenis kertas. c) Pages.

Lalu pilih dan klik Print . Jendela Print Preview telah terbuka Selain cara di atas kita dapat menggunakan fasilitas ikon pada standard toolbar: Nama Perintah Print Preview Ikon Fungsi Perintah Untuk membuka jendela Print Preview 2. Langkah-langkahnya sebagai berikut: a. Langkah-langkah mencetak dokumen: a. Klik Print Preview c. Klik menu file b. Mencetak Dokumen Sebelum melakukan perintah pencetakan. Pilih dan klik File b.apabila ada kesalahan dalam pengetikan. pastikan printer sudah terpasang dan terinstall di komputer.

2) Page range ada tiga alternatif pencetakan yang disediakan: a) ALL. Klik OK atau enter untuk proses pencetakan. 3. digunakan untuk memilih jenis printer yang sedang aktif. 3) Print what isikan dokumen jika ingin mencetak dokumen. yaitu mencetak halaman yang sedang aktif. dan halaman 5 sampai dengan halaman 12). atau keduanya (allranges) 5) Copies digunakan untuk menentukan jumlah salinan (copyan) dari dokumen yang akan dicetak. Contoh 1. dan lain-lain. lakukan dengan cara meng-klik dan pilih jenis printernya. c) Pages. 6) Option properties dapat digunakan untuk memilih jenis kertas. yaitu mencetak dengan memilih halaman yang diinginkan. kualitas pencetakan. tergantung pada letak kursor.1) Name. b) Current page. Selain itu dapat pula menggunakan ikon standard toolbar (Print) pada .5-12 (berarti mencetak halaman 1. 4) Prints dapat kita pilih alternatif pencetakan. c.3. Jika kita mencetak 5 rangkap maka isilah dengan angka 5. apakah hanya mencetak halaman ganjil (odd) atau genap (event) saja. yaitu mencetak seluruh dokumen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful