P. 1
14112007134512 Bangsa, Negara Dan Nasionalisme

14112007134512 Bangsa, Negara Dan Nasionalisme

4.0

|Views: 1,105|Likes:
Published by anon-61944

More info:

Published by: anon-61944 on Sep 14, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2013

pdf

text

original

BANGSA, NEGARA DAN NASIONALISME

Oleh : Nurmala Yunita Putri (05401241042)

Bangsa, Negara dan Nasionalisme
1. 2. 3. 4. 5. 6.

Pengertian dan Hakekat Bangsa Pengertian dan Hakekat Negara Fungsi Negara Tujuan Negara Unsur-unsur Negara Nasionalisme

A. Pengertian dan Hakekat Bangsa

Bangsa adalah orang-orang yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarahnya serta berpemeruntahan sendiri. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian bangsa adalah kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa serta wilayah tertentu di muka bumi

Benidict Anderson
Bangsa adalah komunitas politik yang dibayangkan, artinya tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Komunitas politik yang dibayangkan itu terdapat dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat. Perasaan inilah yang menyebabkan berjuta-juta orang bersedia mati bagi komunitas yang dibayangkan itu.

B. Pengertian dan Hakekat Negara
• Kranenburg Negara pada hakekatnya adalah sebuah organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok manusia yang disebut bangsa. sebelum terbentuknya negara terlebih dahulu harus ada kelompok manusia yang mempunyai kesadaran untuk mendirikan suatu organisasi yang menjamin kepentingan mereka.

• Logemann Negara pada hakekatnya adalah sebuah organisasi kekuasaan yang meliputi atau sekelompok manusia yang disebut bangsa. Intinya bahwa Organisasi negara yag menciptakan bangsa.

Harold Laski menyatakan bahwa fungsi negara adalah menciptakan keadaan dimana rakyat dapat tercapai keinginannya secara maksimal. Untuk itu setiap negara harus harus memiliki fungsi sebagai berikut : 1. Melaksanakan penertiban untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah bentrokanbentrokan dalam masyarakat.

2. Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya 2. Pertahanan. Hal ini diperlukan untuk menjaga kemungkinan serangan dari luar. Untuk itu negara dilengkapi dengan alat pertahanan. 3. Menegakkan keadilan yang dilaksanakan melalui badan-badan peradilan.

D. Tujuan Negara Republik Indonesia

b.

c. d. e.

Gagasan Soepomo menjadi dasr terbentuknya tujuan Negara RI, seperti termaktub di dalam pembukaan UUD 1945 alenia IV: Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia Memajukan kesejahteraan umum Mencerdaskan kehidupan bangsa, serta Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

E. Unsur-unsur Negara

WILAYAH PENDUDUK PEMERINTAHAN

KEDAULATAN

F. NASIONALISME
Nasionalisme adalah semacam etnosentrisme atau pandangan yang berpusat pada bangsanya. Gejala seperti semangat nasional, kebanggaan nasional, patriotisme dan sebagainya terdapat pada bangsa, sebagai suatu gejala umum untuk mensolidaritaskan diri dengan suatu kelompok yang senasib.

SELAMAT BEALAJAR!! TERIMA KASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->