SOAL GEOGRAFI 1.

Penetapan Waktu Indonesia Bagian Barat,sehingga dengan waktu Greenwich 8 jam maka ditetapkan meridian pangkal sebesar ..... a.110˚BT b.115˚BT c.125˚BT d.105˚BT e.100˚BT 2. Karakteristik benda dalam penginderaan jauh yang berkaitan dengan ruang dan waktu yang membuktikan lereng batuan muda berbeda dengan batuan tua adalah karakteristik : a.spatial b.spektral c.temporal d.struktur e.rona 3. Pada gejala cuaca dan iklim terjadi pada lapisan yang mempunyai ketebalan ± 12 km adalah lapisan .... a.Mesosfer b.Troposfer c.Stratosfer d.Eksosfer e.Termosfer 4. Di daerah pantai kadang-kadang terdapat bekas garis pantai yang bertingkat-tingkat. Keadaan ini membuktikan bahwa daerah itu mengalami... 1.orogenesa positif berkali-kali 2.epirogenesa positif berkali-kali 3.orogenesa negatif berkali-kali 4.epirogenesa negatif berkali-kali 5. Suhu udara di dataran tinggi lebih rendah daripada suhu udara di dataran rendah. Hal ini berkaitan dengan dengan ; 1.perbedaan tekanan udara 2.perbedaan kecepatan angin 3.perbedaan lama penyinaran matahari 4.sifat troposfer 6. Pola alira paralel menunjukkan bahwa daerah tersebut...

7.

8.

9.

10.

a.lerengnya curam b.lerengnya landai c.dataran d.puncak gunung e.batunya homogen Pola desa tersebar tidak teratur dijumpai di daerah dengan kondisi .... a.dataran tinggi dengan lereng terjal b .topogrfi miring terutama pada lereng gunung api c.kesuburan tanah tidak merata dan topografi kasar d.dataran rendah yang subur e.dataran rendah di sepanjang pantai Prinsip dasar teori lokasi Weber adalah.... a.perlu penetapan upah minimun regional b.perlu pengkajian terhadap resiko susut c.penentuan lokasi industri di tempat-tempat konsentrasii penduduk d.penentuan lokasi industri di tempat-tempat tersedia bahan mentah e.penentuan lokasi industri di tempat- tempat yang resiko biaya atau ongkosnya paling minimal Berbagai faktor lokasi yang senantiasa dipertimbangkan oleh pengusaha dalam menempatkan industri adalah : 1.harga tanah 2.pasar 3.transportasi murah 4.tenaga kerja Jenis hutan hujan flora malesiana terutama menyebar di palau-pulau di bawah ini, kecuali... a.Kalimantan b.Bali c.Irian Jaya d.Jawa e.Sumatera

20.. Crude Birth Rate merupakan perbandingan antara jumlah kelahiran selama satu tahun SEBAB Terhitung jumlah penduduk pada pertengahan tahun tiap 1000 penduduk.gradien sunaai besar 4. Wilayah Utara Pulau Jawa lazim disebut sebagai anti-klinorium. Bila objek pada sebuah citra terlihat gelap. SEBAB Emigrasi adalah perpindahan penduduk dari negara lain masuk ke dalam suatu negara. 14. lemah yang kemudian tertutup alluvial.intensitas sinar besar d.11.tekstur objek kasar c. 15..perairan yang tertutup 2.pantulan sinar dari objek sedikit 13... 19.gradien sunagi kecil Pada dasarnya data yang dikelola dalam penginderaan jauh adalah data : 1.yang tahan dan tidak terganggu bila mendapat tekanan dari luar 4. Pertumbuhan penduduk berdasarkan teori Thomas Robert Malthus terlihat pada kematian dan kelahiran serta migrasi. 1. 16.. SEBAB Menggunakan citra non foto dan interpretasi sangat cepat. 17.statistik 4.yang sangat rentan dan mudah terganggu bila mendapat tekanan dari luar . a.spasial 3. SEBAB Tercantum pada teori pertumbuhan penduduk sosial atau total.Pengendapan d..daerah yang tinggi 2.Vulkano Tektonik c. Proses geologi yang melatar belakangi terbentuknya danau Toba seperti saat ini adalah .Pembendungan aliran sungai b. Hal ini menunjukkan .perairan yang sempurna 3. Sensor Elektromagnetik bekerja secara elektrik dalam bentuk sinyal yang diproses secara digital. Pertumbuhan penduduk yang cepat dapat diidentifikasikan dengan adanya angka kelahiran yang tinggi dan emigrasi yang besar. SEBAB Bagian utara pulau jawa merupakan daerah yang mengalami pelipatan 18.tekstur objek halus b. a.daerah dataran 3.visual 2..Tektonik e.atribut Terumbu karang merupakan ekosistem : 1.situs objek terpencil e. hal ini disebabkan . Pada peta tampak pola aliran sungai yang lurus-lurus.Vulkanisme 12.

8. Jawaban : C Karakteristik temporal dalam penginderaan jauh yang berkaitan dengan ruang dan waktu sehingga lereng batuan muda berbeda dengan batuan tua.sudut datang sinar matahari . Jawaban : C Pola persebaran desa sangat dipengaruhi oleh bentang alam untuk pola desa tersebarntidak teratur dijumpai di daerah dengan kondisikondisi kesuburan tanahnya tidak merata dan topografi kasar. .relief 6. Jawaban : C Karena Irian Jaya termasuk jenis hutan hujan “Australia” 11. Tempat pertemuan anakanak sungai dan induknya berbentuk lancip. Jawaban : D Meridian pangkal untuk menentukan waktu Indonesia Bagian Barat adalah 105˚BT 2.vegetasi dan jenis tanah . vulkano tektonik yaitu proses pembentukan danau yang dikarenakan adanya pengaruh tekanan pembentukan pegunungan dan karena adanya proses pelipatan lapisan bumi. transportasi dan tenaga kerja. 4. 10.lamanya penyinaran . Jawaban : B Proses geologi.PEMBAHASAN 1. Jawaban : E Suatu objek akan terlihat dengan jelas apabila objek tersebut dapat memantulkan sinar dengan baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap suhu udara di permukaan bumi antara lain : . Jawaban : D Orogenesa negatif adalah gerakan tanah yang menyebabkan seolah-olah pantai menjauh. Pola aliran ini terdapat di daerah perbukitan dengan lereng yang terjal. 12. Jawaban : E Faktor lokasi berkaitan erat dengan harga tanah. Jawaban : B Peristiwa cuaca dan iklim terjadi pada lapisan yang mempunyai ketebalan ± 12 km adalah lapisan troposfer. 9. Jawaban : C Prinsip dasar teori Weber yaitu pembagian pola interaksi keruangan kota yang merupakan pusat aktivitas produksi hubungannya dengan tempat tinggal penduduk yang merupakan sumber tenaga kerja. Jawaban : E Suhu udara diukur dengan termometer. 3. 5. Jawaban : A Pola paralel adalah pola aliran sungai yang arah alirannya hampir sejajar antara sungai yang satu dan yang lainnya. pasar. 7.

peta. Jawaban :E Pertumbuhan penduduk yang cepat dapat diidentifikasikan dengan angka kelahiran yang tinggi. sedangkan emigrasi perpindahan penduduk dari negara kita keluar negeri. Aliran ini biasanya terdapat pada daerah miring dan bergradien besar dan biasanya terdapat pada daerah yang tinggi. Terutama karang itu merupakan suatu daerah sedimen plankton. pertumbuhan pangan menurut deret hitung”. 18. Pada umumnya terumbu karaang berbentuk Fringging.13. Jawaban : A Crude Birth Rate atau angka kelahiran kasar merupakan perbandingan antara jumlah kelahiran selama satu tahun dan jumlah penduduk pada pertengahan tahun tiap 1000 penduduk. Jawaban : A Sensor Elektromagnetik bekerja secara elektrik dalam bentuk sinyal yang diproses secara digital dan menggunakan komputer dan interpretasi sangat cepat. 16. Jawaban : A Dilihat secara geologis wilayah utara pulau Jawa sebagian besar antiklinorium dan daerah tersebut mengalami pelipatan lemah yang kemudian tertutup alluvial. dan hasil penginderaan jauh. Objek akan terlihat gelap apabila pantulan sinar dari objek sedikit. Dengan demikian pada dasarnya data yang dikelola dalam penginderaan jauh adalah data visual. spatial. Imigrasi adalah masuknya penduduk dari luar negeri ke negeri kita. Jawaban : B Pola aliran sungai yang lurus terjadi karena aliran sungai yang deras. 20.maupun dat atribut. 17. Jawaban : E Data dalam penginderaan jauh adalah data keruangan ( Spatial ) dan data dekriptif. Data –data tadi diperoleh dari lapangan. Jawaban : D Teori Thomas Robert Malthus : “pertumbuhan penduduk menurut deret ukur. Barrier atau Atol. 15. ditambah oleh tingkat imigrasi yang lebih besar dibandingkan tingkat emigrasi. 14. statistik. Jawaban : D Terumbu karang merupakan ekosistem yang sangat rentan dan mudah terganggu bila mendapat tekanan dari luar.statistik. . 19.