KUMPULAN SOAL TRY OUT CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL

MATA UJIAN TINGKAT HARI/TANGGAL LOKASI WAKTU

: TEST PENGETAHUAN UMUM : SMA/DIPLOMA/SARJANA : : 90 MENIT

PETUNJUK : Untuk soal nomor 1 sampai dengan nomor 60, pilihlah salah satu jawaban yang saudara anggap paling tepat diantara pilihan yang tersedia.

BIDANG IDEOLOGI NEGARA

1.

Yang dimaksud dengan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia adalah … a. Sikap mental, tingkah laku, amal jadi ciri khas. b. Weltanschauung/philosophische grondslag c. Sebagai penujuk, penuntun, dan pegangan sikap d. Diyakini memiliki kebenaran e. Cita-cita mencapai masyarakat adil dan makmur Unsur domisili merupakan syarat utama bagi setiap orang yang disebut sebagai … a. orang asing d. negara b. warga negara e. wisatawan mancanegara c. penduduk negara Jiwa nasionalisme dapat dipupuk dengan cara sederhana, antara lain dengan melakukan … a. melarang investasi asing di deesa terpencil b. melakukan proteksi terhadap produksi c. mencintai produk dalam negeri d. menolak pinjaman luar negeri e. tidak membeli barang impor Pancasila sebagai ideologi terbuka maksudnya adalah… a. menerima semua pengaruh dari luar b. membuka diri dengan segala bangsa c. tidak membatasi diri dengan segala aspek kehidupan

2.

3.

4.

Bunyi ikrar sumpah pemuda d. Pancasila disahkan sebagai Dasar Falsafah Negara a. demokrasi tidak memberikan tempat bagi berkembangnya … a. Prinsip nilai kemanusiaan bangsa Indonesia 11. demonstrasi b. Tanggal 17 Agustus 1945 . menerima semua kritik dan saran dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman Secara ideal. antara hal-hal berikut. otoritarianisme e. kebebasan berpikir. dan beragama b. Hasil konvensi internasional tentang hak-hak sipil dan politik pada Pasal 18 mengatur … a. sistem parlementer yang dianut lebih menitikberatkan pada kepentingan golongan Makna dari prinsip keadilan berdasarkan Pancasila adalah … a. Rancangan Garis Besar Haluan Negara e. Sikap chauvinisme tidak sesuai dengan persatuan dan kesatuan. hak untuk menyampaikan pendapat tanpa mengalami gangguan c. adanya kemerosotan di bidang ekonomi b. kebebasan berkumpul secara damai e. Makna isi Pembukaan UUD 1945 b. 5. hak untuk berserikat Pada masa berlakunya UUDS 1950 kabinet seringkali “jatuh bangun”. Hal ini disebabkan oleh … a. b. hak atas kesamaan di hadapan badan-badan peradilan d. tekanan politik pada saat itu sangat berlebihan c. otonomi daerah 6. Menghendaki kemakmuran yang merata dan dinamis d. seluruh potensi dititikberatkan untuk menghadapi ingin kembalinya Belanda e. Pancasila sebagai kepribadian bangsa c. 9. Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara negara 8. Memiliki hak mendapat pekerjaan bagi warga negara e. 10.d. c. yang termasuk pelanggaran hak asasi manusia adalah … mengusulkan perubahan pada pasal tertentu UUD 1945 adanya fungsi sosial dalam hak milik pribadi pemberlakuan otonomi khusus bagi provinsi tertentu pegerahan pasukan untuk meredam pemberontakan menutup peluang orang untuk memperoleh pekerjaan dan penghasilan 7. e. Menolong orang lain sampai dapat berdiri sediri c. d. konstitusionalisme c. e. sentralisme d. sistem multipartai yang menitikberatkan pada kepentingan golongan d. alasannya karena bertentangan dengan … a. Menjunjung tinggi sikap kekeluargaan b. Di a. menyampaikan kata hati.

Hak-hak politik rakyat terkekang. a.. Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa c. termasuk dalam hak-hak warga negara dalam bidang . Hukum 14.. Keadilan legalitas e. a. a. e. Sosial d. Politik c. Perusahaan besar membina perusahaan kecil c. Sistem perekonomian seluruhnya terpimpin dari pusat 13. KECUALI . Usaha perekonomian diserahkan sepenuhnya pada individu b.. Masyarakat hanya mengenal satu macam tingkatan kelas sosial d. Menolak memakai barang-barang luar negeri 17.. Pernyataan hak asasi universal terdapat pada salah satu makna alinea pembukaan UUD 1945 yang berbunyi . Hak untuk ikut berperan serta dalam bidang pemerintahan. 2 Tahun c... 3 Tahun d. Meningkatkan kegiatan usaha bersama keluarga b. c.. Selalu belanja di pasar tradisional setempat e. Wujud partisipasi pengusaha dalam kegiatan ekonomi sesuai dengan pasal 33 UUD 1945 adalah . Ekonomi b. 1 Tahun b. rakyat hanyalah objek c. hak ikut memilih dan dipilih dalam pemilihan umum. Bekerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan d.b. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan . a. dan hak untuk mendirikan partai. Keadilan kodrat alam d. a. UUD RIS berlaku selama kurang lebih . Maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya d. 9 Tahun e.. Keadilan komutatif 15.. Didorong keinginan luhur untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas e. Perjuangan kemerdekaan Indonesia telah saat yang berbahagia b. Prinsip berikut yang sesuai dengan ideologi liberalisme adalah … a. 10 Tahun 16. Keadilan distributif b. Keadilan yang ditentukan oleh Aristoteles seperti di bawah ini.. d. Budaya e. Keadilan konvensional c. Tanggal Tanggal Tanggal Tanggal 18 Agustus 1945 11 Juli 1946 1 Juni 1946 1 Oktober 1965 12. Agama tidak diperlukan karena dianggap sebagai candu e.

Mufakat menjadi keharusan dalam bermusyawarah 20. Lebih mengutamakan musyawarah mufakat e.. Lembaga sosial b. Sistem pemerintahannya d.18. Menjamin kebebasan dan hak yang bertanggug jawab b. Hukum publik antara lain mengatur hubungan antara … a.. a. Hukum Perdata e. hati nurani d. warga dengan negara sebagai organisasi kekuasaan e. seseorang warga negara dengan warga negara lain b. antarwarga negara Indonesia dengan warga asing 24. Negara c. Musyawarah mufakat menjadi tolak ukur keputusan d.. Kesatuan yang berbentuk republik b. Bentuk pemerintahannya b. a. Bentuk hukum perdata yang berlaku dalam suatu negara : a. Serikat dengan sistem konstitusional BIDANG HUKUM 21.. Dasar negara yang digunakannya 19. seseorang dengan benda yang menjadi hak miliknya d. Republik dengan sistem kabinet parlementer c. maka sanksi norma kesopanan bersumber dari… a. maka demokrasi Pancasila mempunyai ciri khas yaitu . orang-orang yang menjadi pejabat pemerintahan c. seseorang mengadakan perjanjian jual beli sebidang tanah . Bila dibandingkan dengan sistem demokrasi lain. Tingkat kesejahteraan penduduknya e. A dan b benar 22. Perbedaan yang mendasar pada kurun waktu antara berlakunya UUD 1945 dengan Konstitusi RIS dapat dilihat dari . Hukum Tidak Tertulis c. sedangkan pada waktu berlakunya konstitusi RIS 1949 bentuk pemerintahannya adalah . Dibanding dengan berbagai norma sosial lainnya. a. Pada kurun waktu berlakunya UUD 1945 bentuk pemerintahan Indonesia adalah Republik dengan sistem Kabinet Presidensial. Luas wilayah negaranya c. Manakah yang bukan termasuk dalam bidang hukum privat? a. Kesatuan dengan sistem bemokrasi terpimpin e... Hukum Tertulis b. Republik yang berbentuk federasi d. Tuhan 23. Hukum Pidana d. masyarakat e. Memberikan perlindungan semua hak-hak politik c.

e. nilainilai. Kranenburg 27.H. doktrin c. Asas umum hukum yang diterima bangsa beradab 5. organisasi sosial politik c. Shang Yang c. kunjungan kepala negara b. ekstra parlementer b. Kabinet yang cara pembentukannya di luar campur tangan parlemen adalah kabinet … a. yurisprodensi e. kebiasaan b. Niccolo Machiavelli d. Organisasi internasional 2. Teori trias politika yang dikemukakan oleh Montesquieu adalah contoh sumber hukum formal. 3 dan 4 . ministerial d. Palang Merah Internasional Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan sumber hukum internasional dalam arti formal tampak pada … a. c. J. 1. 2. 2 dan 5 d. hubungan diplomatik e.A. nasional c. Pengakuan secara de jure dari suatu negara terhadap negara lain ditandai oleh … a. parlementer 28. organisasi kekuasaan 30. Teori tujuan negara yang mengatakan bahwa dibentuknya negara adalah untuk mewujudkan kekuasaan negara yang sebesar-besarnya dikemukakan oleh … a. undang-undang d. Perjanjian internasional 3. Logemann b. dan cita-cita yang sama merupakan pengertian dari … a. Kelompok yang terorganisasi dan anggota-anggotanya mempunyai orientasi. presidensial e. seseorang yang menepati perjanjian sewa menyewa rumah seseorang melakukan perkawinan di luar negeri seseorang dengan sengaja menipu orang lain seorang anak mendapat hak waris dari orang tuanya 25. masyarakat d. traktaat 29. bantuan ekonomi BIDANG TATA NEGARA 26. kerja sama militer c. Immanuel Kant e. Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1. bantuan diplomasi d. organisasi masyarakat b. politik e.b. d. yaitu … a. Kebiasaan internasional 4.

Eropa b. 1. Raja Louis XVII b. pemasok perbekalan bagi kapal layar 32. Pokok-pokok persamaan kebudayaan Asia-Afrika adalah sebagai berikut. Sistem multipartai e. Sistem presidensil diubah menjadi sistem parlementer b. KNIP e. Inggris d. Asia c. Bangsa-bangsa yang mempelopori munculnya kolonialisme dan imperialisme ialah … a. 3 dan 5 BIDANG SEJARAH 31. Mata pencaharian pokok penduduknya berdagang 33. 2. Peristiwa penting yang berpengaruh terhadap tumbuhnya pergerakan nasional di Asia-Afrika adalah peristiwa … a. Penghargaan terhadap partai politik 37. Badan yang merancang UUD 1945 ialah … a. 3 dan 5 c. PPKI d. Sebagian dari mereka memperoleh dari … a. Raja Louis XIV d. KNI c. Raja Louis XV e. 3 dan 4 e. Isi maklumat pemerintah 3 November 1945 ialah … a. BPUPKI b. 1. Kekuasaan raja bersifat feudal d. kecuali … a. Kerajaan memiliki kekuasaan yang sangat besar e. Amerika e. Abad ke-17 diterapkan sistem absolutisme oleh raja Perancis yaitu a. Kepercayaan yang bersifat politheisme c. Ijin pendirian partai d. Raja Louis XVI 35. Perancis 34. Raja Louis XVIII c. Panitia Sembilan 36. Terdapat di lembah sungai yang subur b. menjadi awak perahu b. mengambil komoditas perdagangan dari pedalaman c. Perang Dunia I dan Perang Dunia II . pengecer barang dangan yang dibawa perahu-perahu besar ke wilayahnya e. Diterapkan sistem demokrasi liberal c. Wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan menyebabkan sebagian besar penduduknya memperoleh sumber kehidupan dari laut.b. bekerja di industri galangan kapal d.

Penyesuaian d. Banyak terjadi pemberontakan di seluruh Indonesia e. Merajalelanya korupsi di lingkungan pemerintahan BIDANG KEBIJAKAN PEMERINTAH 41. Memelihara wilayah kelautan dan seluruh kepentingan bangsa Indonesia d. penyediaan pelayanan pendidikan bagi keluarga miskin melalui pemberian beasiswa e. pemenuhan kebutuhan pangan bagi keluarga miskin dengan harga yang terjangkau d. Menentukan batas lautan Indonesia e. d. Pengiriman misi Garuda ke Mesir tahun 1956 bagi bangsa Indonesia mempunyai arti penting.b. Isi deklarasi Juanda mempunyai arti penting bagi kehidupan IPOLEKSOSBUD HANKAMNAS di Iindonesia ialah … a. Pada awal kemerdekaan Indonesia. Terjadinya pertentangan antarpartai b. yaitu … a. rongrongan dari pihak Belanda c. c. sanitasi. Pengesahan c. laut maupun udara dari rongrongan negara lain 40. Sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 e. Kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905 Peyerangan Jepang atas pangkalan angkatan laut Amerika di Hawaii Revolusi Amerika yang bertujuan memperjuangkan HAM Revolusi Perancis yang berhasil menumbangkan absolutisme 38. peningkatan jumlah penduduk dan keluarga miskin yang terlindungi oleh program pengembangan asuransi sosial b. Memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki kekuasaan angkata bersenjata yang tangguh 39. Melindungi seluruh wilayah negara Idonesia baik darat. Perubahan e. e. Salah satu pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam upaya penyediaan kebutuhan pokok terutama untuk keluarga miskin adalah… a. keadaan dalam negeri belum stabil. Berbagai konvensi internasional yang berkaitan dengan hak asasi manusia telah diratifikasi dalam bentuk undang-undang. Ikut menjaga ketertiban dan perdamaian dunia b. dan pemukiman dengan harga yang terjangkau bagi keluarga miskin . Nama Indonesia semakin dikenal dalam pergaulan antarbangsa d. Melindungi kekayaan alam negara Indonesia c. Menghadapi kesulitan ekonomi d. Faktor ekstern. Menentukan lebar laut wilayah Indonesia dari 3 mil menjadi 12 mil b. Pelaksanaan b. sebab … a. Penyerapan 42. peningkatan sarana kebutuhan air bersih. Bangsa Indonesia bangga mendapat kepercayaan dari PBB c. Ratifikasi adalah … a. penurunan persentase penduduk miskin c.

restrukturisasi aparatur negara 45. Pendidikan yang diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan termasuk ke dalam jenis pendidikan … a. bersejarah. yang seluas-luasnya e. dan nepotisme adalah dalam rangka … a. peningkatan kualitas pelayanan publik c. yang maksimum d. Kata seoptimal mungkin dalam kalimat di atas bermakna … a. pengawasan aparatur negara d. berwibawa. peningkatan kapasitas sumber daya manusia e. sampai dengan lingkungan kota. laju pertumbuhan usaha kecil dan menegah di perkotaan e. Umum d. Akademik e. yang sebaik-baiknya b. Koefisien dasar bangunan (KDB) untuk luasan denah lantai dasar sedapat mungkin lebih dari 60 persen lahan. lingkungan sekitar. penataan kelembagaan dan ketatalaksanaan pegawai pemerintah b. yang paling menguntungkan 47. Upaya untuk mewujudkan pegawai pemerintah yang bersih. dan bebas korupsi.43. Profesional c. Salah satu pernyataan di bawah ini yang bukan indikator pembangunan perkotaan adalah … a. Menyediakan ruang terbuka seoptimal mungkin itu penting. Halaman belakang yang cukup luas memberikan keuntungan 48. Penulisan gabungan kata yang tidak sesuai dengan kaidah EYD adalah … . kolusi. laju penurunan tingkat kejahatan dan kemiskinan perkotaan b. Gagasan utama paragraf di atas adalah … a. Penyediaan halaman depandan belakang yang memadai bermanfaat bagi pemeliharaan lingkungan sekitar c. mekanisme partisipatif dalam perencanaan dan pembangunan pemukiman c. jumlah kawasan strategis. yang setinggi-tingginya c. dan tradisional yang berhasil dipugar BIDANG BAHASA INDONESIA 46. baik kepada penghuni rumah. Halaman depan berupa taman yang cukup luas bermanfaat e. Luas denah lantai dasar bangunan rumah tidak boleh lebih dari 60 persen dari luas lahan yang tersedia d. Keberadaan lahan terbuka di kota perlu selalu dipertahankan b. Kedinasan b. Di tengah keterbatasan lahan perkotaan adalah penting untuk senantiasa menjaga keberadaan ruang terbuka seoptimal mungkin. lancarnya aliran investasi dan produksi antarwilayah d. Penyediaan halaman rumah berupataman di depan dan atau di belakang rumah yang cukup luas tentu banyak memberikan keuntungan dan manfaat. Kejuruan 44.

A total of 1. 1985. said Christopher Murphy. Kegiatan darma wisata ke Bali itu menyenangkan. Gorrys. Pustaka Jaya. a spokesman for the Motorcycle Safety Foundation. 1985. 1985. Keraf. Argumentasi dan Narasi. Motorcycle riders have been featured in the government's $13 million advertising campaign surrounding the Labor Day holiday. Penulisan daftar pustaka yang benar adalah … a. Gorrys. Pustaka Jaya. Nearly 13. the government reported Thursday. Law enforcement agencies are increasing their enforcement against drunken driving during the end of the summer. Argumentasi dan Narasi. Keraf. b. who leads the state's traffic safety office. Argumentasi dan Narasi. d.a. California had 117 fewer alcohol-impaired driving deaths last year. Argumentasi dan Narasi. c. e. Keraf. you cannot choose to drink and ride. Keraf. said riders who conduct training courses always stress the dangers involved in drinking alcohol before riding. 49. Dean Thompson. Gorrys. Berjalan-jalan untuk mencari angin segar b. Itu hanyalah buah mimpi saja. Ende Flores." he said. Texas had 108 fewer deaths and Arizona's fatalities dropped by 63 deaths. Makna ungkapan makan angin di atas adalah … a. California conducted more than 1.000 sobriety checkpoints during the year and encouraged motorists to dial 911 on their cell phones if they spot a potentially drunken driver. but alcohol-related fatalities increased among motorcycle riders in half the states. the legal limit in the United States. Gorrys.000 people were killed in crashes in which the driver had a blood alcohol concentration of 0.500 people died on the highway. an increase of 7.621 motorcyclists were killed in alcohol-impaired crashes in 2007. Transportation Secretary Mary Peters said she was disappointed by the increase in deaths involving drunk motorcycle riders. Diam tenang tidak mengganggu oranf lain d. Mempelajari tata kalimat itu perlu. Mengajak teman untuk bersenang-senang 50. Drunken-driving deaths fell in 32 states in 2007. 1985. BIDANG BAHASA INGGRIS Read this paragraph carefully and choose one correct answer for number 51 – 55.08. d. "The skill set you need in terms of the coordination and balance and things like that. Ende Flores. Pustaka Jaya Ende Flores.5 percent. when nearly 13. Gorrys. Daya angkut pesawat itu lebih dari seratus orang. Bergembira sambil menghirup udara bersih e. c. Ende Flores: Pustaka Jaya. alcohol deaths were down nearly 4 percent compared with 2006. 1985. "Our vision is . Duduk-duduk sekadar menghabiskan waktu c. Argumentasi dan Narasi. Keraf. Kita nanti hanya makan angin saja. It's just the wrong choice to make. or at higher levels. e. Pada umumnya kita masih buta hukum. b. Pustaka Jaya: Ende Flores. Overall. the largest decrease in the nation. Among the states.

Massachusetts. never c. followed by South Carolina with 44 fatalities. The latest data followed calls from dozens of college presidents to consider lowering the drinking age from 21 to 18. Mark Rosenker. Delaware. decelerated 52. North Carolina b. South Carolina c. rarely d. the most among states. According to Thompson’s advice. against e. increased c. National Transportation Safety Board b. How did the mortality rate caused by drunken driver in 32 states in 2007 compared to 2006? a. alcoholimpaired deaths increased in Alabama. Alaska. arguing that the laws lead to binge drinking on campus. Minnesota. supported d. a. Oklahoma. Maine. Mark Rosenker d. Who was in charge for the traffic safety of the state? a. Texas d. backstopped . In addition to North Carolina and South Carolina. "Age 21 drinking laws have been proven time and again effective in preventing deaths and injuries. Virginia. North Carolina had 66 more deaths." Rosenker said. West Virginia. Montana. disagreed c. Transportation Secretary e. acting chairman of the National Transportation Safety Board. deceased d. decreased b.really toward zero deaths — everyone counts. Dean Thompson c. "Repealing them is a terrible idea. Oregon. we should……drink before we ride a. What state did have the most drunken-driving deaths? a. Christopher Murphy 53. always b. California e. Pennsylvania. The underlined word could be best replaced by…. so we're not exactly celebrating these numbers. agreed b. said he opposed the administrators' effort. decadenced e." said Murphy. acting chairman of the National Transportation Safety Board. Ohio. Nebraska. North Dakota." 51. usually e. Mark Rosenker. often 55. said he opposed the administrators' effort. Wisconsin and the District of Columbia. Arizona 54.

If I…. She came to his party c.. x : y: a.you. loss e.on the manual book? Yes. look ahead d.. c. d. of course. lose d. e. look for b. look after c. a.. but the chairman and the stakeholders insist to keep it run. look about e.. loose b. b. She invited Him e. were d. a. He invited her d. writes written writing write wrote . a. loosen 58. because if you don’t. The company sustains a great…. is e. She was invited b. the plants will fade away! a.the garden. This sentence means…. lost c. She didn’t come to his party 60. Don’t forget to………. I would go far from here and start a new life.56. am b. are 59. was c. look around 57. She would have definitely come to his party if he had invited her. I don’t know how to operate this machine! Are they….

    .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful