BUDIDAYA Cacing Tubifex / Cacing Rambut / Cacing sutra

Cacing Tubifex / Cacing Rambut / Cacing sutra Filum : annelid Kelas : oligochaeta Ordo : haplotaxida Bentuk tubuh cacing ini menyerupai rambut dengan panjang badan antara 1-3cm dengan tubuh berwarna merah kecoklatan dengan ruas ruas. Cacing ini hidup dengan membentuk koloni di perairan jernih yang kaya bahan organik. Cacing ini meiliki 57% protein dan 13% lemak dalam tubuhnya. Cacing sutra merupakan hewan hermaprodit yang berkembang biak lewat telur secara eksternal. Telur yang dibuahi oleh jantan akan membelah menjadi dua sebelum menetas. Bahan organik yang baik untuk digunakanoleh cacing sutra adalah campuran antara kotoran ayam, dedak (bekatul) dan lumpur. Teknik Budidaya Cacing Tubifek 1. Persiapan Bibit Bibit bisa dibeli dari toko ikan hias atau diambil dari alam Note : Sebaiknya bibit cacing di karantina dahulu karena ditakutkan membawa bakteri patogen. 2. Persiapan Media Media perkembangan dibuat sebagai kubangan lumpur dengan ukuran 1 x 2 meter yang dilengkapi saluran pemasukan dan pengeluaran air. Tiap tiap kubangan dibuat petakan petakan kecil ukuran 20 x 20 cm dengan tinggi bedengan atau tanggul 10 cm, antar bedengan diberi lubang dengan diameter 1 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 1 M x 2M 3. Pemupukan Lahan di pupuk dengan dekak halus atau ampas tahu sebanyak 200 ± 250 gr/M2 atau dengan pupuk kandang sebanyak 300 gr/M2. 4. Fermentasi Lahan direndam dengan air setinggi 5 cm selama 3-4 hari. 5. Penebaran Bibit Selama Proses Budidaya lahan dialiri air dengan debit 2 ± 5 Liter / detik 6. Pemanenan Cacing Bisa dipanen setelah 8 ± 10 hari.

Nah Untuk Team Peternak Lele di semondo jangan Ragu untuk mencoba budidaya cacing sutra Ayuk kita coba sapa takut Cacing Tubifex / Cacing Rambut / Cacing sutra Filum : annelid Kelas : oligochaeta Ordo : haplotaxida Bentuk tubuh cacing ini menyerupai rambut dengan panjang badan antara 1-3cm dengan tubuh berwarna merah kecoklatan dengan ruas ruas. Cacing ini hidup dengan membentuk koloni di .

Penebaran Bibit . Persiapan Media Media perkembangan dibuat sebagai kubangan lumpur dengan ukuran 1 x 2 meter yang dilengkapi saluran pemasukan dan pengeluaran air. 2. Cacing sutra merupakan hewan hermaprodit yang berkembang biak lewat telur secara eksternal. Persiapan Bibit Bibit bisa dibeli dari toko ikan hias atau diambil dari alam Note : Sebaiknya bibit cacing di karantina dahulu karena ditakutkan membawa bakteri patogen. Tiap tiap kubangan dibuat petakan petakan kecil ukuran 20 x 20 cm dengan tinggi bedengan atau tanggul 10 cm. antar bedengan diberi lubang dengan diameter 1 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 1 M x 2M 3. dedak (bekatul) dan lumpur. 5.perairan jernih yang kaya bahan organik. 4. Bahan organik yang baik untuk digunakanoleh cacing sutra adalah campuran antara kotoran ayam. Teknik Budidaya Cacing Tubifek 1. Fermentasi Lahan direndam dengan air setinggi 5 cm selama 3-4 hari. Cacing ini meiliki 57% protein dan 13% lemak dalam tubuhnya. Telur yang dibuahi oleh jantan akan membelah menjadi dua sebelum menetas. Pemupukan Lahan di pupuk dengan dekak halus atau ampas tahu sebanyak 200 ± 250 gr/M2 atau dengan pupuk kandang sebanyak 300 gr/M2.

Setiap wadah pengepakan dimasukkan ikan sebanyak 250 ekor. Tahap keenam adalah pemeliharaan larva. . penyediaan dan seleksi induk serta pemberian pakan. pemberian pakan. pencegahan dan penanganan penyakit yang berupa pemberian methylen blue untuk pencegahan dan pemberian methylen blue serta garam untuk pengobatan. Pemanenan Cacing Bisa dipanen setelah 8 ± 10 hari. Tahap ketiga. Tahap kelima. Telur-telur yang tidak menempel pada substraty disedot dengan selang. Wadah yang digunakan untuk pengepakan adalah plastik volume 15 liter dengan perbandingan air dan udara 1:2. pengelolaan air. Pemanenan dilakukan setelah benih mencapai ukuran 1-2 inci. penebaran larva. Tahap keempat adalah pemijahan induk dengan menggunakan bak/akuarium. Dalam pemijahan induk perbandingannya 2 ekor betina dan 3 ekor jantan yang dilakukan pada malam hari. inkubasi dan penetasan telur serta pemanenan telur. pengelolaan air dimana setiap harinya dilakukan pergantian air sebanyak 20-30%. serta pencegahan dan penanganan penyakit. Pembenihan Ikan Black Ghost Tahap pertama dalam pembenihan ikan black ghost adalah pemeliharaan induk yang meliputi persiapan wadah. penetasan telur yang meliputi proses persiapan wadah.Selama Proses Budidaya lahan dialiri air dengan debit 2 ± 5 Liter / detik 6. Tahap akhirnya adalah pemanenan dan pengepakan. Tahap kedua. Pagi harinya dilakukan proses pengecekkan telur. peletakan substrat. yang meliputi proses persiapan wadah.

GAMBAR I .

GAMBAR II GAMBAR III Pemeliharaan Induk .

Induk black ghost jantan dan betina Gambar 1.1. Induk jantan dapat mencapai panjang 30 cm dan induk betina berkisar antara 15²23 cm. y Selain bak. dan diisi air dengan ketinggian 25 cm.2. y Gambar 1. Ikan jantan relatif lebih Iangsing dibandingkan ikan betina yang mempunyai bentuk perut yang gendut. y . induk ikan black ghost juga dapat dipelihara di dalam akuarium berukuran 100 x 50 x 30 cm.1) Persiapan wadah pemeliharaan Pemeliharaan induk dapat dilakukan pada bak berukuran 150 x 150 x 50 cm dan dilengkapi dengan aerasi serta diberi dua buah genteng sebagai tempat persembunyian bagi induk pada siang hari y Bak diisi air sampai ketinggian 35 cm. y lnduk black ghost dapat matang telur setelah berumur satu tahun dengan panjang sekitar 15 cm. y Pada ikan jantan dagunya relatif lebih panjang dibandingkan dengan ikan betina. y Perbedaan antara ikan jantan dan betina yang sudah matang gonad dapat dibedakan terutama dari panjang dagunya (jarak antara ujung mulut dengan tutup insang). dan jentik nyamuk. Bak pemeliharaan dan pemijahan induk Pemberian pakan Pakan yang dapat diberikan untuk induk black ghost yaitu cacing darah (bloodworm) atau cuk merah (larva Chironomus). 2) Penyediaan dan seleksi induk y Induk yang akan dipijahkan adalah yang berbadan sehat dan tidak cacat serta tidak terdapat organisme penyakit pada tubuhnya.

yaitu pada pukul 09. Pencegahan dan Penanganan Penyakit Penyakit yang umum ditemui dalam pemeliharaan black ghost ialah white spot yang disebabkan oleh protozoa Ichtyopthirius multfihiis. dan sore hari pukul 16. cacing darah (bloodworm) Gambar 1.00 WIB. y Cuk merah dan jentik nyamuk juga dapat diberikan pada sore hari.3. y . Jumlah pakan yang dipelihara disesuaikan dengan jumlah induk yang dipelihara. y Gambar 1.4. Pemberian pakan dilakukan dengan cara menyebarkan pakan langsung pada dasar bak pemeliharaan secara merata. serta pemberian aerasi sebagai suplai oksigen.Cacing darah diberikan setiap pagi hari setelah penyiponan kotoran. cacing darah (bloodworm) Beku Pengelolaan Air Pergantian air dilakukan sebanyak 20-30% setiap harinya.00 WIB.

y Perlengkapan yang dibutuhkan ialah substrat atau tempat menempelnya telur yaitu akar pakis yang diapit oleh keramik. setelah itu lama-kelamaan mendekati substrat yang berupa akar pakis dan terjadi pemijahan. y Pemijahan Induk Wadah pemijahan induk black ghost yaitu berupa bak/akuarium yang sekaligus juga digunakan sebagai wadah pemeliharaan induk. y Proses pemijahan biasanya berlangsung pada malam hari ditandai dengan kejarmengejar antara induk jantan dan betina. sehingga susunannya (dari bawah ke atas) satu keramik. y Pemijahan induk black ghost dilakukan dengan perbandingan 2 ekor betina dan 3 ekor jantan dimana dalam satu bak pemijahan terdapat 10 ekor induk. tepat sejajar diatasnya diletakkan akar pakis dan satu keramik diatas pakis. setiap seminggu sekali diberi methylen bluedengan dosis 0. y . y Sedangkan untuk pengobatan. serta ketinggian air diturunkan hingga setengah dan ketinggian bak/akuarium.Untuk pencegahan. diberi methylen blue dan garam dengan dosis dua kali lipat yaitu 0.4 ppm methylen blue dan 100 gram garam. y Peletakkan substrat tersebut biasanya dilakukan pada sore hari.2 ppm dan 50 gram garam.

Penetasan Telur y 1) Persiapan wadah Wadah penetasan telur berupa akuarium berukuran 80 x 45 x 25 cm dengan tinggi air 20 cm. Jika pada malam hari terjadi pemijahan. sedangkan telur yang tidak terbuahi akan berwarna putih. sedangkan untuk akuarium ditebar sebanyak 500 ekor. akar pakis dan keramik dikeluarkan dari akuarium penetasan. dilengkapi dengan aerasi. Kriteria larva yang telah siap untuk dipindahkan yaitu larva yang sudah benar-benar kuat dan berwarna agak hitam larva yang masih transparan tidak boleh dipindahkan. setelah itu diberi methylen blue dengan dosis 0. y Telur ikan black ghost akan menetas setelah 3 ² 4 hari. y Pemanenan dilakukan dengan menggunakan selang sipon agak besar kemudian larva disedot dan ditampung ke dalam baskom. y Sebelum larva dipindahkan. y Telur-teIur yang tidak menempel pada substrat disedot dengan selang berdiameter 0. y Sebelum digunakan. setelah itu baru dipindahkan ke akuarium lain. y Air yang digunakan untuk penetasan sebaiknya air yang sudah diendapkan sehari semalam.3 ppm dan tetrasiklin 0. Pemeliharaan Larva y 1) Persiapan wadah Pemeliharaan larva black ghost dilakukan di bak semen atau akuarium. y Telur yang tidak menetas dan berwarna putih dibuang dengan cara disedot dengan selang berdiameter 0. Pemeliharaan di bak semen. y Penebaran telur dilakukan dengan cara meletakkan akar pakis dan keramik pada akuarium penetasan dengan syarat akar pakis dan keramik terendam air seluruhnya.5 cm dan harus dilakukan dengan hati-hati agar larva black ghost yang telah menetas tidak ikut terbawa. kemudian ditampung dalam baskom dan segera dipindahkan ke dalam akuarium penetasan.2 ppm. Setiap bak ditebar 100 ekor larva. bak/akuarium dibersihkan terlebih dulu dan dilengkapi dengan aerasi dan diberi pelindung berupa paralon atau roster bata. dilakukan pada akuarium yang berukuran 100x 50 x 40 cm. y Sedangkan untuk pemeliharaan di akuarium.Pada pagi hari dilakukan pengecekan telur. 2) Inkubasi dan penetasan telur y Telur-telur yang terbuahi akan terlihat berwarna kuning bening. Air yang digunakan ialah air yang telah didiamkan sehari semalam.5 cm. 2) Penebaran larva y y y Larva yang ditebar ialah larva yang berumur 7 hari setelah menetas. 3) Pemanenan telur y Telur-telur yang telah menetas dan menjadi larva tidak langsung dipindahkan ke akuarium lain tetapi dibiarkan terlebih dahulu selama satu minggu sampai larva black ghost agak berwarna hitam dan cukup kuat untuk dipindahkan. substrat akan dipenuhi dengan butiran-butiran telur black ghost yang menempel pada akar pakis. dilakukan pada bak yang berukuran 150 x 150 x 40 cm. dan diusahakan tidak ada yang bersembunyi di dalam pakis. 3) Pemberian pakan y y Larva yang baru menetas belum diberi pakan karena masih mengandung kuning telur. . dengan ketinggian air 35 cm.

y Plastik tersebut diisi air yang telah didiamkan sehari semalam sebanyak 5 liter dan sisanya diisi oksigen murni. 5) Pencegahan dan penanganan penyakit y y Penyakit yang biasanya menyerang larva black ghost ialah white spot (bintik putih) dan bakteri. sedangkan untuk ikan yang berukuran 3 inci dimasukkan sebanyak 200 ekor. y Dalam setiap wadah pengepakan dimasukkan sebanyak 250 ekor ikan yang berukuran 2 inci.Setelah kuning telur habis yaitu 3 ² 4 hari. Pemanenan dan Pengepakan y Pemanenan dilakukan setelah benih ikan memenuhi standar ukuran layak jual yaitu panjang 1 ² 2 inci. y Bersamaan dengan penyiponan kotoran dilakukan juga penggantian air sebanyak 1020%. Kemudian didederkan lagi sampai mencapai panjang 1 ² 2 inci selama 1 ² 2 bulan. y Pada umur satu bulan tersebut. rata-rata larva sudah mencapai panjang 3/4 inci. y Panen dilakukan dengan cara menyerok ikan dengan serok yang halus agar tidak merusak sisik ikan. y Diposkan oleh Akmaldahiyat di 08:17 0 komentar Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBerbagi ke Google Buzz PROSEDUR PEMIJAHAN / BUDIDAYA IKAN BLACK GHOST (Apteronotus albifrons) PROSEDUR PEMIJAHAN / BUDIDAYA IKAN BLACK GHOST (Apteronotus albifrons) Bioteknologi Hewan (Animal Biotechnology) Oleh: Dina Hermawaty . y Plastik dibuat rangkap dua agar tidak mudah pecah/bocor. y Sedangkan untuk serangan bakteri dapat diobati dengan tetracycline 5 ² 7 ppm. y Wadah yang digunakan untuk pengepakan adalah plastik dengan volume 15 liter. perbandingan antara air dan udara adalah 1:2. y Kemudian dilanjutkan dengan pemberian kutu air sampai larva berumur 20 hari yang diberikan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. y Kemudian dimasukkan dalam baskom yang sudah berisi air untuk kemudian disortir atau dikelompokkan berdasarkan ukurannya. maka pada hari ke-5 larva diberi pakan Aflemia hingga berumur 15 hari yang diberikan dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. kemudian mulai dikombinasikan dengan cacing sutera sampai umur satu bulan. Pencegahan dan pengobatan larva yang terserang white spot sama dengan yang dilakukan untuk induk seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada pemeliharaan induk. y Dalam tahap pendederan pakan yang diberikan adalah cacing 4) Pengelolaan air y Penyiponan kotoran pada bak/akuarium pemeliharaan larva dilakukan setiap 3 hari sekali untuk membuang sisa-sisa pakan yang tidak termakan oleh larva.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh pipih dengan panjang antara 26 cm hingga 48 cm.Program Studi Biologi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung 2008 PEMIJAHAN / BUDIDAYA IKAN BLACK GHOST (Apteronotus albifrons) I. atau ikan hantu (ikan setan) demikian sebutannya di Indonesia. warna tubuh biru / ungu tua hingga kehitaman. merupakan ikan hias yang berasal dari sungai Amazon. Brazil. Bersatunya sirip dada dan sirip perut ini menyebabkan pada saat berenang dan terdapat arus air. . Deskripsi Umum Ikan Black Ghost Ikan Black Ghost. Keunikan terdapat pada goresan warna putih yang terdapat sepanjang bagian dorsal (dimulai dari bagian kepala hingga dorsal tengah) serta dua garis berwarna putih pada bagian ekornya dan bersatunya sirip dada dan sirip perutnya. Amerika Selatan. siripnya akan berkibar-kibar sehingga menjadi daya tarik bagi ikan ini.

selang aerator. Akuarium ukuran (100 × 50 × 40) cm tempat pemijahan secara berpasangan. Ikan Black Ghost memiliki sifat tenang dan jarang mengganggu ikan lainnya sehingga sering kali disebut sebagai ikan pendamai dan oleh karena itu dapat digabungkan dengan ikan lainnya di dalam akuarium. dan batu aerasi.5 × 0.5 ± 7. Ikan Black Ghost (Apteronotus albifrons) Ikan ini aktif pada malam hari (nokturnal) dan sangat sensitif terhadap cahaya. c.1 Alat dan Bahan Alat dan bahan yang diperlukan untuk keperluan pemijahan ikan ini antara lain: a. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membudidayakan / memijah ikan Black Ghost. b. Untuk pemeliharaan di akuarium.5. dan keasaman air (pH) antara 6. tersedia tempat untuk bersembunyi bagi ikan (dapat dibuat dari pipa).5 m sebagai tempat pemijahan massal. . Instalasi aerasi berupa blower (aerator). 2. II. beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain harus tersedia tumbuhan air melayang untuk melindungi ikan dari sinar.Gambar 1. Budidaya ikan ini telah berhasil dilakukan di dalam akuarium. e. Akuarium dengan ukuran (40 × 40 × 80) cm sebagai tempat pemeliharaan. d. karena ikan ini berasal dari Amerika Selatan maka upaya untuk membudidayakan ikan ini pun banyak dilakukan. Kolam atau bak fiber dengan ukuran 2.5 × 1. Akuarium dengan ukuran (40 × 40 × 60) cm sebagai tempat penetasan telur. suhu air dijaga pada kisaran 220C hingga 260C (720F ± 800F). Pemijahan Ikan hias ini sangat digemari banyak orang.

Cacing darah dapat diberikan dalam keadaan hidup .30 cm (7 . Membedakan induk Black Ghost jantan dan betina dapat dilakukan dengan melihat penampilan fisiknya. pemberian pakan berupa cacing darah dan jentik nyamuk dapat meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Yuono (2006). Jenis pakan untuk induk black ghost. tidak cacat serta gerakannya lincah (aktif). 2. Gambar 2 Shalter atau tampat persembunyian untuk ikan Black Ghost. berumur kurang lebih 1.3 Perawatan Induk yang Dipijahkan a. sedangkan induk betina pendek dan terlihat gemuk serta lebih besar. dapat terbuat dari tumpukan dua buat batu atau pipa. Induk yang sehat dapat ditandai dengan warna tubuh yang cerah. Induk jantan memiliki ciri dagu dan badan panjang serta lurus. Tempat persembunyian dari pipa atau batu-batuan dan baki tempat untuk bertelur yang berisi pakis atau ijuk yang sudah ditata rapih. bersih.2 Pemilihan Induk Induk yang baik untuk dipijahkan adalah ikan yang sehat dan sudah dewasa.8 inchi).5 tahun dengan ukuran panjang badan antara 20 .f. 2. yaitu cacing darah (blood worm) dan jentik nyamuk (larva nyamuk).

Tempat bertelur dapat digunakan pakis. Telur yang tidak menetas (berwarna putih susu) tidak akan menetas dan akan membusuk. Penggantian air akuarium / bak pemijahan dilakukan dengan cara disipon/disedot sebanyak 1/3 bagian dari jumlah air keseluruhan. Anak ± anak ikan Black Ghost akan berubah warna dari putih menjadi hitam pasa usia 7 hari. dalam kolam budidaya ikan Black Ghost diperlukan adanya tempat persembunyian dan aerator untuk sirkulasi gas dalam kolam.5 m yang diisi 20 ekor induk dengan perbandingan jantan dan betina adalah 8:12 (8 ekor jantan dan 12 ekor betina). III. Jumlah pakan yang diberikan 3 . Set Pasangan Pemijahan dengan cara set pasang dilakukan di akuarium ukuran 100 × 50 × 40 cm dapat diisi dengan 7 ekor induk dengan perbandingan 3 induk jantan dan 4 ekor induk betina.4 Cara Pemijahan Secara umum pemijahan ikan Black Ghost dapat dilakukan dengan dua cara.5 Pemindahan Telur Akar pakis yang telah berisi telur ikan Black Ghost diambil dan dipindahkan ke akuarium untuk pembenihan (ukuran 40 × 40 × 60 cm).4 %. Jumlah telur black ghost bisa mencapai 200-1000 telur 2. telur fertil ditandai dengan warna telur yang kuning cerah yang diliputi lendir. Pengambilan pakis yang berisi telur dari kolam pemijahan dilakukan pada pagi hari setelah pada malam harinya induk jantan dan betina mengeluarkan sperma dan telurnya. Set Massal Pembenihan secara massal ikan Black ghost. dalam akuarium dengan ukuran ini dapat diisi dengan 200 hingga 250 ekor ikan Black Ghost berusia 3-4 hari. Suhu air selama masa pemijahan harus selalu dipertahankan yaitu berkisar anatara 26 sampai dengan 28 derajat Celcius dengan kisaran pH antara 6 ± 6. dipijahkan dalam kolam atau bak fiber ukuran 2. Pengambilan diusahakan sepagi mungkin sebelum matahari terbit. b. b.5 cm (tabel 1).8. telur-telur ini sebaiknya segera dibersihkan agar tidak mengganggu ikan yang baru menetas lainnya. Telur yang menetas ini merupakan telur yang fertil. a. c.6 Pemeliharaan Benih Dalam waktu 3 hari telur akan menetas. Pada usia 10 hari anak ± anak ikan Black Ghost dapat diberi makan dengan naupli artemia. Budidaya Budidaya dilakukan dengan tujuan untuk memelihara ikan Black Ghost hingga mencapai ukuran yang layak untuk tujuan komersial. yaitu antara 2 sampai 3 inchi atau 5cm ± 7. perubahan warna juga diikuti dengan menghilangnya lendir. Pergantian air harus dilakukan setiap hari untuk membuang kotoran-kotoran yang terdapat di dasar akuarium dan menjaga kualitas media pemeliharaan 2. Saat proses pemijahan sebaiknya black ghost jangan diberikan cacing sutera karena kadar lemaknya yang tinggi. Pakis diletakkan diantara dua keramik dan diantara pakis dan keramik diberi batu.5 × 1. Aktivitas ikan Black Ghost lebih banyak dilakukan pada malam hari maka peletakkan pakis sebaiknya dilakukan pada sore hari. Tempat . sedangkan pada saat usia mencapai 14 ± 16 hari anak ± anak ikan Black Ghost dapat diberi makan dengan cacing rambut.5 × 0. agar telur-telur dapat masuk ke sela-sela pakis dan dapat terhindar dari mangsa induk jantan. Sama halnya dengan pemeliharaan induk ikan Black Ghost.atau beku. yaitu secara berpasangan (set pasangan) atau massal (set massal). Pemberian jentik nyamuk juga berfungsi untuk mempercepat penuaan sel telur. 2. Kegiatan budidaya ini dapat dilakukan di akuarium dengan ukuran 100 × 35 × 50 cm. Anak ikan Black Ghost yang baru menetas akan berwarna putih dan masih diliputi lendir.

Jumlah pakan yang diberikan secara ad libitum (lebih kurang 3% hingga 4% bobot tubuh ikan Black Ghost).94 3.036 Pakan yang diberikan untuk ikan Black Ghost ini adalah cacing darah (bloodworm) atau jentik nyamuk.1 2. batu-batuan dan pipa sebagai shelter bagi ikan Black Ghost tersebut) maka air sudah dapat dipergunakan.292 0. Air yang baik dipergunakan untuk budidaya ini adalah air dengan suhu antara 260C ± 270C dengan pH sekitar 6 ± 7. . akar pakis dan bacang atau daun ketapang kering. sedangkan bila ikan bergerak ke permukaan air dan telihat lemas maka air belum dapat dipergunakan.772 1.9 Bobot (gram) 0. Panjang dan Bobot Black Ghost Umur setelah menetas 1 Minggu 2 Minggu 3 Minggu 4 Minggu Panjang total (cm) 2. Sirkulasi gas (teutama oksigen) dipenuhi dengan adanya aerator. Ikan Black Ghost sangat sedikit mengeluarkan kotoran sehingga kegiatan pembersihan kolam jarang dilakukan.persembunyian yang biasa dipergunakan antara lain akar bakau. Apabila ikan langsung bersembunyi (didalam kolam sudah terdapat pakis.98 6. Kelayakan air akuarium untuk kegiatan pembudidayaan ini dapat dilihat dari reaksi ikan pada saat dimasukkan ke dalam akuarium. pipa pralon.34 3. Pemberian pakan yang tepat sebaiknya dilakukan pada sore hari sebab ikan Black Ghost merupakan ikan yang aktif pada malam hari sehingga kegiatan makan juga akan lebih banyak dilakukan pada malam hari.46 (±1 inch) 4. sirkulasi udara ini penting sebab ikan Black Ghost memerlukan kondisi air tertentu agar dapat hidup dengan baik.4 4.l (±2inch) Panjang badan (cm) 2.124 0. Tabel 1 Hubungan Umur.