CARA KERJA DVD VCD PLAYER

Compact Disc

CD atau compact disc adalah sebuah piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik berlapis bahan yang dapat dialiri listrik, sehingga bersifat magnet. CD juga menyimpan data. Data direkam di atasnya, kemudian dibaca dari disk dengan menggunakan kumparan pengonduksi yang dinamakan head. Selama proses pembacaan, head tidak bergerak sama sekali. Sedangkan piringan disk bergerak di bawahnya. CD ini bisa menyimpan 783 MB informasi audio pada salah satu sisinya Bahan Pembuat Disc terbuat dari bahan polycarbonate yang dilapisi dengan alumunium karena permukaannya yang reflektif. Informasi dilacak dari CD dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang ditempatkan di dalam optical disc player atau drive unit. Cara Kerja CD Sobat-sobat mau tahu enggak, bagaimana cara kerja sebuah CD? Laser akan menyinari lapisan pelindung yang bening, ketika motor drive di CD player bekerja memutar disc. Laser itulah yang berfungsi melacak dan menampilkan data, baik dalam bentuk suara, gambar, ataupun data yang direkam di salah satu sisi CD. Nah sejak itulah, kita mulai akrab dengan CD, baik ketika sedang mendengarkan musik, menonton film, ataupun membuka data lain termasuk aplikasi data komputer. Makanya enggak heran, kalau CD dikenal sebagai produk teknologi yang paling berhasil sepanjang sejarah kehidupan manusia.

Sejarah CD James T. James menerima hak paten. Sebuah sinar laser akan membaca struktur bit cahaya ini. James membuat remote control untuk kapal perangnya dengan menggunakan kotak makan siangnya. Sejak kecil. Data ini dimodelkan dalam `bit` cahaya yang sangat kecil. James juga termasuk orang pertama yang menikmati televisi dan keyboard sebagai media masukan data ke komputer. Russell James seorang penggila musik di masa itu. Setelah jungkir balik memeras otak selama beberapa tahun. Karena penasaran. akhirnya dia menemukan cara menyimpan data dalam piringan sensitif cahaya. James menginginkan sistem yang akan merekam dan memutar kembali lagi sebuah lagu tanpa harus kontak langsung antarbagiannya. sampai-sampai James bereksperimen menggunakan duri kaktus sebagai jarum pembaca piringan hitam. Russell adalah orang yang pertama kali menemukan CD. James dikenal dengan jiwa penemunya. James T. saat berusia 6 tahun. . kemudian komputer akan mengubah data ini ke dalam sinyal elektronik. Pada tahun 1937. Dan untuk pertama kalinya lahirlah compact disc. Dia sangat tidak puas dengan kualitas musik yang dihasilkan keping piringan hitam gramafon (phonograph). Kemudian pada tahun 1970. James melihat bahwa cara terbaik untuk itu adalah dengan menggunakan cahaya. James sudah menduga kalau hasil eksperimennya sia-sia.

Piet Kramer. Phillips meluncurkan audio CD pertama ke pasaran. Dua tahun kemudian. Kemudian pada tahun 1978. Ditemukan oleh James T. seorang ahli fisika di Phillips Research bersama temannya. Phillips dan Sony berhasil meluncurkan audio digital compact disc dengan standar baku. berhasil menampilkan model video disc berwarna pertama. CD menjadi salah satu produk teknologi yang paling berhasil di dunia.Pada tahun 1972. Lalu disempurnakan oleh dua raksasa perusahaan elektronik dunia. Russell. dan mulai dipasarkan secara resmi di Eropa dan Jepang pada tahun 1982. Phillips bekerja sama dengan Sony. Piet Kramer Pada waktu yang hampir bersamaan. seorang ilmuwan bermodal nekat. dan mengembangkan standar baku untuk memproduksi CD. Baru pada tahun 1983. Pada waktu itu belum dipublikasikan secara luas karena masih banyak kelemahannya. Dan kini. namun mengalami masalah pada saat proses menerjemahkan data. DVD . CD mulai dipasarkan di Amerika Serikat. Phillips dan Sony. sehingga gagal putar. Klass Compaan. Jadi siapa sangka kalau CD diciptakan dari sebuah kegagalan.

Bahkan berbagai studio film memberi julukan ´Digital Video Discµ. perusahaan-perusahaan maju yang ikut serta dalam pengembangan tekologi optik (CD) mengusulkan pengunaan media baru yang memberikan jaminan akan daya tampung yang lebih besar. Tapi. Mitsubishi. dan Toshiba. Perusahaan-perusahaan yang peduli akan perkembangan teknologi optik ini kemudian membentuk suatu konsorsium yang terdiri atas: JVC. Oleh sebab itu untuk menghilangkan ambigu terhadap singkatan DVD yang ada. Pioneer. Format DVD memiliki sejarah yang penuh dengan ketidakpastian serta mendapat berbagai proses dari berbagai pihak. forum DVD yang menaungi perkembangan DVD memutuskan untuk mengunakan nama DVD saja. format ini mulai masuk ke pasar Amerika dan sekarang telah banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Tidak lama kemudian. Usulan dari perusahaanperusahaan akan media baru inilah yang kita kenal dengan nama DVD sekarang ini. Hal ini disebabkan lamanya format ini diluncurkan di pasaran. tidak lama kemudian akan aktif lagi dan digantikan dengan kehadiran forum DVD. Teknologi DVD pertama kali diperkenalkan oleh negara Jepang pada tahun 1996. Philips. Sebagai informasi. Thompson. DVD sempat diberi julukan ´Delayed. Time-Warner. berbagai jenis PC bermerek yang ada di pasaran juga mulai mengunakan drive DVD bahkan ada juga yang menyertakan DVD writer dibandingkan mengunakan CD-ROM aau CD Writer. Sony. Sejarah Singkat DVD Pada awal tahun 1990-an. Hitachi. Jika anda cermati. Very Delayedµ. Format DVD yang menjadi kontroversial ini diawali . Matsushita.DVD adalah singkatan Digital Versatile Disk. Singkatan ini diubah menjadi Versatile Disk oleh beberapa aplikasi.

musik. sebagian sinarnya juga dipantulkan melewati lintasan land. CD dan DVD memiliki lintasan seperti spiral (spiral track) yang menyimpan informasi. DVD player mampu menguraikan (decode) data video MPEG-2 yang diubah menjadi video . Perdebatan antara studio film dengan format DVD mengakibatkan format ini agak tertunda selama hampir 1 tahun. CD dan DVD ketebalannya ditentukan oleh interferensi destruktif. CD dan DVD berotasi pada palyernya. Untuk membaca data yang tersimpan di dalamnya. CD dan DVD telah memberikan kemudahan untuk mneyimpan data. Agar sinar laser yang berfluktiasi ini dapat terdektesi oleh detektor. Video Compact Disc (VCD) . film dan dapat melihat data dikomputer serta pada playernya Cara Kerja DVD Player tak ada bedanya dengan cara kerja CD Player . Kedua sinar yang melewati lintasan yang berbeda ini bergabung menjadi interferensi destruktif dengan ketebelan pit setengah panjang gelombang sinar laser yang jatuh pada tepi pit. Compact Disc (CD) dan Digital Video Disc (DVD) berbentuk cakram yang tipis. dengan demikian cahaya laser dapat dideteksi oleh detektor hingga data atau informasi sampai dan kita pun dapat mendengarkan musik. Dan dari bentuknya yang seperti cakram yang tipis. Tentunya VCD .oleh berbagai protes yang datang dari studio film pada tahun 1996. Nah. Sinar laser yang melewati pit. tapi juga bisa digunakan pada komputer. CD dan DVD tidak hanya bisa diputar pada VCD player. Pit ini dilapisi oleh plastik yang transparan berfungsi sebagai pemantul cahaya laser yang diterima. Dan daerah yang lainnya adalah daerah yang datar yang disebut dengan ³land´ atau ³dataran´. akan terlihat pantulan sinar laser dari pit. Fluktuasi inilah yanga akan mengirim data dalam bentuk angkaangka biner (0 dan 1). jika dilihat dibawah mikroskop akan terlihat ada daerah naik. CD palyer dan DVD player. Pantulan cahaya tadi berfluktuasi ketika melewati pit dan land. atau tepatnya ke permukaan layer dari suatu piringan CD maupun DVD. karena keduanya memiliki komponen optik yang mampu menyorotkan sinar laser berwarna merah ke arah permukaan piringan. Setelah itu. Di mana pada saat itu banyak studio film yang mengkwatirkan akan kedatangan format ini malah akan menambah jumlah pembajakan akan teknologi optik seperti halnya CD musik atau film yang dapat dengan mudah didapatkan dengan harga murah bahkan gratis. format ini juga mengalami masalah dalam hal format DVD yang berbagai jenis di pasaran. dan film. gimana cara kerjanya VCD . Nah.VCD dan DVD bekerja ? VCD. Ternyata VCD . Daerah naik ini dinamakan dengan ³pit´ atau ³lubang-lubang´. kamu tau nggak ?bagaimana CD. VCD . Jika diamati ketika VCD . digunakan sinar laser sebagai pendektesi. CD dan DVD agar bisa dibaca playernya. Kemudian diteruskan pada sebuah detektor. gambar.

Trak mekanik (tracking mechanism) yang merupakan perangkat bantu yang bertugas menggerakkan laser beam mengikuti gerak trak beralur spiral dari setiap piringan. atau bahkan langsung menuju ke komponen dengan format digital. kemudian dipantulkan kembali ke komponen opto-electronic yang bertugas mendeteksi setiap perubahan cahaya yang dipantulkan. karena dalam satu muka terdapat dua lapis reflektor yang masing-masing memiliki jarak yang berbeda. Motor ini sangat membantu proses pembacaan trak yang memiliki putaran antara 200 sampai dengan 500 RPM. agar dapat dinikmati pada pesawat televisi. dimana laser juga harus mampu menembusnya ketika membaca data pada layer inti yang berada di lapis kedua. seperti data video digital . sedangkan untuk DVD pada 635 atau 650 nanometer. biasanya laser ini sangat kompatibel dengan jenis piringan CD. Kalau CD bekerja pada laser dengan panjang gelombang 780 nanometer. Tiga komponen mendasar pada sebuah DVD Player Motor penggerak putaran piringan yang berfungsi untuk mengontrol setiap gerakan putar dengan tingkat akurasi yang sangat presisi. Ini sangat menentukan terutama waktu menjalankan jenis piringan DVD yang memiliki double-layer . Didalam DVD Player terdapat komponen berbasis teknologi komputer yang dikemas dalam blok data berbentuk IC (Integrtated Circuit). Untuk lapis pertama dibuat sebagai bidang reflektif semi-transparan. Sistem tracking ini mampu bergerak dengan resolusi tingkat mikron. Sebuah laser dan lensa yang menjadi perangkat utama dalam memfokuskan pembacaan data dari piringan menggunakan penembakan sistem laser . Setiap sorotan laser akan langsung mengenai lapisan pemantul bahan polycarbonate dari piringan DVD . sehingga titik fokusnya juga tidak sama. Prinsip kerja DVD Player yang paling fundamental terletak pada pemfokusan dari laser ketika melakukan pembacaan pit-pit dijalur trak. . dimana salah satunya mengarah ke modul DAC (Digital Analog Converter) yang memang berfungsi untuk menangani data audio dan video. begitu juga dengan proses decoding audionya diterjemahkan oleh prosesor Dolby untuk dikirim menjadi sinyal audio yang berujung di perangkat speaker.komposit standar. karena titik kerjanya harus dapat terfokus pada setiap permukaan bidang pantul. Jadi dari opto-electronic tersebut kemudian diterjemahkan menjadi kode-kode binary yang biasa disebut bit.

Pekerjaan paling berat dalam sistem pembacaan dari piringan DVD adalah pada saat menjaga posisi sorotan laser yang harus tetap fokus ditengah-tengah jalur trak data. Periksa putaran motor utama pemutar disk kalau putarannya terlalu lambat ganti saja dengan yang baru(kerusakkan pada bagian ini sangat sering terjadi hal ini disebabkan karena kerja dari motor yang memang cukup berat harus memutar disk dengan sangat cepat).  Gambar ada suara tidak ada biasanya yang rusak bagian audionya(ic preamp kecil 4558) Suara ada tapi gambar tidak ada kerusakkan pada bagian videonya coba urut jalurnya ada yang putus apa tidak dalam banyak kasus yang rusak ic pengolah gambarnya .Tugas ini dibebankan pada tracking system yang selalu bergerak kontinu dari tengah ke pinggir piringan.pernah juga saklar open closenya sendiri yang rusak.gnd  Open close tidak berfungsi periksa bagian mekanik cd biasnya motor penggeraknya rusak.dioda .yang lebih parah lagi tidak bisa membaca kedua-duanya) ganti optik dengan yang . sehingga akan terjadi pergeseran laser dari arah dalam bergerak keluar secara linier.bisa juga karetnya putus. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mereparasi DVD player :  Rusak mati total bagian yang harus di periksa adalah power supply (periksa sekring.dll) biasanya tegangan outputnya +12v.transistor.+5v. Rusak NO DISC kerusakkan jenis ini bisa disebabkan banyak faktor Periksa optik lens/lensa optik kalau kotor di bersihkan pakai cotton but tapi perlu hati-hati jangan sampai terlalu menekan usahakan ujung kapasnya yang lembut.kabel AC.-12v.mpeg sekarang memakai board yang sangat kecil di banding mpeg yang keluaran lama. ini dapat kita buktikan melalui gerakan motor spindle yang berputar semakin lambat ketika mata laser mulai menuju ke pinggir piringan DVD TIPS SERVIS DVD PLAYER Sering kita menjumpai beraneka macam DVD player .ada lagi yang kebalikannya bisa memutar dvd tapi no disc waktu memutar vcd dan mp3. jadi lebih cepat rusak.meskipun merknya banyak sistem kerjanya hampir sama.Periksa apakah NO DISC terjadi pada semua disc(beberapa kasus ada yang hanya bisa memutar vcd dan mp3 tapi untuk dvd no disc. Kecepatan dari pembacaan datanya juga berlangsung konstan.

Voltase listrik di bawah ketentuan yng tertera di belakang body DVD/VCD Antara 180³ 240v.kalau ini terjadi kita perlu yg namanya STABILIZER.000-Rp.apabila langkah A-E tidak membawakan .ayunkan(menggebrak) tangan kanan ke sisi player sebanyak 2-3 kali dengan posisi telapak tangan melebar ke 5 jarinya.berarti kita perlu menggantinya.80.20.optical untuk DVD antara Rp.000(blm termasuk ongkos pasang/service.ujung cotton buds kita oleskan di optic tersebut kurang lebih 30 detik.hrg stabilizer dari hrg Rp.kecuali 1 cangkir kopi.untuk optic VCD antara Rp.segelas teh manis atau sebotol teh sosro.cara menggebraknya adalah sebagai berikut: Keluarkan piringan dari dlm payer.ngga ada angin ngga ada hujan mendadak NO DISK.kemudian cotton buds kita balik sisi yng tidak dipakai air itu yg ber fungsi untuk mengelap yg tadi di bershkan kurang lebih sama 30 detik.35.sisi yg satu kita basahi dengan memakai air/alcohol kalu tidak ada keduanya kita memakai (ma`af ini seperti pengalaman saya) pakai air ludah.200. Di karenakan motor optic macet karena kotoran atau debu halus .banyak kemungkinan-kemungkinan yg menjadikan player itu no disk diantaranya : Langkah A. Langkah D.ini ada beberapa langkah yg harus kita jalankan : Apabila DVD/VCD yg kita pakai sebelumnya lancar-lancar saja.karena tidak terlalu lama untuk menggatinya.posisi player harus keadaan OFF/MATI.kalau ini terjadi kita harus menyiapkan obeng plus(+) degan ukuran kecil.saya rekomendasikan kalau mengganti optic di tungguin.Perlu diperhatikkan optik yang baru belum tentu bisa dipakai normal kadang ada yang hanya bisa memutar vcd saja Tip perbaikan DVD /VCD player Tip&trik memperbaiki DVD/VCD Player Tanpa keahlian khusus(bukan tukang service) Saya akan membagikan sedikit ilmu dan pengalaman yang selama ini saya alami dan saya pakai untuk sekedar menolong temen atau saudara dan tetangga tanpa saya memungut uang sepeser pun dari mereka.angkat player dengan tangan kiri dengan sisi terbalik.25.000.kalau ini terjadi kita harus membongkar tutupnya dan kita harus memakai yang namanya CUTTON BUDs(korek kuping)tidak di perkenankan memakai cairan kimia dan detergent dengan cara sisi cotton buds ada 2 sisi.termasuk bongkar dan pasang Langkah C.baru.dibelakang optic ada putaran baut coba kita putar kekanan sekitar 2 mm.menggebraknya jgn terlau pelan dan jgn terlalu keras(tidak di perkenankan memakai alat alat /benda keras).000Rp.kalau ini terjadi kita harus melakukan dengan cara mengebrak player itu kurang lebih 2-3 kali. Langkah E Dikarenakan setelan optic kurang pas.sekitar 15 menit. Di karenakan Debu.Lepas kabel power dari sumber listrk.000 Langkah B.000-35. Optical(mata kucing) lemah.

Nama : Aris Feri muamar Kelas/No :1 ik2/08 Troubleshooting VCD Player Aris Feri Muamar E-mail: feri_ik2@yahoo.Cek karet-karet pada mekanik. 4 Gambar dan suara tidak ada padahal LCD/layar nyala normal.anggap saja anda kursus tanpa di pungut biaya dan pengalaman yng sangat berkesan. 3 Suara ada tapi gambar tidak ada.mungkin putus atau kurang connect.???.Cek kabel AC (220 V) apa sudah tersambung dengan jala-jala listrik/PLN... mungkin putus/kurang connect. Jangan sedih dulu disini ada beberapa cara/langkah-langkah untuk troubleshooting VCD.co.Cek bagian-bagian video dan audio.segeralah bawa DVD/VCD player anda ke service centre atau tempat service terdekat yg ahli dalam bidangnya. Mudah-mudahan tip dan trik yng saya berikan memberikan sedikit ilmu tentang perbaikan elektronika. Karena dengan VCD Player seseorang bisa memutar musik yang dia senangi..Cek kabel audio-video yang menuju ke TV.id VCD (Video Compact Disc) merupakan salah satu alat perangkat elektronik rumah tangga yang popular.Cek dinamo pada mekanik. Tapi bagaimana kloo VCD Player tersebut tiba-tiba mati atau gak nyala?? Pa µgak nambah stress kita!!!. .Cek optik VCD.Atur trimpot (Vr) yang ada didekat optik.Bersihkan IC penguat video dan audio menggunakan thinner...Ganti gigi mekanik.Cek kabel video yang menuju ke TV.. Lhooo kok bisaaa«.film atau bahkan juga bisa karaoke dengan keluarga.terima kasih banyak atas perhatiannya.Ganti mekanik. 1 VCD Player mati/ led indikator dan layar tidak nyala .kemudian beri pelumas(grease) pada gigi mekanik tersebut. 6 Kaset tidak bisa keluar.Cek bagian video pada VCD kemungkinan penguat video rusak...hasil..Kerusakan ada dibagiuan mekanik..(Monica Elektronik) Trouble Shooting VCD Player .Ganti optik.Cek saklar on/off pada VCD Player.Cek bagian audio pada VCD. 5 Gambar macet-macet..Ganti kabel optiknya...Panasi IC dengan Blower/uap panas.mungkin putus atau kurang connect. Demikian sekilas mengenai trouble shooting vcd player untuk anda pelajari.Ganti Mpeg VCD. kemungkinan IC penguat rusak (ganti IC LM 324 atau JRC 4558). VCD player merupakan alat elektronik yang bias menghilangkan stress. 2 Gambar pada TV normal tapi suara tidak ada.Cek gigi-gigi pada mekanik lagi.Cek kabel audio yang menuju ke TV...Cek gigi-gigi pada mekanik.apakah ada yang sudah aus.Cek regulator VCD.apabila langkah demi langkah yg saya berikan ini memperparah kerusakan player anda.bersihkan dengan kapas(cotton boat)..

Cek gigi-gigi pada mekanik. 2 Gambar pada TV normal tapi suara tidak ada . .Cek bagian video pada VCD kemungkinan penguat video rusak. 3 Suara ada tapi gambar tidak ada . .Panasi IC dengan Blower/uap panas.Cek bagian audio pada VCD.mungkin putus atau kurang connect.Ganti Mpeg VCD.Cek kabel audio yang menuju ke TV.Cek bagian-bagian video dan audio.mungkin putus atau kurang connect. . . .Cek gigi-gigi pada mekanik lagi. . . .Ganti optik. .kemudian beri pelumas(grease) pada gigi mekanik tersebut.Kerusakan ada dibagiuan mekanik. 6 Kaset tidak bisa keluar . .Cek kabel AC (220 V) apa sudah tersambung dengan jala-jala listrik/PLN.Bersihkan IC penguat video dan audio menggunakan thinner.Ganti gigi mekanik. . 5 Gambar macet-macet .Cek kabel video yang menuju ke TV.Cek saklar on/off pada VCD Player.Cek regulator VCD.Atur trimpot (Vr) yang ada didekat optik. . 4 Gambar dan suara tidak ada padahal LCD/layar nyala normal . Merawat Kepingan CD dan DVD Subhan/ Firmansyah . kemungkinan IC penguat rusak (ganti IC LM 324 atau JRC 4558).Cek optik VCD.Ganti kabel optiknya.Kerusakan-kerusakan dan langkah-langkah troubleshooting 1 VCD Player mati/ led indikator dan layar tidak nyala . . .Cek kabel audio-video yang menuju ke TV.bersihkan dengan kapas(cotton boat).Ganti mekanik. mungkin putus/kurang connect. .Cek karet-karet pada mekanik.apakah ada yang sudah aus.Cek dinamo pada mekanik. . .

. Mulai dari flashdisk. mungkin saja tidak dapat dibaca oleh CD player atau CD-ROOM. Namun. Jadi. Bahkan.Sabtu.Kenalilah cacat pada CD. 08 Januari 2011 penyimpanan file baik berupa data. memory card hingga external hard disk. jika yang namanya kolektor. Lalu. resiko rusak atau cacat sangat mungkin terjadi. alternatif penyimpanan lain dalam kepingan CD atau DVD juga masih menjadi pilihan sebagian orang. Seperti loncatan ketika lagu tengah diputar. foto ataupun film sangat beragam saat ini. Menggandakan CD kesayangan kerap menjadi alternatif untuk menjaga keaslian dan kualitas keping CD. ingin tahu seperti apa merawat kualitas CD-CD tersebut? Simaklah beberapa tips berikut! Kepingan CD/ ist Media CD yang tergores. Namun. ada dua tipe goresan yang sering terjadi pada CD yaitu top side scratch atau goresan pada bagian label.. mereka pastinya ingin menikmati atau memutar kembali film atau musik yang asli yang keluar dari CD tersebut. Kerusakan ini sifatnya cukup fatal karena data yang terekam pada bagian di bawah label ikut rusak.

Paling bagus menggunakan kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. cukup dengan menetesi CD yang rusak dengan cairan dan diratakan ke permukaan dengan kain halus. Kerusakan pada bagian label CD hanya bisa dicegah. metode ini cukup efektif untuk menghilangkan gores-gores yang tidak terlalu dalam pada read-side sebuah CD. mirip seperti gores tetapi bukan. Goresan pada permukaan baca atau Reading side scratches. oles dengan menggunakan jari dan lap menggunakan kain lembut yang bersih ke permukaan CD yang tergores. adalah kerusakan yang paling biasa terjadi. ada beberapa cara untuk menghilangkan CD scratch dengan menggunakan benda-benda yang biasa digunakan sehari-hari..Selanjutnya penggunaannya mudah. Ambil seujung jari pasta gigi yang biasa digunakan.. Namun. yaitu dengan memberikan label pelindung yang melapisi label CD agar terlindungi dari goresan. Kerusakan ini juga menyebabkan CD skip dan seperti juga "top side scratch". Dari pengalaman. maka CD yang scratch pun sehat kembali.adalah µtop side dents¶. Menjaga kesliannya. Paling mudah diketahui dan untungnya hanya gores yang semacam ini yang bisa diperbaiki. Beberapa produk yang bisa dimanfaatkan antara lain pasta gigi. Perlu diketahui. Membersihkan. Biasanya diakibatkan karena tekanan yang terlalu kuat pada permukaan CD.Cara . kerusakan ini nggak bisa diperbaiki.. penghilang scratch yang tersedia di toko-toko elektronik harganya cukup mahal. Kerusakan ini dapat diperbaiki menggunakan larutan penghilang gores CD yang bisa ditemui di toko-toko elektronik.

Dan simpanlah pada kotak atau rak penyimpanan. namun berisiko. Niscaya mencegah merupakan investasi berharga buat keawetan koleksi CD/DVD kita.¶ Jadi. segeralah menyimpan CD pada wadahnya setiap selesai digunakan. cara yang satu ini sedikit ekstrem dan disarankan hanya dipraktikkan kalau kita sudah merelakan CD yang gores tersebut. yang terpenting adalah pencegahan ketimbang ¶pengobatan. soalnya metode yang satu ini sangat berisiko tinggi. dihimbau untuk menggunakan secara berlebihan atau jangan mempergunakan lap dengan bahan yang keras ataupun memberikan tekanan yang keras dalam membersihkan. Sebenarnya.Lainnya . Karena cairan ini sifatnya membersihkan sambil mengikis permukaan CD. Terbakar..adalah Brasso. Sesungguhnya. Jadi. metode ini lebih efektif. Namun.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful