RENCANA INDUK PENGEMBANGAN SEKOLAH SMP BANTARUJEG

VISI PENDIDIKAN NASIONAL Adalah mewujudkan sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. MISI PENDIDIKAN NASIONAL 1. Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia; 2. Membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar; 3. Meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses Pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral; 4. Meningkatkan keprofesionalan dan kauntabilitas lembaga Pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap dan nilai berdasarkan standar nasional dan global.

Meningkatkan kinerja yang berdaya guna dan berhasil guna dalam rangka pelayanan prima pada masyarakat. silih asuh. MISI 1. bener. banguer. . Mandiri dan bermartabat serta menjunjung Nilai-nilai Luhur Budaya Bangsa Masyarakat Jawa Barat (silih asih.Mengembangkan kehidupan manusia yang beriman dan bertaqwa. inovatif. 3.DINAS PENDIDIKAN PROPINSI JAWA BARAT VISI Dengan iman dan Taqwa. prima dalam pelayanan dan unggul dalam prestasi berbasis partisipasi masyarakat. Kualitas Pendidikan di Jawa Barat Terunggul di Indonesia pada Tahun 2008 MISI 1. Mewujudkan Pendidikan bagi semua dan merata yang bermutu serta relevan dengan kebutuhan masyarakat. Mempelopori perubahan system Pendidikan sesuai dengan kebutuhan 4. cageur. silih asah. DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MAJALENGKA VISI Terwujudnya penyelenggaraan Pendidikan yang mandiri dalam pengelolaan. Menciptakan suasana kondusif dalam upaya mengembangkan Pendidikan guna mewujudkjan manusia yang cerdas. produktif serta memiliki keunggulan kompetitif. terampil. kreatif. trengginas.Meningkatkan penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan global. pinter tur singer) dan berwawasan kebangsaan 2. 5. dengan tetap mengedepankan pelaksanaan wajar dikdas 9 tahun. sehat jasmani dan rohani.

.setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi masing-masing. (d).2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan konseling secara efektif.Melaksanakan pengembangan kurikulum 2. (b).Menerapkan manajemen berbasis sekolah (MBS) pada setiap satuan dan jenjang Pendidikan serta melakukanreformasi organisasi dan manajemen Pendidikan dalam rangka otonomi. Melaksanakan pengembangan dan peningkatan standar ketuntasan dan kelulusan. (c). Melaksanakan kurikulum nasional yang bermutu serta mengembangkan (a).pengembangan kemampuan belajar melalui membaca dan menulis. Melakukan revitalisasi pembangunan Pendidikan khususnya dalam pembangunan fisik sekolah dan penyediaan sarana/prasarana belajar SEKOLAH VISI Terwujudnya lingkungan yang agamis.pendidikan akhlak. berbudi pekerti luhur dan unggul dalam prestasi MISI 1. efisiensi dan efektivitas pengelolaan Pendidikan 5. budi pekerti dan kewarganegaraan. 4. Meningkatkan kinerja serta kesejahteraan tenaga kependidikan dalam rangka mengembangkan profesionalisme pelayanan. 3.kurikulum muatan local serat privatisasi pendidikasn kea rah struktur Pendidikan kewirausahaan(kecakapan hidup). 3.pendidikan ilmu-ilmu dasar sebagai bagian dari pendidikan iptek.

Misi dan Tujuan 1. 7.11 Bantarujeg Majalengka 45464.Desa Salawangi No. 9. Melaksanakan program penggalangan pembiayaan sekolah. bebudi pekerti luhur dan unggul dalam prestasi´ 2. Nomor Rekening : A. 6. Indikator : . Melaksanakan pengembangan peninilaian.D 2009/2010 Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Bantarujeg Alamat Sekolah : Jl.4. Melaksanakan manajemen berbasis sekolah dan peningkatan mutu kelembagaan. Visi Sekolah : ³Terwujudnya lingkungan yang agamis. Mewujudkan lingkungan sekolah yang bernuansa agamis. Melaksanakan rencana induk pengembangan fasilitas Pendidikan. Visi. Melaksanakan Pengembangan tenaga kependidikan 5. 8. BAB I PENDAHULUAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANTARUJEG TAHUN PELAJARAN 2004/2005 S.

d.a. b. Terwujudnya peningkatan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan. Meningkatnya pengembangan kurikulum. Meningkatnya kualitas lulusan dalam bidang akademis dan non akademis d. Terwujudnya pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dan peningkatan mutu kelembagaan. c. i. Misi Sekolah : a. . Melaksanakan manajemen berbasis sekolah dan peningkatan mutu kelembagaan. e. Meningkatnya system penilaian Pendidikan. 3. Meningkatnya prosespembelajaran dan layanan bimbingan konseling. c. Terwujudnya rencana induk pengembangan fasilitas Pendidikan f. Melaksanakan pengembangan kurikulum b. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan konseling secara efektif. f. Melaksanakan Pengembangan tenaga kependidikan e. Terwujudnya program penggalangan pembiayaan sekolah h. Melaksanakan pengembangan dan peningkatan standar ketuntasan dan kelulusan. Melaksanakan rencana induk pengembangan fasilitas Pendidikan. g. Lingkungan sekolah yang kondusif sebagai lingkungan komunitas pembelajaran yang bernuansa agamis.setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi masing-masing.

4. Melaksanakan pengembangan peninilaian. Belajar melalui berbuat. Tujuan Sekolah a. SD. Mengembangkan kurikulum tingkat satuan Pendidikan pada tahun 2006. Menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang 4). Mengembangkan system penilaian berbasis kompetensi/kelas. Melaksnakana pengembangan kurikulum 1). Mewujudkan lingkungan sekolah yang bernuansa agamis. Kontekstual 5). Berpusat pada peserta didik 2). b. 8 dan 9 pada tahun 2007 3). Sekolah mencapai standar isi (kurikulum) pada tahun 2009 c. Mengadakan pemetaan SK. . Melaksanakan program penggalangan pembiayaan sekolah. 2). Sekolah mencapai standar proses pembelajaran tahun 2008 1). Mengembangkan Rencana Pembelajaran untuk kelas 7. Menyediakan pengalaman belajar yang beragam 6). Indikator untuk kelas 7. 8 dan 9 semua Mata pelajaran. 4).g. i. h. Mengembangkan kreativitas 3).

Pengembangan standar isi kurikulum/pengembangan kurikulum tingkat . Seluruh warga mengamalkan kehidupan bernuansa agamis. Sekolah merupakan lingkungan komunitas pembelajaran yang bernuansa agamis 1). Penataan lingkungan dengan simbol-simbol keagamaan (kaligrafi) 2). Sekolah mencapai standar ketuntasan dan kelulusan. kompetensi akademik. Menilai pencapain kompetensi peserta didik 2).d. Sekolah mencapai standar pengelolaan sekolah pada tahun 2010 h. k. non-akademik dan imtaq e. Sekolah mengembangkan sistem penilaian 1). Wajib berbusana muslim bagi siswa perempuan dan hari jumat khusus bagi siswa laki-laki. Program Strategis a. Sekolah mencapai standar pembiayaan pada tahun 2010 i. Bahan penyusuanan lapporan kemajuan hasil belajar. 3). di sekolah dan lingkungan masyarakat. 5. Sekolah mencapai standar pendidik dan tenaga kependidikan pada tahun 2009 f. Sekolah mencapai standar sarana dan prasarana pada tahun 2010 g. Memperbaiki proses pembelajaran j.

Diklat (Inservice Training/on Senrvice Training) d. Strategi Pelaksanaan a. 6. Pengembangan dan peningkatan SDM Pendidikan dan Tenaga Kependidikan d. Sosialisasi b. Pengembanngan Standar Kompetenswi Lulusan/Akademik dan non Akademik. h. Pengembanngan Stndar sarana dan prasarana Pendidiksn serta Media Pembelajaran. Menumbuhkan penghayatan ajaran agama Islam dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak. Wrokshop . Pengembangan kegiatan lomba akademis dan ono akademis. f. i.satuan Pendidikan b. Pengembangan manajemen sekolah dan peningkatan mutu Kelembagaan menuju standar pengelolaan. Kerjasama yang sinergis dengan stake holder c. e. Pengembangan standar proses pembelajaran dan layanan bimbingan konseling c. Pengembangan lingkungan sekolah sebagai komunitas pembelajaran yang bernuansa agamis j.

d. e. c. Pembinaan potensi siswa ( ektarakurikuler dan lomba-lomba) i. 1. Tercapainya standar ketuntasan dan kelulusan sesuai SNP. 2009 2009 Target 2010 . 3. Program Terpenuhinya Kurikulum Sekolah sesuai PP 15 Tahun2005 a. Aktivitas MGMP Sanggar. 4. l. Hasil Yang Diharapkan No. Pembekalan j. Pemetaan SK. Pemberdayaan k. In House Training h. Terpenuhinya standar proses pembelajaran dengan menggunakjan pendekatan pembelajaran inovatif sesuai SNP. Sistem Penilaian untuk semua mata pelajaran dan semua kelas. Silabus untuk semua mata pelajaran dan semua kelas. SD. Seminar f. aspek dan indicator. Tersusunya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan b. 2. Gugus dan Sekolah g. Studi banding. Pengadaan Pembangunan melalui usulan BIS.e. 7. Penyusunan Rencana Pembelajaran untuk semua mata Pelajaran. Terpenuhinya standar pendidik dan tenaga kependidikan sesuai SNP.

Ruang Pengembangan diri d. Terpenuhinya ruang belajar yang standar b.5. Meningkatnya pengembangan kurikulum 2. Ruang layanan BK c. non akademis dan keagamaan. Terwujudnya peningkatan kualitas lulusan dalam bidang akademik dan non akademik. Terpenuhinya standar sarana dan prasarana Pendidikan sesuai SNP a. Meningkatnya proses pembelajaran dan layanan bimbingan konseling 3. Media Pembelajaran 6 Terwujudnya MBS dan peningkatan mutu kelembagaan sesuai standar pengelolaan 7 8. rumah dan masyarakat BAB II RENCANA OPERASIONAL TAHUN 2006/2007 A. Terwujudnya standar pembiayaan sesuai SNP Terlaksananya sistem penilaian melalui implementasi model penilaian dan lomba-lomba akademis. . Terwujudnya peningkatan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan 4. Tujuan Situasional Tahun 2006/2007 1. 9 Terwujudnya lingkungan sekolah yang kondusif dan bernuansa agamis 10 Terwujudnya perilaku warga sekolah yang disiplin dan berperilaku baik dalam kehidupan sekolah.

Belum tersedianya guru BP/BK yang difinitif.5. Terwujudnya rencana induk pengembangan fasilitas Pendidikan 6. 7. B. C. Sasaran Tahun Ke I 2006/2007 1. Sekolah memiliki silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk semua mata pelajaran 2. 2. Kurikulum yang berubah-ubah dalam waktu yang singkat. Sertifikasi Guru sebagai tenaga professional. Tantangan Nyata Tahun 2006/2007 1. Semakin banyak dan mudah pengaruh yang datang kepada siswa yang mengakibatmalas belajar. 5. Memiliki pemahaman yang benar terhadap ajaran agamanya dan landasan keimanan dan ketaqwaan yang kokoh sebagai wujud dari kefahaman tersebut. Lingkungan sekolah yang kondusif sebagai lingkungan komunitas pembelajaran yang bernuansa agamis 9. 3. Pengaruh yang besar dari kemajuan IPTEK sehingga anak kurang mendalami ajaran agama. Terwujudnya pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dan peningkatan mutu kelembagaan. Minimal 80 % pembelajaran dapart memenuhi standar proses dengan melaksana- . Peningkatan sistem penilaian Pendidikan 8. 4.

mengikuti berbagai kegiatan keagamaan di sekolah. Minimal 75 % sekolah dapat memenuhi standar fasilitas pendidikan 6. 8. Minimal 85 % lingkungan sekolah bebas sampah serta bermanfaat multi fungsi Bagi warga sekolah.Fungsi Kurikulum . Identifikasi Fungsi Fungsi yang terkait dengan sasaran tahun ke-1 (tahun 2007/2008) adalah sebagai berikut : . pendekatan belajar dan tuntas serta pembelajaran inovatif. E. . Seluruh warga sekolah berpakaian muslimah bagi wanita dan pakain muslim bagi Laki-laki setiap hari jumat. Sekolah mencapai 85 % stndar pendidik dan tenaga kependidikan sesuai SNP (PP 19 tahun 2005) 4.Fungsi Ketenagaan .Fungsi Kesiswaan .Fungsi Program . 5. 7. Minimal 85 % siswa mencapai ketuntasan kompetensi dan prestasi serta mencaPai standar kelulusan. Sekolah dapat mencapai 85 % standar pengelolaan.kan dtrategi CTL. D. Analisis SWOT SASARAN I : Pengembangan Kurikulum . 3.Fungsi Humas.Fungsi Sarana Prasarana.

Faktor Internal 1). Dibuat b. Faktor Internal 1). Job Deskription Tersedia Tersedia Tersedia Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada terbatas Siap Belum Dilaksanakan Dilaksanakan Belum Belum V V Dilaksanakan V Ada Ada memahami Ada siap . Fungsi Program a. Nara Sumber pengawas Pembina 2. Faktor Eksternal Dilaksanakan 1). Dibuat 2). Ada dan 2). Pemahaman Stakeholder tentang Penyusunan KTSP dan pengembaTerlaksana ngan silabus. Panduan Penyusunan KTSP Ada dan pengembangan silabus. Fungsi Kelembagaan a. Susunan MGMP Sekolah 2). Standar Kompetensi dan Kompetensi adasar.FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN Ada Ada Dipahami secara utuh KONDISI NYATA Ada Ada Belum dipahami secara utuh TINGKAT KESIAPAN FAKTOR SIAP V V V V V V V Tdk SIAP V V V V V V V V 1.

Alokasi Anggaran b. Pelaporan. Faktor Iternal 1). Fungsi Keuangan a. Pertemuan Stakeholder 5). Dukungan Masyarakat 3). Tempat pertemuan 2). Faktor Eksternal 1). Penyusunan KTSP/Silabus 6). Fungsi Sarana/Prasarana a. 2). ATK b. Sosialisasi 4). 3. Pengendalian Program 7).3). Faktor Eksternal 4. Faktor Internal 1). Dukungan Dana Orang Tua siswa. Dukungan APBN 4). Dana 2). Dukungan APBD I Ada Ada Ada terbatas Ada terbatas .

Tujuan Sekolah : Pada tahun 2010 a. Tercapinya kesejahteraan tenaga kependidikan yang maksimal. Meningkatkan pelayanan Pendidikan bagi seluruh warga masyarakat. Intensifikasi dan ekstensifikasi bimbingan dan pengajaran. c. b.1. Terwujudnya sekolah sebagai sentral Pendidikan agama. Terciptanya tenaga kependidikan yang professional. Meningkatkan pengamalan ajaran agama. C. 4. Dukungan APBD II 3. . Program Strategis 1. Meningkatkan kinerja dan profesionalisme tenaga kependidikan. Melayani masyarakat untuk mendapatkan Pendidikan dengan tanpa membedakan SARA (Suku. Adat. Strategi Pelaksanaan Program Program 1 : meningkatkan pengamalan ajaran agama Strategi Pelaksanaan : 1. Menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar. B. Menghasilkan lulusan yang siap melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi atau siap terjun ke masyarakat. 3. 6. Terwujudnya hubungan yang harmonis antar pihak sekolah dengan seluruh lapisan masyarakat. Ras dan Agama).5). f. Mengadakan pengajian rutin satu bulan sekali bagi seluruh warga Sekolah. 5. e. 2. Meningkatkan kesejahteraan tenaga kependidikan. d.

5.2. 3. Strategi Pelaksanaan : 2.4. 2. Mengadakan pengayaan bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan. 3. Membiasakan membaca surat-surat pendek Al-Qur¶an sebelum dan sesudah jam pelajaran. Memperingati Hari-hari Besar Keagamaan. 3.2. Sosialisasi pendidikan Wajar Dikdas 9 Tahun. Mengadakan remidial bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan.1.1. Berbusana muslim dan muslimah setiap hari Jumat. Program 2 : Meningkatkan pelayanan pendidikan bagi seluruh warga masyarakat.4. Menyalurkan bakat dan minat siswa dan kegiatan ekstrakurikuler.1.5.3.4. 1.. Mengefektifkan waktru belajar. 1. 3. 1. Pendataan Calon Siswa baru kelas VII. 2. 2.5. Menyalurkan bantuan bagi siswa ekonomi lemah. Membiasakan mengucapkan salam dan berjabat tangan antar warga sekolah.3 Penerimaan Calon Siswa baru sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. . 2. Menyalurkan bantuan bagi siswa yang berprestasi. Program 3 : Intensifikasi dan Ektensifikasi bimbingan dan pengajaran Strategi Pelaksanaan : 3.3.2 Mengadakan bimbingan belajar.

Program 4 : Meningkatkan Kinerja dan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. 5.3.3. 5. Memberikan tunjangan sesuai dengan tugasnya. 4. Mengadakan jam pelajaran tambahan berupa kursus computer dan Bahasa Inggris.5. Membentuk kelompok belajar siswa di lingkungannya. Strategi Pelaksanaan : 4. 4. pinjaman dana Bank dan lain-lain 5.1. Mengadakan dana serba serbi. 4. 5. Program 6 : Menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar.7 Memantau kegiatan belajar siswa di lingkungannya.2.5. 4. Guru mata pelajaran dan Karyawan.3. Mempermudah pelayanan administrasi bagi setiap warga sekolah untuk keperluan kenaikan tingkat.8. Memberikan tugas sesuai dengan kemampuanya. Cepat tanggap terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah. Mengikuti Seminar Pendidikan. Mengikuti Work Shop Kurikulum baru. Mengikuti MGMP dan MGBP Kabupaten. 3. Program 5 : Meningkatkan kesejahteraan Tenaga Kependidikan Strategi Pelaksanaan : 5.6. Mengadakan MGMP sekolah.4. Strategi Pelaksanaan : .1.4. Mengikuti Pelatihan Kepala sekolah.2. 3.

3.1. 6. Mengadakan silaturahmi dengan orang tua/wali siswa.5.4.6. 6. 6.2.Mengadakan Pertandingan/perlombaan yang melibatkan warga Masyarakat sekitar. 6. Mengadakan kegiatan bakti social. . lembaga dan intansiterkait. masyarakat Umum. Mengadakan kompetisi volley ball antar Sekolah Dasar pendukung. Menyalurkan infak/sodaqoh bagi masyarakat yang sekitar yang berhak.