TUGAS KLIPING NAMA KELAS : DIMAS MUFLI UTOMO : 6B

SEKOLAH DASAR 01 KEBON JERUK PAGI

Mengapa batu disebut makhluk tak hidup, sedangkan pohon disebut makhluk hidup? Ingatkah kamu bahwa hanya makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri hidup. Ciri-ciri hidup tersebut

Rangsang dapat berupa cahaya. Dengan adanya indra yang peka terhadap rangsang-rangsang tersebut. Reaksi oksidasinya sebagai berikut : Zat makanan + oksigen ²> energi + uap air + karbon dioksida. mengeluarkan zat sisa. Peka terhadap Rangsang Makhluk hidup peka terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya. Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat. mendengar. tumbuh. Contohnya gerak daun menguncup. makan. tetapi menggerakkan sebagaian tubuhnya. Bernapas Ciri utama makhluk dikatakan hidup yaitu bernapas. bunyi. Ketika bernapas makhluk hidup menghirup oksigen (O2) dan menghembuskan karbon dioksida (CO2). Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan kaki. bau. Oksigen diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan yang menghasilkan energi dan karbon dioksida. rasa atau sentuhan. Makan . Misalnya tumbuhan putri malu menguncupkan daunnya jika disentuh dan pertumbuhan batang kearah cahaya matahari. Tumbuhan tidak mempunyai alat indra. berkembangbiak. Alat pengenal lingkungan pada manusia dan hewan berupa indra. Bergerak Ada dua macam gerak yaitu gerak aktif dan gerak pasif.adalah bernapas. sayap dan sirip. peka terhadap rangsang dan beradaptasi. mengecap rasa dan menyentuh/meraba. gerak batang menghadap cahaya. Indra peka terhadap rangsang. manusia dan hewan mempunyai kemampuan melihat. Energi berguna untuk menjalankan kegiatan hidup. bergerak. mencium. gerak akar mendekati sumber air serta gerak mekarnya bunga. Gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan. tetapi peka terhadap rangsang.

‡ Ekskresi.Berdasarkan aktivitas tubuh dan hasilnya. merupakan pengeluaran zat-zat sisa yang dilakukan oleh kulit dan ginjal. Mereka memanfaatkan makanan dari hasil fotosintesis tumbuhan hijau dan sumber lain dari hewan dan alam. Zat-zat itu disebut zat sisa oksidasi biologis. Respirasi. Defekasi. Mengeluarkan Zat Sisa bernafas Dalam proses penyerapan makanan.Makanan diperlukan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi. . terbentuklah zat sisa yang merupakan zat yang tidak terserap oleh tubuh. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya. Tumbuhan hijau sebagai produsen mengolah zat-zat anorganik menjadi zat organic melalui proses fotosintesis. misalnya air dan karbon dioksida. hewan dan manusia tidak dapat membuat makanan sendiri. pengeluaran zat-zat sisa dibedakan atas : Ekskresi. untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. Tumbuhan hijau memperoleh makanan dengan memproduksi sendiri. Tumbuhan tak berhijau daun. Ginjal akan menyaring darah dan mengeluarkan zat sisa yang disebut urine. Kulit akan mengeluarkan zat sisa yang dinamakan keringat karena adanya kelenjar keringat di bawah kulit.

Tumbuh terus menerus sampai mati. ‡ Defekasi. Contoh pada katak dan itik terdapat selapu renang pada kakinya untuk berenang. Berkembang Biak Makhluk hidup berkembang biak untuk menghasilkan keturunan. merupakan pengeluaran zat sisa pencernaan makanan yang berupa tinja (feses) melalui anus. Cara perkembangbiakan makhluk hidup berbeda-beda. Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Perkembangbiakan alami pada tumbuhan yaitu dengan biji (kawin) dan dengan tidak kawin. Macam-macam adaptasi makhluk hidup adalah adaptasi morfologi. spora. Adaptasi morfologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan yang berhubungan dengan bentuk tubuh atau alat tubuh. yaitu luas.Cara memperoleh makanan: Tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof) . Tumbuhan berkembang biak secara alami dan buatan. Perkembangbikan tumbuhan secara buatan. dan adaptasi fisiologi. Contoh : berkeringat saat cuaca panas. Terdapat Protoplasma Protoplasma merupakan suatu bagian yang terdiri atas bahan yang kompleks dan terlindung . Tumbuh Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. bertunas. bertelur-melahirkan. Beradaptasi Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan. tunas. Pertumbuhan meliputi perubahan ukuran tubuh.Bergerak : Melakukan gerak pindah tempat. merupakan pengeluaran CO2 sebagai zat sisa proses respirasi yang dikeluarkan melalui hidung. Contoh : hewan bermigrasi ke lain tempat yang banyak sumber makanan. misalnya membelah diri. geragih dan akar tinggal. runduk dan kultur jaringan.Pertumbuhan : . umbi. Perkembangan adalah perubahan menjadi dewasa. 3. tinggi dan berat.Bergerak :Tidak dapat berpindah tempat sendiri. Hewan berkembang biak antara lain dengan melahirkan.Pertumbuhan: Hanya sampai batas usia tertentu Tumbuhan 1. fragmentasi atau membelah diri.‡ Respirasi. 2.Cara memperoleh makanan: Dapat membuat makanan sendiri (autotrof). cangkok. anatara lain : Hewan/Manusia 1. 1. misalnya stek. 2. Dari ciri-ciri tersebut diatas ada perbedaan ciri hidup yang dimiliki antara hewan/manusia dengan tumbuhan. adaptasi tingkah laku. Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Bahan yang diperlukan untuk membuat makanan berupa zat anorganik 3. bertelur. Bahan yg dimakan berupa zat organik.

pasti terlihat jelas bedanya. Antara jenis mahluk hidup yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan baik dalam ukuran maupun bentuknya.dengan baik. Contohnya seperti hewan gurun yang tahan panas. dan lain sebagainya. . berkedip. Berbeda dengan benda tak hidup atau benda mati yang tidak memiliki protoplasma. Mempunyai Bentuk dan Ukuran Makhluk hidup dapat dikenali ciri khas yang menempel padanya dengan melihat bentuknya.Metabolisme Metabolisme adalah aktifitas fisika atau kimia yang terjadi di dalam tubuh baik secara anabolisme maupun katabolisme. habitat tempat tinggalnya untuk dapat bertahan hidup dengan lebih baik dan mudah. Melakukan Aktivitas-Aktifitas Kehidupan : . . Binatang dan Tumbuh-Tumbuhan ketika baru lahir atau tumbuh ukurannya akan lebih kecil dan biasanya akan berkembang menjadi lebih besar menyerupai induknya.Memiliki Sistem Transportasi Untuk menyampaikan zat ke bagian-bagian yang membutuhkan. Tengok saja antara pohon jamblang dengan pohon teh. Lihat saja batu atau komputer yang tidak memiliki protoplasma atau sel. . bunglong bisa berubah warna. sehingga disebut dengan benda mati.Melakukan Adaptasi Semua makhluk hidup perlu melakukan penyesuain diri dengan fungsi tubuh dan lingkungan sekitar ekosistem. Untuk tumbuhan tidak semuanya dapat melakukan pergerakan. dan sebagainya. 2. Protoplasma biasa dikenal dengan sebutan sel. . . menggaruk. . makan. Kemampuan untuk bereaksi terhadap rangsangan dari lingkungan disebut dengan istilah iritabilita. .Makan Semua benda hidup membutuhkan asupan bahan makanan yang berasal dari luar tubuh untuk kemudian diproses menjadi energi atau tenaga bagi tubuh. Oleh sebab itu makhluk hidup memiliki cara masing-masing untuk dapat memperbanyak diri untuk mempertahankan keberadaan di dunia.Berkembang Biak Makhluk hidup yang tidak mampu berkembangbiak menghasilkan keturunan akan punah dan musnah di makan waktu.Dapat Bergerak Manusia dan hewan memerlukan kegiatan dengan menggerakkan anggota tubuh untuk berbagai keperluan seperti jalan.Tumbuh Dan Berkembang Orang. 3.

. Insang. Iritabilita 7. serasi dan selaras. Paru-paru. untuk amphibi dan pisces Organ respirasi pada tumbuhan : 1. Tumbuh dan Berkembang 5. Memerlukan Nutrisi 3.Makhluk hidup air mengambil O2 dari air Karena O2 yang diambil berasal dari lingkungan yang berbeda maka. Reproduksi 6. Lentisel (terletak di batang) Ada 2 macam respirasi : 1. Ekskresi 8. Bergerak 4.. Adaptasi Semua makhluk hidup memliki ciri-ciri tersebut. Respirasi Anaerob merupakan respirasi yang tidak memerlukan oksigen .Makhluk hidup darat mengambil O2 dari udara . Stomata (terletak di daun) 2. Respirasi 2. reptil. tetapi berbeda pada cara dan organ-organ yang digunakan. misalnya : 1. Respirasi Aerob merupakan respirasi yang memerlukan oksigen Contoh : respirasi pada manusia dengan menghirup udara 2. RESPIRASI adalah proses pengambilan oksigen dari luar tubuh untuk proses oksidasi bahan makanan di dalam tubuh. karena komponen biotik memiliki ciri-ciri yang membedakan dari komponen abiotik. untuk mamalia. organ-organ respirasinya juga berbeda.Sistem Regulasi Pengertian arti definisi sistem regulasi adalah aturan sistem yang ada di dalam tubuh makhluk hidup untuk dapat hidup seimbang. Proses Oksidasi Biologi : Makanan + O2 --> CO2 + H2O + Energi Oksidasi Biologi --> Energi --> Aktivitas Tubuh Makhluk hidup mengambil O2 dari lingkungan sekitarnya. amphibi 2. Ciri-Ciri Makhluk Hidup tersebut adalah : 1. Komponen abiotik dan komponen biotik berbeda. 1.

Organisme Heterotrof merupakan organisme yang tidak dapat membuat makanan sendiri.digesti (mencerna). MEMERLUKAN NUTRISI Makanan diperlukan makhluk hidup untuk : a.http://plantsinmotion.Gerak pada hewan bersifat aktif. Harimau berlari menangkap mangsa Sapi mengibaskan ekornya untuk mengusir lalat .bio. pada manusia. menghasilkan energi untuk beraktivitas b. hewan tingkat rendah 3. mengganti sel-sel yang rusak c. proses pertumbuhan d. tetapi memperoleh makanan dari organisme autotrof. Ex. kunjungi : . Contoh : Tumbuhan 2.indiana. metabolisme dalam tubuh Ada 2 macam organisme.html 4.absorpsi (menyerap).html .http://plantsinmotion. BERGERAK Perbedaan gerak pada hewan dan tumbuhan adalah : . TUMBUH dan BERKEMBANG Dalam pertumbuhan terjadi pertambahan ukuran dan jumlah sel . Hewan Proses Fotosintesis : H2O + CO2 --> O2 + Makanan proses fotosintesis terjadi di daun dengan bantuan cahaya matahari Cara memperoleh makanan pada organisme heterotrof adalah : .edu/plantmotion/flowers/flower.edu/plantmotion/movements/tropism/tropisms. pada jamur. hewan tingkat tinggi . Bunga yang mekar ketika suhu hangat Ujung akar yang tumbuh mencari sumber air Untuk melihat cara tumbuhan bergerak.Contoh : respirasi pada ragi dalam proses fermentasi yang menghasilkan alkohol dan energi 2.indiana. maksudnya memiliki inisiatif bergerak dan mampu berpindah tempat.Gerak pada tumbuhan bersifat pasif. Contoh : Manusia. Ex. Organisme Autotrof merupakan organisme yang dapat membuat makanan sendiri dari zat anorganik menjadi zat organik melalui proses fotosintesis. berdasarkan kemampuannya memperoleh makanan : 1. maksudnya tidak memiliki inisiatif bergerak dan tidak mampu berpindah tempat.bio.

Kulit --> Keringat . tumbuh dan berkembang. regulasi.Ex. ekskresi. sekarang memiliki bunga 5.bentuk kaki burung petengger yang berbeda dengan bentuk kaki burung pencakar .lentisel.timbunan lemak pada hewan kutub . bernafas (respirasi).kulit peka terhadap rangsang sentuhan 7. ADAPTASI adalah kemampuan makhluk hidup dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungannya Contoh : . Amoeba membelah diri 6. Ciri-ciri makhluk hidup antara lain: memerlukan makanan (nutrisi). ayam jantan dan betina. terletak di daun . agar tidak meracuni tubuh Organ ekskresi pada manusia : . sintesis. . yaitu : . berat 20 kg menjadi 35 kg. antara hewan dan tumbuhan juga mempunyai banyak persamaan yang merupakan ciri makhluk hidup. tidak memiliki bunga.Ginjal --> Urine .mata peka terhadap rangsang cahaya .Paru-paru --> CO2 dan uap air .lidah peka terhadap rangsang rasa . Pohon pisang bertunas.Hati --> Empedu Alat ekskresi pada tumbuhan : . tinggi badan 100 cm menjadi 150 cm Dalam perkembangan terjadi pertambahan fungsi organ tubuh Ex. reproduksi.stomata.Lumba-lumba muncul ke permukaan air untuk mengambil Oksigen Selain ada perbedaan. IRITABILITA Bagian tubuh yang peka terhadap rangsang disebut alat indera. Aseksual / Tidak Kawin / Vegetatif reproduksi yang mampu bereproduksi dari 1 individu saja Ex. benangsari dan putik b.hidung peka terhadap rangsang bau .telinga peka terhadap rangsang gelombang bunyi . Seksual / Kawin / Generatif reproduksi yang melibatkan individu jantan dan individu betina Ex. REPRODUKSI merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan Tujuan reproduksi adalah untuk mempertahankan kelangsungan hidup jenisnya Makhluk hidup bereproduksi secara : a. EKSKRESI adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme. terletak di batang 8.

e. penyusun sel-sel. dan mempertahankan tubuh dalam berinteraksi dengan lingkungan. Perkembangan adalah pertumbuhan yang diikuti dengan berubah sifat menuju kedewasaan. Makanan tersebut akan mengalami proses pemecahan secara enzimatis untuk mendapatkan energi dalam melakukan aktivitas. h. Nutrisi Makhluk hidup memerlukan makanan dan memilih jenis makanan yang sesuai dengan kondisi tubuhnya. g. memelihara kelangsungan hidup. Respirasi Respirasi atau pernafasan adalah proses penyederhanaan senyawa kimia dari zat makanan untuk mendapatkan energi. Pernafasan dapat terjadi secara: * Aerob (memerlukan oksigen) * Anaerob (tidak menggunakan oksigen. Regulasi Pengaturan baik secara kuantitas maupun kualitas pada setiap saat terhadap sruktur suatu sistem metabolisme dalam makhluk hidup disebut dengan regulasi. Sintesis Dalam tubuh terjadi perubahan dari suatu senyawa ke senyawa lain untuk kepentingan penyusun tubuh.iritabilitas. Reproduksi Proses bertambahnya jumlah individu yang berperan untuk kelestarian keturunannya disebut reproduksi. Sedangkan diferensiasi adalah pertumbuhan sel diikuti dengan spesialisasi (fungsi khusus) sel. sedangkan toleransi yang berlangsung dalam waktu yang relatif panjang disebut adaptasi. c. terdiri dari sel. Ekskresi Pengeluaran senyawa-senyawa kimia sisa metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh makhluk hidup. i. a. d. Pertumbuhan dan perkembangan Pertumbuhan merupakan proses bertambahnya volume dan jumlah sel serta jumlah senyawa kimia dalam tubuh yang bersifat irreversible (tidak kembali ke asal) pada jangka waktu tertentu. adaptasi. f. Iritabilitas Iritabilitas dimaksudkan sebagai kemampuan makhluk hidup menerima rangsang dan sanggup mengadakan respons terhadap rangsangan tersebut. . b. Adaptasi Penyesuaian diri dengan keadaan lingkungan pada waktu yang relatif pendek disebut toleransi. serta bentuk dan ukuran tertentu. melalui proses fermentasi). Makanan yang diperlukan untuk melaksanakan aktivitas hidup disebut nutrisi. dan bila terdapat dalam tubuh akan bersifat toksik (meracuni). dan mengganti bagian yang rusak. interaksi dengan lingkungan. Penyusunan senyawa kimia dalam tubuh untuk aktivitas hidup dinamakan sintesis.

Virus dapat dikristalkan (ciri benda mati). k. Makhluk hidup memiliki bentuk dan ukuran tertentu. sebagian ahli biologi menempatkan virus sebagai ¶jembatan¶ antara yang mahkluk hidup dan benda mati. Namun demikian virus hanya dapat hidup dan berkembangbiak dalam tubuh makhluk hidup. . Dalam media buatan virus tidak dapat hidup dan berkembangbiak. Virus memiliki sifat makhluk hidup. Bagaimana dengan virus? Apakah virus merupakan makhluk hidup atau benda mati ? Virus terdiri dari asam nukleat (DNA/RNA) yang dibatasi oleh mantel protein. Oleh karena itu. yaitu: dapat berkembangbiak dan beradaptasi dengan melalui mutasi. bukan merupakan sel. tetapi setiap jenis menunjukkan bentuk yang spesifik serta ukuran tertentu pula.j. Interaksi Untuk menjaga stabilitas hidupnya atau mempertahankan hidupnya makhluk hidup harus bersaing dengan individu lain. Persaingan terjadi dalam mendapatkan tempat hidup. Makhluk hidup memiliki kesamaan yaitu tersusun oleh sel. Variasi dalam satu jenis tidak dapat menghilangkan bentuk spesifiknya. makanan. cahaya dan lainnya. dan terdiri dari sel Makhluk hidup sangat bervariasi baik jenis maupun bentuk serta ukurannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful