Tujuan Organisasi

Tujuan Organisasi

Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut : ‡ Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama. ‡ Proses kerja sama sedikitnya antara dua orang ‡ Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing ‡ Ada tujuan tertentu 1. Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk Bekerja Sama Organisasi adalah merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang -orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi saat bagi orang -orang untuk melaksanakan suatu kerja sama, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaimana cara bekerja sama tersebut akan dilaksanakan. Pengertian tempat di sini dalam arti yang konk rit, tetapi dalam arti yang abstrak, sehingga dengan demikian tempat sini adalah dalam arti fungsi yaitu menampung atau mewadai keinginan kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian umum, maka organisasi dapat berubah wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu misalnya organisasi buruh, organisasi wanita, organisasi mahasiswa dan sebagainya. 2. Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang Suatu organisasi, selain merupakan tempat kerja sama juga merupakan pros es kerja sama sedikitnya antar dua orang. Dalam praktek, jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama di lakukan dalam suatu organisasi, mempunyai kemungkinan untuk di laksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu hanya bersifat sementara, di mana hubungan antar kerja sama antara pihak-pihak bersangkutan kurang dapat diatur dengan sebaik baiknya. 3. Jelas tugas kedudukannya masing-masing Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing -masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas, dengan demikian kesimpulan dobel pekerjaan dan sebagainya akan dapat di hindarkan. Dengan kata

Organisasi yang tujuan yang ditetapkan lebih efektif dalam merekrut anggota.Harus ada orang-orang yang bekerja sama. 4. Menetapkan Tujuan Organisasi Tujuan membantu menentukan organisasi Anda. berasal dari tujuan. Tujuan dapat membantu memotivasi anggota dengan mengkomunikasikan apa organisasi ini berjuang untuk serta menyediakan dasar mengakui prestasi dan keberhasilan.Kedudukan dan tugas masing -masing orang harus jelas. Tujuan atau Misi adalah umum. Mereka bersifat jangka pendek dan memiliki batas waktu. Tujuan adalah deskripsi dari apa yang harus dilakukan. . Selain itu dengan cara mengorganisasi secara baik akan mendapat keuntungan antara lain sebagai berikut : . komitmen yang lebih besar dan motivasi antara petugas dan anggota untuk membantu mencapai tujuan. .Pelaksanaan tugas pekerjaan mempunyai kemungkinan dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah : . Tujuan adalah pernyataan yang menjelaskan apa yang organisasi Anda ingin capai. Ada tiga tingkatan organisasi mendefinisikan¶s prioritas Anda: 1. Tujuan adalah ujung ke arah mana usaha Anda akan diarahkan dan sering berubah dari panjang untuk istilah atau tahun ke tahun.lain tanpa orang yang baik mereka akan bingung tentang apa tugas -tugasnya dan bagaimana hubungan antara yang satu dengan yang lain.Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama. pernyataan luas yang menceritakan mengapa organisasi Anda ada: biasanya tidak berubah dari tahun ke tahun dan sering pernyataan pertama dalam konstitusi Anda. Anda dapat mengharapkan: 1. 3. Ada tujuan tertentu Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi seorang manajer. Lebih jelas pemahaman tentang . 2. yang berasal dari Anda tujuan atau misi. Hal ini menciptakan banyak hasil positif karena orang akan mendukung dan bertanggung jawab untuk apa yang mereka membantu menciptakan. Menetapkan Tujuan Bersama Tetapkan tujuan sebagai sebuah kelompok. memberikan arah dan menghindari kekacauan. 2. tergantung pada sifat kelompok. .Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai. spesifik yang jelas laporan tugas terukur yang akan dicapai sebagai langkah ke arah mencapai tujuan Anda. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik.

2. 4. Organisasi yang tujuan yang ditetapkan lebih efektif dalam merekrut anggota. menindaklanjuti. Ada tiga tingkatan organisasi mendefinisikan¶s prioritas Anda: 1. 3. Langkah-langkah untuk Menetapkan Tujuan & Sasaran: 1. Menetapkan Tujuan Bersama Tetapkan tujuan sebagai sebuah kelompok. spesifik yang jelas laporan tugas terukur yang akan dicapai sebagai langkah ke arah mencapai tujuan Anda. Pilih dari daftar brainstorming orang yang Anda ingin bekerja di. Tujuan adalah pernyataan yang menjelaskan apa yang organisasi Anda ingin capai. Brainstorm daftar sasaran potensial sebagai sebuah kelompok. Tujuan atau Misi adalah umum. 3. Tujuan dapat membantu memotivasi anggota dengan mengkomunikasikan apa organisasi ini berjuang untuk serta menyediakan dasar mengakui prestasi dan keberhasilan. Mereka be rsifat jangka pendek dan memiliki batas waktu. Pindah ke dalam tindakan. dengan demikian tujuan merekn Anda akan mewakili konsensus kelompok bukan dari satu orang pendapat. Brainstorm daftar sasaran potensial sebagai sebuah kelompok. Langkah-langkah untuk Menetapkan Tujuan & Sasaran: 1. dengan demikian tujuan merek . Tentukan tujuan untuk setiap tujuan dan rencana aksi untuk tujuan masingmasing. Prioritaskan. Lebih jelas pemahaman tentang tujuan dan alasan untuk memilih mereka. 5. Tujuan adalah ujung ke arah mana usaha Anda akan diarahkan dan sering berubah dari panjang untuk istilah atau tahun ke tahun. Tentukan tujuan untuk setiap tujuan dan rencana aksi untuk tujuan masing-masing. Anda dapat mengharapkan: 1. komitmen yang lebih besar dan motivasi antara petugas dan anggota untuk membantu mencapai tujuan. menindaklanjuti. 4. Tujuan adalah deskripsi dari apa yang harus dilakukan. memberikan arah dan menghindari kekacauan. Pindah ke dalam tindakan. (Ingat ada dapat beberapa tujuan untuk setiap tujuan). 2. (Banyak kelompok gagal untuk mengevaluasi dan merevisi. 3. 5. Dengan ide-ide semua orang dan pendapat dipertimbangkan. Dengan ide-ide semua orang dan pendapat dipertimbangkan. 3. tujuan Anda akan mewakili konsensus kelompok bukan dari satu orang pendapat. 2. tujuaMenetapkan Tujuan Organisasi Tujuan membantu menentukan organisasi Anda. 2. yang berasal dari Anda tujuan atau misi. tergantung pada sifat kelompok.tujuan dan alasan untuk memilih mereka. berasal dari tujuan. 3. Hal ini menciptakan banyak hasil positif karena orang akan mendukung dan bertanggung jawab untuk apa yang mereka membantu menciptakan. (Ingat ada dapat beberapa tujuan untuk setiap tujuan). Pilih dari daftar brainstorming orang yang Anda ingin bekerja di. Prioritaskan. (Banyak kelompok gagal untuk mengevaluasi dan merevisi. pernyataan luas yang menceritakan mengapa organisasi Anda ada: biasanya tidak berubah dari tahun ke tahun dan sering pernyataan pertama dalam konstitusi Anda.

2. surat keluar. data anggota. perangkat yang dipinjam dll. inventarisasi yang dimiliki. Rapat Anggaran. Rapat Pimpinan antar Organisasi. presensi. ‡ Bentuk Koordinasi antar bagian dalam organisasi (misal. 3. teknis pelaksanaannya bias melalui rapatrapat. laporanlaporan. yakni: 1. Organizing (pengaturan) Dalam hal pengaturan. untuk menentukan berapa jumlah anggaran yang diperlukan untuk mendukung kerja organisasi atau untuk suatu event / kegiatan (wujudnya daftar RKA) atau proposal kegiatan. proposal keluar. dll) ‡ Penataan dan Pendataan Arsip & Inventaris Organisasi Harus diatur dan ditata dengan baik administrasi organisasi. hasil rapat. ada 4 fungsi organisasi yang sangat perlu diperhatikan berkaitan dengan manajemen organisasi. seperti: y y Rapat Kerja (pengurus organisasi) yang membicarakan rencana -rencana kerja pengurus serta kegiatan anggota yang akan dilakukan dengan satu atau lebih target yang akan dicapai. Accounting (pelaporan) Pelaporan merupakan unsur wajib yang harus dilakukan untuk menunjukkan sikap & rasa tanggung jawab dari pengurus kepada anggotanya ataupun kepada struktur yang berada diatasnya. seperti surat masuk. Controling (pengawasan) Tugas organisasi ataupun pimpinan organisasi yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan pengawasan terhadap aktifitas organisasi ataupun realisasi kegiatan dan penggunaan anggaran.Fungsi Organisasi Dalam mencapai maksud dan tujuan organisasi. . GBHK. unsur yang perlu diperhatikan & diwujudkan adalah : ‡ Struktur Organisasi yang mampu menunjukkan bagaimana hubungan (relationship) antara organisasi/bagian/seksi yang satu dengan yang lain. Rapat Koordinasi antar bagian. ‡ Job Description yang jelas yang mampu menjelaskan tugas masing -masing bagian. Planning (perencanaan) Hal yang berkaitan dengan perencanaan dalam organisasi diantaranya dalah rencana rencana yang coba disusun oleh pengelola organisasi. seperti rencana kerja atau kegiatan serta anggaran yang diperlukan. AD/ART. Wujud kongkritnya adalah : ‡ Progress Report (Laporan Pengembangan Kegiatan)atau ‡ Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Kegiatan 4.

Karier berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan. Peran penelitian dan pengembangan sangat dibutuhkan sebagai dokumentasi yang nanti akan mengukir sejarah ilmu pengetahuan. Contoh dari manfaat ini ialah. Jika kita menginginkan karier untuk kemajuan hidup.Beberapa manfaat organisasi yaitu: 1. Organisasi sebagai penuntun pencapaian tujuan. 4. Organisasi sebagai cagar ilmu pengetahuan. Organisa si selalu berkembang seiring dengn munculnya fenomena fenomena organisasi tertentu. 3. Organisasi dapat mengubah kehidupan masyarakat. Organisasi menawarkan karier. akan menciptakan generasi mudah y ang tangguh dan ksatria. berorganisasi dapat menjadi solusi. Organisasi Kepramukaan. Pencapaian tujuan akan lebih efektif dengan adanya organisasi yang baik. . 2. jika organisasi bergerak di bidang kesehatan dapat membentuk masyarakat menjadi dan memiliki pola hidup sehat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful