PROPOSAL BUSINESS PLAN

PASTEL TERATAI
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kapita Selekta Kewirausahaan

Diajukan oleh: 1. Endar Ayu Saputri 2. Desinia Natalia 0810310050 0810310195

JURUSAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2011

Saat ini banyak sekali macam-macam jajanan dan cemilan yang dijual baik di pasar tradisional maupun swalayan. Yaitu pastel teratai. Kue -kue tersebut banyak dijual dengan bentuk yang tidak jauh beda atau bahkan sama. kue pastel yang berbentuk bunga teratai.1. donat. Masyarakat mengenali kue kue tersebut dari teksturnya dan juga dari bentuknya. Beragam bentuk dan variasi jajanan dan cemilan ditawarkan. lumpia. Umumnya pastel isinya terletak didalamnya.dll. Karakteristik Keunikan Produk Barang dan Jasa Layanan Setiap orang pasti suka mengkonsumsi aneka jajanan atau cemilan. Contoh jajanan yang ditawarkan antara lain adalah kue bikang. kami meletakkan isinya di luar seperti topping. pastel. kue -kue bolu. Dan tentunya akan menambah warna baru dalam dunia kuliner. Hal itu menambah unik dan menariknya pastel teratai ini. membuat pastel ini akan membuat semakin menarik perhatian para pecinta kuliner. dadar gulung. Dengan menambahkan suatu inovasi dari pastel yang umumnya berbentuk setengah lingkaran yang telah ada selama ini menjadi berbentuk bunga teratai. Dari latar belakang diatas kami menghadirkan sebuah produk yaitu jajanan yang unik dan belum ada di kota kami . . kota Malang. Jajanan atau cemilan tersebut dapat dinikmati sebagai teman pelengkap waktu santai atau juga mengobrol bercengkrama bersama teman-teman atau kolega. lemper.

Namun dengan inovasi yang kami gunakan yaitu bentuknya yang berbeda dari yang lain akan membuat produk kami dapat lebih menarik dari produk lainnya. Analisis Kompetisi dan Peluang Pasar Produk Barang dan Jasa Layanan Kota Malang sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur dapat diharapkan sebagai pasar yang pas untuk mengembangkan bisnis kami. Aspek Mekanisme Produksi Barang dan Jasa Layanan Cara atau rangkaian proses untuk menghasilkan produk pastel teratai ini menggunakan alat elektronik dan alat yang manual.2. Pesaing yang ada saat ini kebanyakan para penjual jajanan seperti kue basah maupun kue kering dan lain sebagainya. Selain itu juga Malang terkenal dengan sector pariwisatanya yang mengakibatkan banyak pendatang. hari libur dan sebagainya permintaan akan cenderung naik. 3. Apalagi Malang sebagai kota Pelajar yang mempunyai banyak anak muda sebagai potensi pasar kami. Maka nantinya diharapkan permintaan barang akan selalu ada dan diharapkan di h ari-hari tertentu seperti malam minggu. seminarseminar. dan event-event lainnya. Prosesnya ramah lingkungan karena limbah yang dihasilkan adalah limbah organik dan tidak mengandung bahan berbahaya atau bahan . Sehingga masyarakat dapat lebih tertarik ditambah juga dengan harga yang cukup terjangkau dan soal rasa kami jamin akan lebih enak. Begitu juga saat ada event-event tertentu seperti arisan ibu-ibu.

bekerja ataupun hanya sekedar mampir untuk berlibur. Target pemasaran di sekitar tempat pendidikan. Selain itu juga di daerah tempat tinggal kami mengadakan promosi.yang merusak lingkungan . Kapasitas produksi yang dapat kami kerjakan jumlahnya sekitar 25-30 buah pastel teratai perhari. Untuk itu kami mengambil lokasi di kota Malang untuk memulai pemasaran pastel teratai ini. Malang dikenal memiliki sektor pariwisata yang menarik serta dikenal juga sebagai kota pendidikan. 4. Dikarenakan keterbatasan alat ² alat yang kami miliki. sekolah-sekolah.kemudian di mengadakan promosi di kantor-kantor. Media komunikasi seperti facebook serta blog-blog dapat kami gunakan untuk memperkenalkan dan memasarkan produk kami. Rencana Pemasaran Pasar Produk Barang dan Jasa Layanan Kota Malang yang saat ini banyak dikenal di berbagai daerah. . B anyak sekali orang yang berdatangan dan berdomisili di kota ini untuk menuntut ilmu. yaitu kampus-kampus. toko-toko.

5.: 35 = Rp 1300.3000.Rp Rp Rp Rp Rp 6500.+ Rp 44500..7000. Jadi harga per pastel Rp 51000.- Dari dana di atas kami dapat membuat pastel teratai sebanyak 35 buah.500. Rencana Anggaran dan Laporan 1 kg tepung terigu 4 btr telur 1 bks Mentega 1 liter Minyak goreng 1 Rp Rp Rp 7000.5000.- /2 tabung gas elpiji 3kg 250 gr daging ayam 100 gr wortel 1 bks merica 1 ikat seledri ------------.500.- .- Rp 11000.4000.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful