P. 1
AKTIVA TETAP

AKTIVA TETAP

|Views: 361|Likes:
Published by DilLa Cie MargoLang

More info:

Published by: DilLa Cie MargoLang on Jul 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2013

pdf

text

original

4.

2

Pengujian Substansif terhadap Siklus Pengeluaran.

4.2.1 Prosedur pemeriksaan terhadap aktiva tetap. Aktiva tetap ( fixed assets ) disebut juga Property, Plant and Equiement sifat atau ciri aktiva tetap antara lain: tujuan dari pembeliannya bukan untuk dijual kembali atau diperjualbelikan sebagai barang dagangan, tetapi untuk dipergunakan dalam, kegiatan operasi perusahaan, mempunyai masa manfaat lebih dari 1o tahun, jumlahnya cukup material. Adapun audit prosedur atas aktiva tetap mempunyai 7 tujuan antara lain: emeriksa apakah terdapat internal control yang cukup baik, apakah aktiva tetap yang tercantum dalam neraca benar-benar ada, penambahan aktiva tetap dalam tahun berjalan betul-betul merupakan suatu capital expenditure yang diotorisasi, memeriksa apakah disposal ( penarikan ) aktiva tetap sudah dicatat dengan benar dibuku perusahaan, memeriksa apakah pembebanan penyusutan dalam tahun (periode) yang diperiksa dilakukan sesuai dengan SAk dan konsisten, ada tidaknya aktiva tetap yang] ijadikan sebagai jaminan. Program pengujian substantive terhadap saldo aktiva tetap berisi prosedur audit yang dirancang untuk mencapai tujuan audit seperti yang diuraikan diatas. Prosedur, audit diklasifikasikan menjadi empat golongan: prosedur audit awal, prosedur analitik, pengujian terhadap transaksi rinci pengujian terhadap akun rinci dan verifikasi penyajian dan pengungkapan yang masing-masing prosedur tersebut akan dibahas ke dalam tabel benkut:

Proses Audit Kertas kerja Prosedur Audit Awal 1. Lakukan prosedur audit awal atas saldo akun aktiva tetap yang akan diuji lebih lanjut a. Usut saldo aktiva tetap yang tercantum dineraca ke saldo akun aktiva tetap yang Tanggal pelaksanaan Pelaksa naan

Lakukan analisis hasil prosedur analitik dengan harapan yang didasarkan pada data masa lalu. Usut saldo awal akun aktiva tetap ke kertas kerja tahun lalu e.bersangkutan dibuku besar b. Lakukan rekonsiliasi akun control aktiva tetap dalam buku besar ke buku pembantu aktiva tetap Prosedur Analitik 2. Hitung ratio berikut ini : 1) Tingkat perputaran aktiva tetap 2) Ratio laba bersih dengan aktiva tetap 3) Ratio tetap dengan modal saham 4) Ratio biaya reparasi dan pemeliharaan dengan aktiva tetap b. Lakukan prosedur analitik a. Hitung kembali saldo akun aktiva dibuku besar c. . Usut posting pendebitan dan pengkreditan akun aktiva tetap dalam ke dalam jurnal yang bersangkutan f. Lakukan review terhadap mutasi luar biasa dalam jumlah dan sumber posting dalam akun aktiva tetap dan akumulasi depresiasinya d.

Lakukan c. jumlah yang dianggarkan. Periksa bukti hak kepemilikan aktiva tetap dan kontrak 9. Lakukan b. Periksa berkurangnya aktiva tetap ke dokumen yang mendukung timbulnya transaksi tersebut 5. Lakukan pemeriksaan pisah batas transaksi aktiva tetap 6. Bandingkan penyajian aktiva tetap dengan Prinsip akuntansi berterima umum . Lakukan review terhadap perhitungan depresiasi aktiva tetap Verifikasi penyajian dan pengungkapan 10.data industri. atau data lain Kertas kerja Pengujian terhadap transaksi rinci 3. Lakukan review terhadap akun biaya reparasi dan pemeliharaan aktiva tetap Pengujian terhadap saldo akun rinci 7. Periksa tambahan aktiva tetap ke dokumen yang mendukung Tanggal pelaksanaan pelaksa naan timbulnya transaksi berikut 4. Lakukan inspeksi terhadap aktivat tetap a. Periksa inspeksi terhadap tambahan aktiva tetap penyelidikan dan sesuaikan jika terjadi perbedaan dokumen yang mendukung pembayaran utang usaha seetelah tanggal neraca 8.

Periksa klasifikasi aktiva tetap di neraca b.a. Periksa pengungkapan yang bersangkutan dengan aktiva tetap .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->