P. 1
Bab 4 Ikatan Kimia

Bab 4 Ikatan Kimia

|Views: 472|Likes:
Published by ddew indah

More info:

Published by: ddew indah on Jul 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/01/2012

pdf

text

original

IKATAN

KIMIA

keaktifan dalam diskusi dan tugas. ikatan kovalen. senyawa kovalen. dan eksperimen. Membedakan sifat fisis senyawa ion. Memperkirakan kepolaran suatu molekul. ikatan kovalen koordinasi. Menuliskan lambang Lewis untuk menggambarkan pembentukan ikatan. . ceramah. Metode Penilaian diskusi kelompok. dan ikatan logam.Ikatan Kimia Apa yang akan dipelajari? Tujuan siswa diharapkan dapat:     Membedakan ikatan ion. dan logam.

Ikatan Kimia Simak animasi pembentukan ikatan berikut: Bagaimana ikatan ion dan kovalen dapat terbentuk? Sumber: www.com/physsci/chemistry/animations/chang_7e_esp/bom1s2_11.mhhe.swf .

y Contoh: ikatan ion yang terbentuk antara atom logam Na Contoh: dan atom non-logam Cl pada senyawa NaCl. (membentuk ion negatif).Ikatan Kimia y Ikatan Ion dapat terbentuk akibat kecenderungan atomatom- atom untuk menerima atau melepas elektron agar memiliki konfigurasi elektron seperti gas mulia terdekat. terdekat. . nonNaCl. y Ikatan ion umumnya terbentuk antara atom-atom unsur atom- logam (membentuk ion positif) dan non-logam positif) nonnegatif).

Ikatan Kimia Apa itu ikatan kovalen? Ikatan kimia yang terbentuk sebagai akibat penggunaan bersama pasangan elektron oleh dua atom. unsur. y Jika atom-atom tersebut berasal dari unsur berbeda jenis. maka atomdinamakan molekul senyawa. Dari dua contoh di bawah ini. dan H2SO4 Molekul Unsur Molekul Senyawa . CH4. mana yang disebut molekul unsur dan molekul senyawa? Cl2. y Jika atom-atom tersebut berasal dari unsur sejenis. dan S8 HCl. P4. O2. CO2. maka atom- ? dinamakan molekul unsur. senyawa.

8) Muatan yang berlawanan dari Na+ dan Cl.8.8.7) + eCl.Ikatan Kimia Senyawa Ion y Senyawa ion adalah senyawa yang memiliki ikatan ion.(2.menyebabkan timbulnya suatu gaya tarik-menarik atau gaya elektrostatis yang kuat. tarik- .8. y Contoh: Na+ + Cl- NaCl Dalam pembentukan ikatan ion: elektron dilepas = elektron diterima Na (2.1) Na+ (2.8) + eCl (2.

Ikatan Kimia Struktur Lewis Menggambarkan jenis atom-atom dalam molekul dan bagaimana atom-atom tersebut terikat satu sama lainnya. Pasangan elektron dapat dibedakan menjadi 2. y Dalam struktur Lewis. terdapat sejumlah pasangan elektron. elektron. yaitu: yaitu:  Pasangan elektron ikatan (PEI)  Pasangan elektron bebas (PEB) .

Ikatan Kimia Perhatikan penulisan struktur Lewis yang menggambarkan pembentukan ikatan kovalen antara dua atom Cl berikut ini. Ikatan kovalen antara 2 atom Cl: .

berikatan. berikatan. berikatan.O. bersama.H y Ikatan kovalen rangkap (i) Ikatan kovalen rangkap dua (=)  Penggunaan 2 pasangan elektron bersama oleh dua atom yang berikatan.  Contoh: O2 Contoh: O=O (ii) Ikatan kovalen rangkap tiga ( )  Penggunaan 3 pasangan elektron bersama oleh dua atom yang berikatan.Ikatan Kimia Jenis Ikatan Kovalen: Berdasarkan jumlah pasangan elektron yang digunakan bersama.  Contoh: H2O Contoh: H. ikatan kovalen yang terbentuk antara 2 atom unsur dapat berupa: berupa: y Ikatan kovalen tunggal (-)  Penggunaan 1 pasangan elektron bersama oleh dua atom yang berikatan.  Contoh: N2 Contoh: N N .

Net dipol  0. ‡ Bersifat polar. . Net dipol = 0. dan O2. Contoh: CCl4. Molekul poliatom ‡ Bersifat non-polar. dan BCl3. jika memiliki ikatan kovalen non-polar. ‡ Bersifat polar. Contoh: H2. Cl2. jika memiliki ikatan kovalen polar. Contoh: H2O dan NH3. Contoh: HCl dan HF.Ikatan Kimia Kepolaran Molekul Molekul diatom ‡ Bersifat non-polar. CO2. jika bentuk molekulnya menghasilkan net dipol  0. jika bentuk molekulnya menghasilkan net dipol = 0.

Ikatan Kimia Ikatan kovalen di mana elektronelektron dalam pasangan elektron yang digunakan bersama berasal dari salah satu atom yang berikatan. Apa itu ikatan kovalen koordinasi? Perhatikan contoh berikut: ? .

Ikatan Kimia Ikatan Logam Perhatikan gambar ikatan logam berikut: Ikatan logam adalah ikatan kimia yang terbentuk akibat penggunaan bersama elektron-elektron valensi antar atomatom logam.  Dapatkah Anda menjelaskan bagaimana terbentuknya ikatan logam Na? .

atom logam harus berikatan dengan banyak atom logam lainnya untuk mencapai konfigurasi elektron gas mulia. y Dalam teori ini. . y Contoh: atom Na yang memiliki 1 elektron valensi harus berikatan dengan minimum 7 atom Na lainnya untuk dapat memiliki 8 elektron. Perhatikan gambar berikut.Ikatan Kimia y Salah satu teori sederhana yang dapat menjelaskan ikatan logam adalah teori lautan elektron.

Karena muatannya berlawanan.Ikatan Kimia Adanya tumpang tindih memungkinkan elektron valensi dari setiap atom Na bergerak bebas dalam ruang di antara ionion Na+ membentuk suatu lautan elektron. maka terjadi gaya tarik-menarik (gaya elektrostatik) antara ion-ion Na+ dan elektronelektron bebas ini. .

zat cair. tetapi buruk dalam fase padat. Kelarutan Larut dalam air tapi tidak larut dalam pelarut organik Baik dalam fase cair atau jika larut dalam air. Senyawa Kovalen. dan Logam Senyawa Ion Fase pada suhu ruang Titik leleh dan titik didih Kekerasan Padatan Tinggi Senyawa Kovalen Gas. Tidak larut dalam air tetapi larut dalam pelarut organik Buruk Tidak larut Daya hantar listrik Baik . atau zat padat lunak Rendah Lunak dan tidak rapuh Logam Padatan kecuali Hg Tinggi Keras tetapi rapuh Keras tetapi lentur/tidak mudah patah jika ditempa.Ikatan Kimia Sifat Fisis Senyawa Ion.

NF3 b. HI c. dan logam yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari? y Tentukan apakah molekul-molekul berikut bersifat polar (net dipol  0) atau non-polar (net dipol = 0) a. diskusikan dengan teman sebangkumu. . SO2 y Kerjakan Soal Pemahaman pada Buku Kimia Esis Jilid 1 halaman 139 ± 145. Br2 d.TUGAS y Berdasarkan tabel sifat fisis di slide sebelumnya. apa saja aplikasi dari senyawa ion. senyawa kovalen.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->