TUGAS KELOMPOK

Sosiologi BAB 3
Hai Logos! Hai Socio!

Next

A. INTERAKSI SOSIAL

Pengertian Interaksi Sosial  Pengertian Proses Sosial  Jenis-Jenis Interaksi Sosial 

PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL

Interaksi Sosial adalah, Hubungan timbal balik antara individu satu dengan yang lain, individu dengan kelompok, dan sebaliknya.

Contoh Interaksi Sosial : A. Berbincang-bincang dengan tetangga B. Hubungan antara pembeli dengan penjual C. Bersalaman dengan orang tua D. Dan sebagainya«

Balik

PENGERTIAN PROSES SOSIAL

Proses Sosial adalah, Aktivitas sosial yang terjadi karena adanya aktivitas manusia dalam hubungan dengan mannusia lainnya

Balik

JENIS-JENIS INTERAKSI SOSIAL Interaksi Sosial antara kelompok dengan kelompok Interaksi Sosial antara Individu dengan Kelompok Interaksi Sosial antar Individu Kesimpulan : Balik Next .

dan lainnya. tanggapan atau respon. Contohnya : .INTERAKSI SOSIAL ANTAR INDIVIDU Pengertian : Interaksi yang terjadi antara Individu satu dengan Individu yang lainnya. yang kemudian tercipta interaksi yang berupa jabat tangan. Individu satu memberikan stimulus atau rangsangan. saling menegur. individu yang lain memberikan reaksi.

Contoh Interaksi antar Individu : Menyapa teman sebaya atau orang yang lebih muda. Berjabat Tangan antara pegawai satu dengan pegawai yang lainnya Saling berkomunikasi dengan seorang teman di telepon Balik . bahkan orang tua sekalipun berbincang-bincang antara sesama penumpang bus. atau perbincangan antara atasan dan bawahannya.

Balik .INTERAKSI SOSIAL ANTAR INDIVIDU DENGAN KELOMPOK Pengertian : Interaksi antara satu individu dengan sebuah kelompok Contohnya : Seorang guru yang sedang mengajar di kelas Seorang pekerja yang sedang mempresentasikan proyeknya di depan orang-orang kantor.

INTERAKSI SOSIAL ANTAR KELOMPOK DENGAN KELOMPOK Pengertian : Interaksi antara sebuah kelompok dengan kelompok lainnya. Contohnya : Perdebatan yang terjadi antara golongan A dengan Golongan B Pertandingan Sepak bola antara tim A dan Tim B Dan sebagainya Balik .

Dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu. Balik . Mempunyai maksud dan tujuan yang jelas. Interaksi Sosial dapat disimpulkan memiliki ciri-ciri sebagai berikut : Ada pelaku dengan jumlah lebih dari satu orang. Ada komunikasi antar pelaku dengan menggunakan simbol-simbol.Dengan demikian.

B . FAKTOR PENDORONG TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL Motivasi Sugesti Imitasi Identifikasi Simpati Empati Next Topic .

Contoh : Seorang Guru yang sedang memberikan motivasi untuk muridnya Balik . Bentuk Motivasi biasanya berupa Arahan atau penjelasan. MOTIVASI Pengertian : Suatu daya pendorong atau perangsang untuk melakukan sesuatu.1.

2. kelompok kepada kelompok lain atau kelompok kepada Individu sehingga orang lain melakukan apa yang disarankan. 2. Merokok Membahayakan kesehatan. dan paru-paru. Contoh : 1. Jantung. SUGESTI Pengertian : Pengaruh atau rangsangan yang di berikan oleh individu kepada Individu lain. Atau Individu kepada kelompok. Balik . Menghindarkan diri dari obat-obat terlarang atau Narkoba.

Contoh : Seorang anak kecil memakai ikat kepala dan aksesoris yang sama dengan tokoh kartun Naruto. tetapi proses imitasi hanya bersifat temporer/sementara.3. model pakaian. Balik . IMITASI Pengertian : imitasi adalah suatu proses dalam diri berupa suatu dorongan dalam diri untuk meniru atau mencontoh orang lain baik berupa gaya hidup. model rambut dan lain-lain( sesuatu yang tampak/kasat mata).

Contoh : Seorang anak laki ² laki yang begitu dekat dan akrab dengan ayahnya suka mengidentifikasikan dirinya menjadi sama dengan ayah nya .4. Balik . IDENTIFIKASI Pengertian : identifikasi merupakan suatu kecenderungan yang ada dalam diri seseorang untuk menyamakan(menjadi sama) diri dengan orang lain.

Balik . dan kasih sayang. Proses Simpati bisa berubah menjadi Cinta. penampilan. dimana seorang individu merasa tertarik kepada orang lain karena sikap. SIMPATI Pengertian : Proses kejiwaan. kewibawaan.5. perilaku. atau jabatannya yang sedemikian rupa.

6. EMPATI Pengertian : Perasaan ikut mengalami. rasa memiliki. dan Empati dibarengi perasaan organisme tubuh yang paling dalam. kita juga merasa kehilangan Balik . Empati mirip dengan Simpati. Contoh : Ketika melihat seseorang terkena musibah.

DINAMIKA SOSIAL Pengertian Dinamika Sosial Bentuk Dinamika Sosial Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan dan Dinamika Sosial Next .C.

DINAMIKA SOSIAL Pengertian : Keseluruhan perubahan yang terjadi waktu ke waktu di seluruh unsur masyarakat Balik .

dan berbagai peraturan yang berlaku Balik . mata pencaharian. dan sebagainya Perubahan kualitas penduduk. termasuk perubahan sistem pemerintahan. yang meliputi peningkatan pendidikan. sistem perundangundangan. dan kesehatan. pendapatan. Perubahan strutur budaya. komposisi jenis kelamin. tingkat pendidikan.BENTUK DINAMIKA SOSIAL Perubahan angka tingkat pertumbuhan penduduk yang meliputi angka kelahiran dan kematian.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DINAMIKA SOSIAL Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dan Dinamika sosial terbagi menjadi dua : Faktor dari Dalam Faktor dari Luar Balik .FAKTOR.

Struktur Budaya 2. Adanya Pertentangan Dalam Masyarakat 3. Adanya Suatu Gerakan Sosial Balik . Adanya Penemuan Baru 4.FAKTOR DARI DALAM 1.

Perubahan Sistem pendidikan Nasional C. Perubahan Undang-Undang Dasar 1945 B. serta sistem yang dianut. pemimpin dan perangkat. Perubahan Undang-Undang Sosial Balik . Berikut beberapa Contohnya! A.STRUKTUR BUDAYA Perubahan Struktur budaya menyangkut perubahan personil atau SDM.

dll Balik . personil dan sebagainya. struktur kelembagaan.ADANYA PERTENTANGAN DALAM MASYARAKAT Pertentangan dalam masyarakat mempengaruhi terjadinya perubahan dinamika sosial. Perubahan yang terjadi meliputi perubahan peraturan. Contoh : Adanya pertentangan sistem perkawinan satu marga. hak dan kewajiban.

namun ada juga yang mengalami penolakan oleh kelompok masyarakat tertentu.ADANYA PENEMUAN BARU Penemuan baru ada yang bermanfaat dan dapat diterima cepat oleh masyarakat. Contoh : Penemuan alat teknologi mesin pertanian dan Industri. dll Balik .

dsb. Contohnya : Gerakan anti Narkoba Gerakan antikorupsi. Balik .ADANYA SUATU GERAKAN SOSIAL Gerakan masyarakat merupakan kehendak masyarakat yang secara kuat dapat menyebabkan perubahan.

Balik . 2. 3. 4.FAKTOR DARI LUAR Faktor-faktor penyebab perubahan yang berasal dari luar yakni. Lingkungan Alam Kebudayaan Asing Terjadinya peperangan Pengaruh Globalisasi 1.

Proses Asosiatif Proses Diasosiatif Next . BENTUK INTERAKSI SOSIAL Menurut Gillin dan Gillin yang dikutip oleh oleh Soejono Soekamto.D. 2. ada 2 macam proses sosial yang timbul sebagai akibat adanya interaksi sosial : 1.

c. seperti kerjasama (cooperation). Kerja Sama Akomodasi Asimilasi Balik a. dan asimilasi (assimilation). b. akomodasi (accomodation). .1 PROSES ASOSIATIF Pengertian : merupakan pola interaksi yang mengarah pada kesatuan antar individu atau kelompok dalam mencapai tujuan tertentu.

KERJA SAMA Adalah suatu usaha bersama antar Individu dengan Individu lainnya. Balik . dan kelompok dengan kelompok. antara Individu dengan kelompok. Bentuk kerjasama bisa terjadi lebih luas seperti antara pemerintah dengan masyarakat bahkan kerja sama antar Negara seperti ASEAN.

Tujuan Akomodasi : Mengurangi pertentangan akibat adanya perbedaan pendapat. Bentuk-bentuk Akomodasi Balik .AKOMODASI Pengertian : suatu proses penyesuaian sosial dalam interaksi sosial antara pribadi dan kelompok-kelompok manusia untuk meredakan pertentangan.

Contoh : menyuruh orang lain untuk melakukan kemauannya.BEBERAPA CONTOH BENTUK AKOMODASI : 1. Coersion Sikap memaksakan orang untuk melakukan sesuatu yang tidak disukai. Contoh : dalam suatu rapat. Compromise Kedua atau semua pihak yang terlibat dalam konflik berusaha mencari dan mendapatkan jalan tengah. 3.dalam mengambil keputusan harus merupakan keputusan bersama. 2. Arbitration Suatu cara mencapai kompromi apabila pihak-pihak yang berhadapan tidak sanggup mencapainya sendiri Balik .

Faktor Pendorong Asimilasi. Hasil dari proses asimilasi adalah semakin tipisnya batas perbedaan antarindividu dalam suatu kelompok. Balik . atau bisa juga batas-batas antarkelompok.ASIMILASI Pengertian : pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.

FAKTOR PENDORONG ASIMILASI : Toleransi di antara sesama kelompok yang berbeda kebudayaan Kesempatan yang sama dalam bidang ekonomi Kesediaan menghormati dan menghargai orang asing dan kebudayaan yang dibawanya. Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat Persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan universal Perkawinan antara kelompok yang berbeda budaya Mempunyai musuh yang sama dan meyakini kekuatan masing-masing untuk menghadapi musuh tersebut. Balik .

dan pertikaian (conflict).2. PROSES DISASOSIATIF proses disosiatif menghasilkan hubungan sosial dalam bentuk persaingan (competition). kontravensi (contravention). Persaingan Kontravensi Pertikaian Balik .

PERSAINGAN Pengertian : Persaingan merupakan suatu proses sosial yang terjadi karena orang perorangan atau kelompok bersaing untuk mencari kentungan. Sifat Persaingan : 4 fungsi persaingan oleh Gilin dan Gilin Balik .

Personal Competition (persaingan antar individu yang terjadi secara langsung) contoh : perebutan juara kelas b.SIFAT PERSAINGAN Sifat persaingan terbagi menjadi 2 : a.Impersonal Competition (persaingan antarkelompok) contoh : persaingan Manchester United dangan Chelsea Balik .

Sebagai alat untuk menyaring warga dalm mengerjakan tugas-tugas sehingga terjadi pembagian tugas (the devision of labor) Balik .FUNGSI PERSAINGAN OLEH GILLIN DAN GILLIN Sebagai penyalur keinginan-keinginan dari tiap orang atau kelompok yang bersifat kompetisi Sebagai jalan agar nilai dan sesuatu yang terbatas dapat diperebutkan orang banyak secara baik Sebagai alat untuk mengadakan seleksi atas dasar jenis kelamin dan seleksi sosial.

namun mereka takut untuk menolak jadi ketidak setujuan itu di sembunyikan.KONTRAVENSI Pengertian : Suatu bentuk proses sosial yang merupakan panduan antara persaingan(com petition) dengan pertikaian(conflict). Disebabkan adanya gejala ketidak pastian serta keraguan Contoh : program KB oleh beberapa agama tidak di setujui. Balik .

Dan merupkan bentuk Interaksi sosial yang negatif.PERTIKAIAN Pengertian : Proses interaksi sosial yang ditandai dengan adanya persaingan dengan cara menyingkirkan bahkan memusnahkan pihak satu terhadap pihak lain. Sebab terjadinya Pertikaian Balik .

suporter Arema tidak mengakui kekalahan Arema sedangkan suporter persebaya menerima. pendirian.SEBAB TERJADINYA PERTIKAIAN Sebab terjadinya pertikaian menurut Soerjonoe Soekanto antara lain : Perbedaan antar perseorangan. misal pertikaian kelompok pro reformasi dan pro status quo ketika terjadinya perubahan di Indonesia Balik . pertikaian Suku Dayak dan Suku Madura Bentrokan antar kepentingan. kemudian terjadi bentrokan Perubahan Sosial. misalnya. kepentingan Perbedaan kebudayaan. seperti perbedaan ideologi. Misalnya.

MATERI BAB 3.1 . SELESAI Terimakasih !! Tugas : Sosiologi Ringkasan Bab 3 Kelas X.

ANGGOTA KELOMPOK : Arif Aji Eko Putro Dewi Ayu Chandra P Fajar Krisna Wicaksono Kameri Prita Widyaningtyas .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful