Disusun oleh

:
Alfia Nur Cantya Hediyati P Eggy Wanodyatama Linggar Anindita

Kelas IX G SMPN 19 Jakarta Januari 2010

Matahari Sebagai Bintang
Matahari merupakan salah satu bintang yang ada dalam semesta. Matahari dan bintang tampak bercahaya bukan karena memantukan cahaya dari benda lain, tetapi karena memang benda-benda angkasa tersebut menghasilkan cahaya sendiri.

000 Km Jari-jari : 700. .1. Bentuk dan Ukuran Matahari y Bentuk y y y y y : Bola api gas yang berpijar Diameter : 1.99 x 1030 kg Massa jenis : 1.4 x 1018 km3 Massa : 1.41 g/cm3 .400. Massa jenis matahari relatif kecil kerena materi penyusun matahari berada dalam bentu gas.000 Km Volume : 1.

Perbedaan warna menunjukan adanya perbedaan suhu dari bintang-bintang tersebut. .biru atau merah. Dari hasil penyelidikan para astronom.2. Matahari merupakan salah satu bintang yang berwarna kuning. Matahari tiak terlalu besar dan tidak terlalu terang. Bintang-bintang lain ada yang berwarna ungu. ternyata matahari bukanlah bintang yang terlalu istimewa. Warna Matahari Warna matahari dan bintang sebenarnya bergantung pada suhu di permukaannya. Bintang lain yang warnanya sama dengan matahari yaitu Alpha Centauri dan Capella.

3. Reaksi fusi tersebut akan menghasilkan energi yang sangat besar. Reaksi fusi ini merupakan penggabungan atom-atom hidrogen menjadi helium. . Sumber Energi Matahari Sumber energi matahari berasal dari reaksi fusi yang terjad di dalam inti matahari.

80 0.08 0.80 0.94 21.10 0.01 .10 0.4.05 0.00 0.10 0. Komposisi matahari Nama Unsur Hidrogen Helium Oksigen Karbon Neon Besi Nitrogen Silikon Magnesium Sulfur Nikel Nama Bahan H He O C Ne Fe N Si Mg S Ni Massa dalam Matahari 76.40 2.

Susunan Lapisan Matahari Secara umum lapisan matahari dapat dibagi menadi 4 bagian yaitu: a. dengan ketebalan sekitar 300 km. f. tempat terjadinya reaksi nuklir yang menghasilkan energi sangat besar Daerah radiasi: hasil reaksi fusi nuklir dipindahkan secara radiasi ke daerah konveksi Daerah konveksi: energi dari daerah radiasi dipindahkan keluar secara konveksi melalui derah konveksi Fotosfer: suhunya 6000 Kelvin. e.500 Kelvin dengan ketebalan 2000 km Korona: atmosfer luar matahari.000 km. c.5. bersuhu sekitar 4. bersuhu sekitar 1 juta Kelvin dan ketebalannya sekitar 700. d. Kromosfer: atmosfer matahari. Inti: suhunya sekitar 14 juta Kelvin. b. Terlihat saat gerhana matahari total .

Korona .

Susunan lapisan matahari .

6. Aktivitas matahari Bintik matahari (sun spot) ‡ adalah daerah di permukaan matahari yang warnanya lebih gelap karena memiliki suhu yang lebih rendah daripada sekitarnya ‡ Suhu: 1500 Kelvin ‡ Umur: beberapa jam sampai beberapa bulan ‡ Muncul kelompok antara 2-20 buah ‡ Kadang terjadi letupan(solar flare) berupa pancaran ion hidrogen ‡ Setiap sebelas tahun mucil dalam jumlah yg paling banyak atau disebut siklus bintik matahari .

Bintik matahari .

Gumpalan Matahari (granula) ‡ Tampak lebih terang daripada sekitarnya dan tampak seperti mendidih ‡ Suhunya lebih tinggi daripada suhu daerah sekitar ‡ Terbentuk akibat aliran gas dari dalam fotosfer ‡ Satu gumpalan dapat bertahan hingga 8 menit ‡ Menyebabkan permukaan matahari tampak tidak rata .

Gumpalan matahari .

Lidah Api (prominensa) ‡ Bertahan hingga beberapa jam atau beberapa hari ‡ Seperti nyala api berwarna merah yang meluncur keluar dari fotosfer ‡ Panjangnya ribuan kilometer hingga jutaan dari permukaan matahari ‡ Berwujud gas akibat ledakan di permukaan bumi ‡ Kelajuan aliran gad 700-1300 km/s ‡ Dapat diamati saat gerhana matahari total .

Lidah Api .

Pengaruh Aktivitas Matahari Aurora ‡ fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki bumi dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari ‡ Aurora yang terjadi di kutub utara dinamakan aurora borealis ‡ Aurora yang terjadi di kutub selatan dinamakan aurora australis ‡ Terjadi antara bulan september. maret dan april ‡ Dapat dilihat jelas pada malam hari saan tidak ada bulan .7. oktober.

Aurora Borealis .

Aurora Australis .

.Badai matahari ‡ Adalah ledakan besar di matahari yang dapat melepaskan energi 6 x 1025 disekitar bintik matahari ‡ Kebanyakan terjadi di daerah aktif seperti ‡ Sinar X dan radiasi ultraviolet yang dikeluarkan oleh badai matahari dapat mempengaruhi ionosfer. Bumi dan mengganggu komunikasi radio.

Badai matahari .

 Mencapai bumi dalam waktu 10 hari  Dapat menimbulkan gangguan komunikasi di bumi.Angin matahari  Adalah hembusan angin yang berasal dari korona ke seluruh sistem tata surya. .

y menjaga siklus air di permukaan bumi sehingga manusia dan makhluk hidup lainnya dapat memenuhi kebutuhan air. Manfaat matahari y Menjaga kehangatan suhu bumi sehingga dapat tetap ditinggali manusia dan makhluk hidup lainnya. . terutama bagi tubuhnya. y Untuk fotosintesis pada tumbuhan dan sebagai provitamin D yang bermanfaat untuk pembentukan tulang manusia dan hewan. khususnya kuman penyakit kulit y sehingga kulit manusia dan hewan pun dapat sehat. y membunuh kuman.8.

Spektrum cahaya matahari ‡ ‡ a. g. b. e. Adalah gelombang elektromagnetik yang dipancarkan sinar matahari Terdiri dari: Sinar gamma Sinar-X Sinar ultraviolet Sinar inframerah Gelombang televisi Gelombang radio Sinar nampak(ungu. hijau. kuning. jingga dan merah) . biru. c. d.9. f.

2009. Sukis. Jakarta: Esis Wariyono. puspita.google. Jakarta: BSE http://id. Ilmu Alam Sekitar.Daftar pustaka y Diana. IPA Fisika. y y y y Jakarta: BSE Abdullah.wikipedia.co.id/ . 2007. Alam Sekitar IPA Terpadu. 2008.org http://www. Mikrajaruddin.

Terima kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful