Silabus

Sekolah Kelas Semester Mata Pelajaran Tema Standar Kompetensi : : VII (Tujuh) : 1 (Satu) : Ilmu Pengetahuan Alam : Menjadi Ilmuwan : 3 Memahami wujud zat dan perubahannya. 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia. 6. Memahami keanekara-gaman makhluk hidup. Indikator Teknik 3.1Menyelidiki Sifat Zat dan sifat-sifat Wujudnya zat berdasarkan wujudnya dan penerapann ya dalam kehidupan sehari-hari Pemisahan campuran 4.2Melakukan pemisahan campuran dengan o Mendiskusik  an zat-zat dan makhluk  dalam air kotor  Melakukan percobaan penjernihan  air Mengidentifi kasi wujud zat yang terlibat dalam proses  penyaringan Mendiskusik an ciri-ciri tiap wujud  Tes Mengidentifikasi tertulis, wujud zat di alam Unjuk Menyebutkan ciri-ciri Kerja tiap wujud zat Tes tertulis Menentukan manfaat adanya perubaha wujud zat Tes tertulis Menerapkan caraTes cara untuk tertulis, mengubah wujud zat Unjuk kerja Penilaian Bentuk Instrume n Isian LO Isian isian Isian LO Contoh Instrumen 8x40’ Buku siswa, LKS, botol plastik 2l bekas air mineral, ijuk, kerikil kecil, kerikil besa, pasir, lup, pipet, plastik, pupuk (urea), air kolam. Alokasi Waktu Sumber Belajar

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Pem- Kegiatan pembelajaran belajaran

o

o

6x40’ Isian LO Mengidentifikasi Tes cara-cara pemisahan tertulis, campuran dengan Unjuk kerja cara fisika Mengidentifikasi Isian isian Misalkan terdapat campuran air asin dan pasir. Tentukan langkahlangkah pemisahannya, sehingga kamu

o

manfaat. dan elodea! Mengidentifikasi manfaat jenis-jenis 6x40’ . Tes tertulis isian Menentukan cara LO pemisahan Rubrik campuran berdasarkan Tes karakteristik tertulis. 2 Mengklasifikasi kan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki o o zat.berbagai cara berdasarka n sifat fisika dan sifat kimia o o Pengelompo kan makhluk Hidup 6. garam. berdasarkan ciri-ciri identifikasilah jenisnya! Tes tertulis. kulnenek. ikan mas. Isian campuran Unjuk kerja Menerapkan cara Produk pemisahan campuran berdasarkan Tes tertulis Gambar di atas karakteristik merupakan salah campuran satu jenis Isian organisme air. makhluk hidup Keong. ikan kepala Tes timah. dan cara kimia pasir. kayu apu. berdasarkan ciriikan mujair. Melakukan percobaan perubahan  wujud Melakukan percobaan untuk mengidentifi kasi  organisme dalam air hasil penyaringan Mendiskusik an pemisahan  campuran secara fisika dan kimia dalam proses pengolahan untuk mendapatka n air minum  dan berbagai penerapan lainnya Mengidentifi kasi berbagai organisme yang dapat digunakan untuk  menjernihka cara-cara pemisahan Tes tertulis mendapatkan air campuran dengan tawar. undurcirnya undur. kijing. Mengidentifikasi Rubrik Berdasarkan makhluk hidup cirinya. tertulis/ Unjuk kerja Jelaskan manfaat Hydrilla. Dari hewan-hewan Unjuk kerja berikut ini kelompokkanlah ke Isian dalam hewan Mengelompokkan Rubrik penyaring air.

.n air makhluk hidup o Mendiskusik an pengelompo kkan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri dan manfaatnya.

2.. a. LKS. air dan es PG Termometer C menunjuk angka 45 0... Melakukan eksperimen dengan satuan baku dan tak baku Mengaplikasikan keselamatan kerja dalam pengukuran Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat Membuat termometer sederhana.. 113 Alokasi Waktu Sumber Belajar 1. termomete r - Mengukur dengan satuan baku dan tak Tes baku secara baik unjuk dan benar kerja Uji petik Pilihlah alat yang Memperhatikan dan kerja sesuai untuk menerapkan prosed mengukur meja yang keselamatan kerja ur dan ada di hadapanmu dalam pengukuran produk Tes unjuk kerja 2 x 40’ Buku siswa. 81 b. Tes unjuk kerja Tes tertulis Uji Buatlah termometer petik dengan kerja menggunakan produk termometer tak berskala. Alat-alat ukur Uji petik Ukurlah Panjang dan kerja lebar meja yang kamu gunakan . berskala berdasarkan sifat perubahan volume Membandingkan skala termometer Celcsius dengan termometer yang lain 4x40’ Buku siswa.. 25 c. 57 d. Mendeskripsi kan pengertian suhu dan pengukuran nya Suhu dan pengukuran - - Pengukuran 1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunaka n alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan - Mencari informasi caramenggunakan termometer Melakukan eksperimen cara membuat termometer sederhana berdasarkan sifat perubahan volum Melakukan percobaan untuk membandingkan termometer Celsius dengan termometer yang lain.Materi Kompetensi Pokok/Pembelaj Kegiatan pembelajaran Dasar aran Indikator Teknik Penilaian Bentuk Contoh Instrum Instrumen en Tes Isian Untuk mengukur suhu tertulis zat adalah . t termometer Fahrenheit menunjuk angka . LKS..

tumbuh asi c.1 Melaksanaka n pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik Mikroskop Observ asi Melakukan pengamatan gejala alam kebendaan pada objek biotik di lingkungan sekitar Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan Lembar observaBerikut ini manakah si yang termasuk gejala alam kejadian pada Tes objek biotik? Tulis a. objek yang dimaksud! menemukan objek Tes Buku mikropis) . warna PG d. ukuran 2 x 40’ Buku Siswa.sehari-hari Gejala Alam Biotik dan Abiotik o 5. bau Observ b.3 Menggunaka n mikroskop Keselamatan Uji petik kerja 2 x 40’ prosed Tes ur dan Buku Unjuk produk Siswa. LKS o Melakukan pengamatan gejala alam berbentuk kebendaan pada objek abiotik di lingkungan sekitar Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek biotik di lingkungan sekitar Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek Tes biotik melalui Tulis pengamatan o 5. pencahayaan. LKS. Kerja Alat ukur Tes Tentukan dan Mengenal bagianidentifi sebutkan nama-nama bagian mikroskop Tes kasi bagian mikroskop! Unjuk Kerja Tes Amati preparat basah Menggunakan identifi atau preparat jadi mikroskop dengan kasi yang sudah tersedia benar (mengatur hingga ditemukan 3 x 40’ fokus.

LKS.dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan Kerja o Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek abiotik di lingkungan sekitar - Unjuk Kerja Memegang. alat mudah mengalami korosi Lakukan uji asam. larutan glukose Apakah arti simbol di bawah ini? Tes unjuk kerja 2 x 40’ Siswa. alam sekitar . Alat ukur 5. basa pada bahan makanan . air b. LKS. laboratirium? a. basa di laboratorium dan alam a. bahan yang mudah terbakar b. alkohol d. basa pada bahan Buku siswa.Mengindentifikasi simbol.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam Tes tertulis PG o Mencari informasi melalui referensi tentang keselamatan kerja Studi pustaka tentang alat dan bahan yang berbahaya dalam pengamatan gejala alam o Sifat asam. asam sulfat c. membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman Mendeskripsikan bahan-bahan berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit uji petik kerja Lakukan dengan Tes produk prosedur Tulis yang benar cara membawa PG dan memperlakuakan mikroskop! Manakah bahanbahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit yang dapat diitemukan di . bahan yang beracun c.simbol dalam Laboratorium Uji petik kerja prosed ur Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam. alat mudah pecah d.

misalnya dengan menggunakan kembang sepatu makanan dengan menggunakan bunga kembang sepatu 2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahanbahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari Mengidentifikasi sifat asam dan basa pada bahan makanan .