A. PENDAPAT PARA AHLI MENGENAI ASAL USUL MANUSIA DI KEPULAUAN INDONESIA 1. Prof. Dr. H.

Kern dengan Teori Imigrasi menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Asia (Campa, Kochin China dan Kamboja) . Hal ini didukung oleh adanya perbandingan bahasa yang digunakan di kepulauan Indonesia yang akar bahasanya adalah bahasa Austronesia. 2. Van Heine Geldern berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari Asia. Pendapat ini didkukung oleh adanya artefak-artefak yang ditemukan di Indonesia memiliki banyak persamaan dengan yang ada di daratan Asia. 3. Moh. Yamin, mengatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Indonesia. Dia melihat bahwa banyak penemuan artefak maupun fosil tertua di Indonesia dalam jumlah yang besar. 4. Drs. Moh Ali, mengatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Yunan, Cina Selatan. 5. NJ. Krom, berpendapat bahwa asal-usul bangsa Indoensia berasal dari daerah Cina Tengah. 6. Dr. Brandes, mengatakan bahwa bangsa yang bermukim di kepulauan Indonesia memiliki banyak persamaan dengan bangsa-bangsa di daerah yang terbentang dari sebelah Utara Formosa, sebelah Barat Madagaskar, sebelah Selatan Pulau Jawa-Bali, sebelah Timur sampai tepi Barat Amerika melalui perbandingan bahasa. 7. Pendapat beberapa ahli, mengatakan bahwa masyarakat yang menempatiwilayah-wilayah Indonesia termasuk rumpun bangsa Melayu. Nenek moyang bangsa Indonesia datang melalui dua gelombang yaitu: a. Proto Melayu (Melayu Tua), merupakan orang Austronesia yang pertamakali datang ke Indonesia sekitar tahun 1500 SM melalui jalur Barat (Malaysia-Sumatera) dan jalur Timur (Philipina-Sulawesi) dengan membawa kebudayaan kapak persegi (Jalur Barat) dan kapak lonjong (jalur Timur) Bangsa Indonesia yang termasuk keturunan Proto Melayu adalah: Suku Dayak, Toraja, Batak, Papua dsb. b. Deutro Melayu ( Melayu Muda ), masuk ke wilyah Indonesia sekitar 400-300 SM melalui jalur Barat, dengan membawa kebudayaan Logam, seperti : Nekara ( Moko ), Kapak corong, juga mengembangkan kebudayaan Megalitik. Bangsa Indonesia yang termasuk keturunan Deutro Melayu adalah : Jawa, Melayu dan Bugis. B. PERKEMBANGAN KEHIDUPAN DAN HASIL BUDAYA MANUSIA PURBA DI INDONESIA 1. Jenis Manusia Purba di Indonesia a. Meganthropus Palaeojavanicus Merupakan jenis manusia besar tertua di Pulau Jawa. Ditemukan di daerah Sangiran pada tahun 1941 oleh Van Koenigswald. Hasil temuannya berupa rahang atas dan bawah. b. Pithecanthropus 1). Mojokertensis (Robustus) 2). Erectus c. Homo Sapiens 1). Homo Soloensis 2). Homo Wajakensis.

i t i t i . . S lt . t . fl i K . l t i l tt l /t S t P l .K il B l t l t . l t .K P i l t l t il . i l t t ¦¢  §  §¡£% §¡ ¡£ £ ¡¥ ¡ ¢£§¡¦ © ¤ ©¡£ ¤ ©¡¢  ¡¡¦ §¡¥ §¡ ¡£ ¡¥§¡¤¡ §¡¡¢¡©¦ §¡ ©¡ ¡¥§¦ ¡ ¢£§¡¦ ¡¥§ £ §¡ ¢ §¡§¡¦©¨ ¦¡ ¡"  ¡¦ §¡¡¥¡¤£ ¢¡ ¡¥§¡¤¡ §¤ §¤ ¡ © ¦¢ ¦¡§ ¤ §¡¤ ¦¢ ¦ §  ¦¡§¡ ¡ ¤     © ¡¢¡¦ ¡¤¡¨ ©££   © © ¨¡¤¡© §¡¡ £¦¨ ¤¡ §¦ ¡£© §¡ ¤£¦ ¡§ §¦ ¡ ¤£¢ §¡¥ §¡© ¡ ¡¨ © ¡© §¡ ¡¦© §¨ §¡£¦§¨ £ ¡ ¦ §¡§¡¡¦ §¡ £¨¦£§¦ §¡¤ £©£© ¡¢¡¦ ¡ ¢ ¤ §£¢§¡ © ¡ ¢£§¡¦ §¡¨£¤  ¦¡ ¡¤ §¡¡¥¡©¨ ¦ ¢ ¢ ¡¥§ £§£  t . l §¡ $ ¡ © ¡¦¦ §¡¡¥¡¤£   £ §£©¨ ©¡  §¡¦ §¡¦ §¡ §¡¢¡ ©¨ £§£© ¡§¡  ¡©¡# £ ¡¨¢ ¡¨¡  § ©  ¡¨¡ ©¨¢ ¤ ¡ ©¡¤ ¡ ¡ ¡ ¤ ¡¨£© §¡ ¡¤§£© ¦ ¡  ¡¢¡¦ ¡¤¡¨ §¡" ¢¤ ¢¡  ©£ ¡  ¤§ ¡¨¡  ¡  ¡© ¡¦£ ¦¡§  !  ¡ ¨¡ ¡ £© ¦¡§¡   © ¡¢¡¦ ¡¤¡¨ §¡§¡¤ £¤§¡ §¡ £ ¡ ¡ §¡¤  ¨©¢ ¡ ¡ ¦¡§ ¨ ¡ ¨¡ ©¨¢ §¡§¡¡¦ §¡ £¨¦£§¦ §¡¤ £©£© ¡¢¡¦ ¡ ¡¨ ¡©¦ §¡¡¥¡ £ ¢¡  ¡¥§¨£¤  §¡£ £ £§¦¦ £ §£ ¡©¦ £ §¡¦¦ ¡¨¤ ¤ §¡¥ ¡ ¡ ¡ ¡ ¡¤ £© ¡ ¨ §¡¡ §  ¡ © ¡ §¡¡¥¡¤£ ¡  ¤ ¡©£¨ ¡ ¢£§¡¦ ¡¥¡¤£ ¢¡  2. lt t l i t t l i l ii . i l l j t l iti . t i ti : K t . . i i t t i t i i t i i it t j i.& 9&7&' &'&E(9 &D)3131 &2&@ )&2 &D) 91 AC( 'A( B 'A( )&05)&83(5)(3 01 )1 )17& )&71 1@ )&09 8&75)(3 ) 4'&6 )&4&3&5& )&2 )&413 31&0 '&2 0 '0 )&0& ' &10 &)('& K ti t iti it i i l i il .S B ti : K t . B . i i . i" l l i t t t l i . i i i t i l K i t t i .B j il K Artikel utama untuk bagian ini adalah: Perkembangan teori Darwin P P i i i t " i l t li l i i l t li l l. A i i l i t ii I l i j t i t i l i it i l l i j i . . t li i t i l t i j i t t i t i t l il .K i l il l.

Menjelang akhir 1838 ia membandingkan ciri-ciri seleksi para peternak dengan seleksi alam menurut teori Malthus dari varian-varian yang terjadi secara kebetulan sehingga setiap bagian dari struktur yang baru diperoleh sepenuhnya dipraktikkan dan disempurnakan . penerbitan teorinya dapat mengancam reputasinya. Darwin kini adalah seorang geolog terkemuka di kalangan elit ilmiah di antara para pendeta yang juga adalah kaum naturalis. dan gagasan tentang hukum seleksi alam (Natural Selection). Jadi. Darwin melakukan banyak percobaan dengan tanaman dan melakukan berbagai konsultasi dengan para peternak binatang. penelitiannya tentang pengembang-biakan binatang. termasuk peternak burung merpati dan babi.makanan. dan seleksi alam akan mempengaruhi apa yang terletak di dalam jangkauan ini. menuliskan temuan-temuan dan teori-teorinya. . Dengan gembira Darwin menggunakan mekanisme ini untuk menjelaskan teorinya. (Descent f M n. dan mengawasi persiapan penulisan rangkaian bukunya Zoologi yang menggambarkan koleksi-koleksinya. sehingga menyebabkan manusia bersaing satu sama lain untuk memperebutkan makanan dan menjadikan perbuatan amal sia-sia. Akibatnya. Ia menulis: Manusia cenderung untuk bertambah dalam tingkat yang lebih besar daripada caranya untuk bertahan. Ia yakin akan kebenaran evolusi. Secara kuangan ia cukup mapan dengan penghasilan pribadi. Ps. sambil berusaha menemukan jawaban-jawaban yang kuat terhadap semua argumen yang diantisipasinya ketika ia menyajikan teorinya di muka umum. sesekali ia harus berjuang keras untuk bertahan.21) Ia menghubungkan hal ini dengan temuan-temuannya mengenai spesies-spesies yang terkait dengan tempat-tempat. namun untuk jangka waktu yang lama ia sadar bahwa transmutasi spesies dihubungkan dengan penyangkalan terhadap Tuhan serta dengan para agitator demokratis di Britania yang berusaha menggulingkan masyarakat. Ia mempunyai banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukannya. dan menganggap bahwa ini adalah bagian yang paling indah dari teori saya tentang bagaimana spesies-spesies itu bermula.

Pada Desember 1839. Darwin kembali jatuh sakit. ketika Emma sedang hamil untuk pertama kalinya. Belakangan pada tahun yang sama.Ketika laporan FitzRoy diterbitkan pada Mei 1839. [sunting]Penerbitan buku Asal-Usul Spesies dan kontroversi On the Origin of Species by Means of Natural Selection Halaman judul On the Origin of Species edisi tahun 1859 Penulis Negara Bahasa Subyek Penerbit Charles Darwin Britania Raya Inggris Biologi evolusioner John Murray . tulisan itu diterbitkannya sendiri. laku keras dan kini dikenal sebagai The Voyage of the Beagle (Pelayaran Beagle). Jurnal an Catatan-catatan Darwin mendapatkan sambutan hangat.

Huxley membela Darwin teori dari serangan-serangan. menjadi laku keras dan kontroversial. bukunya mendapat tantangan keras. Walaupun Darwin tidak membahas evolusi manusia secara terangterangan. Darwin sungkan untuk menerbitkan hasil pemikiran dan hasil observasinya yang sangat radikal. terutama di zaman itu. baik dari kaum ilmiah. Salah satu episode yang terkenal ialah debat antara Huxley dengan Bishop Samuel Wilberforce. Di tahun 1859.Tanggal terbit 24 November 1859 Darwin menulis ide tentang evolusi di buku Asal-usul Spesies (The Origin of Species) yang menjelaskan teori evolusi. Inggris di zamanVictoria. Wallace sendiri juga menulis tentang ide serupa dan mengirimkannya ke Darwin. yang dijuluki Darwin Bulldog . ia menyimpan ide ini dan hanya berbicara dengan teman sekerja yang dipercayanya. terutama pihak gereja. Di periode yang sulit ini. Darwin dinasehatkan untuk secepatnya menyelesaikan tulisannya. maupun masyarakat. buku The Origin of Species diterbitkan dan.secara tidak diduga. Thomas Huxley. Selama bertahun-tahun. Secara jitu dan tajam. Darwin didampingi oleh salah satu kawan setianya. Pada mulanya. [sunting] . Salah satu motivasi Darwin untuk pada akhirnya menerbitkan buku ini adalah dorongan dari Alfred Russel Wallace.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful