MERAWAT DAN MEMPERBAIKI AC CENTRAL

1. Mempersiapkan perawatan mesin. - Semua proses perawatan dan perbaikan dilaksanakan sesuai prosedur dan SOP yang ditentukan. - Selalu bersifat koordinatif dengan pimpinan agar menghasilkan pekerjaan seefisien mungkin. - Jadual perawatan, jadual peralatan dan pemeriksaan spesifikasi alat disiapkan agar efektif sesuai kebutuhan. - Kelengkapan bahan yang akan dipakai : bahan cairan pembersih, lap pembersih ; bila perlu kompresor udara,diperiksa dan diurutkan sesuai prosedur perawatan. - Perkakas bongkar pasang dan alat ukur yang diperlukan diperiksa agar dapat bekerja dengan baik dan aman. 2. Merawat memperbaiki mesin AC Sentral bagian luar. - Perawatan mesin pendingin dilaksanakan sesuai prosedur SOP yang ditentukan. - Gambar denah mesin dibaca dan didiagnosis dengan baik dan teliti. - Debu/kotoran luar dibersihkan dengan cairan pembersih tanpa merusak bahan. - Filter udara, evaporator dan kondensor dengan kompresor udara hisap dibersihkan setelah,diberi disinfectan dan cairan pembersih. - Deposit yang sulit dan melekat pada dinding penukar kalor dibersihkan dengan cara kimia atau fisis sesuai dengan prosedur yang ditentukan. - Kebocoran pipa diidentifikasi dan segera diperbaiki. - Kesalahan kerja peralatan diidentifikasi dan dicari sumber kesalahan kerja alat. - Alat ukur, alat kontrol dan asesori diperiksa dan dilakukan perawatan yang. 3. Merawat dan memperbaiki mesin AC Sentral sesuai ketentuan - Sebelum dilakukan pembongkar mesin terlebih dahulu dilakukan pengeluaran refrijeran. - Bagian dalam mesin dibersihkan dengan metode vakum bagian dalam sesuai prosedur yang Ditentukan. - Katub ekspansi atau pipa kapiler ekspansi dibersihkan dengan kompresor udara. - Desican dibersihkan, direkondisi dan dimasang kembali sesuai prosedur yang ditentukan. - Nosel pengkabut refrijerran dibersihkan dan dipasang kembali tanpa merusak alat sesuai

. . .Spesifikasi pabrik mesin pendingin. Sumber-sumber dapat termasuk : Peralatan tangan.Alat ukuir. . .ketentuan.Selama pekerjaan berlangsung kualitas hasil pekerjaan selalu diperiksa agar tidak terjadi pengulangan pekerjaan. Persyaratan/Kondisi Unjuk Kerja : Batasan Konteks : Standar kompetensi ini digunakan untuk perawatan mesin pendingin AC gedung bertingka. alat kontrol. .Spesifikasi pabrik alat kontrol. . . . .Penghargaan dibidang industri.Dijaga agar refriferan cair dan pelumas tidak masuk kedalam kompresor. .Hasil pekerjaan diperiksa dengan seksama di akhir pekerjaan untuk meyakinkan sesuai dengan yang diharapkan.Sistem perundang-undangan. Mengevaluasi dan memeriksa hasil perawatan . . pengujian kebocoran refrijeran. alat pengaman listrik dan asesori lainnya diperiksa.Metode Perlindungan. sistem sudah dapat.Dibuat laporan hasil pekerjaan kepada pemberi kerja sesuai dengan tugasnya. . peralatan tenaga listrik.Spesifikasi pabrik komponen mesin pendingin. .Semua kejadian perawatan dan perbaikan dicatat dengan teliti dalam buku perawatan mesin bersangkutan dan diperkirakan jadual perawatan selanjutnya. Pelaksananaan K-3 harus memenuhi : . .Bila terjadi penyimpangan/masalah harus didiskusikan dengan pimpinan atau seorang ahli yang berwenang sesauai prosedur yang berlaku.Semua pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang ditentukan dalam kontrak kerja. .Semua pekerjaan dilaksanakan dengan tidak ada kesalahan berarti dan tidak mengulangi pekerjaan. alat pengukuran.Untuk mengganti alat yang rusak sesuai spesifikasinya dilakukan pengadaan barang. alat pengisian refrijeran. . peralatan kompresor.Undang-undang K-3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Buku data perawatan mesin. .SOP perusahaan.Peralatan rusak yang tidak mungkin diperbaiki diganti dengan alat baru serta dipasang kembali tanpa adanya kerusakan alat. . Persyaratan/Kondisi Unjuk Kerja : . peralatan bongkar-pasang. . kerusakan diperbaiki dan dipasang kembali sesuai ketentuan. 4.Kode area tempat kerja.Kelengkapan pemasangan mesin diperiksa dan dilakukan re-instal untuk meyakinkan bahwa bekerja dengan baik.

Jenis bahan kimia pembersih.Pengukuran temperatur dan tekanan. . Kompetensi Kunci dan Level : . . metode flaring dan blazing. penilaian dapat dilakukan dengan simulasi .Penyambungan pipa refrijeran.Mengakses. .Bahan pelumas dan caairan kimia pembersih. . Panduan penilaian : Konteks : . Pengetahuan dasar : .Hasil yang telah ditetapkan harus dapat tercapai tanpa pengawasan langsung .Penilaian ketrampilan dapat dilakukan setelah periode pelatihan yang diawasi dan mealakukan sendiri pada tipe pekerjaan yang sama Jika kondisi tempat kerja tidak memungkinkan. Prosedur perawatan dan perbaikan sesuai SOP dan dijamin tidak adanya kebocoran refrijeran.Teknik kontrol otomatis. pemilihan pipa. . Melaksanakan sistem pengujian dan installing.Mengumpulkan. menganalisa dan mengatur informasi. . . . .Mem-file data.Aspek-aspek kritis/penting : .Kompetensi penting diamati secara menyeluruh agar mampu menerapkan kompetensi pada keadaan yang berubah-ubah dan merespon situasi yang berbeda pada beberapa aspek berikut : Pemahaman dan komunikasi informasi pekerjaan perawatan dan perbaikan. Penilaian Praktek : . .Instalasi teknik pendingin. .Menkomunikasikan gagasan dan informasi.Instalasi listrik. .Merencanakan dan mengorganisasir kegiatan. . memahami dan menerapkan informasi teknis.Menyusun jadual perawatan berkala.Pengetahuan dan ketrampilan dasar dapat dinilai melalui pekerjaan dan tanya jawab . . . Kegiatan : -Kegiatan perawatan dilaksanakan ditempat dan kegiatan perbaikan dilaksanakan di bengkel dengan sistem koordinasi alat maupun SDM yang baik.Instalasi teknik pendingin.Bekerjasama dengan orang lain.Menggunakan konsep dan teknik matematika.Menggunakan peralatan dan perlengkapan yang sesuai..Kompresor udara untuk pembersih.Jenis pelumas refrijeran. .

. pemecahan masalah yang sudah biasa.Melakukan proses kerja yang terbatas. jenis pekerjaan berulang. .Pemecahan masalah. Melaksanakan tugas rutin dengan prosedur yang tetap. bekerja dibawah pengawasan langsung dan ketat. Unjuk Kerja dan Ketrampilan yang diperlukan : 1. . semi trampil. dengan ide-ide terbatas dan bekerja dibawah pengawasan dan kendali mutu. pengetahuan operasional dan teori dasar.Menggunakan teknologi. 2. pengetahuan dan ketrampilan kognitif terbatas.