P. 1
SEWA GUNA USAHA

SEWA GUNA USAHA

|Views: 366|Likes:
Published by Atina Suranegara

More info:

Published by: Atina Suranegara on Jul 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2013

pdf

text

original

SEWA GUNA USAHA

 PENGERTIAN SEWA Suatu perjanjian dimana lessor memberikan hak kepada lessee untuk menggunakan suatu aset selama periode waktu yang disepakati. disepakati. Sebagai imbalannya, lessee melakukan serangkaian pembayaran kepada lessor. lessor.

SEWA GUNA USAHA  JENIS SEWA GUNA USAHA A.SEWA PEMBIAYAAN (FINANCIAL A.SEWA LEASE) B. SEWA OPERASI (OPERATING LEASE) .

SEWA PEMBIAYAAN  PENGERTIAN SEWA PEMBIAYAAN Sewa yang mengalihkan secara substansial resiko dan manfaat yang berkaitan dengan kepemilikan suatu aset. . tidak. dimana diakhir masa sewa hak milik aset tersebut dapat dialihkan ataupun tidak.

SEWA OPERASI  PENGERTIAN SEWA OPERASI Sewa selain dari sewa pembiayaan. tidak ada pengalihan secara substansial manfaat dan resiko suatu aset kepada lessee. . pembiayaan. lessee. Pada sewa jenis ini.

lessee.KARAKTERISTIK SEWA PEMBIAYAAN  Sewa mengalihkan kepemilikan aset pada masa akhir sewa  Lesse mempunyai hak opsi untuk membeli aset pada harga yang cukup rendah dibandingkan nilai wajar pada tanggal opsi mulai dapat dilaksanakan. . dan pada awal masa sewa dapat dipastikan hak opsi akan digunakan oleh lessee.

KARAKTERISTIK SEWA PEMBIAYAAN  Masa sewa adalah sebagian besar umur ekonomis aset meskipun hak milik tidak dialihkan  Pada awal sewa. nilai kini dari jumlah pembayaran minimum secara substansial mendekati nilai wajar aset sewaan  Aset sewaan bersifat khusus dimana hanya lessee yang dapat menggunakannya tanpa perlu modifikasi secara material .

wajar. jika nilai kini lebih rendah dari nilai wajar. . lessee mengakui sewa sebagai aset dan kewajiban dalam neraca sebesar nilai wajar aset atau sebesar nilai kini dari pembayaran sewa minimum. kewajiban.  Pembayaran sewa minimum harus dipisahkan antara beban keuangan dengan pelunasan kewajiban.PENGAKUAN ASET SEWA PEMBIAYAAN  Pada awal masa sewa.

.  Sewa pembiayaan menimbulkan beban penyusutan atas aset. sewa. yang dapat disusutkan ke dalam beban keuangan dalam setiap periode akuntansi.PENGAKUAN ASET SEWA PEMBIAYAAN  Beban keuangan dari pembayaran sewa minimum harus dialokasikan pada setiap periode selama masa sewa. akuntansi.

pengguna.PENGAKUAN ASET SEWA OPERASI  Pembayaran sewa dalam sewa operasi diakui sebagai beban dengan dasar garis lurus (straight-line basis) selama masa (straightsewa kecuali terdapat dasar sistematis lain yang dapat lebih mencerminkan pola waktu dari manfaat aset yang dinikmati pengguna.  Tidak ada beban penyusutan atas aset sewa operasi. operasi. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->