P. 1
Dalil Al-Quran Dan Hadist

Dalil Al-Quran Dan Hadist

|Views: 1,473|Likes:

More info:

Published by: Yessy Meryantika Sari on Jul 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2012

pdf

text

original

Dalil Al-Quran tentang Menjaga Hati

1. Q.S. Ar-Ra’d : 28-29 “Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik.” 2. QS. Al-Anfaal : 2 “Sesungguhnya orang-orang yang beriman (yang sempurna imannya) ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” 3. QS. Al-Anfaal : 24 “Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.” 4. QS. At-Taubah : 24 “Katakanlah: “jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan RasulNYa dan dari berjihad di jalanNya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusanNya”. Dan jika Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.” 5. QS. Az-Zumar : 22-23 “Maka apakah orang-orang yang dibukakan Allah SWT hatinya untuk (menerima) agama Islam lalu ia mendapatkan cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya)? Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang telah membatu hatinya untuk mengingat Allah SWT. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.” “Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu Al-Quran) yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orangorang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati

mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan Kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barang siapa yang disesatkan Allah, Niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun. 6. QS. Al-Fath : 4 “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.” 7. QS. Asy-Syams : 7-10 “Dan jiwa serta penyempurnaan-Nya (Ciptaan-Nya), maka Allah SWT mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan jalan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” 8. QS. Al-Hajj : 53 “Agar Dia menjadikan apa yang dimasukkan oleh setan itu, sebagai cobaan bagi orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan yang kasar hatinya. Dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu, benar-benar dalam permusuhan yang sangat.” 9. QS. Al-Hajj 34-35 “…dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). Yaitu orang-orang yang apabila disebut nama Allah, gemetarlah hati mereka…” 10.QS. An-Nass : 1-6 “ Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manuasia. Raja manuasi. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. Dari (golongan) jin dan manusia.” 11.QS. Ali-Imran : 8 “Ya Tuham Kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkaulah Maka Pemberi (karunia)”. 12.QS. Al-Isra’ : 72

“Dan barang siapa yang bita (hatinya) di dunia ini, niscaya di akhirat (nanti) ia akan lebih buta (pula) dan lebih tersesat dari jalan (yang benar).” 13.QS. Asy- Syu’ara : 88-89 “(yaitu) di hari harta, anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah denga hati yang bersih”. 14.QS. Al-Baqarah : 216 “…Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah Maha Mengetahui, sedagkan kamu tidak mengetahui” 15.QS. At-Taghabun : 11 “Tidak ada satu musibahpun menimpa sesorang, kecuali dengan izin Allah. Dan Barang siapa yang beriman kepadaNya, niscaya Dia akan member petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”.

DALIL HADIST : • “Ingatlah bahwa di dalam tubuh itu ada segumpal darah, jika ia baik, maka akan baiklah seluruh tubuh. Tapi jika ia rusak, maka akan rusak pula seluruh tubuh. Ingatlah, ia adalah hati.“ (HR. Muslim)

“Sesungguhnya hati-hati abak Adam (manusia) berada di antara jarijari Ar-Rahman seperti satu hati. Dia membolak-balikkannya sebagaimana Dia kehendaki. “Lalu beliau Shalallahu Alaihi wa Sallam berdoa, “Ya Allah, wahai Dzat yang Maha membolak-balikan hati, palingkanlah hati-hati kami di atas ketaatan-Mu.” (HR. muslim N0. 6921)

“Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa-rupa kalian juga harta benda kalian, melainkan Allah melihat hati-hati kalian juga amal-perbuatan kalian.” (HR. Imam Muslim)

“Bukanlah orang yabng kuat, itu orang yang menang dalam pertarungan gulat. Sesungguhnya orang yang kuat adalah orang yang mampu mengendalikan diri ketika marah”. (HR. Muslim)

“jauhkanlah dirimu dari sifat dengki, karena dengki itu memakan segala kebaikan sebagaimana api membakar kayu bakar” (HR. Abu Daud).

“manusia tidak bisa terlepas dari tiga perkara; buruk sangka, senantiasa marasa sial, dan dengki. Saya (Rasulullah SAW) akan memberitahuakan kepadamu bagaimana jalan keluar dari tiga hal tersebut. Jika kamu dipengaruhi oleh sifat buruk sangka, maka janganlah kamu menganggap benar buruk sangkamu itu. Jika kamu melihat tanda-tanda kesialan, janganlah kamu surut. Dan jika kamu dipengaruhi oleh sikap dengki, maka janganlah engkau lakukan maksud kedengkianmu itu!” (HR. Ibnu Abi Dunya)

“Telah Masuk kedalam diri kalian penyakit-penyakit umat terdahulu, yaitu benci dan dengki (hasud). Benci dan hasud adalah yang mencukur agama, bukan mencukur rambut. Demi Dzat yang jiwaku barada dalam genggaman tangan-Nya, kalian tidak akan masuk surge, sampai kalian beriman, dan kalian tidak akan menjadi orang yang beriman sampai kalian saling menyayangi, bukankah aku telah memberitahu kepada kalian hal-hal yang dapat meneguhkan hal itu? Kumandangkanlah salam diantara kalian.” (HR. At-Turmudzi).

Kecintaannu (yang berlebihan) terhadap sesuatu akan membutakanmu dan menulikanmu”. (HR. Ahmad)

“Sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk badan dan rupamu, tetapi Allah melihat niat dan keihklasan dalam hatimu.” (HR. Muslim)

Sesungguhnya yang paling aku takuti atas kamu sekalian adalah syirik kecil.” Sahabat bertanya : “Apakah syirik kecil itu Ya Rasulullah?” Rasulullah bersabda : “ Syirik kecil itu adalah riya.” (Al-Hadist).

“Andaikan Setan-setan itu tidak mengerubungi hati anak Adam, niscaya mereka dapat memandang kea lam malaikat yang ada di langit.” (HR. Ahmad)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->