KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KURIKULUM 2004

KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KURIKULUM KOMPETENSI KTSP 2006

HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDARANALISIS PERBEDAAN KOMPETENSI HASIL

KET KET

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DASAR DASAR Berbicara 2.1 Berbicara 2.1 SK 2 dalam kurikulum KD 2.1 pada Dalam KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 2.Mampu Menceritakan 2 Menjelaskan 2004 mengalami kurikulum 2004 kurikulum 1.1 Pada mengungkapkan pengalaman Mengungkapkan secara lisan penyempurnaan menceritakan 2004 dasarnya intinya pikiran, pendapat , dan kejadian secara lisan informasi uraian topik dalam SK 2 KTSP pengalaman tercantum sama hanya gagasan, tanggapan yang dilihat hasil membaca dan tertentu dari diganti dengan 3 KD 1.1 1.1 pada kurikulum dan perasaan dalam wawancara hasil membaca( menjelaskan berkurang Mendengarkan Menemukan KTSP tujuan bentuk wacana lisan artikel atau hasil membaca menjadi 2 sambutan / pokok-pokok isi yang ingin A. KEMAMPUAN nonsastra melalui buku) artikel dalam KD dalam khotbah sambutan/ dicapai lebih BERBAHASA cerita ,menyampaikan kurikulum 2006 KTSP khotbah yang MENDENGARKAN Dalam kurikulum 2004 jelas dan uraian, wawancara, Jumlah KD 2.2 2.2 didengar mengena, siswa mampu menyampaikan hasil tetap sama Dalam Menyampaikan Menjelaskan bahasa memahami dan 1. Mampu penelitian dan hanya kurikulum tiap uraian hasil KD 2.2 menanggapi berbagai disederhanakan mendengarkan dan menyampaikan KD 2006 terjadi Tentang topic wawancara menyampaikan menggunakan ragam wacana dari memhami serta gagasan tentang penyempur penjabaran tertentu dari tentang uraian dari kalimat yang Mendengarkan berbagai sumber menanggapi berbagai topic-topik tertentu naan hasil tanggapan membaca artikel KD lebih dalam lebih efektif termasuk diskusi ragam wacana lisan jelastujuan yang membaca( artik narasumber diganti dengan nonsastra melalui 1. Memahami berbagai 1.2 dalam akan el atau buku) terhadap topik menjelaskan mendengarkan informasi dari Sedangkan dalam kurikulum 2004 dicapai dan tertentu hasil wawancara informasi dari sambutan/khotbah dan kurikulum KTSP 2006 tercantum redaksi dalam KTSP berbagai sumber wawancara penjabarannya mendengarkan bahasa 1.2 [sambutan/ kotbah, dipersempit, lebih KD 2.3 pembicaraan 1.2 2.3 Mendengarkan mengalami pembicaraan dealam dibatasi pada mampu dalam pembicaraan Merangkum isi Berwawancara penyempurnaan wawancara, memahami wawancara dalam pembicaraan dalam KD 2.2 diskusi]dalam sambutan/khotbah dan sedangkan wawancara dalam KTSP memberikan wawancara dalam kurikulum wawancara tanggapan terhadap KTSP diganti informasi tersebut dengan merangkum isi pembicaraan tidak hanya mendengarkan saja

1 Membaca intensif paragraph yang 3. Membaca Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring SK 3 pada kurikulum KTSP lebih dipersempit dan dikurangi 1 tujuan yaitu membaca cepat dalam kurikulum 2004 Dalam kurikulum 2004 terdapat 3 KD sedangkan dlam KTSP KD 3.2 dalam KTSP .1 Menemukan perbedaan paragraph induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif 3. lafal dan sikap membaca yang baik HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KD3.3 Membacakan berita 3.2 berkurang Dalam menjadi 2 kurikulum 2004 dan tidak terdapt tujuannya pada KTSP lebih di – sempurnaKD3.KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 3.2 Membacakan berita dengan intonasi.2 (paragraf deduktif dan DALAM induktif) membaca Membaca teks teks berita dan rumpang membaca cepat 3. Membaca Mampu membaca dan berpola umumkhusus memahami berbagai (deduksi) dan teks bacaan khusus-umum nonsastra dengan (induksi) berbagai teknik membaca melalui membaca intensif 3.1 Pada dasarnya sama hanya kompetensi tang akan dicapai lebih pragmatis KET 3.3 Dalam kurikulum kan 2004 terdapat pada KD 3.

2 Kurikulum 2004 sama dengan KD 4. pendapat. karya tulis ilmiah dan proposal) menulis surat niaga dan memo 4. surat dagang dan karangan ilmiah 4. Menulis Mampu mengungkapkn pikiran.4 KD4. gagasan dn perasaan dalam berbagai ragam tulisan nonsastra melalui menulis berbagai paragraf (eksposisi.1 Menulis karngan 4.4 Menulis proposal 4.2 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki 4.KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 4. 4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa SK 4 dalam kurikulum 2006 bahasanya lebih efektif kompetensi yang akn dicapai lebih dipersempit dan lebih jelas.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KD 4.3 KTSP KET 4.2 dalam kurikulum 2004 KURIKULUM 2004 KURIKULUM KTSP 2006 HASIL ANALISIS PERBEDAAN KET .1 Menulis karangan pada kurikulum 2004 dihilangkan sementara dalam KTSP membahas KD4.3 Menulis surat niaga 4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki Dalam kurikulum 2004 terdapat 4 KD sedangkan dlam KTSP dikurangi 1 menjadi 3 KD KD 4. Menulis Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal.3 Dalam KTSP sama dengan KD4.

1 Menonton dan menanggapi pementasan drama 5.STANDAR KOMPETENSI 1.mendisku sikanpembacaan cerpen atau penggalan novel.1 Mengidentifikasi peristiwa. KOMPETENSI DASAR STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 5. Mendengarkan Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi barbagai ragam wacana lisan sastra melalui menonton dan menanggapi pementasan drama serta mendiskusikan pembacaan cerpen atau penggalan novel. pelaku dan perwatakannya.serta konflik pada pementasan drama 5. dialog. Dalam KTSP kompetensi yang akan dicapai lebih spesifik dan lebih sempurnakan Dalam kurikulum 2004 terdapat satu KD diperluas menjadi dua dalam KTSP KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KET . Mendengarkan Memahami pementasan drama SK pada kurikulum 2006 lebih spesifik tentang drama dengan kompetensi khusus memahami sedangkan dalam kurikulum 2004 sangat luas termasuk SK menanggapi.2 Menganalisis pementasan drama berdasrkan teknik pementasan STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 1.

2.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik sesuai dengan watak tokoh 6. pendapat . Pada kurikulum 2006 bahasa pada SK lebih sederhana dan lebih efektif walaupun intinya sama Kompetensi dasar lebih disempurnakan dan lebih spesifik pada KTSP dengan mengembangka n menjadi dua SKD Dalam kurikulum 2004 terdiri 1 KD sedangkan 2006 dikem KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KET . gagasan dan perasaan dalam berbagai bentuk wacana lisan sastra melalui memerankan drama 2. Berbicara Mampu mengucapkan pikiran.2 Mengekspresik an perilaku dan dialog tokoh protagonis dan atau antagogis. Berbicara Memerankan tokoh dalam pementasan drama 6.1 Memerankan drama 6.

1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat 7.Membaca Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan sastra melalui membaca da n dan menganalisi berbagai karya sastra (hikayat. novel Indonesia dan novel terjemahan) serta membaca dan mendiskusikan isi buku biografi dan buku resensi novel Indonesia 3.Membaca Memahami berbagai hikayat.1 Membaca dan menganalisis berbagai karya sastra 7. novel Indonesia / novel terjemahan 7.3.2 Menganalisis unsur-unsur intrisik dan ektrinsik novel Indonesia/ terjemahan SK pada kurikulum 2004 terlalu luas dan dipers3empit pada KTSP dengan bahasa yang lebih efektif Kdpada kurikulum 2004 disempurnakan pada KTSP dengan KD yang lebih jelas KD pada kurikulum 2004 hanya 1 sedang di KTSP dipecah menjadi 2 KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KET .

1 Menulis resensi sastra atau novel populer 8. dan perasaan dalam berbagai bentuk tulisan sastra melalui menulis resensi novel sastra atau novel popular dan menulis naskah drama.1 Mengungkapka n prinsip-prinsip penulisan resensi 8. gagasan. Menulis Mengungkapkan informasi melalui penulisan resensi 8.2 Buku yang terkait dengan resensi Dalam KTSP SK lebih disederhanakan dan disempurnakan sehingga lebih jelas kompetyensi yang hendak dicapai Kompetensi yang hendak dicapai lebih jelas pada KTSP dan lebih terarah Kurikulum 2004 1 KD sedang KTSP diperluas menjadi 2 KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KET .4 Menulis Mampu mengungkapkan pikiran . 4. pendapat.

Mendengarkan Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi dan seminar 9. pembicaraan dealam wawancara.1 Mendengarkan informasi dari berbagai sumber dalam suatu diskusi dan menanggapinya Kompetensi dasar yang akan dicapai lebih jelas dan terinci dalam KTSP menjadi lebih sempurna Kurikulum 2004 Kdnya 1 sedangkan dalamkurik ulum 2006 dipecah menjadi 2 9.A. diskusi]dalam memberikan tanggapan terhadap informasi tersebut 9. Mampu mendengarkan dan memhami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan nonsastra melalui mendengarkan informasi dari berbagai sumber [sambutan/ kotbah.2 mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar SK pada KTSP disempurnakan lebih jelas sasarannya dan bahasa lebih efektif KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KET . KEMAMPUAN BERBAHASA MENDENGARKAN 1. 1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi 1.

2 Mengomentari pendapat orang lain terhadap presentasi hasil penelitian KD yang akan dicapai pada dasarnya sama Semua sama-* KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI 3.1 Mempresentasi kan hasil penelitian secara runtun dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar SK kurikulum 2004 lebih banyak yang akan dicapai dalam KTSP dipersempit dan lebih jelas 10.menyampaikan uraian.4 Menyampaikan hasil penelitian 10. tanggapan dan perasaan dalam bentuk wacana lisan nonsastra melalui cerita . pendapat .5 Menyampaikan gagasan dan mengajukan pertanyaan atau tanggapan dalam diskusi 10. Berbicara Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar 2. Membaca KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KET .Mampu mengungkapkan pikiran. wawancara. Berbicara 2. menyampaikan hasil penelitian dan menyampaikan gagasan tentang topic-topik tertentu 2.2. gagasan.

Menulis Mampu mengungkapkn KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KET .Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca melalui membaca intensif (paragraf deduktif dan induktif) membaca teks berita dan membaca cepat KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI .

pendapat.pikiran. gagasan dn perasaan dalam berbagai ragam tulisan nonsastra melalui menulis berbagai paragraf (eksposisi. karya tulis ilmiah dan proposal) menulis surat niaga dan memo .

Mampu mendengarkan dan memhami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan nonsastra melalui mendengarkan informasi dari berbagai sumber [sambutan/ kotbah.2 Mendengarkan pembicaraan dalam wawancara Jumlah KD tetap sama hanya tiap KD terjadi penyempur naan dalam tujuan yang akan dicapai dan redaksi bahasa KURIKULUM 2004 KURIKULUM KTSP 2006 HASIL ANALISIS PERBEDAAN KET . diskusi]dalam memberikan tanggapan terhadap informasi tersebut 1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar Mendengarkan 1.1 Pada dasarnya intinya sama hanya pada kurikulum KTSP tujuan yang ingin dicapai lebih jelas dan mengena.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara Dalam kurikulum 2004 siswa mampu memahami dan menanggapi berbagai ragam wacana dari berbagai sumber termasuk diskusi Sedangkan dalam kurikulum KTSP 2006 penjabarannya dipersempit. bahasa disederhanakan menggunakan kalimat yang lebih efektif 1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara 1. lebih dibatasi pada mampu memahami sambutan/khotbah dan wawancara 1.1 Mendengarkan sambutan / khotbah 1.2 dalam kurikulum 2004 tercantum mendengarkan pembicaraan dalam wawancara sedangkan dalam kurikulum KTSP diganti dengan merangkum isi pembicaraan tidak hanya mendengarkan saja KET B.KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 1. pembicaraan dealam wawancara. KEMAMPUAN BERBAHASA MENDENGARKAN 1.

membaca Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif 3.STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Pada dasarnya kurikulum 2004 dan KTSP sama hanya bahasanya dan kompetensi dasarnya lebih spesifik dan jelas 3.2 Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif Pada kurikulum KTSP kompetensinya lebih jelas Pada dasarnya sama KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KET .5 Membaca intensif SK disempurnakan dan lebih jelas 11.4 Membaca cepat 11. Membaca Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca melalui membaca intensif (paragraf deduktif dan induktif) membaca teks berita dan membaca cepat 3.

7 Menulis notulen rapat 12.KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 4.6 dan 4. pendapat.8 dan KD 12. Mengungkapkan informasi notulen rapat dan karya ilmiah 12.3 pada KTSP 2006 sama kometensinya 4. Menulis ringkasan isi buku 12.1 Menulis rangkuman / ringkasan isi buku KD 4.1 memiliki kompetensi yang sama 4.7 digabungkan menjadi 1 KD pada KTSP 2006 pada KD 12. gagasan dn perasaan 4.8 Menulis karya ilmiah KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KET .5.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya Kurikulum 2006 lebih disempurnakan bahasa lebih efektif dan SK lebih jelas KD 4. Menulis Mampu mengungkapkn pikiran.2 KD pada kurikulum 2004 terdiri dari 4 disederha nakan menjadi 3 dalam KTSP 12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan atau penelitian KD 4.5 dan KD 12. menulis Menulisdalam bentuk rangkuman / ringkasan. karya tulis ilmiah dan proposal) menulis surat niaga dan memo 4.6 dalam berbagai ragam Menulis tulisan nonsastra melalui rangkuman diskusi menulis berbagai panel atau seminar paragraf (eksposisi.

penokohan. diskusi]dalam memberikan tanggapan terhadap informasi tersebut DASAR KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 13. Mendengarkan dibacakan Kurikulum 2006 lebih disempurnakan dengan satu standar kompeten yang jelas Kompetensi dasar pada kurikulum 2006 lebih rinci dan jelas Kurikulum 2004 KD 1 sedangka n kurikulum 2006 menjadi 2 KD KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KET .KOMPETENSI 1. dan latar dalam cerpen yang Mendengarkan penggalan cerpen atau penggalan novel Memahami pembacaan cerpen 13. pembicaraan dealam wawancara. Mendengarkan Mampu mendengarkan dan memhami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan nonsastra melalui mendengarkan informasi dari berbagai sumber [sambutan/ kotbah.2 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan 13.1 Mengidentifikasi alur.

Berbicara Mampu mengungkapkan pikiran.1 Memerankan drama Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama 14. menyampaikan hasil penelitian dan menyampaikan gagasan tentang topic-topik tertentu dialog para tokoh dalam pementasan 14.14.1 Menekspresikan 2.menyampaikan uraian. Kurikulum 2004 1 KD sedangak n 2006 menjadi 2 KD KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KET . tanggapan dan perasaan dalam bentuk wacana lisan nonsastra melalui cerita . gagasan. Berbicara 2. jelas. wawancara.2 Menggunakan gerak-gerik mimik dan intonasi sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama drama Kurikulum KTSP lebih disempurnakan dengan kalimat yang efektik dan kompetensi yang lebih spesifik Kompetensi dasar yang akan dicapai lebih rinci. pendapat .

15.2 Membaca intensif buku biografi 15.1 Mengungkapkan hal-hal menarik dan dapat diteladani dari tokoh SK pada kurikulum KTSP lebih disempurnakan. singkat. novel Indonesia dan novel terjemahan) serta membaca dan mendiskusikan isi buku biografi dan buku resensi novel Indonesia 3.3.3 Membaca resensi novel atau naskah popular Memahami buku biografi.2 Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia terjemahan dengan hikayat dan padat KD 3. Membaca 15.2 dan 15.3 diganti dengan materi yang berbeda KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM KTSP 2006 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR HASIL ANALISIS PERBEDAAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KET . novel. Membaca Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan sastra melalui membaca da n dan menganalisi berbagai karya sastra (hikayat.1 pada dasarnya sama hanya kompetensi yang akan dicapai lebih jelas KD 3. dan hikayat 3.

2 Menulis naskah drama 16. gagasan. 4. Menulis Mampu mengungkapkan pikiran .2 Menarasikan pengalaman manusi dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama Kurikulum KTSP lebih disempurnakan dengan kalimat yang lebih efektif dan jelas Kompetensi dasar pada KTSP lebih rinci Kurikulum 2004 1 KD sedangka n 2006 menjadi 2 KD . Menulis Menulis naskah drama 16.16. pendapat.1 4. dan perasaan dalam berbagai bentuk tulisan sastra melalui menulis resensi novel sastra atau novel popular dan menulis naskah drama.