P. 1
Cara Mudah Membuat Blog di BLOGdetik

Cara Mudah Membuat Blog di BLOGdetik

|Views: 82|Likes:
Published by gajah_pesing
cara mudah membuat blog di BLOGdetik
cara mudah membuat blog di BLOGdetik

More info:

Published by: gajah_pesing on Jul 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/24/2014

pdf

text

original

Cara Mudah Membuat Blog di

Fayyas Ahmadullah http://blogdetik.com

PENDAHULUAN

Pada dasarnya blog adalah semacam catatan harian atau jurnal yang dapat di akses di internet. Namun saat ini, blog berkembang lebih dari sekedar catatan harian.

KEUNTUNGAN nge-blog di BLOGdetik
• Ada banyak penyedia layanan blog di internet yang dapat dipilih blogger sebagai tempat hosting blog, mulai dari yang tidak berbayar alias gratis sampai yang berbayar.

• BLOGdetik adalah salah satu penyedia layanan
blog yang tidak memungut bayaran alias GRATIS. Mengapa harus nge-blog di paparan keuntungannya berikut ini: • Apa sih enaknya nge-blog di

BLOGdetik? BLOGdetik? Simak

KEUNTUNGAN nge-blog di BLOGdetik
1.Terbaca 15 juta orang per hari. 2.Server lokal (Indonesia). 3.Kapasitas besar 100 MB. 4.Tampil di detik.com sebagai Posting Pilihan. 5.Plugin yang selalu bertambah. 6.Berkenalan dengan selebritis (artis). 7.Program Online dan Offline Berhadiah. 8.Layanan Admin 24 Jam. 9.Themes yang selalu bertambah.

Cara Mudah Membuat Blog di

Gambar 1

• Pastikan anda punya akun email dulu. • Buka browser anda dan ketikkan www.blogdetik.com • Setelah keluar halaman situs blog seperti Gambar 1 , klik kotak warna biru bertuliskan “Daftar Sekarang”.

Maka akan terbuka halaman Pendaftaran seperti yang tertera pada Gambar 2. Isikan sesuai perintah yang diminta, seperti contoh pada Gambar 3. Setelah semuanya sudah di isi, klik kotak warna merah bertuliskan “BERIKUTNYA”

Gambar 2

Gambar 3

• Pada Gambar 4, beri nama blog yang anda buat sesuai dengan keinginan anda, lebih bagusnya ditulis nama anda. Jangan lupa untuk memberi Judul Blog, agar mudah di ingat. • Centangi lingkaran “Yes”, agar dapat secara cepat dikenali oleh mesin pencari.

Gambar 4

Gambar 5

SELAMAT! Anda sudah memiliki BLOGdetik pribadi dan siap untuk digunakan. Informasi pemberitahuan tertera pada Gambar 5

Tampilan blog yang sudah selesai dan siap untuk digunakan. Fayyas Ahmadullah http://blogdetik.com

Cara Posting di BLOGdetik
Untuk cara posting / membuat tulisan di blog, terlebih dahulu masuk (login) di BLOGdetik. Klik Log in (lihat gambar disamping), lalu akan muncul pop-up notifikasi untuk memasukkan username dan password (lihat gambar dibawah).

Cara Posting di BLOGdetik
Pastikan username dan password yang anda masukkan benar. Jika benar, Anda akan dibawa ke halaman awal BLOGdetik (lihat gambar dibawah), lalu klik tulisan “Halaman Dashboard Anda” maka akan muncul halaman dashboard / control panel blog Anda (lihat gambar disamping).

Cara Posting di BLOGdetik
Setelah masuk di halaman dashboard, klik “Tulisan” dan arahkan kursor ke “Add New” untuk membuat postingan / tulisan baru (lihat gambar disamping). Maka akan terbuka sebuah form untuk membuat postingan / tulisan baru (lihat gambar dibawah).

Cara Posting di BLOGdetik
Setelah masuk di halaman dashboard, klik “Tulisan” dan arahkan kursor ke “Add New” untuk membuat postingan / tulisan baru (lihat gambar disamping). Maka akan terbuka sebuah form untuk membuat postingan / tulisan baru (lihat gambar dibawah).

Cara Posting di BLOGdetik
Pada contoh gambar (lihat gambar dibawah), penulis menunjukkan bahwa Judul Postingan berusaha disamakan dengan permalink, jika tidak sama maka akan disunting sesuai dengan judulnya. Tujuannya adalah untuk optimalisasi blog, yang akan diterangkan pada hari selanjutnya.

Cara Posting di BLOGdetik
Jika dirasa sudah selesai, lalu isikan Captcha (angka-huruf) sesuai contoh diatas, lalu klik kolom yang berada di kiri yang bertuliskan “Terbitkan” (lihat sebelah gambar di kiri). Jika berhasil, maka akan muncul notifikasi pemberitahuan “Post Published” dan link “view post” (lihat gambar bawah).

Selamat! Anda sudah berhasil membuat postingan pertama di BLOGdetik (lihat gambar dibawah). Dengan demikian Anda sudah dinyatakan sebagai blogger daripada BLOGdetik, selamat bergabung dalam Komunitas Blogger BLOGdetik.

Cara Posting di BLOGdetik

Perhatikan gambar disamping? Ada foto / gambar didalam postingan, bagaimana cara memasukkan gambar ke dalam postingan blog? Mari simak selanjutnya.

Cara Memasukkan Foto di BLOGdetik
Biasanya, masih banyak orang yang terlalu banyak membaca akan cepat merasa bosan, untuk mensiasatinya, banyak penulis blog menambahkan gambar/foto sebagai tambahan daripada tulisan yang sudah diposting. Tujuannya selain menarik perhatian, dapat menarik lebih banyak pengunjung (visitor) ke blog kita. Dengan begitu, semakin sering banyak yang berkunjung, maka semakin banyak yang komentar postingan blog kita. Alhamdulilahnya lagi, kita akan dikenal banyak orang karena tulisan yang menarik perhatian tersebut. Lihat gambar dibawah yang menunjukkan jumlah komentar (lingkaran).

Cara Memasukkan Foto di BLOGdetik
Masuk kedalam dashboard anda, coba buat postingan baru lagi (penulis menggunakan edit postingan untuk contoh). Perhatikan gambar disamping kiri yang dilingkari, klik kotak ADD MEDIA, maka akan keluar pop-up form seperti gambar dibawah, lalu klik “Select Files” dan keluar form untuk memasukkan gambar ke dalam postingan.

Form pop-up muncul untuk meminta kepada Anda memasukkan gambar mana yang di inginkan untuk dimasukkan ke dalam postingan blog (lihat gambar dibawah). Pilih gambar/foto yang di inginkan, lalu klik “Open” lalu tunggu hingga proses upload (mengunggah) gambar/foto selesai. Ada notifikasi pemberitahuan jika proses upload (mengunggah) gambar selesai. Maka akan keluar form (lihat gambar selanjutnya).

Cara Memasukkan Foto di BLOGdetik

Cara Memasukkan Foto di BLOGdetik
Setelah proses upload selesai, akan muncul notifikasi seperti gambar disamping kanan, isi kolom deskripsi untuk memudahkan pencarian jikalau ingin dimasukkan kedalam postingan lagi. Link URL klik pada kotak “Post URL”. Untuk Alignment (tempat) silahkan pilih sesukanya centangi lingkaran yang dipilih (kanan, tengah, kiri). Size (ukuran) pilih yang di inginkan dengan mencentangi lalu klik kotak “Insert Post”. Setelah itu akan terbuka halaman dashboard.

Cara Memasukkan Foto di BLOGdetik

Pada halaman dashboard akan keluar gambar/foto yang sudah kita masukkan. Jika dirasa sudah selesai, jangan lupa untuk klik kotak yang bertuliskan “Terbitkan” pada kolom di sebelah kiri.

Cara Memasukkan Foto di BLOGdetik
Sekali lagi, SELAMAT! Anda sudah berhasil membuat postingan baru di BLOGdetik dan sudah memasukkan gambar kedalam postingan di BLOGdetik. Selamat menulis dan teruskan menulis di blogdetik, dimana banyak keuntungan-keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan

Present by : Fayyas A. fayyas@detik.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->