LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI CV.

PARAHYANGAN QUICK PRINT

OLEH HARDIANSA 99 379 777 84

BIDANG STUDI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA PROGRAM STUDI KEAHLIAN MULTI MEDIA SMK MUHAMMADIYAH 2 BONTOALA MAKASSAR 2010/2011

1

LE LAP AN

PE SE A INDUSTRI (PRAKERIN) UI K PRINT UNI

E IATAN P AKTIK KE DI V. PARAHYANGAN

TANGGAL ; KAMIS, 9 MEI

S/D KAMIS, 3

Telah disetujui pada tanggal 30 JUNI 2011

Pimpinan Perusahaan

Pembimbing Industri

H. DARMANU SETIAWAN

KAHAR

2

3 JUNI Telah disyahkan pada tanggal 30 JUNI 2011 Ketua Program Study Pembimbing Sekolah Ahmad Amiruddin. PARAHYANGAN UI K PRINT TANGGAL . Natsir. S.Si Nip. KAMIS. S.Pd Jayadi. 9 MEI S/D KAMIS. M. 19631110 200012 1 002 3 .Pd Mengetahui Kepalah Sekolah Drs.LEMBAR PERSETUJUAN LAP RAN KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI V.

Parahyangan Quick Print. dimana PK merupakan salah satu persyaratan yang mutlak untuk mengikuti Ujian Kompetensi di SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar. selaku ketua Jurusan Komputer Multimedia. Parahyangan Quick Print. baik dari Sekolah maupun dari Industri tempat di mana saya melakasanakan Praktik Kerja Industri (PK ). Bapak Jayadi. namun kami menyadari bahwa masih banyak baik dari sistematika laporan maupun penyusunan HARDIANSA 99 379 777 84 4 . kalimatnya. Yang melimpahkan Rahma dan menyelesaikan idaya-Nya.Pd selaku Guru Pembimbing Sekolah. S. Natsir.Pd. 3. 5. Kedua Orang Tua yang telah memberikan semangat dan membiayai sampai selesainya laporan ini.Si selalu Kepala SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar.KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT. sehingga saya sebagai penyusun dapat aporan hasil Praktik Kerja Industri (PK ) di CV. Bapak H. Bapak Kahar selaku pembimbing Industri. Bapak Ahmad Amiruddin. M. 4. 2. saya mendapatkan begitu banyak bimbingan dari berbagia pihak. Meskipun kami telah berusaha dengan sebaik ± baiknya dalam menyusun kekurangan. Makassar 26 Juni 2010 Penyusun laporan ini. Untuk menyelesaikan oparon ini. S. Maka dari itu saya mengucapkan terimakasih banyak kepada : 1. Bapak Drs. 6. Darmanu Setiawan Pimpinan CV.

... Kata Pengantar .................. Pelaksanaan Praktik Kerja Industri 1............DAFTAR ISI alaman Judul ........ ..................3.... embar pengesahan oleh Pembimbing Sekolah ....2 Tujuan Khusus 1. .2 Tempat Prakerin ..... embar persetujuan oleh Dunia Kerja ............................................ .4........ 1... .................... Daftar Isi ......1 Tujuan Umum««««««««««««««............................................. Tujuan 1........... 1 2 3 4 5 8 9 9 10 10 10 10 5 .................. 1.4............................... .4............. 1.................1............ 1...................................3..................................... ......................................... 1......... ..........3........................................... atar belakang ..........4.......3 Pembimbing .........2...................... ........1 Waktu Pelaksanaan ......... . BAB I : PENDA U UAN 1......... ... Dasar penyelenggaraan prakerin ....... .............. .................

2. 6 . Kegiatan Prakerin «««««««««««««. 3.Sejarah Perusahaan Praktik Kerja Industri ««« 2.. 3.2.2 Alat dan bahan «««««««««««« 3.. 3.1.BAB II : TINJAUAN UMUM PERUSA AAN 2.Struktur rganisasi «««««««««««««.1.. okasi Perusahan«««««««««««««. 3. 3.Bidang Pekerjaan «««««««««««««« BAB III : DESKRIPSI KEGIATAN 3.2.2..6 Kesimpulan«««««««««««««. Pembahasan kegiatan Praktik«««««««..1 Tujuan «««««««««««««««.2.2...2 Kompotensi yang di Praktikkan««««« 3.1. 14 21 23 24 2.1 Tempat kegiatan prakerin «««««««.2.5 angkah kerja««««««««««««. 3.2.4.3. 3...2.1.4 Keselamatan kerja««««««««««.3. asil Prakerin«««««««««««««««.3 Gambar kerja««««««««««««« 3.

3.2.1.3.3.2 Untuk instansi««««««««« 4.3. Daftar hadir 2. Kesimpulan«««««««««««««««« 4.2. AMPIRAN ± AMPIRAN 1. Foto copy nilai 7 .1 Untuk Sekolah«««««««««« 4.3 Untuk yang belum PRAKERIN«.2. Foto copy sertifikat 3.3 Pengembangan/Tindak anjut «««««. 3.1 Keterlaksanaan ( Faktor Pendukung dan Penghambat )«««««««««««««««.2 Manfa'at yang dirasakan ««««««««. BAB IV : PENUTUP 4.2. Saran «««««««««««««««««« 4.. 3.

serta pengalaman dalam dunia kerjapun sangat dibutuhkan untuk menemukan jati diri yang sebenarnya oleh siswa-siswi sekolah kejuruan. sekolah bekerja sama dengan suatu instansi perusahaan dalam rangka kegiatan PRAKERIN tersebut. Salah satu upayah mewujudkan hal tersebut. Maka dengan harapan siswa ± siswi dapat mempelajari hampir sepenuhnya bagaimana dan apa sebenarnya dunia kerja itu. siswa ± siswa tidak sulit lagi untuk mengondisikan diri di tempat kerja masing ± masing karena telah memiliki bekal saat melaksanakan Praktik Kerja Industri (PK ). sehingga setelah selesai melaksanakan pendidikan . siswa dikirim ke perusahaan tertentu dalam mengoptimalkan wawasan pengalaman belajar dan Penguasaan Keterampilan atau Keahlian Profesi tertentu pada siswa ± siswi SMK. yaitu menyelenggarkan Program Kegiatan Praktik Kerja Siswa dalam rangka Praktik Kerja Industri kerja terkait dengan kondisi obyektif Sekolah yang bersangkutan. SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar menerjunkan semua siswa kelas II (dua) untuk melaksanakan Pendidikan Pro gram sistem ganda (PSG) yang ditetapkan oleh Sekolah. Latar Belakang Dikarenakan karena tidak sepenuhnya pembelajaran di Sekolah akan kita dapatkan di Industri. Dalam Praktik Kerja Industri.BAB I PENDAHULUAN . 8 . Sehubungan dengan dasar pemikiran sebagaimana diutarakan diatas.

3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualita s / profesional. Peraturan Pemerintah No. 4. Keputusan Mendiknas No.Pelaksanaan Praktik Kerja Industri ini juga mampu memberikan siswa ± siswi pengetahuan yang lebih dalam mengenai dunia usaha atau dunia industri dimana siswa ± siswi dapat memiliki pengalaman kerja di dunia industri tersebut.080/U/1 993 1. kecocokan antara Program Sekolah dengan tuntutan dunia kerja. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Nasional 3. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. yaitu tentang tenaga kerja yang memiliki tngkat pengetahuan. . Peraturan Pemerintah No. 9 . Dasar Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dalam rangka pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) didasarkan atas ketentuan -ketentuan yang tertuang dalam : 1. c. Memperkokoh ink and Match kesesuaian. 39 Tahun 1992 tentang Peran Serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional. 1.3 Tujuan Tujuan Praktik Kerja Siswa SMK pada Dunia Usaha / Dunia Industri adalah sebagai berikut : 1. Undang-undang No. keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja. b.1 Tujuan Umum a. Menghasilkan Tenaga Kerja yang memiliki keahlian yang profesional.

2 Tempat Praktik a. Darmanu Setiawan : 2 bulan 30 Juni 2011 : 09 Mei 2011 10 .4. bekerja dalam satu tim dan mengembangkan potensi serta kreatifitas sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Meningkatkan status dan kepribadian para siswa sehingga mampu berinteraksi. Nama Pimpinan : CV. Nama Instansi b. berkomunikasi dan memiliki rasa tanggung jawab serta disiplin yang tinggi. 59 Makassar : . Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai proses pendidikan. b. 1. ama Praktik b. Memberikan kesempatan dan garansi bagi pra siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga terampil dan produktif berdasarkan pengakuan standart profesi lapangan kerja.2 Tujuan Khusus a.1 Waktu Pelaksanaan a. Monginsidi No. 1. Alamat Instansi c.3. c.4. Menyiapkan para siswa untuk belajar bekerja secara mandiri.4 Pelaksanaan Praktik Kerja Industri 1. Parahyangan Quick Print :Jl.d.Dimulai Tanggal 1.

Kegiatan monitoring bertujuan untuk melihat kemajuan belajar siswa.1. Jadwal dan bentuk bimbingan 1). santun. dan kendala-kendala yang ditemui di lapangan selama pelaksanaan Prakerin. pihak sekolah melakukan pengawasan atau monitoring terhadap siswa satu kali seminggu. Nama Pembimbing dari sekolah : Jayadi S. Kegiatan monit oring dilaksanakan oleh guru pembimbing sekolah yang dipercayakan oleh panitia Prakerin sebagai pelaksana monitoring siswa. Monitoring yang dilaksanakan oleh guru yaitu meliputi. monitoring kompetensi yang dilaksanakan siswa di DU/DI. serta pengetahuan yang mungkin bisa berguna dalam melaksanakan Program Praktik Kerja Industri. perilaku. Nama Pembimbing dari Instansi : Kahar 3.4. Monitoring kompetensi dilakukan untuk melihat kesesuaian materi atau bimbingan yang diberikan oleh 11 . Dari sekolah secara teori. dalam menjalankan praktik. kehadiran. sopan. kemajuan belajar siswa.1 Dari sekolah Yaitu bimbingan yang diberikan oleh guru : pembimbing Praktik Kerja Industri dari sekolah mengenai tata cara.Pd 2.3 Pembimbingan 1. baik dari segi sikap maupun keterampilan. 2). Selama siswa melaksanakan Prakerin di DU/Dl. Dari Instansi secara langsung Dalam pelaksanaan praktik kerja ini bimbingan diperoleh dari 2 tempat yaitu : a.

pihak DU/DI terhadap siswa dengan pembelajaran yang diperoleh siswa di sekolah. Siswa belajar pada kondisi nyata dunia kerja. di mana siswa mendapatkan lingkungan belajar yang berbeda dengan lingkungan sekolah siswa berada di DU/Dl mengalami proses pembelajaran yang berbeda dengan pembelajaran di sekolah. al ini disebabkan oleh karena lingkungan 12 .2 Dari Instansi Yaitu bimbingan yang diberikan oleh guru pembimbing dari Instansi / Dunia Usaha mengenai cara bekerja dan peraturan ± peraturan yang harus ditaati di tempat praktik / Instansi. Monitoring tentang kendala-kendala dari ditujukan pihak untuk DU/DI menerima terhadap masukan-masukan permasalahan siswa atau kendala yang ditemui pihak DU/DI selama pelaksanaan Prakerin a. Sedangkan monitoring kemajuan belajar siswa dilakukan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan siswa di DU/DI dan mengetahui kemampuan yang telah diperolehi siswa selama di DU/DI. termasuk kedisiplinan. jika siswa berada di DU/Dl. Monitoring kehadiran ditujukan bagi sikap siswa. siswa mendapatkan pengalaman serta keterampilan yang tidak diperol eh di sekolah. Pelaksanaan Prakerin di DU/Dl dilaksanakan dalam bentuk kegiatan Praktik sebagai pendalaman ma teri keahlian yang telah dipelajari di sekolah. sikap kerja selama Prakerin. Pembelajaran Praktik dilaksanakan dalam keadaan kerja yang sebenarnya dan dilengkapi fasilitas peralatan dan sumber belajar yang ada di DU/DI.

belajar yang berbeda antara sekolah dengan DU/DI. dan bukan kondisi lingkungan belajar. ingkungan yang ada di DU/DI merupakan kondisi sosial pada lingkungan kerja. 13 . Sehingga perlu penyesuaian bagi si swa dalam bersikap dan menampilkan kemampuan diri sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang siap pakai.

Fuku. . Plakat. Kartu Nama. Roll Banner. Undangan. Id Card. Grafich Desaign. X . Parahyanga uick Print merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Percetakan. Baligho. Perintis dan Sungai Saddang ama dan sementara membangun di Kendari. Umbul ± Umbul. Buku Alumni. yang awalnya hanya memproduksi spanduk dan umbul ± umbul berbahankan kain dan alat semprot serta cat. Sablon Baju. Nota. Dan kini memiliki 2 cabang di Makassar yaitu di Jl. Namun dengan seiring berkembangnya teknologi Parahyangan berkembang dengan sangat pesatnya. Sejarah Singkat Perusahaan Parahyangan Quick Print Berdiri sekitar tahun 1990. Brosur. Tag Name. Daftar Menu. Darmanu Setiawan . Neon Box. yang dul unya hanya memiliki 3 ± 4 karyawan dan didirikan oleh H. ne-way.1 Tinjauan Perusahaan V. Parahyanga kini menjadi besar dan bermitra dengan perusahaan ± perusahaan besar di Indonesia karena Canggihnya peralatan ± peralatan yang dimilikinya.Banner. Kop Amplop. dimana perusahaan ini memproduksi hampir semua produk yang berkaitan dengan percetakan meulai dari Spanduk.BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN . dan masih banyak lagi. Kop Surat. Visi ³Meningkatkan mutu dan kualitas di bidang percetakan dan industri ´ 14 . Sticker. Sampai saat ini Parahyanga memiliki Karywan dan Dan Karyawati ±40 orang. Foto.

pimpinan : memeriksa pekerjaan pegawainya 2. el memuaskan ada elanggan dengan 2.yaitu: Tugas masing ± masing bagian adalah: 1. Parahyangan Qui k Print . Memberi baik. 15 . Memberikan suasana ang nyaman ada elanggan.Struktur Organi asi Adapun Struktur P rusahaan CV. ketua I : sebagai wakil pertama pimpinan menggantikan pimpinan jika beliau tidak ada/ berhalangan .Mi i . . . ketua II : mengamati segala bentuk pekerjaan mulai dari produksi dan operator mesin.

bendahara :sebagai pengawas karyawan 5. 2. operator mesin: orang yang menfungsikan print digital. produksi : memberikan aksesoris pada hasil print seperti cincin dll. Sungai Pareman 16 . sekertaris : orang yang mencatat suluruh pengeluaran dan pemasukan perusahaan 6. operator computer : seseorang yang mendesain spanduk.L kasi Perusahan V. 8. . AMO AYA beralamatkan l.4. dan segala bentuk grafis yang akan di cetak 7.

2. 10 c.1 Tempat kegiatan prakerin a.1.Alamat Instansi:Jl.Nama Instansi : CV.1 Tujuan y y Mengetahui bagaimana mendesign yang benar dan baik Memahami cara-cara membuat design yang baik dan berkualitas 3. Kegiatan Prakerin 3. FAM R JAYA b. Sungai Pareman No. . Setiyadi 3.1. Pembahasan kegiatan Praktik 3.1.2 Alat dan Bahan 17 .2.BAB III DESKRIPSI KEGIATAN 3.Nama Pimpinan: .2 kompotensi yang di Praktikkan 3.

4 Keselamatan Kerja y y Menggunakan alat dan bahan yang telah di sediakan Mengikuti dan mendengarkan petunjuk yang di instruksikan oleh pembimbing 18 .2.2.3 Gambar Kerja (Foto) 3.Alat y PC Bahan y Corel Draw X4 3.

3.y Sebelum menyambungkan alat ke sumber listrik pastikan seluruh komponen terpasang dengan benar. y Mengatur letak topografi semua objek desain yang telah di buat. y Menentukan jenis font yang akan digunakan pada teks yan g telah ada. y Memeriksa kembali desain yang telah di buat agar tidak ada kesalahan dalam pembuatan desain tersebut. pelangi. y Desain siap di print 19 .5 angkah kerja y Mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembuatan spanduk selamat datang y Menentukan tema yang akan digunakan pada desain spanduk. y Setelah selesai kerja diwajibkan membersihkan tempat prakerin. y Memasukkan teks dan mengatur tata letak teks yang tepat pada pembuatan design spanduk seperti ³ SE AMAT DATANG CA N SISWA ± SISWI BARU SMK MU AMMADIYA AJARAN 2010/2011´ y 2 B NT A A MAKASSAR TA UN Membuat desain hiasan pendukung seperti awan. bintang dan juga pemandangan yang mendukung sebuah desain.2. y Setelah melakukan kegiatan kerja alat dan bahan di rapikan dan di kembalikan ke tempatnya.

3.2 Manfaat Selama melaksanakan prakerin yang dilaksanakan selama 3 bulan ini banyak sekali wawasan dan tambahan ilmu pengetahuan 20 .sebaiknya ukuran spanduk dengan desainnya di tentukan terlebih dahulu. 3. tidak adanya keterlibatan lansung dari pembina dalam menangani bagian prakerin dan juga Pembina / pembimbing industri yang tidak ramah terhadap siswa ± siswi peserta prakerin berikut adalah faktor penghambat dan b.6 Kesimpulan y Sebelum membuat Spanduk.3. y 3. FAM R JAYA tentu ada faktor penghambat dan pendukungnya pendukungnya : a.faktor pendukung : selama prakerin berlansung ada sedikit yang mendukung keterlaksanaan prakerin tersebut yaitu karyawan yang bekerja pada instansi tersebut bersikap murah hati kepada kami.3. faktor penghambat : selama prakerin berlansung ada sedikit yang menghambat keterlaksanaan prakerin tersebut yaitu salah satu diantaranya adalah kurangnya kebersihan dalam ruangan kerja.2. Hasil Prakerin Dalam melaksanakan kegiatan prakter kerja industri ( prakerin ) di CV.

Selama 3 bulan itu juga saya akan mengajarkan ilmu yang saya dapat kepada adik ± adik kelas yang samasekali belum 21 .3 Pengembangan/Tindak lanjut. Dapat menggunakan printing digital yang baik dan benar 2. dapat mengetahui cara mencetak kartu nama 2. membuat stempel 3. 3. 5. Mampu membuat stempel dan mengisi tinta yang baik dan benar. memahami cara menggunakan print digital 3. Selain itu saya akan mengembangkan ilmu yang saya dapat agar dapat berguna nantinya untuk saya. saya berharap adik ± adik kelas saya dapat di fungsikan kembali pada prusahaan yang saya tempati ini agar dapat mengembangkan daya kreatifitas siswa ± siswi yang ada di sekolah SMK MU AMMADIYA 2 B NT A A MAKASSAR.3. keluarga.3. mengetahui cara membuat desain spanduk dan baliho 4.yang kami peroleh. Dapat mengetahui bagaimana cara menyablon kartu nama. dan juga orang lain. Dapat mengetahui cara membuat plakat.2 Manfa'at yang dirasakan Selama melaksanakan prakerin yang dilaksanakan selama 3 bulan ini banyak sekali wawasan dan tambahan ilmu pengetahuan yang kami peroleh. Memahami bagamana cara membuat pin 4. Setelah saya menjalankan program kerja industri ini selama 3 bulan. dan undangan yang benar 3. kaos. Adapun manfaat yang diperoleh yaitu sebagai berikut : 1. Adapun manfaat yang diperoleh yaitu seba gai berikut : 1.

CV.1 Kesimpulan 22 . arapan kami selanjutnya. serta lampiran-lampiran yang memuat informasi tentang instansi FAM R JAYA Selama 3 (Tiga bulan) banyak sekali pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh dan sangat berharga sekali bagi kami. laporan ini dilampirkan agenda kegiatan praktik kerja siswa. profesional dalam bekerja.mengetahui segala sesuatu tentang perusahaan Advertising. Dan selama prakerin ini kami diajarkan agar bisa mandiri. Kami mengerti bahwa penyusunan laporan kami jauh dari kesempurnaan. ffset Printing BAB IV PENUTUP Demikian laporan hasil Praktik Kerja Siswa dibuat sedemikian rupa. semoga laporan ini bisa memberikan manfaat bagi semua pihak yang memerlukannya. bersikap disiplin serta bertanggung jawa b. maka dari itu kritik dan saran sangat kami harapkan demi kesempurnaan laporan ini. 4. jujur.

FAM R JAYA selama 3 bulan maka kami dapat menyimpulkan sebagai berikut : y Tanggapan para staf/karyawan kepada peserta prakerin yang baik dan menerima kami dengan senang hati. y Siswa dapat belajar beradaptasi di lingkungan kerja baik dalam instansi maupun di luar instansi.2 Saran-saran 4. y Dengan di adakannya program ini siswa dapat menerapkan secara lansung di lapangan tentang semua teori yang telah di terapkan di sekolah. Selain itu saya dapat memahami cara kerja orang industri dalam menjalankan sebuah program acara. y Melaksanakan prakerin dapat mencari yang selama ini tidak kami dapatkan di sekolah dan menambah pengalaman y Siswa dapat mengadakan interaksi secara lansung dengan staf/karyawan kantor. 4.Setelah saya mengetahui bagaimana cara mendesain yang baik dan berkualitas.1 Untuk Sekolah Diharapkan untuk pembimbing dari sekolah agar lebih banyak meluangkan waktunya untuk mengunjungi siswa yang sedang prakerin khususnya yang berada di luar kota supaya siswa tersebut mendapatkan bimbingan dan 23 . Berdasarkan pengalaman dan pengamatan selama melaksanakan program PRAKTIK KERJA DI APANGAN (Prakerin) di kantor CV.2.

24 .  Diharapkan bagi lnstansi lebih memperhatikan siswa ± siswi yang praktik kerja. sekolah.  Diharapkan bagi Instansi yang bersangkutan agar memberikan pekerjaan yang lebih banyak agar si swa yang praktik agara lebih memahami pekerjaan tersebut. 2 B NT A A MAKASSAR untuk praktik kerja di lnstansi yang 4. dan lembaga / Instansi yang ditempati.2.2 Untuk Instansi  Diharapkan bagi Instansi yang bersangkutan agar memberikan peluang pada siswa SMK MU AMMADIYA bisa kembali bersangkutan. Dimohon agar pihak dari sekolah lebih mempertimbangkan daerah lokasi tempat siswa prakerin dengan lokasi tempat tinggal siswa agar kesesuaian antara keduanya . 4.arahan agar tidak mengecewakan sekolah dan juga ada perbandingannya dengan yang prakerin di dalam kota.3 Untuk Siswa yang belum praktik  Diharapkan bagi siswa yang belum praktik agar lebih memahami dan menekuni ilmu pengetahuan yang sesuai dengan jurusan dan bidang keahlian masing -masing agar lebih dari siswa yang sudah praktik.2.  Diharapkan dapat menjaga nama baik diri sendiri.  Diharapkan bagi Instansi yang bersangkutan untuk lebih memberikan bimbingan yang lebih banyak dan lebih terperinci.

 Diharapkan siswa yang belulm praktik kerja bisa memilih tempat yang sesuai dengan jurusan / bidangnya agar tidak salah tempat. 25 .