PETUNJUK PENULISAN THESIS

FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS GADJAH MADA 2011

1

PENGANTAR Tesis merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian yang mandiri untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan S-2 pada Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada. Sebelum menjalankan penelitian, mahasiswa wajib membuat usulan penelitian yang kemudian harus dipresentasikan. Setelah usulan penelitian disetujui, mahasiswa harus menjalankan penelitian dan hasilnya disusun menjadi tesis. Semua kegiatan itu ditunjang oleh kemahiran mahasiswa secara ilmiah. Untuk memperoleh keseragaman dalam penulisan, maka adanya Petunjuk Penulisan usulan Penelitian dan Tesis sangat diperlukan. Dalam buku ini disajikan garisgaris besar cara penulisan usulan penelitian dan tesis. Di samping itu juga diberikan tata cara penulisan dan beberapa contoh. Isi buku petunjuk ini dibagi menjadi 4 yaitu 1. Usulan penelitian 2. Tesis 3. Tata cara penulisan, dan 4. Lampiran yang memuat contoh-contoh, dan tata cara penulisan dalam Berkala Penelitian Pascasarjana. Dalam batas-batas tertentu, kebebasan tetap diberikan kepada setiap program studi, terutama yang memanmg merupakan kekhasan bagi bidang studi itu.

2

dan Bagian Akhir. tidak boleh disingkat dan tanpa derajat kesarjanaan. keaslian penelitian dan faedah yang dapat diharapkan. 1. Judul penelitian dibuat sesingkat singkatnya. dan tidak membuka peluang penfasiran yang beraneka ragam. Nama mahasiswa ditulis dengan lengkap. Maksud usulan penelitian ialah untuk menyusun tesis S-2 dalam Program Studi Program Studi Magister Manajemen. Di bawah nama dicantumkan nomor mahasiswa. Lambang Universitas Gadjah Mada. Bagian Awal Bagian awal mencakup halaman judul dan halaman persetujuan 1. penting dan perlu diteliti. f. nama dan nomor mahasiswa. tetapi jelas dan menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak diteliti. Contoh halaman judul terlihat pada lampiran 1. Bagian Utama. Instansi yang dituju ialah Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Halaman Judul Halaman judul memuat: Judul. dan waktu pengajuan. lambing UGM. Halaman Persetujuan Halaman ini berisi persetujuan Dosen pembimbing dan lengkap dengan tanda tangan dan tanggal persetujuan Contoh halaman persetujuan proposal tesis terdapat pada lampiran 2. Yogyakarta. dengan jumlah halaman tidak boleh lebih dari 20. A. Latar Belakang Latar belakang berisi: perumusan masalah. USULAN PENELITIAN Usulan penelitian untuk tesis terdiri atas: Bagian Awal. e. Bagian Utama Bagian utama usulan penelitian memuat: latar belakang. dan jadwal penelitian. hipotesis (bila ada). a. b. 2. d. 3 .berbentuk bundar (bukan segi 5) dengan diameter sekitar 5. Perumusan masalah memuat penjelasan mengenai alasan-alasan mengapa masalah yang dikemukakan dalam usulan penelitian itu dipandang menarik.II.5 cm. maksud usulan penelitian. c. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. a. Kecuali itu juga diuraikan kedudukan masalah yang akan diteliti itu dalam lingkup permasalahan yang lebih luas. tinjauan pustaka. tujuan penelitian. cara penelitian. landasan teori (jika ada). B. Waktu pengajuan ditunjukkan dengan menuliskan tahun di bawah Yogyakarta. instansi yang dituju.

Semua sumber yang dipakai harus disebutkan dengan mencantumkan nama penulis dan tahun penerbitan. harus dikemukakan dengan jelas dan disebutkan sifat-sifat atau spesifikasi yang harus ditentukan. Bahan atau materi penelitian yang dapat berwujud populasi atau sample. Fakta-fakta yang dikemukakan sejauh mungkin diambil dari sumber aslinya. diuraikan dengan jelas. a. e. atau dinyatakan dengan tegas beda penelitian ini dengan yang sudah pernah dilaksanakan. Hipotesis Hipotesis memuat pernyataan singkat yang disimpulkan dari landasan teori atau tinjauan pustaka dan merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang dihadapi. Contoh cara penunjukan sumber pustaka tertera pada lampiran 3. Jalan penelitian memuatu uraian yang cukup terinci tentang cara melaksanakan penelitian dan mengumpulkan data. Cara Penelitian Cara penelitian mengandung uraian tentang: bahan atau materi penelitian. Alat yang dipakai untuk menjalankan penelitian harus diuraikan dengan jelas dan kalau perlu disertai dengan gambar dan keterangan-keterangan. Variabel yang akan dipelajari dan data yang akan dikumpulkan. Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka memuat uraian sistematis tentang hasil-hasil penelitian yang didapat oleh peneliti terdahulu dan yang ada hubungannya dengan penelitian yang akan dilakukan. 4. Faedah yang dapat diharapkan ialah faedah bagi ilmu pengetahuan dan bagi pembangunan Negara dan Bangsa. 4 . 2. c. 3. dan masih harus dibuktikan kebenarannya. d.b. model matematis. b. 5. Analisis hasil mencakup uraian tentang model dan cara menganalisis hasil. alat. Landasan teori dapat berbentuk uraian kualitatif. c. atau persamaan-persamaan yang langsung berkaitan dengan bidang ilmu yang diteliti. Tujuan penelitian Dalam bagian ini disebutkan secara spesifik tujuan yang ingin dicapai. Keaslian penelitian dikemukakan dengan menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi belum pernah dipecahkan oleh peneliti terdahulu. variable dan data yang akan dikumpulkan. Landasan Teori Landasan teori dijabarkan dari tinjauan pustaka dan disusun sendiri oleh mahasiswa sebagai tuntunan untuk memecahkan masalah penelitian dan untuk merumuskan hipotesis. Dalam penyajian ini hendaknya ditunjukkan bahwa permasalahan yang akan diteliti belum terjawab atau belum terpecahkan secara memuaskan. 6. dan analisis hasil. jalan penelitian. termasuk jenis dan kisarannya.

judul tulisan. rincian kegiatan pada setiap. dan nomor halaman yang diacu. Bagian Akhir. terbitan ke. Majalah: nama penulis. kecuali penyusunnya ke kanan yaitu: a. tetapi garis besarnya tetap sama. dan kotanya. C. tahun terbit. nama majalah dengan singkatan resminya. dan c. misalnya dalam penggunaan tanda baca. jilid. jilid. 2.7. Jadwal Penelitian Dalam jadwal penelitian ditunjukkan: a. Bagian akhir terdiri atas daftar pustaka dan lampiran (kalau ada) 1. Lampiran Dalam lampiran (kalau ada) terdapat keterangan atau informasi yang diperlukan pada pelaksanaan penelitian. Daftar Pustaka Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang diacu dalam usulan penelitian dan disusun ke bawah menurut abjad nama akhir penulis pertama. dan sifatnya hanya melengkapi usulan penelitian. Sebab itu perbedaan yang kecil-kecil tetap diperkenankan. judul buku. b. tahun terbit. Buku: nama penulis. Buku dan majalah tidak dibedakan. asalkan taat asas untuk seluruh penulisan. Antara pelbagai bidang ilmu ada perbedaan sedikit-sedikit dalam cara penulisan. nomor halaman yang diacu (kecuali kalau seluruh buku). nama penerbit. misalnya kuesioner. Contoh penulisan daftar pustaka terdapat pada Lampiran 4. tahap-tahap penelitian b. Jadwal penelitian dapat disajikan dalam bentuk matrik atau uraian. waktu yang diperlukan untuk melaksanakan setiap tahap. 5 .

Halaman Pengesahan Halaman ini memuat tanda tangan Pembimbing dan Penguji. 1. Halaman Judul Halaman judul berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul depan tetapi diketik di atas kertas putih. daftar gambar. halaman judul. dan intisari. Contoh halaman pengesahan terdapat pada lampiran 6 (disediakan oleh Program Studi Magister Manajemen FEB UGM). Judul tesis dibuat sesingkat-singkatnya seperti yang sudah diuraikan pada usulan penelitian. A. instansi yang dituju. daftar isi. dan tanggal ujian. nama dan nomor mahasiswa. c. tetapi isinya lebih luas. Contoh halaman sampul depan terlihat pada lampiran 5. Bagian Utama. Instansi yang dituju ialah Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Halaman sampul depan Halaman sampul depan memuat: judul tesis. 2. Bagian Awal Bagian awal mencakup halaman sampul depan. Maksud tesis ialah untuk memenuhi sebagai syarat memperoleh derajat sarjana S-2 Program Studi Masister Manajemen. Nomor mahasiswa dicantumkan di bawah nama. maksud tesis. a. lambang Universitas Gadjah Mada.III. tesis juga terdiri atas tiga bagian. daftar lampiran. Lambang Universitas Gadjah Mada berbentuk bundar (bukan segi lima) dengan diameter sekitar 5.5 cm d. dan Bagian Akhir. daftar table (daftar). Tahun penyelesaian tesis ialah tahun ujian tesis terakhir dan ditempatkan dibawah Yogyakarta. dan tahun penyelesaian tesis. yaitu Bagian Awal. arti lambing dan singkatan. f. 3. prakata. Nama mahasiswa yang mengajukan tesis ditulis lengkap (tidak boleh memakai singkatan) dan tanpa derajat kesarjanaan. TESIS Sama halnya dengan usulan penelitian. halaman pengesahan. 6 . b. e.

tinjauan pustaka. 6. Tujuan penelitian disarikan dari tujuan penelitian pada pengantar. Di dalam daftar isi tertera urutan judul. Daftar Tabel Jika dalam tesis terdapat banyak table (daftar). dan ucapan terima kasih. yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. cara. Prakata Prakata mengandung uraian singkat tentang maksud tesis. sub judul. sama persyaratannya dengan daftar table. dan hasil penelitian. Bagian Utama Bagian utama tesis menagndung bab-bab: pengantar. Contoh pernyataan terdapat pada lampiran 9. cara diperaskan dari jalan penelitian. Pengantar Bab pengantar memuat: latar belakang dan tujuan penelitian 7 . dan ringkasan. daftar ini tidak usah dibuat. 1. Perlu tidaknya suatu daftar gambar tersendiri. bila dalam laporan dipergunakan banyak lambing dan singkatan. perlu adanya daftar table yang memuat urutan judul table (daftar) beserta dengan nomor halamannya. 7. Dalam prakata tidak terdapat hal-hal yang bersifat ilmiah. Daftar isi Daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh tentang isi tesis dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang ingin langsung melihat suatu bab atau anak sub judul. Halaman Pernyataan Halaman ini berisi pernyataan bahwa isi tesis tidak merupakan jiplakan juga bukan dari karya orang lain. dan merupakan uraian singkat tetapi lengkap tentang tujuan penelitian. Arti Lambang dan Singkatan Arti lambing dan singkatan berupa daftar lambing dan singkatan yang dipergunakan dalam tesis disertai dengan arti dan satuannya. Tetapi kalau hanya ada beberapa tabel (daftar) saja. 8. B. cara penelitian. penjelasan-penjelasan.4. hasil penelitian dan pembahasan. dan anak sub judul disertai dengan nomor halaman. Intisari Intisari ditulis dalam 2 bahasa. kesimpulan dan saran. 11. daftar lampiran dibuat bila tesis dilengkapi dengan lampiran yang banyak dan isinya ialah urutan judul lampiran dan nomor halamannya. hasil penelitian dan kesimpulan. Daftar Gambar Daftar gambar berisi urutan judul gambar dan nomor halamannya. 9. 5. 10. Daftar Lampiran Sama halnya dengan daftar table dan daftar gambar. Karena itu umumnya intisari terdiri atas 3 alinea dan panjangnya tidak lebih dari 2 halaman.

dan hamper sama dengan yang sudah dipaparkan pada usulan penelitian. 8 . cara penyiapan. Kesulitan-kesulitan yang timbul selama penelitian dan cara pemecahannya perlu sekali ditampilkan. agar para peneliti yang akan berkecimpung dalam bidang penelitian yang sejenis terhindar dari hal-hal yang tidak menyenangkan. termasuk cara mengumpulkan data dan jenisnya. keaslian penelitian. dan mungkin telah diperluas dengan keterangan-keterangan tambahan yang dikumpulkan selama pelaksanaan penelitian. dan mengandung uraian singkat tentang langkah-langkah yang akan diambil untuk membuktikan kebenaran hipotesis. 2. 4. dan ditempatkan sedekat-dekatnya dengan pembahasan. sifat fisis. Rancangan penelitian. Tinjauan Pustaka a. agar pembaca lain mudah mengikuti uraian.a. Hal ini perlu dikemukakan agar peneliti lain yang akan menguji ulang penelitian itu tidak sampai salah langkah. d. Sebab itu pada latar belakang tesis juga ada perumusan masalah. b. b. analisis hasil dan kesulitan-kesulitan dan cara pemecahannya. Tujuan penelitian juga sama dengan yang sudah disajikan pada usulan penelitian. hipotesis dan rencana penelitian. foto. grafik. Catatan: untuk bidang-bidang ilmu tertentu mungkin landasan teori. jalan penelitian. atau bentuk lain. dan faedah yang dapat diharapkan. d. Bahan atau materi penelitian harus dinyatakan spesifikasinya selengkaplengkapnya. atau mungkin hanya salah satu atau dua di antaranya tidak ada. Latar belakang dalam tesis hamper sama dengan yang terdapat dalam usulan penelitian dan mungkin sudah lebih diperluas. 3. dan susunan kimia bahan yang dipakai. variabel yang akan dipelajari dan perkirakan kisaran nilainya diurakan dengan jelas. c. Hasil Penelitian dan Pembahasan Bab ini memuat hasil penelitian dan pembahasan yang sifatnya terpadu dan tidak dipecah menjadi sub judul tersendiri a. dan mungkin telah diperluas dan disempurnakan. Hasil penelitian sedapat-dapatnya disajikan dalam bentuk daftar (table. Landasan teori juga tidak berbeda dengan yang disajikan pada usulan penelitian. Tinjauan pustaka isinya hamper sama dengan yang dikemukakan pada usulan penelitian. alat. c. Untuk penelitian di laboratorium haruslah disebutkan asal. a. b. Pada alinea pertama bab ini sebaiknya dikemukakan bahwa hasil penelitian dapat dijumpai pada daftar dan gambar yang nomornya disebutkan. Jalan penelitian berupa uraian yang lengkap dan rinci tentang langkah-langkah yang telah diambil pada pelaksanaan penelitian. Cara Penelitian Pada cara penelitian terdapat uraian rinci tentang: bahan atau materi penelitian. Alat yang dipergunakan untuk melaksanakan penelitian diuraikan dengan jelas dan sedapat-dapatnya disertai dengan gambar. Rencana penelitian merupakan jembatan penghubung antara hipotesis dengan cara penelitian. Hipotesis berisi uraian singkat yang dijabarkan dari landasan teori atau tinjauan pustaka.

sebaiknya hasil penelitian juga dibandingkan dengan hasil penelitian terdahulu yang sejenis. Bagian Akhir Bagian akhir mengandung daftar pustaka dan lampiran 1. atau secara statistic. landasan teori. 2. 5. Lampiran Lampiran dipakai untuk menempatkan data atau keterangan lain yang berfungsi untuk melengkapi uraian yang telah disajikan dalam bagian utama tesis.b. berupa penjelasan teoritik. tetapi singkat. Kecuali itu. tinjauan pustaka. Ringkasan Ringkasan memuat dengan lengkap. kuantitatif. latar belakang. yang ingin melanjutkan atau memperkembangkan penelitian yang sudah diselesaikan. b. C. baik secara kualitatif. Saran tidak merupakan suatu keharusan. ditujukan kepada para peneliti dalam bidang sejenis. Kesimpulan merupakan pernyataan singkat dan tepat yang dijabarkan dari hasil penelitian dan pembahasan untuk membuktikan kebenaran hipotesis. Saran dibuat berdasarkan pengalaman dan pertimbangan penulis. Daftar Pustaka Daftar pustaka disusun seperti pada usulan penelitian. Kesimpulan Kesimpulan dan saran harus dinyatakan secara terpisah a. cara penelitian dan hasil ringkasan lebih luas daripada intisari. Pembahsan tentang hasil yang diperoleh. 9 . 6.

1. satuan dinyatakan dengan singkatan resminya tanpa titik di belakangnya. b. permulaan kalimat. alenia baru. g. Sampul Sampul dibuat dari kertasbufalo atau yang sejenis. atau tanda-tanda yang tidak dapat diketik. Bilangan decimal ditandai dengan koma. pengisian ruangan. c. mahasiswa menyerahkan tesisnya dalam bentuk bendel. kg. judul dan sub judul. Naskah Naskah dibuat di atas kertas HVS 80 g/m2 dan tidak bolak-balik. kecuali pada permulaan kalimat. Lambang. 10 g bahan. Huruf miring dipergunakan untuk tujuan tertentu. dan ukuran. Warna sampul Untuk keseragaman sampul. cal. judul daftar (tabel) dan gambar yang lebih dari 1 baris. 2. dan untuk seluruh naskah harus dipakai jenis huruf yang sama. TATA CARA PENULISAN Tata cara penulisan meliputi: bahan dan ukuran. 2. daftar dan gambar.5 g. misalnya berat telor 50. b. dan penulisan nama A. perincian ke bawah. 10 . karena proses penyampulan akan dilakukan oleh Program Studi Magister Manajemen.IV. kecuali intisari. kutipan langsung. Bilangan diketik dengan angka. 4. Pengetikan. dan letak simetris. c. Penggunaan jenis huruf miring atau persegi. Jarak baris Jarak antara 2 baris dibuat 2 spasi. Bilangan dan satuan a. jarak baris. Bahan dan Ukuran Bahan dan ukuran mencakup: naskah. Jenis huruf a. penomoran. misalnya m. batas tepi. tidak diperkenankan. dan daftar pustaka. huruf Yunani. Tulisan yang tercetak pada sampul sama dengan yang terdapat pada halaman judul dan contohnya tertera pada lampiran 5. 3. Ukuran Ukuran naskah ialah: 21 cm x 28 cm B. harus ditulis dengan rapi memakai tinta hitam. bukan dengan titik. yang diketik dengan jarak 1 spasi ke bawah. pengetikan. 3. Naskah diketik dengan huruf Time New Roman 12 (10 huruf dalam 1 inci). Pada pengetikan disajikan: jenis huruf. 1. dan sedapat-dapatnya diperkuat dengan karton dan dilapisi dengan plastic. tulisan pada sampul. sampul. bilangan dan satuan. warna sampul.

harus dieja. Sub judul ditulis simetris di tengah-tengah. Sub anak sub judul ditulis mulai dari ketikan ke-6 diikuti dengan titik dan diberi garis bawah. Kalimat pertama sesudah sub judul dimulai dengan alenia baru. tanpa diakhiri dengan titik. artinya pengetikan harus dari batas tepi kiri sampai ke batas tepi kanan dan jangan sampai ada ruangan yang terbuang-buang. dan semua diberi garis bawah. tepi bawah : 3 cm c. Letak simetris 11 . 8. Kalimat pertama sesudah anak sub judul dimulai dengan alenia baru. b. Judul harus ditulis dengan huruf besar (kapital) semua dan diatur supaya simetris. Permulaan kalimat Bilangan. diatur sebagai berikut: a. 9. tepi atas : 4 cm b. d. pakailah nomor urut dengan angka atau huruf sesuai dengan derajat rincia. Anak sub judul diketik mulai dari batas tepi kiri dan diberi garis bawah. c. persamaan daftar. tetapi hanya huruf yang pertama saja yang berupa huruf besar. 10.4. sub judul. tepi kiri : 4 cm d. Alinea baru Alenia baru dimulai pada ketikan yang ke-6 dari batas tepi kiri 7. kecuali kalau akan mulai dengan alinea baru. kecuali kata penghubung dan kata depan. 6. semua kata dimulai dengan huruf besar (capital). dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa diakhiri dengan titik. ditinjau dari tepi kertas. Judul. anak sub judul dan lain-lain a. Penggunaan garis penghubung (-) yang ditempatkan di depan rincian tidaklah dibenarkan. tetapi yang berfungsi sebagai sub anak sub judul ditempatkan paling depan dan diberi garis bawah. Rincian ke bawah Jika pada penulisan naskah ada rincian yang harus disusn ke bawah. gambar. lambing. Kalimat pertama yang menyusul kemudian diketik terus ke belakang dalam satu baris dengan sub anak sub judul. Pengisian ruangan Ruangan yang terdapat pada halaman naskah harus diisi penuh. Batas tepi Batas-batas pengetikan. Kecuali itu sub anak judul dapat juga ditulis langsung berupa kalimat. atau rumus kimia yang memulai suatu kalimat. Contoh penulisan judul dan lain-lainnya tertera pada lampiran 7. sub judul. tanpa diakhiri dengan titik. tepi kanan : 3 cm 5. misalnya: sepuluh ekor tikur. atau hal-hal yang khusus.

Pada halaman lanjutan tabel (daftar). (3) i D. Penomoran Bagian ini dibagi menjadi penomoran halaman. Table (daftar) Tabel (daftar) diberi nomor urut dengan angka Arab 3. sehingga tidak mungkin diketik dalam satu halaman. Nomor halaman ditempatkan di sebelah kanan atas. Nomor tabel (daftar) yang diikuti dengan judul ditempatkan simetris di atas table (daftar). judul. mulai dari Pendahuluan (Bab 1) sampai ke halaman terakhir.. mulai dari halaman judul sdampai ke intisari. Nomor halaman diketik dengan jakar 3 cm dari tepi kanan dan 1. b. 2. Bagian awal laporan. diberi nomor halaman dengan angka Romawi kecil. dan persamaan. persamaan. Tabel (daftar) tidak boleh dipenggal. gambar. memakai angka Arab sebagai nomor halaman. Gambar Gambar dinomori dengan angka Arab 4. Bagian utama dan bagian akhir. table (daftar).5 cm dari tepi atas atau tepi bawah. Halaman a. maka bagian atas table harus diletakkan di sebelah kiri kertas. c. sehingga harus dibuat memanjang kertas. 12 . Tabel (daftar) a. tanpa judul. tanpa diakhiri dengan titik. Ri =R f +(Rm −R f )β ………………………………………. Untuk halaman yang demikian nomornya ditulis di sebelah kanan bawah. dicantumkan nomor tabel (daftar) dan kata lanjutan. c. 1. b. Tabel (daftar dan gambar) 1. d. tabel (daftar). d. kecuali kalau ada judul atau bab pada bagian atas halaman itu. Kalau table (daftar) lebih lebar dari ukuran lebar kertas. dan sub judul ditulis simetris terhadap tepi kiri dan kanan pengetikan C. Kolom-kolom diberi nama dan dijaga agar pemisahan antara yang satu dengan lainnya cukup tegas.Gambar. kecuali kalau memang panjang. reaksi kimia. dan lainlainnya ditulis dengan angka Arab di dalam kurung dan ditempatkan di dekat batas tepi kanan. Persamaan Nomor urut persamaan yang berbentuk rumus matematis.

peta dan foto semuanya disebut gambar. agar terpisah dari uraian pokok dalam makalah. misalnya diletakkan di depan subyek (merusak susunan kalimat). Bahasa yang dipakai Bahasa yang dipakai ialah bahasa Indonesia yang baku (ada subyek dan predikat. 2. 13 . dan supaya lebih sempurna ditambah dengan obyek dan keterangan. g. Nomor gambar yang diikuti dengan judulnya diletakkan simetris di bawah gambar tanpa diakhiri dengan titik. f. Bila gambar dilukis melebar sepanjang tinggi kertas. kami. Istilah yang dipakai ialah istilah Indonesia atau yang sudah diIndonesiakan b. Kesalahan yang sering terjadi a. Di atas dan di bawah table (daftar) dipasang garus batas. Dengan izin Program Pascasarjana. Keterangan gambar dituliskan pada tempat-tempat yang lowong di dalam gambar dan jangan pada halaman lain. Bagan dan grafik dibuat dengan tinta hitam yang tidak larut dalam air dan garis lengkung grafik dibuat dengan bantuan kurve Prancis (French curve). c. Letak gambar diatur supaya simetris. Bahasa 1. Sekala pada grafik harus dibuat agar mudah dipakai untuk mengadakan interpolasi atau ekstrapolasi. 2. Gambar tidak boleh dipenggal d. Istilah a. i. Kata depan. f. miringkanlah kata tersebut. 3. Gambar a. tetapi dibuat berbentuk pasif. seperti sehingga. h. Bentuk Kalimat Kalimat-kalimat tidak boleh menampilkan orang pertama dan orang kedua (saya. sering dipakai tidak pada tempatnya. Kata penghubung. aku. Bagan. 4.e. b. misalnya pada. grafik. engkau. tesis dapat ditulis dalam bahasa Inggris. Tabel (daftar) diketik simetris. Tabel (daftar) yang lebih dari 2 halaman atau yang harus dilipat ditempatkan pada lampiran. (tidak dibedakan) b. Pada penyajian uacapan terima kasih pada prakata saya diganti dengan penulis. E. dan lain-lain). Jika terpaksa harus memakai istilah asing. e. maka bagian atas gambar harus diletakkan di sebelah kiri atas. dan sedangkan tidak boleh dipakai memulai suatu kalimat. Ukuran gambar (lebar dan tingginya) diusahakan supaya sewajar-wajarnya (jangan terlalu kurus atau terlalu gemuk) g.

H. b. Earning release. a. d.P. D. cara penulisannya ialah nama akhir diikuti dengan koma. terry Shevlin dan George Foster. Nama dengan garis penghubung Kalau nama penulis dalam sumber aslinya ditulis dengan garis penghubung diantara dua suku katanya. yaitu Chris Olsen.B. Contoh: 14 . [1989] ) menghasilkan c. tengah. semua penulis harus dicantumkan namanya. Penulisan Nama Penulisan nama mencakup nama penulis yang diacu dalam uraian. Contoh: Meisel.F. et al. C. Sutan Takdir Alisyahbana ditulis: Alisyahbana S... atau nama akhir diikuti dengan suku kata nama depan. F. Nama penulis lebih dari satu suku kata Jika nama penulis terdiri dari 2 suku kata atau lebih. dan tidak boleh hanya penulis pertama ditambah dkkatau et al. Leckthaler. atau Alisyahbana. dkk atau Meisel S. Awalan ked an di harus dibedakan dengan kata depan ke dan di.T. saja. 1976. Tidak boleh hanya Meisel. S. & Weisz. maka keduanya dianggap sebagai satu kesatuan. nama yang lebih dari satu suku kata.. et al.L. Hasil penelitian Farma (1970) menunjukkan umumnya strategi filter rules tidak memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan beli-simpan secara sembarang. Nama penulis yang diacu dalam uraian Penulis yang tulisannya diacu dalam uraian hanya disebutkan nama akhirnya saja. P. 1. 4. Tanda baca harus dipergunakan dengan tepat. dan seterusnya. 1984) Yang membuat tulisan pada contoh © berjumlah 3 orang. Contoh. Al: a. daftar pustaka. Kata di mana dan dari kerap kurang tepat pemakaiannya. nama yang diikuti dengan singkatan. singkatan nama depan. S. anomalies & the behavior of scurity returns (george Foster. nama dengan garis penghubung.L. yang semuanya diberi titik. Dalam bahasa Indonesia bentuk yang demikian tidaklah baku dan jangan dipakai. 2. Sutan Takdir.c.L. Nama penulis dalam daftar pustaka Dalam daftar pustaka. dan derajat kesarjanaan. tengah dan seterusnya. dan kalau lebih dari 2 orang.. McCullough. Percobaan yang dilakukan (Ippolito. dan diperlakukan tepat seperti kata “where” dan “of” dalam bahasa Inggris. J. e. hanya nama akhir penulis pertama yang dicantumkan diikuti dengan dkk atau et. 3. Donal Fitzgerald Othmer ditulis: Othmer. b.

Diketik menjorok ke dalam. dan Kutipan 1. 15 . sebaiknya dibuatkan daftar istilah di belakang. Kutipan Kutipan ditulis dalam bahasa aslinya. Istilah Baru.Sulastin-Sutrisno ditulis Sulastin-Sutrisno 5. Kalau banyak sekali menggunakan istilah baru. 2. kecuali untuk bidang studi tertentu. Nama yang diikuti dengan singkatan Nama yang diikuti dengan singkatan. Ditulis dengan jarak satu spasi. terutama ilmu sejarah. G. diketik satu spasi. W.I. 3. Contoh: a.I. 6. 4. b. Williams D..I. Istilah baru Istilah-istilah baru yang belum dibakukan dalam bahasa Indonesia dapat digunakan asal konsisten. Catatan kaki Sebaiknya (kalau tidak perlu sekali) dihindari penggunaan catatan kaki. ditulis: Ross Jr. dua spasi. Derajat kesarjanaan Derajat kesarjanaan tidak boleh dicantumkan. Mawardi A. Catatan Kaki. Tidak diterjemahkan. Ross Jr. ditulis: Mawardi A. Pada penggunaan yang pertama kali perlu diberikan padanannya dalam bahasa asing (dalam kurung). dan kalau kurang dari 3 baris. Kata Arab Transliterasi mengikuti SKB menteri Agama dan Menteri pendidikan dan Kebudayaan R. namun boleh dibahas sesuai dengan kata-kata penulis. kalau lebih dari 3 baris.D. dianggap bahwa singkatan itu menjadi satu dengan suku kata yang ada di depannya.

LAMPIRAN 16 .

Lampiran 1. Contoh halaman judul usulan penelitian DAMPAK PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP VOLUME KEGIATAN PERDAGANGAN SAHAM SEKTOR KEUANGAN DAN NON-KEUANGAN PERIODE 1996 DI BURSA EFEK JAKARTA Usulan Penelitian untuk Thesis Program Studi Magister Manajemen Diajukan oleh Sutopo 09/007008/PEK/12345 Kepada FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS GADJAH MADA 2010 17 .

MBA. tanggal 18 . Contoh halaman persetujuan Usulan penelitian DAMPAK PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP VOLUME KEGIATAN PERDAGANGAN SAHAM SEKTOR KEUANGAN DAN NON-KEUANGAN PERIODE 1996 DI BURSA EFEK JAKARTA yang diajukan oleh Sutopo 09/007008/PEK/12345 Telah disetujui oleh Pembimbing Prof. Dr.Lampiran 2. Poniman.

pengeluaran yang dilakukan oleh Reksadana untuk menganalisis & memperoleh informasi tidak sia-sia 9Ippolito. Nama penulis pada bagian permulaan kalimat “Jensen & Bennington (1970) Menyimpulkan bahwa berdagang secara portfolio 0. maka yang dicantumkan hanya penulis I diikuti dengan dkk atau et al. mamduh 1996)”. disimpulkan bahwa faktor market masih menjadi faktor yang dominant dalam mempengaruhi return saham”. serta Elton and Gruber [1973] ) menemukan bahwa ada korelasi yang cukup kuat antara return saham dan return market. 1989)”. 1962)”. Manurung 1996. 4. Yang diacu lebih dari 2 sumber a.Lampiran 3. Husnan (1990) & Fama (1970) menunjukkan umumnya strategi ini tidak memberikan hasil lebih baik” 3. semua sumber disebutkan: “Dengan menggunakan Single Model Index (King [1966]. Nama penulis pada bagian tengah kalimat “Sedangkan dengan menggunakan uji filter rules. Kalau nama penulis masuk dalam uraian. 6. 5. Jika penulis tidak masuk dalam uraian. 19 . Pengutipan dari sumber kedua Pengutipan dari sumber kedua harus menyebutkan nama penulis aslinya dan nama penulis yang buku atau majalahnya dibaca: “Kesimpulan yang bertentangan dengan penelitian Sharp & Jensen bahwa. Penulis 2 orang Jika penulis terdiri atas 2 orang. dapat dijalankan sebagai berikut: 1. 7. 1990. Nama penulis pada bagian akhir kalimat “Beberapa anomally terhadap hipotesis pasar yang efisien bentuk setengah kuat. Penulis lebih dari 2 orang Kalau penulis terdiri lebih dari 2 orang. maka kedua-duanya harus disebutkan. 1962) atau (Rosen et al. b. Contoh cara penunjukan sumber pustaka Penunjukan sumber pustaka dalam uraian. antara lain terjadi pada perusahaan-perusahaan kecil (Banz [1981] ). “Elton & Gruber (1991) menyimpulkan bahwa ternyata return rata-rata portfolio acak juga lebih tinggi dari pada portfolio reksadana”. Cohen and Pogue [1976]. “Rata-rata prestasi mutual fund selama periode Desember 1953 – September 1958 lebih rendah dari portfolio pasar (Irwin friend dkk. maka antara sumber-sumber itu dipasang tanda titik koma: “Model CAPM tidak berlaku di BEJ begitu pula dengan menggunakan pengujian non-parametrik (Husnan.31% lebih kecil daripada hasil beli-simpan & perilaku saham” 2.

Dalam hal ini yang terdapat dalam daftar pustaka hanyalah tulisan Ippolito (1989). 20 . Sedapat-dapatnya yang dibaca ialah sumber aslinya.

Klemskosky. John Wiley and Sons. E. Inc.P.J. 1975. 1994.C. Jones.J. J.. John Wiley and Sons. Cetakan Pertama. H. 1991. 1994. Levy. and Samat Marshall. and Martin. E. 1991.... March. R.. Dimson. S. 1991. and Gapenski. “The Effect of Market Risk and Portfolio Diversification”. C.. Journal of Finance. Journal of Financial Economics. New York.F. Capital Investment and Financial Decision. Prentice Hall. 1979. Brigham. E. North Carolina. Contoh daftar pustaka DAFTAR PUSTAKA Brealy. The Dryden Press International Edition. and Myers. L.Lampiran 4a. Investment Analysis and Management. Financial Management Theory and Practice. Pasar Modal Indonesia: Retrospelksi 5 Tahun Swastanisasi BEJ. “Risk Management When Shares Are Subject to Infrequent Trading”.. Principles of Corporate Finance. 21 . Sixth Edition. Modern Portfolio Theory and Invesment Analysis. Elton.. R. Fifth Edition. 1997. and Gruber. New York. June. McGraw Hill. M. BEJ & Pustaka Sinar Harapan. Inc. Third Edition.

. Kamei. Ogawa.” Industrial Advertising (Sangyo Kokoku). Tokyo. “Dialogue: Exploring Brand Stragey for capital Goods.. NY. and Managaing Brand Equity. Keller. R. 1998. 1998. Vol. Okada. Nonako. M. Tokyo. S. Aoki. (eds). K. 1985. & Suzuki. Y. K. Tamura. 1998. Nihon Keizai Shimbun. H. Managing Brand Equity. Theories of Brand Management. NJ. and Tanaka H. Aaker.L. Measuring. 22 .F. NY. Y. Prentice Hall. New York.. New York. Unpublished Paper submitted to Yoshida Hideo Memorial Foundation. Strategi Brand Management: Building. 30 (4). Upper Saddle River. Free Press.. Free Press.Lampiran 4b. Nikkei Institute of Advertising Research. Katahira. M. (Japanese Translation). Essence of Power Brands (Power Burando No Honshitsu). Research on Global Brand Management. H. 1990. Tanaka. 15-20 Hartley.E. Diamond. D. & Tanaka. pp. Diamond.. Nihon Keizai Shimbun. Y. (Japanese Translated by Doki. Aoki. A. H. & Onodero). Kido. Competitive Advantage (Kyoso Yui No Senryaku).. Iwamura. 1997. Contoh daftar pustaka DAFTAR PUSTAKA Aaker. Yujiro. Nakatuji.. M. 1998. D. Porter. 1992.. 1998. Shori to Haiboku No Kiro. Diamond. Building Strong Brands. 1995. The Knowledge Creating Management: Epistemology of Japanese Companies (Chishiki Sozo No Kelei). Knowledge of Marketing (Marketing No Chishiki). 1991. Akimoto. A. K.

1997. The Free Press. New York. Trout J. pp 22-30 Domingo Rene T. (1991) Allen Mitchell. Reis A. Contoh daftar pustaka DAFTAR PUSTAKA Aaker. Prentice Hall Survey research Lanka. May. 1996 Brand Image Survey of CTC Eagle Insurance Co. 23 . 1991. D.Lampiran 4c. Lynn. 1995 Building Identity. Marketing Business. 1967 Positioning: The battle for Your Mind. “ The Human Touch”. 1997 Quality Means Survival. Managing Brand Equity. McGraw-Hill Upshaw B. New York: John Willey & Sons Inc..

Lampiran 5. Contoh halaman sampul depan DAMPAK PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP VOLUME KEGIATAN PERDAGANGAN SAHAM SEKTOR KEUANGAN DAN NON-KEUANGAN PERIODE 1996 DI BURSA EFEK JAKARTA Tesis untuk memenuhi sebagian persyaratan mencapai derajat Sarjana S-2 Program Studi Magister Manajemen Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Diajukan oleh Sutopo 09/007008/PEK/12345 Kepada FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS GADJAH MADA 2010 24 .

Contoh halaman pengesahan DAMPAK PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP VOLUME KEGIATAN PERDAGANGAN SAHAM SEKTOR KEUANGAN DAN NON-KEUANGAN PERIODE 1996 DI BURSA EFEK JAKARTA Yang dipersiapkan dan disusun oleh Sutopo 09/007008/PEK/12345 Telah dipertahankan di depan Dewan Penguji Pada tanggal 30 Oktober 1985 Dan dinyatakan telah lulus memenuhi syarat Susunan Tim Penguji Pembimbing Utama Anggota Tim Penguji Lain __________________ _________________________ Yogyakarta.Lampiran 6. ____________________ Universitas Gadjah Mada Fakultas Ekonomika dan Bisnis 25 .

26 . sub judul dan lain-lain JUDUL Sub Judul Kalimat pertama sesudah Sub Judul ditulis sebagai alinea baru. Anak sub judul Kalimat pertama sesudah Anak sub judul mulai dengan alinea baru. Sub anak sub judul. Kalimat pertama yang segera menyusul ditulis satu baris di belakang Sub anak sub judul. tetapi yang berfungsi sebagai Sub anak sub judul ditempatkan paling depan dan diberi garis bawah: Sub anak sub judul merupakan suatu kalimat Catatan: Buku petunjuk ini disusun sesuai dengan aturan tersebut di atas.Lampiran 7. Di samping itu Sub anak sub judul dapat juga ditulis berupa kalimat. Contoh penulisan judul.

Nama (nama-nama) penulis (tanpa gelar) dan alamat atau lembaga tempat bekerja ditulis lengkap dan jelas. b) Untuk karangan dalam buku: nama pokok dan inisial pengarang. Gambar dicantumkan pada kerta tersendiri (tidak ditempelkan pada naskah). jilid.). tempat terbit. et al. singkatan nama pertemuan (penyelenggara). waktu. 2. nama penerbit. c) Untuk karangan dalam majalah atau jurnal: nama pokok dan inisial pengarang. di belakangnya ditulis dengan pensil: judul naskah dan penulis serta pembesaran yang dikehendaki. inisial dan nama editor. 5. tahun terbit. nama penulis. judul. Table dan gambar harus diberi judul serta keterangan yang jelas. edisi. jilid (nomor). lembaga b) intisari dan kata kunci (dalam bahasa Inggris). d) Pustaka (untuk bidang kajian khusus dimungkinkan sistematika tersendiri atas persetujuan redaksi. 27 . ludul karangan. judul buku. Nama pokok penulis diberi garis bawah untuk penulisan kepala halaman. Foto berwarna dapat diterima dengan catatan biaya pencetakan ditanggung penulis. Naskah harus berupa hasil penelitian S-2 yang belum dan tidak akan dipublikasikan dalam media cetak lain. singkatan nama majalah. judul karangan. halaman permulaan dan akhir d) Untuk karangan dalam pertemuan: nama pokok dan inisial pengarang. 06. terhadap 152 mutual fund selama periode Desember 1953 – September 1958. tahun. Naskah berupa ketikan asli atau rekaman dalam cakram computer. (4) kesimpulan dan saran. halaman permulaan dan akhir (karangan) nama penerbit. Seperti dikemukakan peneliti terdahulu (Irwin Friend. 07. Sistematika penulisan disusun dengan urutan sebagai berikut: a) judul. c) batang tubuh: (1) pengantar berupa latar belakang. menunjukkan rata-rata presentasi mutual fund tersebut lebih rendah. Judul yang terlalu panjang harus dipecah menjadi judul utama dan anak judul.Lampiran 8. 08. tempat terbitan. tahun. Intisari tidak lebih dari 250 kata dengan disertai 3-5 istilah kunci (key-word). (3) hasil dan pembahasan. 4. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan intisari dalam bahasa Inggris. nama pokok dan inisial pengarang. tahun. 3. (2) cara penelitian. (Untuk ilmu-ilmu sosial dan humaniora dimungkinkan digunakan sistem catatan kaki dengan diberi angka dan tulis pada kertas tersendiri. tempat pertemuan. judul karangan. Judul diusahakan cukup informative dan tidak terlalu panjang. Petunjuk singkat bagi penulis pada Berkala Penelitian Pacasarjana 1. dengan panjang antara 15 sampai dengan 25 halaman ketikan kuarto spasi ganda.. Sitasi kepustakaan dilakukan dengan system nama-tahun contoh: Sharp (1996) …. Daftar pustaka ditulis dengan urutan abjad secara kronologis: a) Untuk buku. masalah dan tinjauan teori.

Hanafi. 1996. UNTAG. Pengujian CAPM di BEJ 1991 – 1995. Yogyakarta Mamduh. Seminar Investasi Reksadana. penulis harus mengikuti cara penulisan yang baku untuk masing-masing bidang keilmuan 10.Contoh: Machmud. Surabaya. 1997.9 Dalam hal tata-nama (nomenklatur) dan tata-istilah. supaya ditulis di bagian akhir naskah dengan menyebutkan secara lengkap: nama. 28 . 0. Dalam hal diperlukan ucapan terima kasih. Hasan Zein. Prinsip Kehati-hatian Dalam Melaksanakan Investasi Reksadana. gelas dan penerima ucapan.

.. ......... dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain...Lampiran 9...... (tanda tangan dan nama terang) 29 ......... Contoh halaman pernyataan PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam tesis ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi... kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka Yogyakarta..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful