Pre-proposal Skripsi

UJI EXPERIMENTAL KOMPOSIT SERAT PISANG DENGAN MATRIKS GETAH PINUS

Diajukan oleh : Dany Kristanto Setiawan 06050014

JURUSAN TEKNIK PENERBANGAN SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ADISUTJIPTO YOGYAKARTA 2011

yaitu bahan komposit partikel (particilate composite) dan bahan komposit serat (fiber composite). Latar Belakang Dalam kehidupan sehari-hari.1 A. bahkan konstruksi ringan seperti tiang dan jendela pun. Secara garis besar bahan komposit terdiri dari dua macam. peralatan elektronik dari televisi hingga telepon genggam. . salah satunya ada pada bagian nose radome. Bahan komposit partikel terdiri dari parikel-partikel yang diikat oleh matriks. termasuk pada dunia penerbangan atau manufakturing pesawat terbang. Banyak barang bisa dengan mudah dibuat dalam skala massal seperti furniture. salah satunya adalah komposit. Dewasa ini penggunaan komposit sudah sangat luas. Yang membedakan komposit dengan bahan paduan atau alloy adalah pada bahan komposit. sehingga sifat-sifat unsur pembentuknya sudah tidak lagi tampak secara nyata. Sedangkan bahan komposit serat terdiri dari serat-serat yang diikat oleh matriks. yakni campuran antara resin/plastik dengan serat kaca. dan banyak dipakai untuk banyak hal adalah fiberglass. Salah satu komposit yang kita kenal di era modern. sifat-sifat unsur pembentuknya masih terlihat jelas sedangkan pada bahan paduan atau alloy penggabungan unsur-unsurya dilakukan secara mikroskopis. banyak dikenal material yang dapat digunakan dalam industri. Temuan komposit modern yang berbahan plastik (sebagai matriks) pada umumnya dipandang sebagai berkah. kini terbuat dari komposit plastik. Judul ” UJI EXPERIMENTAL KOMPOSIT SERAT PISANG DENGAN MATRIKS GETAH PINUS” B. kemasan makanan dan minuman. Sedangkan pada nose radome menggunakan fiberglass sebagai penguatnya dan resin sebagai pengikatnya. Hampir seluruh bagian pesawat banyak menggunakan bahan dari komposit. Jadi keunggulan dari bahan komposit adalah penggabungan sifat-sifat unggul masing-masing unsur pembentunya tersebut. Komposit adalah gabungan dua atau lebih material yang dicampur secara makroskopis.

serat tebu dan serat pisang. Oleh karena itu saatnya kita berfikir untuk memanfaatkan bahan dari alam yang lebih ramah lingkungan yang dapat digunakan untuk kehidupan seharihari diantaranya bahan baku pembuatan komposit. Diantaranya serat alam yang sering digunakan dalam pembuatan komposit alam adalah : serat kelapa. b. sehingga mencemari lingkungan. Kehidupan kita sepertinya tidak bisa lepas dari komposit modern yang pada umumnya bahan dasarnya adalah plastik. Untuk matriks masih banyak menggunakan matriks berbahan baku plastik yaitu epoxy. Komposit dari alam sudah banyak ditemukan tetapi pemanfaatanya hanya sebatas pada seratnya saja. Dengan penelitian ini diharapkan kedepan pemanfaatan komposit alam akan lebih ditingkatkan sehingga ketergantungan kita terhadap bahan baku plastik akan sedikit berkurang. merupakan hasil samping tak langsung dari penyulingan minyak bumi.2 Produk-produk plastik ini menggusur produk-produk tradisional seperti tas dan keranjang dari anyaman (bambu). Panas tingggi juga dibutuhkan untuk membuat komposit ikut menyumbang apa yang kita namakan pemanasan global. Tujuan Penelitian Setiap skripsi yang disusun pada dasarnya memiliki tujuan yang ingin dicapai. gayung dari tempurung kelapa. C. yang antara lain bersumber pada minyak bumi juga. Komposit plastik bersifat petroleum-based. . Pada penelitian ini akan dicoba membuat komposit yang berbahan baku dari alam yaitu dengan menggunakan serat pisang dan matriks dari getah pinus. Bencana lain yang ditimbulkan oleh sampah komposit plastik adalah plastik itu sendiri yang tidak bisa diuraikan. bungkus makanan dari daun pisang. serat rami. Melakukan uji specimen antara lain uji tarik. Adapun tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah: a. Untuk mempelajari bagaimana cara pembuatan specimen dengan bahan baku serat pisang dan matriks getah pinus. Untuk membuatnya kita perlu energi besar. Tetapi hal ini dapat membuat bencana apabila penggunaannya melampaui batas normal.

Metode wawancara (interview) Metode wawancara (interview) adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara bertanya langsung kepada nara sumber . Material komposit yang digunakan adalah serat pisang dan matriks getah pinus. Bagaimana mengalisa hasil pengujian dengan metode eksperimental? E. c. D. Bagaimana cara pembuatan specimen dengan bahan baku serat pisang dan matriks getah pinus? b. Analisis hasil uji dilakukan secara manual. Metodologi penelitian Dalam metode pengumpulan data. Data primer Merupakan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengambil langsung data dari sumber-sumbernya. antara lain uji tarik? c. Batasan Masalah Batasan masalah pada tugas akhir ini adalah : a. Ada beberapa metode diantaranya: a. Pengujian yang digunakan hanya uji tarik untuk mencari Ultimate Tensile Strength. ada beberapa metode pengumpulan data yang digunakan untuk pengambilan data yang akan diteliti antara lain sebagai berikut: 1. b. Proses pelaksanaanya adalah sebagai berikut : a. F.3 c. Menganalisa hasil pengujian dengan metode eksperimental. Bagaimana cara melakukan uji specimen. Rumusan Masalah Dalam skripsi ini dilakukan analisis hasil uji dengan metode experimental pada komposit serat pisang dan matriks getah pinus.

serta terlibat secara langsung dalam kegiatan penelitian. . 2. b. b. Data tersebut dapat berupa buku dan modul-modul untuk melengkapi dan menyempurnakan data-data yang kurang.4 yang memiliki kemampuan dan ahli dalam bidang yang sedang dibahas. Metode multimedia atau internet Merupakan metode pengumpulan data dengan cara mencari sumber-sumber data pelengkap lewat media cetak maupun elektronik. Metode penelitian lapangan Metode pengumpulan data dengan cara pengambilan data langsung di lapangan untuk melakukan pengamatan. Data skunder a. Metode studi pustaka Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mempelajari bahan-bahan yang sudah dalam bentuk tertulis.

5 Mulai Permasalahan yang diteliti: Uji experimental komposit serat pisang dengan matriks getah pinus Pembuatan spesimen Pengujian dengan uji tarik Menganalisis hasil pengujian Kesimpulan dan Saran Selesai Gambar 1.2 Diagram alur penelitian .

SE. Bapak Karseno K. Djarot Wahyu Santoso.6 G. maka Penulis mengajukan usulan dosen pembimbing sebagai berikut adalah : 1. MT 2..S. Dany Kristanto Setiawan .MM Mahasiswa. Bapak Ir. Usulan Dosen Pembimbing Demi lancarnya penulisan skripsi dengan ” UJI EXPERIMENTAL KOMPOSIT SERAT PISANG DENGAN MATRIKS GETAH PINUS”.INZ.