ALAT – ALAT KIMIA

Hudyoro Indreswara
X-9/14

2011

. CORONG PEMISAH Corong pemisah atau Corong pisah adalah peralatan laboratorium yang digunakan dalam ekstraksi cair-cair untuk memisahkan komponen-komponen dalam suatu campuran antara dua fase pelarut dengan densitas berbeda yang takcampur.BURET Buret adalah sebuah berbentuk silinder yang memiliki garis ukur dan sumbat keran pada bagian bawahnya. CAWAN PETRI Cawan Petri atau Telepa Petri adalah sebuah wadah yang bentuknya bundar dan terbuat dari plastik atau kaca yang digunakan untuk membiakkan sel.

Timbangan/neraca dikategorikan kedalam sistem mekanik dan juga elektronik.  Spatula politena atau tanduk. digunakan sebagai sendok untuk mengambil bahan kimia padat. Salah satu contoh timbangan adalah neraca pegas (dinamometer). Spatula yang sering digunakan di laboratorium biologi atau kimia berbentuk sendok kecil. Ada tiga jenis spatula untuk keperluan laboratorium: Spatula yang terbuat dari logam (stainlessteel) digunakan untuk mengambil obyek yang telah diiris untuk sediaan mikroskop. mengaduk dalam .  Spatula nekel adalah spatula yang disepuh dengan nekel. digunakan sebagai sendok kecil untuk mengambil bahan kimia. SPATULA Spatula adalah alat untuk mengambil obyek.TIMBANGAN Timbangan adalah alat yang dipakai melakukan pengukuran massa suatu benda.  Alat ini juga dapat digunakan untuk pembuatan larutan kecuali larutan asam. Neraca pegas adalah timbangan sederhana yang menggunakan pegas sebagai alat untuk menentukan massa benda yang diukurnya. pipih dan bertangkai.

yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa. Voltmeter disusun secara paralel terhadap letak komponen yang diukur dalam rangkaian.VOLTMETER Merupakan alat/perkakas untuk mengukur besar tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik. . Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam. TERMOMETER Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur). Lempengan luar berperan sebagai anoda sedangkan yang di tengah sebagai katoda. ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur. Alat ini terdiri dari tiga buah lempengan tembaga yang terpasang pada sebuah bakelite yang dirangkai dalam sebuah tabung kaca atau plastik.

. GELAS KIMIA Gelas kimia adalah sebagai tempat untuk melarutkan zat yang tidak butuh ketelitian tinggi. PIPET Pipet : alat untuk mengambil cairan dalam jumlah tertentu maupun takaran bebas. bagian tengahnya menggelembung. dengan ujung bulat dan ujung yang lain pipih. Jenisnya : a) Pipet seukuran : digunakan untuk mengambil cairan dalam jumlah tertentu secara tepat.Pengaduk Batang gelas. Berguna untuk mengukur dan memindahkan larutan dengan volume tertentu secara tepat. b) Pipet berukuran : berupa pipa kurus dengan skala di sepanjang dindingnya. misalnya pereaksi/reagen untuk analisa kimia kualitatif atau untuk pembuatan larutan standar sekunder pada analisa titrimetri/volumetri. Panjang 15 cm.

Berguna untuk mengambil cairan dalam skala tetesan kecil. KACA ARLOJI Kaca arloji : terbuat dari kaca bening. Terbuat dari karet yang disertai dengan tanda untuk menyedot cairan (suction). Tempat untuk mengeringkan padatan dalam desikator BOLA HISAP Bola hisap : digunakan untuk membantu proses pengambilan cairan. Cara menggunakannya dengan meletakkan kertas saring ke dalam corong tersebut. terdiri dari berbagai ukuran diameter. Tempat saat menimbang bahan kimia 3.c) Pipet tetes : berupa pipa kecil terbuat dari plastik atau kaca dengan ujung bawahnya meruncing serta ujung atasnya ditutupi karet. Sebagai penutup gelas kimia saat memanaskan sampel 2. mengambil udara (aspirate) dan mengosongkan (empty). . CORONG Corong : terbuat dari plastik atau kaca tahan panas dan memiliki bentuk seperti gelas bertangkai. Fungsi : 1. terdiri dari corong dengan tangkai panjang dan pendek.

.Fungsi : Untuk menyaring campuran kimia dengan gravitasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful