Bab 1

Sejarah Kebudayaan Islam

Standar kompetensi: Memahami sejarah kebudayaan islam

Kompetensi Dasar:  Menjelaskan pengertian kebudayaan islam  Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari kebudayaan Islam  Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam

1

A. PENGERTIAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM Sejarah (Bahasa Arab; Tarikh) adalah pengetahuan atau uraian tentang peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau. Setiap bangsa, bentuk pemerintahan, peninggalan-peninggalan sejarah tentu memiliki asal- usul atau latar belakang masing-masing. Sedangkan kebudayaan berasal dari kata budaya yang berarti pikiran atau akal budi. Kata kebudayaan menunjukkan sesuatu yang dihasilkan oleh pikiran atau akal budi manusia. Dengan demikian kebudayaan memiliki arti hasil kegiatan akal budi atau pemikiran manusia berupa adat istiadat, kepercayaan kesenian, ilmu pengetahuan, benda-benda atau bangunan, dan lain-lain. Dalam arti yang lain, kebudayaan diartikan sebagai peradaban. Sehingga bangsa yang berbudaya sering disebut bangsa yang beradab. Artinya bangsa atau manusia yang memiliki akal budi, etika dan tata krama serta mampu menghasilkan karya yang bermanfaat bagi bangsa atau manusia yang lainnya. Dari uraian diatas tentu kalian terbantu untuk memahami arti sejarah kebudayaan Islam. Yaitu asal- usul atau silsilah dari sesuatu yang dihasilkan dari pemikiran atau akal budi kaum Muslimin yang berhubungan dengan kepercayaan (keyakinan), ilmu pengetahuan, seni, adat istiadat, bentuk pemerintahan, arsitektur bangunan, dan lain-lain. B. TUJUAN DAN MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM Para pemimpin dan umat Islam semenjak kepemimpinan Rasulullah SAW hingga periode berikutnya banyak meninggalkan warisan luhur dan bernilai bagi generasi berikutnya. Warisan yang mereka tinggalkan merupakan karya besar yang telah mereka buktikan dalam pengabdiannya pada agama dan umat manusia. Karya besar mereka terdapat dalam berbagai bidang, antara lain dalam bidang ilmu-ilmu agama, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, arsitektur bangunan, seni dan strategi perang, bidang sosial dan budaya, sampai kepada watak dan kebiasaan mereka yang baik dan perlu untuk diteladani. Diantara tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam adalah untuk mendapatkan informasi dan pemahaman mengenai asal- usul khazanah budaya dan kekayaan dibidang lainnya yang penah dihasilkan oleh umat Islam dimasa lampau dan mengambil ibrah (pelajaran) dari kegiatan tersebut. Adapun diantara manfaat yang dapat dirasakan ketika kita mempelajari sejarah kebudayaan Islam adalah: 1. Merasa bangga dan mencintai kebudayaan Islam yang merupakan buah karya kaum Muslimin masa lalu.

f

2

2. berpartisipasi memelihara peninggalan-peninggalan masa lalu dengan cara mempelajari, menelaah, meneliti, dan mengambil manfaat dari peninggalanpeninggalan tersebut. 3. Meneladani perilaku yang baik dari tokoh-tokoh terdahulu. 4. Mengambil pelajaran dari pelbagai keberhasilan dan kegagalan masa lalu. 5. memupuk semangat dan motivasi untuk meningkatkan prestasi yang telah diraih umat terdahulu. Selain yang tersebut diatas tentu masih banyak lagi manfaat yang bisa kita rasakan setelah mempelajari sejarah kebudayaan Islam.

Analisis
Bentuklah sebuah kelompok dan diskusikan dengan anggota kelompokmu tentang bukti-bukti peninggalan Islam dalam bidang ilmu pengetahuan, seni dan bangunan. Lalu catat hasil diskusimu di buku catatan dan dimpulkan kepada gurumu! C. BENTUK/WUJUD KEBUDAYAAN ISLAM Kebudaan Islam merupakan maha karya tokohtokoh terdahulu dalam berbagai periode, sekarang dapat kita lihat dan identifikasi dalam bentuk buku-buku atau kitab-kitab yang merupakan karya besar ahli ilmu diberbagai bidang. Misalnya dibidang ilmu-ilmu agama, kesastraan, ilmu pengetahuan dan teknologi, kedokteran, ilmu falak, filsafat dan lainnya. Selain itu, wujud dari kebudayaan Islam dapat kita identifikasi dari berbagai bangunan peninggalan Muslim masa lalu.. Misalnya masjid-masjid, istana-istana, sekolah-sekolah, majlis taklim. Bahkan kita juga dapat menyaksikan sebagian peralatan perang. Misalnya pedang, tombak, busur, panah yang pernah dipakai untuk berperang, baik di masa Rasulullah SAW beserta para sahabatnya, di masa Dinasti Bani Umayyah, Abbasiyah, dan dinasti atau kerajaan-kerajaan Islam berikutnya. Contoh Wujud Kebudayaan Islam 1. Dalam Bidang Agama dan Ilmu-ilmu agama a. Al-Qur'anul Karim. Al-Qur'an memang bukan hasil pemikiran manusia, namun penyusunannya seperti yang telah sampai kepada kita saat ini merupakan jasa besar dari Khalifah Umar bin Khattab dan Khalifah Utsman bin Affan yang dibantu oleh tim penyusun mushaf waktu itu. b. Penyempurnaan tulisan Al-Qur'an dengan memberi tanda titik dan harakat oleh ahli tata bahasa Abul Aswad Ad-Dualy yang ditugaskan oleh Khalifah Ali bin Abi Thalib dan disempurnakan di zaman Khalifah Abdul Malik bin Marwan (masa Daulah Umayyah) yang menugaskan seorang ulama Bashrah yang bernama Hasan Al-Bashri pada tahun 91 H/690 M. 3

b. Dalam Bidang Arsitektur/Bangunan-bangunan a. 3. 2. Menara Tughril di Iran. d. Najmul Hikam. Buku tentang obat-obatan karya Abu Zakariya Yuhana bin Masawaih. Masjid Umayyah di Damaskus. Buku tentang teori ilmu bedah dan ortopedi karya Thabib bin Qurra (221 ± 286 H/836 ± 901 M). Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah yang dirawat dan dikembangkan oleh setiap penguasa Kerajaan Saudi Arabia. Al-Muwatta karya Imam Malik. karya Ibnu Sina (370 ± 428 H/980 ± 1038 M). karya Ibnu Sina (370 ± 428 H/980 ± 1038 M). masih banyak karya ulama Muslim dibidang ilmu-ilmu agama. misalnya Tasawwuf. Qira'ah Sab'ah yaitu cara membaca Al-Qur'an yang disandarkan kepada tujuh pendapat ulama. f. Universitas Al-Azhar di Kairo. 2. b. sehingga menjadi kitabkitab hadits yang mudah kita temukan saat ini yang dimulai sejak Dinasti Bani Umayyah masa Kalifah Umar bin Abdul Aziz yang menugaskan para gubernurnya agar menghimpun hadits-hadits dari penghafalnya dan dibukukan dengan berdasarkan kekhawatiran beliau akan banyaknya penghafal hadits yang wafat. 2. g. Dalam bidang fikih. Raudah dan Makam Nabi Muhammad SAW yang berada di dalam Masjid Nabawi. Qadifikasi dan penulisan hadits Rasulullah SAW. Selain yang telah disebutkan diatas. Mabadiul Falasifah. 3. Najat. d. e. Tahafut Falasifah. Masjid Karbala di Irak. dan lain-lain. 3.c. Al-Qanun Fi At-Tibbi. Istana Al-Hamra di Spanyol. 4 . Ihya' 'Ulumuddin karya Imam Ghazali (450 ± 505 H/1055 ± 1011 M). Al-Fiqh Al-Akbar dan Asy-Syurut karya Imam Hanafi. Al-Musiqa. diantaranya: 1. 3. Dalam bidang Filsafat dan Ilmu Pengetahuan a. Mesir. Syiria. i. Safa. Al-Umm karya Imam Syafi'i. Perpustakaan Alexanderia di Mesir. Al-Fara'id. 2. Masjid Qardova di Spanyol. f. Kulliyat. karya Ibnu Rusyd (520 ± 595 H/1126 ± 1201 M). Dalam bidang Filsafat 1. e. h. c. Aqidah. Dalam bidang Kedokteran 1.

peninggalan b. bentuk pemerintahan. kebudayaan c. kehdupan 2. sesuatu yang dihasilkan pikiran atau akal budi manusia disebut «. Kemudian tulislah jawabanmu dibuku kerjamu dengan mencantumkan alamat situs dan judul buku yang kamu gunakan. dan lain-lain. 2. bangunan-bangunan. seni. a. adat istiadat.. silsilah c. 1. a. prilaku b. a. dan lain-lain. ilmuwan b.Intisari Sejarah kebudayaan Islam yaitu asal-usul sesuatu yang dihasilkan oleh pemikiran atau akal budi kaum Muslimin. Berikanlah saran dan kritik dari karya tersebut yang merujuk dari beberapa referensi yang kamu gunakan dengan menggunakan bahasa dan pandanganmu sendiri. yang berhubungan dengan kepercayaan. Evaluasi Materi I. Orang yang berkarya dalam ilmu pengetahuan tertentu yang bermanfaat bagi kepentingan umum disebut «. alat-alat perang. Contoh dari wujud kebudayaan Islam diantaranya buku-buku/kitab-kitab dalam berbagai ilmu pengetahuan yang ditulis para ilmuwan Muslim. kebiasaan d. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar! 1. kebiasaan d. arsitektur bangunan.. Diantara tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam ialah untuk mendapatkan informasi tentang asal-usul budaya yang pernah dihasilkan oleh umat Islam di masa lampau dan mengambil ibrah dari kegiatan tersebut.. Pilihlah salah satu karya dari tokoh tertentu untuk dibuat resensi buku dan usahakan karya yang kamu pilih berbeda dengan temanmu yang lain. pusaka 3. ilmu pengetahuan. Unjuk kerja Cobalah untuk mencari dari pertanyaan dibawah ini dengan menggunakan referensi dari buku-buku dan situs internet. Kata Sejarah atau tarikh memiliki arti «. peneliti 5 .

a. mengetahui pokok-pokok ajaran agama Islam b.. Dinasti Bani Abbas 9. cendekiawan 4. tempat disimpannya benda-benda peninggalan masa lalu yang memiliki nilai sejarah d. Awal kebudayaan Islam dimulai sejak zaman «. a. a. Nabi Muhammad SAW d. guru d. Museum adalah «. memperoleh informasi tentang silsilah peninggalan kaum Muslimin masa lalu d. Contoh wujud kebudayaan Islam dalam bidang arsitektur adalah «. tempat disimpannya benda-benda yang dimiliki oleh raja-raja c. mengetahui silsilah para nabi sejak zaman Nabi Adam AS sampai zaman Nabi Muhammad SAW 7. Untuk mengetahui asal usul atau silsilah bangsa atau Negara tertentu kita harus membaca buku «. sosiologi 6... a.. a. pelajaran agama b. Umar bin Khattab c. Nabi Adam b. kita akan «. tempat disimpannya benda-benda purbakala b. Dinasti Bani Umayyah d. Penulisan Al-Qur'an disempurnakan pada zaman «. Khalifah Utsman bin Affan c.. dongeng-dongeng d. masjid Haram Mekah d. Dengan mempelajari sejarah kebudayaan Islam. Nabi Muhammad SAW b.. Al-Qur'anul Karim 8. mampu membedakan aliran agama yang benar dan yang sesat c. pedang Rasulullah SAW c. kitab Muwatta' Imam Malik b. sejarah c.c. Islam masuk ke Indonesia 5. a. tempat disimpannya benda-benda pusaka 6 .

10. Jelaskan pengertian sejarah kebudayaan Islam! 2. Apakah tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam? 4. a. Dinasti Bani Abbas c. Sebutkan 3 manfaat yang kamu peroleh dalam belajar sejarah kebudayaan Islam! 5. Sebutkan contoh-contoh wujud kebudayaan Islam yang ada di Indonesia dan luar negeri! 7 . Apa perbedaan antara sejarah Islam dan sejarah kebudayaan Islam? Jelaskan! 3. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan benar! 1. Khulafaurrasyidin b. Dinasti Fatimiyah II. Dinasti Bani Umayyah d..Umat Islam pernah mencapai puncak kejaayaan dalam berbagai bidang pada zaman «.

8 .  Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta. kesejahteraan.Bab 2 Sejarah Nabi Muhammad SAW Periode Mekah Standar kompetensi: Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekah Kompetensi Dasar:  Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta. pembawa kedamaian. dan kemajuan masyarakat.  Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekah. dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang. pembawa kedamaian. kesejahteraan.

9 f . Kelahiran Nabi Muhammad SAW Setelah cukup sembilan bulan. Ketika masih dalam perawatan Siti Halimah. lahirlah Nabi Muhammad SAW dengan selamat dirumah ibunya di kampung Bani Hasyim di kota Mekah Al-Mukarromah. Nabi Muhammad tidak disusui oleh ibunya. Nabi Muhammad SAW sering ikut menggembala kambing dengan anak Siti Halimah yang bernama Abdullah.A. Sesampainya dirumah. senin. tetapi disusukan kepada seorang wanita dari dusun Banu Sa'ad yang bernama Siti Halimah yang pandai menyusukan dan merawat bayi. Demikianlah. DAN KEMAJUAN MASYARAKAT 1. PEMBAWA KEDAMAIAN. Abdul Muthallib segera bergegas melihat cucunya dengan perasaan sangat gembira. yaitu bahasa kaum Badawi. Yang menjadi bidan saat beliau dilahirkan adalah Siti Syifa. paman beliau yang kelak menjadi penghalang beliau berdakwah b. Berita kelahiran Nabi Muhammad SAW bin Abdullah membuat senang setiap orang yang mendengarnya. tak terkecuali Abu Lahab. Abdul Muthallib langsung memeluk dan menggendong cucunya lalu membawanya ke ka'bah dan berdo'a memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT. MISI NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI RAHMAT BAGI ALAM SEMESTA. Nabi Muhammad SAW dibawa oleh Siti Halimah ke dusun Banu Sa'ad sampai usia lima tahun. sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan juga agar anak-anak mereka mampu berbicara dengan bahasa asli. Abdul Muthallib. Sejarah singkat Nabi Muhammad SAW Sebelum Menjadi Rasul a. yang lebih bersih udaranya. pada subuh. Ketika mendengar dari utusan Siti Aminah bahwa ia telah melahirkan cucunya seorang laki-laki. Kakek beliau Abdul Muthallib. Telah menjadi kebiasaan bangsawan quraisy waktu itu untuk menyusukan anakanak mereka kepada orang-orang dusun dengan tujuan agar anak hidup dalam suasana yang lain. sedang thawaf keliling ka'bah.a. Beliau pernah mengalami kejadian aneh yang membuat Siti Halimah khawatir akan keselamatan beliau dan membawanya kembali kepada ibunya Siti Aminah. 12 Rabiulawal tahun Fil (gajah) bertepatan dengan tanggal 20 April 571 Masehi. Aminah (ibunda Nabi Muhammad SAW) mengandung dengan tidak mendapat halangan apapun. Masa Kecil Nabi Muhammad SAW Nabi Muhammad SAW dikhitan pada umur tujuh hari dari kelahirannya dan diberi nama Muhammad oleh kakeknya. ibu sahabat Abdurrahman bin Auf r.

Nabi Muhammad SAW diasuh pamannya Abu Thalib. Karena itu pulalah Khadijah binti Khuwailid seorang janda yang kaya raya tertarik agar Muhammad bin Abdullah menjualkan dagangannya ke Syam ditemani Maesaroh. orang kepercayaan Khadijah. namun sayang beliau wafat diusia 80 tahun. beliau lebih sering menyendiri. Injil. dengan perasaan berat hati Abu Thalib membawa Nabi berniaga ke negeri Syam. Diusia remaja beliau terkenal dengan budi luhur dan kemuliaan perangainya. beliau dibawa berziarah kemakam ayahnya kemudian mengunjungi familinya di Madinah. 10 . Hal itulah yang menarik Siti Khadijah untuk melamar Nabi untuk menikahinya ketika Nabi berusia 25 tahun dan siti Khadijah berusia 40 tahun. Rasulullah diasuh kakeknya Abdul Muthallib. Ia lebih senang memikirkan cara meluruskan jalan hidup bangsanya yang gemar berselisih. c. kala itu Nabi Muhammad SAW berusia 8 tahun. Diusia 40 tahun ini Nabi Muhammad SAW lebih sering meninggalkan keluarganya. serta mengawasi anak laki-laki yang dibawanya karena ia bukan anak sembarangan dan kelak akan menjadi imam para rasul dan penutup para nabi Tuhan. Sesampainya di Mekah. yang mencintai dan menyayangi beliau tidak kurang dari sayang dan kecintaan kakeknya kepadanya. senang berzina. pendeta itu menatap beliau dengan pandangan yang dalam. seseorang yang memiliki pengaruh besar di suku Quraisy. mereka bertemu dengan seorang pendeta Nasrani yang bernama Bakhira. Mata pencaharian Nabi didapatkan dari hasil menggembala kambing orang Mekah dengan upah yang tak seberapa. berjudi. Perdagangan Nabi di Syam menghasilkan keuntungan yang banyak karena kejujuran dan keuletannya. merawat. d. Hal itu dikatakan sesuai dengan tanda-tanda pada anak itu dan sesuai dengan apa yang termaktub dengan kitab sucinya. Maesaroh menceritakan kepada Khadijah pengamatannya tentang apa yang dilakukan Nabi ketika berdagang. Namun dalam perjalanan pulang ibunya jatuh sakit dan wafat disebuah desa yang bernama 'Abwa dan dikuburkan disana. Sepeninggal ibunya. Berita tersebut menyebar ke hampir seluruh penjuru Mekah. bermabuk-mabukkan dan membunuh anak perempuannya sendiri. Ketika sampai di kota Basrah. Ia berpesan kepada Abu Thalib untuk menjaga.Dalam pengasuhan ibunya. Pada usia 12 tahun. Abdul Muthallib sangat mencintai cucunya tersebut. saling menumpahkan darah. Ia memilih Goa Hira sebagai tempat berkhalwat. Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi rasul Menjelang usia 40 tahun. Namun beliau terkenal sangat jujur dan bertanggung jawab dalam melaksanakan segala pekerjaan yang diamanatkannya. Ia dijuluki Al-Amin yang artinya yang sangat tepercaya. Nabi Muhammad SAW di usia remaja Setelah kakeknya wafat.

Tanda-tanda tersebut telah termaktub dalam kitab-kitab sebelumnya. Disamping itu beliau melaksanakan ibadah-ibadah yang beliau ketahui dari syari'at para nabi sebelumnya. akhlak (tingkah laku) mereka hampir menyerupai tingkah laku binatang. tumbuhan.. Ajaran yang dibawa beliau melalui Wahyu Allah SWT yang termaktub dalam Al-Qur'an jika diamalkan dengan benar akan mendatangkan rahmat/kebaikan bagi manusia. selanjutnya ingin mencari kebenaran hakiki. moral mereka hancur akibat penyelewengan-penyelewengan aqidah dan kelakuan mereka sendiri. Allah mengangkat Nabi Muhammad SAW sebagai rasul-Nya. kadangkadang pula dilakukan sampai 20 hari 20 malam. dengan tujuan menenangkan jiwa. Perzinaan menyebar luas. hewan. "Gembiralah. Ditengah-tengah keadaan masyarakat seperti itulah. dalam diri Nabi Muhammad SAW sudah terdapat tandatanda bahwa beliau dipersiapkan oleh Allah SWT untuk menjadi rasul-Nya. dan umumnya seluruh manusia dari kesesatan yang selama ini menyelimuti mereka. Beliau diangkat menjadi rasul di tengah-tengah masyarakat Arab yang hampir kehilangan pedoman hidup. Beliau lakukan berkali-kali dan berbulan-bulan lamanya.Nabi mengasingkan diri kadang-kadang sampai 10 hari 10 malam. membunuh anak-anak perempuan mereka sendiri karena merupakan aib bila memiliki anak perempuan. Kebanyakan dari bangsa Arab Mekah pada waktu itu penyembah patungpatung (berhala). Untuk menjalankan misinya menyebarkan agama Islam. Dalam waktu kurang lebih 23 tahun. Kesewenangan terhadap kaum lemah bukan hal yang aneh. 11 . perjudian dan mabuk-mabukan sudah mendarah daging dalam kebiasaan mereka sehari-hari. Masi Nabi Muhammad SAW a. bahkan seluruh alam semesta. Membebaskan masyarakat Arab khususnya. Sebagai Rahmat Bagi Alam Semesta Semenjak kecil. Siapa kuat dia yang berkuasa. Aqidah (keyakinan) mereka sudah menyimpang dari apa yang telah disampaikan oleh nabi-nabi terdahulu. suatu malam beliau didatangi Malaikat Jibril utusan Allah SWT untuk menyampaikan wahyu ±Nya yang pertama kali yaitu Al-Qur'an Surat Al-Alaq ayat 1-5 kepada Nabi Muhammad SAW. menjernihkan pikiran dan menjauhkan pandangan dari kotoran duniawi. yang berbunyi : Peristiwa tersebut sekaligus menjadi awal diangkatnya Nabi Muhammad SAW menjadi rasul Allah SWT dari hadirat-Nya sebagai rahmat bagi alam semesta berdasarkan ucapan Malaikat Jibril. bukan ibadah-abadah yang biasa dilakukan bangsa Arab waktu itu. Ya Muhammad! Saya Jibril dan engkau adalah rasul Allah kepada umat ini!" 2. Setelah enam bulan berkhalwat dan mengasingkan diri di Goa Hira.Nabi Muhammad SAW berhasil membuktikan diri sebagai pemimpin yang membawa rahmat bagi dunia ini.

Adat kebiasaan mereka sehari-hari sangat jauh dari kehidupan bangsa yang beradab. Kemuliaan akhlak Nabi dan kebenaran syari'at yang beliau sebarkan menjadi sebab bersatunya kaum Muhajirin Mekah dan kaum Anshar Madinah. Nabi dan pengikutnya pernah pula diasingkan dan diboikot perekonomiannya. maupun dalam memperlakukan tawanan. Kaum Muslimin menjadi lebih kuat kedudukannya dan lebih maju peradabannya. Pembawa Kemajuan Masyarakat Sebelum Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi rasul menjalankan misi dari Allah SWT. Penduduk Madinah sangat menerima Nabi dan syari'at yang beliau sampaikan. Pembawa Kedamaian Nabi Muhammad SAW tampil dengan kekuatan bimbingan wahyu dari Allah SWT. Seluruh penduduk Mekah tunduk kepada Nabi dikarenakan melihat wibawa Nabi dan kaum Muslimin saat itu. misi beliau dilanjutkan oleh para sahabat (Khulafaur rasyidin) dan penguasa-penguasa Islam berikutnya yang menyebarkan Islamyang penuh rahmat ke berbagai pelosok dunia. kota Mekah dapat ditundukkan tanpa kekuatan senjata. Sebagian besar peperangan yang terjadi dimenangkan kaum Muslimin. yang terjadi justru Nabi memaafkan mereka. Banyak pengikut Nabi yang menjadi korban penyiksaan dan pembunuhan. b. Mereka hidup seperti layaknya saudara kandung. Nabi Muhammad SAW terkenal sebagai orang yang paling baik perlakuannya. tak terkecuali Abu Sufyan. Ancaman yang paling besar adalah persekongkolan penduduk Mekah yang dipimpin oleh Abu Lahab Dan Abu Jahal untuk membunuh Nabi Muhammad SAW. Namun. sangat terbuka peluang bagi Nabi untuk melaksanakan balas dendam terhadap orang-orang yang pernah menyakitinya. Walau mereka memiliki keterampilan dalam berniaga dan kepandaian dalam sastra. penduduk Mekahpun secara berbondong-bondong masuk agama Islam. c. Dengan takluknya kota Mekah. kaum Muslimin banyak mengalami peperangan yang disebabkan mereka mempertahankan diri dari serangan penduduk Mekah yang tidak rela Islam berkembang dan lebih maju di Madinah. seorang tokoh Mekah yang sangat memusuhi beliau. Dalam peperangan. Rintangan dan cobaan datang silih berganti. terutama diawal-awal beliau menjalankan misinya di Mekah. moral mereka hancur akibat penyelewenganpenyelewengan aqidah dan kelakuan mereka sendiri. Mereka menentang keras seruan Tuhan yang disampaikan Nabi Muhammad SAW. mereka tidak memiliki pandangan hidup yang benar.. penduduk Mekah khususnya dan dan bangsa Arab umumnya hidup dalam alam Jahiliyyah. Abu Sufyan menyatakan keislamannya saat itu juga. dan Islam berkembang dengan pesat dan mudah. Aqidah (keyakinan) mereka sudah menyimpang dari apa yang sudah disampaikan oleh nabi-nabi terdahulu. Selama di Madinah. Menjelang akhir misi beliau. Kemudian Nabi dan para sahabat hijrah ke Madinah. akhlak (tingkah laku) hampir menyerupai tingkah laku binatang. Selain penyembah 12 . Yang paling besar justru datang dari kerabat dan kaumnya sendiri.Setelah Nabi Muhammad SAW wafat. sehingga musuhpun mengaguminya.

Kekuatan Islam menyebar dan meluas ke berbagai penjuru dunia. Berakhlak Mulia dan Terpuji Pimpinan adalah suri teladan yang dapat dicontoh bagi yang dipimpinnya. Para ahli ilmu dalam berbagai bidang bermunculan. Romawi dan Persia pun dapat ditaklukkan. Mulai dari keyakinan. Ketika akhlak pemimpinnya baik. Dizaman pemerintahan Khulafaurrasyidin dan dinasti-dinasti Islam berikutnya. lemah lembut. Banyak ibrah (pelajaran) yang bisa kita ambil dari misi Rasulullah SAW tersebut untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu sekitar 13 tahun di Mekah dan 10 tahun di Madinah. MENGAMBIL IBRAH DARI MISI NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI RAHMAT BAGI ALAM SEMESTA. sehingga terkenal dengan sebutan "Muhammad Al. bangsa Arab tampil sebagai bangsa yang diperhitungkan di dunia. penindasan kaum lemah. Dengan diutusnya beliau. berawal dari Mekah dan Madinah.Amin" artinya Muhammad yang dapat dipercaya. kearah bangsa yang beradab dan berfikir maju. pembawa kedamaian dan kemajuan. Mereka telah jauh meninggalkan bangsa Arab. terampil dalam menjaga amanat. DAN KEMAJUAN MASYARAKAT Rasulullah SAW dalam menjalankan misinya dari Allah SWT hanya dalam kurun waktu kurang lebih 23 tahun. Selain karena kebenaran misi yang ia sampaikan. Kemajuan dicapai dalam berbagai bidang.berhala merekapun percaya kepada kekuatan makhluk-makhluk gaib yang dapat memberi kekuatan dan kelemahan kepada mereka. Diantaranya: 1. seni. B. Beliau terkenal dengan kejujurannya . bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang diembannya. Misalnya di bidang agama. sistem perdagangan yang curang. Dibelahan dunia lain. Kekuatan Islam pun mencapai puncak keemasan di zaman Khalifah Abbasiyah di Irak. sopan dalam berkata dan berbuat. kebiasaan-kebiasaan yang buruk. dan sebagainya. PEMBAWA KEDAMAIAN. Akhlak mulia yang beliau miliki merupakan faktor terpenting keberhasilan dakwah beliau. Dalam waktu yang singkat itu beliau telah membuktikan kepada dunia sebagai rasul yang memberi perubahan positif terhadap perkembangan peradaban dunia selanjutnya. Rasulullah SAW sejak kecil terkenal sebagai orang yang baik akhlaknya. filsafat. pemalu. arsitektur. kedokteran. Nabi Muhammad SAW diutus kepada umat manusia dengan kekuatan wahyu Allah SWT dalam al-Qur'an bagaikan obor dalam kegelapan. tanah Arab benar-benar diubah. Dengan bimbingan wahyu dari Allah SWT tampil sebagai sosok yang memberi manfaat dan kebaikan bagi alam semesta. para pengikutnya banyak tertarik untuk memeluk agama Islam karena kemuliaan 13 . niscaya rakyat yang dipimpinnya akan mempunyai akhlak yang terpuji. bangsa Romawi dan Persia tengah menapaki kemajuan diberbagai bidang.

Sejak kecil beliau telah memiliki pandangan bahwa keyakinan penduduk Mekah telah menyimpang dari ajaran nabi-nabi terdahulu yaitu agama tauhid. Walaupun demikian beliau bukan termasuk orang pendendam. beliau tidak rela melihat apalagi melakukan kebiasaankebiasaan yang dilakukan kaumnya waktu itu. dan mengubur bayi perempuan hidup-hidup. dan Segala Bentuk Kemaksiatan Sejak usia kecil. Demikian juga. Semuanya beliau hadapi dengan sabar dan sikap yang tegas. Rasulullah SAW menolaknya dengan tegas dan penuh sopan santun sebagaimana diceritakan dalam al-Qur'an surat al-Kafirun ayat 1-6. Nabi Muhammad SAW banyak mendapatkan ancaman dari orang-orang kafir Mekah maupun orang-orang munafik Madinah. Mencintai Persaudaraan dan Menghindari Permusuhan Dalam menjalankan tugasnya sebagai rasul. Setelah diangkat menjadi Rasul dan menjalankan misinya menyebarkan ajaran tauhid. saling bermusuhan. Walaupun kebanyakan penduduk Mekah penyembah berhala. Siti Aisyah r. mengabdi kepada msyarakat. beliau tidak melakukan balas dendam terhadap penduduk Mekah yang telah nyata menyakiti beliau. beliau mendapat berbagai macam cobaan dan gangguan. Banyak peperangan yang beliau lalui sekadar untuk mempertahankan diri dari serangan orang-orang yang memusuhinya. Seperti minum arak. Rasulullah SAW memaafkan kesalahan mereka dan membiarkan mereka hidup dalam 14 . Demikian juga ketika para pemuka menawarkan kompromi agar orang-orang Mekah saling menyembah Tuhan masing-masing secara bergantian." 4. Rasulullah SAW. 2. sudah mendapat pemeliharaan (maksum) dari Allah SWT. Kemusyrikan. dan untuk membina keluarga beliau. 3. ketika orang-orang yang memusuhinya menampakkan ketidakberdayaan dihadapan beliau. beliau tidak pernah sekalipun melakukannya.a salah seorang istri beliau mengatakan "Akhlak Rasulullah adalah Al-Qur'an". beliau memaafkan kesalahan mereka dan memberinya nasehat. Ketika posisi beliau telah kuat di Madinah dan kota Mekah dapat ditaklukkan. Bersikap Sabar dan Tegas Menolak Kekufuran. Gemar Melakukan Perkara-perkara yang bermanfaat. Sebagaimana pesan beliau kepada umat Islam. Beliau membagi waktu dalam kesehariannya untuk beribadah kepada Allah SWT secara khusus. "Salah satu yang menunjang kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat. berzina. Namun beliau tidak pernah putus asa dalam menjalankan tugasnya. Diantara suri teladan penting yang patut kita ambil dari Rasulullah SAW adalah melakukan perbuatan yang bermanfaat dan meninggalkan perkara-perkara yang tidak bermanfaat.akhlak beliau. Sebagai seorang rasul beliau tidak pernah berbuat dan berkata-kata tentang sesuatu yang kurang apalagi tidak ada manfaaatnya sama sekali.

Isi pokok misi Rasulullah SAW periode Mekah adalah: 1. Beliau pun sering mendamaikan dua belah pihak yang berselisih sehingga rukun kembali. Mencintai Ilmu Pengetahuan Ilmu bagaikan obor yang menerangi hidup manusia. adalah bukti betapa pentingnya peranan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia. . Surat Al-alaq ayat 1-5. memuliakan gambar-gambar. Banyak sekali pesan Rasulullah SAW yang disampaikan kepada umatnya agar senang menuntut ilmu dan mengamalkannya. Janganlah memohon pertolongan selain kepada Allah SWT. batu-batu. 5. 2. Ayat Al-Qur'an yang pertamakali turun kepada beliau. Hendaklah manusia hanya selalu memohon pertolongan hanya kepada Allah SWT semata. Tidak sepatutnya manusia bertuhan kepada berhala-berhala. Itulah salah satu kepribadian Rasulullah SAW yang agung dan sangat baik untuk kita teladani selamanya.suasana yang aman dan tentram. Periode Mekah selama 13 tahun dan periode Madinah selama 10 tahun. Ilmu juga modal utama kemajuan seseorang atau suatu bangsa. baik pesan yang beliau terima dari Allah SWT dalam Al-Qur'an atau pesan yang beliau sampaikan langsung melalui hadits-hadits. Rasulullah SAW dan para sahabat memberikan penghargaan yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan dan orang-orang yang gemar mencari ilmu. Menyeru manusia untuk bertuhan hanya kepada Allah SWT dan tidak menyembah selain kepada-Nya. dan dengan ilmu pulalah kerajaan Islam pernah mencapai puncak kejayaan. karena selain Allah SWT tidak akan mampu mendatangkan keselamatan. dan menganggap ada di antara makhluk-makhluk yang kuasa memberi keselamatan. Orang-orang yang mencintai ilmu dan senantiasa mencari ilmu akan terbuka lebar jalan kemajuan dihadapannya. MENELADANI PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW DAN PARA SAHABAT DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT MEKAH Nabi Muhammad SAW menjalankan misinya sebagai rasul terbagi dua periode. agama Islam berkembang ke berbagai penjuru dunia. Ilmu dapat mempengaruhi dan membentuk pola pikir dan tingkah laku seseorang. 15 C. Dengan ilmu.

bahkan ada yang sampai menghembuskan nafas terakhir karena mempertahankan aqidah mereka. 3. istri Nabi Muhammad SAW. pengajar. kegiatan itu dapat membawa kita kepada kekufuran dan kemaksiatan. dan sebagainya. sangat penting memiliki kepribadian seperti itu. Sebagai harapan dunia Islam. Dari ketiga orang inilah sedikit demi sedikit seruan Nabi menyebar dan bertambah pulalah orang yang beriman diantaranya Utsman bin Affan dan Zubair bin Awwam. petani. 2. Berbagai macam bentuk gangguan yang diterima nabi dan para sahabat. Bersikap Tegas Menolak Kekufuran. dan Walid bin Mughirah. dan dari kalangan anak-anak adalah Ali bin Abi Thalib. Dakwah ini menimbulkan kemarahan para pemuka quraisy. diantaranya dari Abu Lahab dan istrinya yang bernama Ummu Jamil. diantaranya: 1. Dari uraian singkat diatas banyak nilai yang bisa kita teladani dari Rasulullah SAW dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekah. Uqbah bin Mua'ith. Nabi dan sahabat banyak menerima gangguan dan siksaan. 16 . Hendaklah manusia percaya kepada seruan beliau bahwa dialah nabi dan rasul Allah SWT. Sabar dalam Menghadapi Ujian dan Cobaan Sabar bukan berarti diam dan pasrah. Memiliki Akidah (Keyakinan) yang kuat Keyakinan (akidah) yang kuat terhadap ajaran Allah SWT menjadi modal bagi Nabi dan para sahabat untuk tetap bertahan menjalankan syari'at Islam walaupun gangguan dan ancaman datang silih berganti. mereka tetap memiliki prinsip yang kuat dalam menolak berbagai macam bentuk kekufuran dan kemusyrikan. Pada mulanya. Rasulullah SAW memulai dakwah dengan cara sembunyisembunyi. sebab dalam kehidupan sehari-hari.3. Sabar berarti memiliki keteguhan jiwa dalam mencari solusi setiap permasalah yang dihadapi. Abu Jahal. Kemusyrikan. dan Kemaksiatan Sifat Nabi SAW dan para sahabat walaupun lemah lembut dalam berkata dan bersikap juga saling mengasihi antara mereka. Dan orang yang pertama kali masuk Islam dari kalangan wanita adalah Khadijah Al-Kubra. Selanjutnya beliau mendapat perintah Allah SWT untuk berdakwah untuk menyeru manusia dengan cara terang-terangan. Jika tidak hati-hati. hendaklah mengikuti seruan beliau karena seruannya itulah yang dapat mendatangkan kebahagiaan dunia dan akhirat. demikian juga seoarang pedagang. Seorang murid jika tidak sabar dalam menuntut ilmu maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Dakwah Rasul selama 13 tahun di Mekah lebih difokuskan kepada penanaman akidah dan pemberantasan praktik-praktik kekufuran. Memiliki kesabaran dalam setiap keadaan menjadi syarat mutlak keberhasilan seseorang dalam menggapai cita-citanya. dan kalangan laki-laki adalah Abu Bakar Ash-shiddiq. kita dihadapkan pada berbagai macam bentuk kegiatan.

Nabi Muhammad SAW dilahirkan ditengah-tengah masyarakat Arab yang hampir kehilangan pegangan hidup. Mereka yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas dan pekerjaannya mereka itulah yang memiliki prestasi tinggi. Analisis Diskusikan dengan lima atau enam orang temanmu tentang akhlak Rasullah SAW. 17 . Hal ini dikarenakan rasa tanggung jawab Rasulullah SAW terhadap misi yang diembannya. pembawa kedamaian. mengubur anak perempuan mereka hidup-hidup. moral dan tingkah laku mereka rusak. kemudian laporkan hasil diskusimu secara tertulis kepada bapak/ibu gurumu! Intisari Nabi Muhammad SAW dilahirkan di Mekah hari Senin 12 Rabiulawal tahun Gajah bertepatan dengan tanggal 21 April 571 Masehi dalam keadaan Yatim. Sifat ini sangat penting untuk kita teladani.4. sering mabuk-mabukan dan senang berjudi. Mereka menyembah berhala. dimana mereka akan secara maksimal menyelesaikan tugas atau pekerjaan mereka. Nabi Muhammad SAW telah membawa Kemajuan besar bagi bangsa Arab khususnya dan manusia pada umumnya diberbagai aspek kehidupan. Memiliki Rasa Tanggung Jawab terhadap Tugas/Amanat Gangguan dan ancaman dari masyarakat Mekah terhadap Rasulullah dan para sahabat tidak menyurutkan tekad mereka dalam menegakkan agama Allah SWT. Akidah mereka menyimpang. Melalui misi yang dijalankannya kurang lebih 23 tahun. Misi Nabi Muhammad SAW di dunia ini sebagai rahmat Allah SWT bagi alam semesta. dan kemajuan bagi masyarakat. Misi utama Nabi Muhammad SAW di Mekah adalah meluruskan akidah manusia agar tidak menyembah dan meminta pertolongan kecuali hanya kepada Allah SWT dan untuk percaya bahwa beliau adalah rasul Allah SWT.

Jahiliyah c. a. Kisah Nabi Muhammad SAW berkhalwat di Gua Hira sampai turunnya wahyu yang pertama dan dampak positif dari turunnya wahyu tersebut bagi peradaban manusia hingga masa kini. Keadaan bangsa Arab Mekah sebelum Nabi Muhammad SAW disebut«. Tuliskan alamat situs atau judul buku yang kamu gunakan! 1. Quraisy b. 2. Orang yang pertama kali membenarkan kerasulan adalah «. Nabi Muhammad SAW berasal dari suku«. Sebutkan dan jelaskan mengenai peran para sahabat Nabi dalam penyebaran ajaran Islam! 5. Arab b. Abu Bakar b. Bani Sa'ad d. Siti Khadijah 18 Nabi Muhammad SAW .. Carilah referensi dari buku-buku sejarah atau situs-situs internet. 3. a. Sebab-sebab tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW disebut tahun fil (Gajah). Ali bin Abi Thalib c. Jelaskan secara singkat fase-fase dan mulai diangkatnya Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul dan rintangan apa saja yang dihadapinya sampai penduduk Mekah berbondong-bondong memeluk agama Islam dalam peristiwa Fathu Makkah! 4. Quraisy 3. a..Unjuk kerja Berlatihlah menulis dengan menceritakan peristiwa-peristiwa berikut ini. Mekah c. Salafiyah 2. Sebutkan apa saja yang dapat kamu teladani dari sifat-sifat Nabi dan para sahabatnya dalam menyebarkan dan mempertahankan ajaran dan akidah Islam! Evaluasi Materi I. Arabiyah d. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar! 1.

hidup damai dan bertoleransi dalam bidang akidah 6.d. a. a. membebaskan hamba sahaya b. perintah untuk menolak berhala d. kesabaran yang luar biasa b. a. saling menghargai. Dengan ikatan tauhid umat Islam hidup rukun. kemajuan b. a.. hilangnya kebiasaan masyarakat Arab yang suka mengubur anak perempuan dalam keadaan hidup c. Akhlak mulia yang ditunjukkan dalam peristiwa Fathu Makkah adalah «. adanya perayaan maulid nabi setiap tahun d. perintah untuk berdakwah c. tidak menyembah kecuali kepada Allah SWT b. keberuntungan 8. Berikut ini suri teladan yang dapat kita ambil dari pribadi Rasulullah SAW dalam perjuangannya menghadapi masyarakat Mekah. manusia yang masuk Islam dijamin masuk surga b. kerja keras dan sungguh-sungguh c. Salah satu contoh misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta adalah «.. pemaaf dan tidak memiliki sifat dendam 9. memohon pertolongan hanya kepada Allah SWT c. kedamaian c. Berikut ini pokok-pokok seruan Nabi kepada masyarakat Mekah. meyakini bahwa Muhammad adalah Nabi dan utusan Allah SWT d. kecuali «. memaafkan orang-orang Mekah yang telah menganiaya beliau d. menggunakan segala cara dalam berjuang d. kecuali «. perintah untuk membaca 5. dan saling menolong. Umar bin Khattab 4. kesejahteraan d. Keadaan ini membuktikan bahwa misi nabi Muhammad SAW membawa «. perintah untuk menunaikan shalat b. a.. a.. Perintah Allah SWT yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW melalui wahyu pertama yang diturunkan adalah «. terwujudnya Negara-negara Islam di Timur Tengah 7.. mengunjungi Masjidil Haram dan memuliakannya c.. memberi santunan berupa makanan bagi orang-orang yang tidak mampu 19 .

tegas dalam menolak kekufuran c. sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan d.. tidak toleran terhadap keyakinan orang lain b. a. Sebutkan tiga contoh kebiasaan buruk masyarakat Arab Mekah sebelum masa kerasulan Nabi Muhammad SAW! 2. Nabi Muhammad SAW pernah menolak ajakan orang-orang kafir untuk saling menyembah tuhan masing-masing secara bergantian. berani melawan serangan orang kafir II. Sebutkan tiga pokok seruan nabi kepada masyarakat Mekah! 3. Kerjakan soal-soal berikut dengan singkat dan benar! 1.10. nabi memiliki sikap «. Jelaskan dua akhlak mulia Rasulullah SAW dan kaum Mukminin pada peristiwa Fathu Makkah! 5. Apa yang dimaksud dengan Fathu Makkah? 4. Sebutkan beberapa peranan misi Nabi Muhammad SAW bagi umat manusia! 20 .

 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW di Madinah dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang.Bab 3 Sejarah Nabi Muhammad SAW Periode Madinah Standar kompetensi: Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah Kompetensi Dasar:  Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan. 21 .  Meneladani semangat perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat di Madinah.

Dari keenam orang inilah mereka seruan nabi disebarluaskan dikota Madinah. Rasulullah SAW kembali bertemu dengan 75 orang dari Madinah di tempat yang sama. Kaum Quraisy semakin meningkatkan gangguannya pada kaum Muslimin. Dalam pertemuan ini mereka kembali Nabi membai'at mereka. Mereka mengalami kesulitan dan kesengsaraan dari kaum Musyrikin Quraisy yang telah mengetahui bahwa Nabi telah membuat perjanjian dengan golongan Aus dan Khajraj Madinah untuk saling menolong dan untuk mendukung misi Nabi Muhammad SAW. Dalam pertemuan ini Nabi membai'at (mengambil janji) mereka untuk melaksanakan beberapa perkara yang merupakan ajaran pokok dalam agama Islam. Hijrah Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dari Mekah ke Madinah Pada tahun ke-11 dari kenabian. Setiap hari. 22 f . kecuali Abu Bakar dan Ali bin Abi Thalib serta ahli bait (keluarga nabi). beliau membacakan kepada mereka beberapa ayat Al-Qur'an dan menyeru mereka untuk masuk Islam. Sekembalinya orang-orang yang telah dibai'at oleh Nabi ke Madinah. Pada tahun ke-13 dari kenabian. Setelah bercakapcakap. maka pada bulan Rabiulawwal. Setelah turun perintah hijrah kepada beliau. Rasulullah SAW meninggalkan rumah dan tanah kelahirannya yang sangat ia cintai untuk berhijrah ke kota Madinah setelah beliau lolos dari upaya pembunuhan yang telah direncanakan dengan matang oleh para pembesar Quraisy. atau disebut Bai'at Al-Aqabah Al-Kubra". Tetapi kaum Muslimin yang berada di Mekah semakin menderita. Oleh karena itu beliau memerintahkan sahabat-sahabatnya untuk berhijrah ke Yatsrib. makin hari makin banyak penduduk Madinah yang memeluk agama Islam. Rasulullah SAW bertemu dengan 6 orang dari kota Yatsrib (Madinah). beliau minta ditemani oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq dan seorang penunjuk jalan. SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW DALAM MEMBANGUN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN EKONOMI DAN PERDAGANGAN 1. Pada tahun berikutnya lima orang dari mereka datang kembali dan bertemu Nabi di Mekah yaitu di bukit Aqabah sebagaimana pertemuan mereka tahun lalu.A. mereka menyatakan masuk Islam. Nabi terus menerus mendapatkan berita tentang penyiksaan orang-orang Quraisy terhadap sahabat-sahabatnya baik laki-laki maupun perempuan. Dalam sejarah Islam disebut dengan "Bai'at Aqabah Assaniyah". Tak satupun seruan Nabi yang mereka tolak. Dalam perjalanan hijrah. di bukit Aqabah daerah Mina.

3. dan sosial budaya khusus dalam bidang ekonomi. Mereka rela menyediakan tempat tinggal dan memberi makan. Sebagai pengemban misi dari Allah SWT. Untuk lebih menguatkan kaum Muslimin. mempersaudarakan antara Muhajirin dan Anshar dan melalui kerja sama ekonomi. Sesungguhnya. 2. Usaha-usaha Rasulullah SAW dalam membangun masyarakat Madinah melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.Peristiwa hijrah Nabi. usaha-usaha yang dijalankan oleh Nabi. Setelah mereka memeluk agama Islam. tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. adalah a. Untuk meningkatkan taraf ekonomi kaum Muhajirin. suatu waktu Rasulullah mengumpulkan mereka dan menyampaikan pesannya tentang pentingnya persaudaraan dalam agama Allah SWT. Walaupun hijrah tidak terjadi di bulan Muharram. Usaha Nabi yang lain. permusuhan antara mereka hilang dengan sendirinya. Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. ekonomi. yang pada fase-fase awal hidup di Madinah mengandalkan bantuan kaum Anshar yang sebagian besar 23 . sesuai dengan sarana dan keadaan pada waktu itu. Mereka hidup tolong menolong dan saling menghargai. yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman ). Kaum Anshar benar-benar ikhlas menerima kedatangan kaum Muhajirin. dengan adanya persatuan dan persaudaraan yang begitu hebat dan mengagumkan. Meningkatkan mutu pertanian dengan cara memperluas lahan pertanian dan meningkatkan fasilitas pendukungnya. militer. Tetapi nabi lebih memilih tinggal di rumah Abu Ayyub di kampung Bani Malik An-Najar. dizaman Khalifah Umar bin Khattab dijadikan titik awal dimulainya kalender Islam. dalam membina persatuan kaum Anshar dan Muhajirin diantaranya melalui pernikahan. Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi niscaya kamu tidak akan mempersatukan hati mereka. Maka sejak itu persaudaraan antara Muhajirin dan Anshar semakin kuat. Persatuan kaum Anshar dan kaum Muhajirin di Madinah Sesampainya di Madinah. tapi hijrah dipandang sebagai kejadian yang paling berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan Islam di masa berikutnya. semakin tampaklah kemajuan Islam di Madinah. Banyak sekali orang kaya penduduk asli Madinah yang menawarkan tempat tinggal pada Nabi. ". penduduk Madinah dan beberapa orang Mekah yang telah menetap di Madinah menyambut kedatangan Nabi SAW dengan sangat meriah. Allah SWT menjelaskan dalam Al-Qur'an peranan aqidah dan keimanan yang menyatukan mereka dalam surat Al-Anfal ayat 63 : " Dan. yang menjadi bulan pertama. nabi Muhammda SAW tidak hanya menata para pengikutnya dari sisi aqidah dan akhlak tetapi beliau juga melakukan penataan masyarakat dalam bidang politik. Persaudaraan mereka kokoh dalam ikatan agama Allah terutama antara kaum Aus dan Khazraj yang telah berabad-abad saling bermusuhan.

sebagian yang lain untuk pembangunan sarana. dan sebagainya. Yang jelas. dan zakat yang harus dikeluarkan. seluruh pendukung ekonomi berikut sistem yang menatanya diatur oleh Rasulullah SAW sebaik mungkin untuk memberikan kesejahteraan bagi semua elemen masyarakat. Nabi Muhammad SAW menghendaki agar kaum Muslimin memiliki pasar tersendiri yang didalamnya diterapkan aturanaturan ekonomi yang islami. Maka atas inisiatif Nabi. diatur sedemikian rupa untuk meningkatkan taraf hidup kaum Muslimin. kaum Muhajirin khususnya. Membangun pasar yang islami Pada awalnya. d. c. Nabi pun melarang para tengkulak untuk mencegat para petani yang hendak menjual hasil pertaniannya di pasar. dan sebagainya. dengan cara memanfaatkan tanah-tanah hadiah orang-orang Madinah dan tanah-tanah orang Yahudi Khaibar. ataupun untuk dana cadangan. dibangunlah sistem irigasi (pengairan) yang diambil dari danau Mahzur dan Mudainib. Tetapi setelah Yahudi melanggar berbagai kesepakatan. yang berhasil ditaklukkan pada perang Khaibar untuk digarap bersama-sama. menipu. melarang muzabanah. dapat memenuhi hajat hidupnya dengan memberdayakan harta rampasan tersebut. riba. Dana-dana semacam ini.sebagai petani dan peternak. sebagaimana disebutkan di atas. Baik yang digunakan untuk modal berdagang atau yang lainnya. b. kaum Muslimin dalam melaksanakan kegiatan ekonominya bersatu dalam satu pasar dengan orang-orang Yahudi. Sejak penaklukkan Khaibar. maka ia wajib zakat atas harta yang dimilikinya. Para pelaku ekonomi dilarang untuk berbuat curang. Bagi kaum Muslimin yang sudah mencapai syarat wajib zakat saat itu. Memamfaatkan harta-harta rampasan perang (ganimah) untuk kesejahteraan rakyat. Sewaktu-waktu Nabi memeriksa setiap barang dagangan. Selain itu ditetapkan pula tata cara penggunaan lahan. Memberdayakan harta zakat. yaitu jual beli kurma dengan cara menyamaratakan harga kurma basah dan kering. berbohong. Inisiatif ini didukung oleh tokoh Yahudi yang bernama Ka'ab Ashraf yang menyerahkan tanahnya kepada Nabi untuk dijadikan pasar bagi kaum Muslimin. e. sistem bagi hasil antara pemilik tanah dan penggarap. 24 . Semua harta yang bersumber dari zakat kaum Muslimin tersebut telah menjadi kekuatan tersendiri bagi kesejahteraan kaum Muslimin saat itu. Memberdayakan harta jizyah (dana yang diberikan oleh penduduk yang daerahnya telah ditaklukkan). Sebagian dijadikan permodalan usaha untuk merangsang pertumbuhan ekonomi kerakyaatan.

keadilan dan kejujuran. dan dari sana pulalah Islam menyebar keseluruh penjuru dunia sebagai rahmat Allah SWT bagi hamba-hambaNya. Teladan yang dapat kita ikuti dari apa yang telah Rasulullah SAW dan para sahabat lakukan di Madinah. B. keadaan kaum Muslimin di Madinah jauh lebih baik dibandingkan keadaan mereka sebelumnya saat di Mekah. Dalam menjalankan kegiaatan ekonomi. perlu diperhatikan aspek untuk menyejahterakan kehidupan bersama. 4. Demikian pula taraf hidup dan kemampuan ekonomi kaum Muhajirin khususnya yang sudah menetap di Madinah semakin meningkat. 3. yang bersandarkan kepada Allah SWT. Sehingga sektor ini merupakan prioritas yang sangat diperhatikan dan dikelola dengan baik oleh Rasulullah SAW terutama untuk kelanjutan hidup kaum Muhajirin dan kaum Muslimin pada umumnya. . tidak pernah putus asa dalam bekerja untuk menegakkan agama Allah SWT. 2. 25 C. MENELADANI SEMANGAT PERJUANGAN NABI DAN PARA SAHABAT DI MADINAH Keberhasilan Rasulullah SAW dan para sahabat yang berhijrah dari Mekah ke Madinah dalam menegakkan dan menyebarkan syiar Islam telah menjadi bukti semangat dan kecintaan mereka terhadap agama Allah SWT. Setelah peristiwa hijrah. Memiliki keyakinan yang kuat akan datangnya pertolongan Allah SWT Orang yang memiliki keyakinan yang kuat bahwa Allah SWT akan memberikan pertolonganNya kepada siapa yang akan dikehendakiNya. Ajaran Islam menuntut pada umatnya agar mampu hidup mandiri. Antara lain sebagai berikut: 1. Itulah yang ada dalam keyakinan Rasulullah SAW dan para sahabat.PELAJARAN YANG DAPAT DIAMBIL DARI USAHA NABI MEMBANGUN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN EKONOMI DAN PERDAGANGAN. Dari Madinahlah bendera Islam berkibar. Ekonomi merupakan sektor sangat penting dalam menopang kehidupan manusia. Dari sini kita dapat mengambil ibrah (pelajaran) dari usaha-usaha Nabi dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan. di antaranya: 1. Para pemeluk agama Islam semakin hari semakin bertambah. Keyakinan sepeti itu penting untuk kita miliki dalam melakukan satiap aktifitas. Mereka beangsur-angsur dapat hidup mandiri bahkan layak berkat penataan kegiatan ekonomi dan perdagangan yang langsung dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW. Tidak menjadi beban orang lain. Usaha-usaha di bidang perekonomian yang telah dijalankan oleh Rasulullah SAW di Madinah menjadi bekal untuk para pemimpin Islam setelah beliau mengelola perekonomian Negara Islam. bahkan dapat membantu orang lain yang membutuhkan dengan jalan memberdayakan seluruh potensi ekonomi yang tersedia disekitarnya.

melalui hubungan persaudaraan dan perkawinan. 3. Tolong menolong dalam kebaikan dan kebenaran Tolong menolong adalah pesan Allah SWT yang amat penting kepada umat manusia. orang lain akan menghargai dan menghormati kita. memberdayakan harta jizyah.2. Kaum Muslimin Mekah yang berhujrah ke Madinah disebut kaum Muhajirin sedangkan kaum Musllimin Madinah disebut kaum Anshar. cerdas dan sunggguh-sungguh dalam menggapai cita-cita Dalam memperoleh sesuatu yang dicita-citakan dalam hidup ini diperlukan kesungguhan dan kerja keras. yang kuat dan yang lemah. orang lain akan menyukai dan percaya kepada kita. harta zakat. Rasulullah SAW pernah mengambil sumpah setia dan loyalitas beberapa utusan dari Madinah terhadap Rasulullah SAW dan ajaran Islam di bukit Aqabah. 26 . Kita dituntut cerdas dalam memilih jalan usaha yang akan ditempuh. Usaha-usaha yang dilakukan Nabi dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan diantaranya dengan meningkatkan mutu dan memperluas lahan pertanian. Itulah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat. Manusia adalah makhluk yang tidak mungkin mampu memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa saling menolong satu dengan yang lain. Kita akan memetik buah dari perbuatan yang kita lakukan. Jika kita berbuat adil. mereka terkenal dengan kejujuran dan keadilannya dalam setiap perkara. Intisari Pad tahun ke-13 kerasulan Rasulullah SAW hijrah dari Mekah ke Madinah. Menjelang hijrah. juga melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan. Antara yang kaya dengan yang miskin. Jika jujur. Perbuatan jujur dan adil menguntungkan Apa yang kita lakukan/perbuat hasilnya akan lebih banyak kembali pada kita. dan harta rampasan perang. yang berilmu dengan yang awam. Nabi berhasil mempersatukan kaum Muhajirin dan Anshar dengan ikatan akidah Islam. Kejadian tersebut disebut Bai'at Aqabah. Kita juga dituntut untuk bersabar dan mampu melampaui berbagai macam tantangan dan gangguan 4. Peristiwa hijrah tersebut didasari atas perintah Allah SWT dan demi perkembangan Islam untuk masa berikutnya. Kerja keras. dan lain sebagainya.

a.. Kemudian tulislah jawabanmu di buku tugasmu dengan mencantumkan alamat situs dan judul buku yang kamu gunakan. Sebutkan dan jelaskan usaha-usaha apa saja yang dilakukan oleh Nabi dalam menyejahterakan kaumnya! Evaluasi Materi I. a. 11 dari kerasulan 2. Ali bin Abi Thalib c. Umar bin Khattab 27 . Berikanlah gambaran mengenai Bai'at Aqabah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. 571 Masehi b. Bai'at Mekah d. Piagam Madinah c. a. Perjanjian antara Nabi dan beberapa orang dari Madinah sebelum peristiwa hijrah disebut «. Bai'at Hudaibiyah b.Analisis Buatlah sebuah kelompok dan cobalah untuk membuat makalah minimal 2 lembar! Paparkan hasil analisismu mengenai sebab-sebab keberhasilan Nabi Muhammad SAW dalam memimpin masyarakat Muslim di Madinah. Sebutkan apa saja yang dilakukan Nabi dalam mempersatukan kaum Muhajirin dan kaum Anshar! 3. Utsman bin Affan d. dan jelaskan apa sajakah yang melatarbelakanginya! 2. Kalender Islam ditetapkan dizaman khalifah «.. di depan teman-temanmu! Carilah referensi dari buku-buku sejarah Islam atau situs-situs internet! Unjuk kerja Cobalah untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan menggunakan referensi dari buku-buku dan situs-situs internet. Berilah tanda silang (X)pada jawaban yang benar! 1. Bai'at Aqabah 3. 13 dari kerasulan d. Peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah terjadi pada tahun «. 1. 611 Masehi c. Abu Bakar b.

. orang Yahudi terlalu pandai berdagang c. ikatan persaudaraan d. a. salah satunya. membuat alat pertanian yang berteknologi tinggi 7. melalui jalur persaudaraan c. harta rampasan perang b. membuat irigasi yang teratur d. Usaha Nabi dalam menyatukan kaum Anshar dan Muhajirin. melalui jalur pernikahan b. a. a. ikatan perkawinan 8. menggunakan pupuk kandang c. harta temuan yang dikelola oleh pejabat Negara d. harta zakat yang dikelola dengan benar 28 . ikatan akidah/keimanan c. hijrah merupakan cara untuk menghindari kemaksiatan 5. a..4. melalui jalur kerjasama ekonomi d. kaum Mukminin jarang memperoleh keuntungan 9. merampas tanah-tanah orang Yahudi b. kecuali «. Peristiwa hijrah Nabi ke Madinah dijadikan awal/titik tolak tahun Islam. karena «. orang-orang Yahudi banyak melanggar perjanjian yang telah disepakati dengan Rasulullah SAW d. a. orang Yahudi adalah kafir b. Untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan. ikatan kekeluargaan b. harta yang diterima dari penduduk yang daerahnya ditaklukkan penduduk/bangsa lain c... Nabi memberdayakan Ganimah artinya «. a. hijrah dipandang sebagai kejadian yang paling berpengaruh terhadap kemajuan Islam periode berikutnya c. melalui peperangan 6. Ikatan yang paling kuat dalam mempersatuan kaum Muhajirin dan Anshar adalah «. perintah dari Nabi b.. Inisiatif Rasulullah SAW untuk memindahkan pasar orang-orang mukmin dari pasar orang-orang Yahudi disebabkan karena «. Salah satu usaha Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam upaya meningkatkan hasil pertanian adalah «. Nabi disambut dan dimuliakan oleh masyarakat Madinah d.

III. menjual barang-barang yang mewah d. 5. 7. dan kaum Anshar adalah «.. Nama kota Madinah sebelumnya adalah «. Jelaskan macam-macam kerjasama yang dibangun antara kaum Anshar dan Muhajirin dalam kegiatan ekonomi! 3. 9. kerjasama antara pemilik modal dan yang menjalankan usaha II. 10. Al-Qur'an Surah Al-Anfal ayat 63 menyatakan tentang peranan «. 6.. Sebutkan usaha-usaha Nabi dan kaum Muslimin dalam meningkatkan hasil pertanian Madinah! 4. Yang dimaksud dengan ganimah adalah «. Terangkan tiga hikmah yang dapat kamu ambil dari semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah! 29 .. Salah satu kecurangan dalam berdagang yang dilarang oleh Nabi adalah «. 3. Pengairan lahan pertanian Madinah berasal dari danau «.. Nabi Ayyub adalah seorang «. 8..10.. Salah satu dampak yang baik bagi kaum Muhajirin dari kepemimpinan yang baik dari Rasulullah SAW dalam bidang ekonomi adalah «. Isilah titik-titik di bawah ini! 1. 2. Teladan yang dapat kita ambil dari persatuan orang Anshar dan Muhajirin adalah «. dalam menyatukan hati kaum Mukminin. dan «.. memberi barang tidak dengan tunai c. Sebutkan usaha-usaha Nabi dalam mempersatukan kaum Muhajirin dan Anshar! 2. mencampur barang dagangan yang bagus dengan yang jelek b. Manfaat kejujuran bagi pelaku ekonomi adalah «. Kerjakan soal-soal berikut dengan singkat dan benar! 1. Yang dimaksud dengan kaum Muhajirin adalah ««. 4... Yang paling ditekankan oleh Nabi kepada sahabatnya dalam berdagang harus berlaku «.... a. Sebutkan tiga ciri kegiatan ekonomi yang islami! 5.

Nabi Muhammad SAW b. Islam masuk ke Indonesia 1 2. Nabi Adam AS b. Awal kebudayaan Islam dimulai sejak zaman «. Dinasti Bani Abbas 30 . Penulisan Al-Qur'an disempurnakan pada zaman «. a. Dengan mempelajari sejarah kebudayaan Islam. memperoleh informasi tentang silsilah peninggalan kaum Muslimin masa lalu d. a. mampu membedakan aliran agama yang benar dan yang sesat c.a c. sosiologi 3. Al-Qur'anul Karim 5. Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang benar! 1. Contoh wujud kebudayaan Islam dalam bidang kedokteran adalah «..Soal-soal Latihan ULANGAN SEMESTER I. Khalifah Utsman bin Affan c. Untuk mengetahui asal usul atau silsilah bangsa atau Negara tertentu kita harus membaca buku «. pelajaran agama b. a. kitab Al-Muwatta' Imam Malik b. buku Al-Qanun Ibnu Sina d. Nabi Muhammad SAW d.. dongeng-dongeng d. pedang Rasulullah SAW c. a. Dinasti Bani Umayah d. kita akan «.. mengetahui silsilah para nabi sejak zaman Nabi Adam sampai zaman Nabi Muhammad SAW 4. mengetahui pokok-pokok ajaran agama Islam b.. a. Umar bin Khattab r. sejarah c.

memaafkan orang-orang Mekah yang telah menganiaya beliau d. a. meyakini bahwa Muhammad SAW adalah Nabi dan utusan Allah SWT 7. Strategi dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah adalah «. dari bangsa yang sama d. menggunakan jalur perdagangan 8.6. langsung menghimpun massa b. a. tidak toleran terhadap orang lain b.. a.. Berikut ini suri teladan yang dapat kita ambil dari pribadi Rasulullah SAW dalam perjuangannya menghadapi masyarakat Mekah. menggunakan kekuasaan dan kekayaan keluarga c. memberi santunan berupa makanan bagi orang-orang yang tidak mampu 11. terkadang keras terkadang lemah lembut 12. Surat Al-Kafirun menegaskan sikap Islam yang «. Berikut ini pokok-pokok seruan Nabi kepada masyarakat Mekah. tegas dalam menolak kekufuran c. kecuali «. a... a. sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan d. saling menghargai. manusia harus berpuasa Ramadhan d. Akhlak mulia yang ditunjukkan Nabi dalam peristiwa Fathu Makkah adalah «. pemaaf dan tidak memiliki sifat dendam 10.. kerja keras dan sungguh-sungguh c. bersaudara kandung b. memuliakan kaum Muslimin c. mendekati keluarga dekat baru masyarakat luas d.. karena «. Peristiwa hijrah Nabi ke Madinah dijadikan awal/titik tolak tahun Islam. membebaskan hamba sahaya b. perintah dari Nabi 31 . a.. beriman pada Tuhan Yang Esa 9. Dengan ikatan tauhid umat Islam hidup rukun. a. dan saling menolong. memohon pertolongan hanya kepada Allah SWT c. kesabaran yang luar biasa b. kecuali «. tidak menyembah kecuali kepada Allah SWT b. Ikatan tauhid adalah ikatan antara orang-orang yang «. menggunakan segala cara dalam berjuang d. beriman pada nabi dan rasul yang sama c.

Harta yang diterima dari penduduk yang daerahnya ditaklukkan penduduk/bangsa lain c. ikatan kekeluargaan b. a. Harta zakat yang dikelola dengan benar 18. Nabi disambut dan dimuliakan oleh masyarakat Madinah d. salah satunya.b.. Inisiatif Rasulullah SAW untuk memindahkan pasar orang-orang Mukminin dari pasar orang-orang Yahudi disebabkan karena «. mereka kaum yang ikut berhijrah dengan Nabi ke Madinah c. a. Berikut ini pernyataan yang benar tentang kaum Anshar « a. a. Orang Yahudi terlalu pandai berdagang c. Kaum Mukminin jarang memperoleh keuntungan 17. mereka kaum yang menyumbang harta kepada Nabi 15. Memberi barang tidak dengan tunai c. ikatan akidah/keimanan c. hijrah merupakan cara untuk menghindari kemaksiatan 13. mereka kaum yang ikut berhijrah dengan Nabi ke Thaif b. Ikatan yang paling kuat dalam mempersatukan kaum Muhajirin dan Anshar adalah «. sebagian besar mereka adalah para pedagang dan tengkulak 14. Untuk mengembangksn ekonomi kerakyatan.. Menjual barang-barang yang mewah d. ikatan perkawinan 16. ikatan persaudaraan d.. a. Salah satu kecurangan dalam berdagang yang dilarang oleh Nabi adalah «. mereka kaum Muslimin penolong Nabi SAW dan pengikutnya c. mereka penolong kaum Muslimin di Madinah d. mereka kaum Muslimin yang datang dari Mekah ke Madinah b. Orang Yahudi adalah kafir b. a. Harta rampasan perang b. mereka adalah kaum Yahudi yang berada di Madinah d. hijrah dipandang sebagai kejadian yang paling berpengaruh terhadap kemajuan Islam periode berikutnya c.. Mencampurkan barang dagangan yang bagus dan yang jelek b. Nabi memberdayakan harta jizyah. 0rang-orang Yahudi berdagang dengan cara licik d. Berikut ini pernyataan yang benar tentang kaum Muhajirin «. Harta temuan yang dikelola oleh pejabat negara d. Kerjasama antara pemilik modal dengan yang menjalankan usaha 32 .. Harta jizyah artinya «.

Apa manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam? 3. Memiliki keinginan untuk menjadi Nabi b. Berikan contoh wujud kebudayaan Islam dalam bidang ilmu agama. Sebutkan beberapa nama tokoh Mekah yang menentang seruan Nabi! 6. Bagaimanakah sikap yang ditunjukkan masyarakat Madinah menyambut kedatangan Nabi Muhammad SAW? 9. Manfaat membaca sejarah Nabi Muhammad SAW adalah «. arsitektur dan militer! 4. Memiliki keinginan untuk mengkultuskan Nabi c.. Membangun pasar yang mandiri dan meletakkan dasar-dasar ekonomi yang islami. Terangkan bukti bahwa misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta! 7. Membangun pabrik-pabrik yang dapat menyerap tenaga kerja c. Sebutkan usaha-usaha Nabi dan para sahabat dalam membangun perekonomian di Madinah! 10. Sebutkan isi pokok seruan Nabi pada masyarakat Mekah! 5. Sebutkan dua perilaku yang dapat kamu teladani dari Rasulullah SAW dan para sahabat dalam menghadapi gangguan masyarakat Mekah! 33 .. Membangun sekolah-sekolah yang mengajarkan kewirausahaan d. a. Membangun berbagai macam tempat usaha yang dapat meramaikan kegiatan ekonomi b.19. a. Kerjakan tugas berikut ini dengan singkat dan benar! 1. Mengetahui orang-orang di zaman sekarang yang berasal dari keturunan Nabi SAW 20. Mengapa peristiwa hijrah Nabi ke Madinah dijadikan awal tahun Islam? 8. II. Salah satu kemajuan yang dicapai oleh Rasulullah SAW dan para sahabat Madinah pada bidang ekonomi adalah «. Menambah kecintaan terhadap Nabi dan ajarannya d. Apa yang dimaksud dengan kebudayaan Islam? 2.

c. b.. a.. Usaha Nabi dalam menyatukan kaum Anshar dan Muhajirin. merampas tanah-tanah orang Yahudi menggunakan pupuk kandang membuat irigasi yang teratur membuat alat pertanian yang berteknologi tinggi 7. melalui jalur pernikahan melalui jalur persaudaraan melalui jalur kerjasama ekonomi melalui peperangan 6.c. d. d. Ikatan yang paling kuat dalam mempersatuan kaum Muhajirin dan Anshar adalah …. Nabi disambut dan dimuliakan oleh masyarakat Madinah hijrah merupakan cara untuk menghindari kemaksiatan 5. d. kecuali ….. b. Salah satu usaha Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam upaya meningkatkan hasil pertanian adalah …. c. a. 34 .

a. a. b. c.. d. Nabi memberdayakan Ganimah artinya …. b.. ikatan kekeluargaan ikatan akidah/keimanan ikatan persaudaraan ikatan perkawinan 8. c. orang Yahudi adalah kafir orang Yahudi terlalu pandai berdagang orang-orang Yahudi banyak melanggar perjanjian yang telah disepakati dengan Rasulullah SAW kaum Mukminin jarang memperoleh keuntungan 9. b. Untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan.a. salah satunya. Inisiatif Rasulullah SAW untuk memindahkan pasar orang-orang mukmin dari pasar orang-orang Yahudi disebabkan karena …. c. d. harta rampasan perang harta yang diterima dari penduduk yang daerahnya ditaklukkan penduduk/bangsa lain harta temuan yang dikelola oleh pejabat Negara 35 .

Pengairan lahan pertanian Madinah berasal dari danau …. Salah satu kecurangan dalam berdagang yang dilarang oleh Nabi adalah …. Isilah titik-titik di bawah ini! 1. dalam menyatukan hati kaum Mukminin.. a. d.. Nabi Ayyub adalah seorang …. Al-Qur'an Surah Al-Anfal ayat 63 menyatakan tentang peranan ….d.. b.. 9. Manfaat kejujuran bagi pelaku ekonomi adalah …. 5. Yang dimaksud dengan ganimah adalah …. 10. Yang dimaksud dengan kaum Muhajirin adalah ……. Teladan yang dapat kita ambil dari persatuan orang Anshar dan Muhajirin adalah …. 7. 36 . 8. harta zakat yang dikelola dengan benar 10... Salah satu dampak yang baik bagi kaum Muhajirin dari kepemimpinan yang baik dari Rasulullah SAW dalam bidang ekonomi adalah ….. 4.. c. 2. Yang paling ditekankan oleh Nabi kepada sahabatnya dalam berdagang harus berlaku ….. Nama kota Madinah sebelumnya adalah …. 6. dan kaum Anshar adalah …. 3. dan ….... mencampur barang dagangan yang bagus dengan yang jelek memberi barang tidak dengan tunai menjual barang-barang yang mewah kerjasama antara pemilik modal dan yang menjalankan usaha II.

Terangkan tiga hikmah yang dapat kamu ambil dari semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah! 37 . Sebutkan usaha-usaha Nabi dalam mempersatukan kaum Muhajirin dan Anshar! 2. Jelaskan macam-macam kerjasama yang dibangun antara kaum Anshar dan Muhajirin dalam kegiatan ekonomi! 3. Sebutkan usaha-usaha Nabi dan kaum Muslimin dalam meningkatkan hasil pertanian Madinah! 4. Kerjakan soal-soal berikut dengan singkat dan benar! 1.III. Sebutkan tiga ciri kegiatan ekonomi yang islami! 5.

a. d.. 1 Nabi Adam AS b. Awal kebudayaan Islam dimulai sejak zaman …. c. c. mengetahui pokok-pokok ajaran agama Islam mampu membedakan aliran agama yang benar dan yang sesat 38 .a Nabi Muhammad SAW d. pelajaran agama sejarah dongeng-dongeng sosiologi 3. b. a.Soal-soal Latihan ULANGAN SEMESTER I.. Umar bin Khattab r. kita akan …. Dengan mempelajari sejarah kebudayaan Islam. a. Untuk mengetahui asal usul atau silsilah bangsa atau Negara tertentu kita harus membaca buku …. Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang benar! 1. Islam masuk ke Indonesia 2. b.

Nabi Muhammad SAW b. d. a.. kitab Al-Muwatta' Imam Malik pedang Rasulullah SAW buku Al-Qanun Ibnu Sina Al-Qur'anul Karim 5. a. memperoleh informasi tentang silsilah peninggalan kaum Muslimin masa lalu mengetahui silsilah para nabi sejak zaman Nabi Adam sampai zaman Nabi Muhammad SAW 4. Berikut ini pokok-pokok seruan Nabi kepada masyarakat Mekah. Dinasti Bani Abbas 6. Khalifah Utsman bin Affan Dinasti Bani Umayah d. tidak menyembah kecuali kepada Allah SWT memohon pertolongan hanya kepada Allah SWT 39 . a. b. c. Penulisan Al-Qur'an disempurnakan pada zaman ….. kecuali …. c. d.c. b. Contoh wujud kebudayaan Islam dalam bidang kedokteran adalah …..

a. a.. kecuali …. Strategi dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah adalah …. dan saling menolong. bersaudara kandung beriman pada nabi dan rasul yang sama dari bangsa yang sama beriman pada Tuhan Yang Esa 9.. d. langsung menghimpun massa menggunakan kekuasaan dan kekayaan keluarga mendekati keluarga dekat baru masyarakat luas menggunakan jalur perdagangan 8.c. saling menghargai. SWT manusia harus berpuasa Ramadhan meyakini bahwa Muhammad SAW adalah Nabi dan utusan Allah 7. c. d. Ikatan tauhid adalah ikatan antara orang-orang yang ….. c. b. Dengan ikatan tauhid umat Islam hidup rukun. Berikut ini suri teladan yang dapat kita ambil dari pribadi Rasulullah SAW dalam perjuangannya menghadapi masyarakat Mekah. d. 40 . b.

b. d. b. a..a. c. Surat Al-Kafirun menegaskan sikap Islam yang ….. a. mampu kesabaran yang luar biasa kerja keras dan sungguh-sungguh menggunakan segala cara dalam berjuang pemaaf dan tidak memiliki sifat dendam 10. Akhlak mulia yang ditunjukkan Nabi dalam peristiwa Fathu Makkah adalah …. c. c. d. membebaskan hamba sahaya memuliakan kaum Muslimin memaafkan orang-orang Mekah yang telah menganiaya beliau memberi santunan berupa makanan bagi orang-orang yang tidak 11. b. tidak toleran terhadap orang lain tegas dalam menolak kekufuran sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan 41 .

Peristiwa hijrah Nabi ke Madinah dijadikan awal/titik tolak tahun Islam. b. b. c. a. d. terkadang keras terkadang lemah lembut 12. d.d. b.. perintah dari Nabi hijrah dipandang sebagai kejadian yang paling berpengaruh terhadap kemajuan Islam periode berikutnya c. a. mereka kaum yang ikut berhijrah dengan Nabi ke Thaif mereka kaum yang ikut berhijrah dengan Nabi ke Madinah 42 . karena ….. Berikut ini pernyataan yang benar tentang kaum Anshar … mereka kaum Muslimin yang datang dari Mekah ke Madinah mereka kaum Muslimin penolong Nabi SAW dan pengikutnya mereka adalah kaum Yahudi yang berada di Madinah sebagian besar mereka adalah para pedagang dan tengkulak 14. Nabi disambut dan dimuliakan oleh masyarakat Madinah hijrah merupakan cara untuk menghindari kemaksiatan 13. a. Berikut ini pernyataan yang benar tentang kaum Muhajirin ….

Untuk mengembangksn ekonomi kerakyatan. d. Orang Yahudi terlalu pandai berdagang c.c. Nabi memberdayakan harta jizyah. 0rang-orang Yahudi berdagang dengan cara licik d. Harta temuan yang dikelola oleh pejabat negara Harta zakat yang dikelola dengan benar 18. d. a. Harta yang diterima dari penduduk yang daerahnya ditaklukkan penduduk/bangsa lain c. salah satunya.. Ikatan yang paling kuat dalam mempersatukan kaum Muhajirin dan Anshar adalah …. Harta rampasan perang b. ikatan kekeluargaan ikatan akidah/keimanan ikatan persaudaraan ikatan perkawinan 16. Salah satu kecurangan dalam berdagang yang dilarang oleh Nabi adalah ….. d. Harta jizyah artinya …. Mencampurkan barang dagangan yang bagus dan yang jelek 43 . mereka penolong kaum Muslimin di Madinah mereka kaum yang menyumbang harta kepada Nabi 15. a. Kaum Mukminin jarang memperoleh keuntungan 17. c. b.. a. Inisiatif Rasulullah SAW untuk memindahkan pasar orang-orang Mukminin dari pasar orang-orang Yahudi disebabkan karena ….. Orang Yahudi adalah kafir b. a.

Berikan contoh wujud kebudayaan Islam dalam bidang ilmu agama. Sebutkan beberapa nama tokoh Mekah yang menentang seruan Nabi! 6. c. arsitektur dan militer! 4. d. Membangun sekolah-sekolah yang mengajarkan kewirausahaan d. Mengapa peristiwa hijrah Nabi ke Madinah dijadikan awal tahun Islam? 8. Kerjakan tugas berikut ini dengan singkat dan benar! 1. d. Apa manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam? 3. Memiliki keinginan untuk menjadi Nabi Memiliki keinginan untuk mengkultuskan Nabi Menambah kecintaan terhadap Nabi dan ajarannya Mengetahui orang-orang di zaman sekarang yang berasal dari keturunan Nabi SAW 20. b. Membangun pasar yang mandiri dan meletakkan dasar-dasar ekonomi yang islami. Terangkan bukti bahwa misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta! 7. Sebutkan isi pokok seruan Nabi pada masyarakat Mekah! 5. Membangun pabrik-pabrik yang dapat menyerap tenaga kerja c. Membangun berbagai macam tempat usaha yang dapat meramaikan kegiatan ekonomi b. Apa yang dimaksud dengan kebudayaan Islam? 2.b.. Salah satu kemajuan yang dicapai oleh Rasulullah SAW dan para sahabat Madinah pada bidang ekonomi adalah …. Manfaat membaca sejarah Nabi Muhammad SAW adalah …. II. Bagaimanakah sikap yang ditunjukkan masyarakat Madinah menyambut kedatangan Nabi Muhammad SAW? 44 .. a. a. Memberi barang tidak dengan tunai Menjual barang-barang yang mewah Kerjasama antara pemilik modal dengan yang menjalankan usaha 19. c.

Sebutkan usaha-usaha Nabi dan para sahabat dalam membangun perekonomian di Madinah! 10. Sebutkan dua perilaku yang dapat kamu teladani dari Rasulullah SAW dan para sahabat dalam menghadapi gangguan masyarakat Mekah! 45 .9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful