P. 1
Tips Memasak

Tips Memasak

4.59

|Views: 5,956|Likes:
Published by dadigareng

More info:

Published by: dadigareng on Sep 16, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2012

pdf

text

original

TIPS MEMASAK

----------TIPS SAYUR-SAYURAN MENGUPAS BAWANG Agar anda tidak keluar air mata waktu mengupas bawang basahkan dahulu bawang atau kupas diatas air yang mengalir, tangan yang kotor karena mengupas dapat dibersihkan dengan garam lalu cuci dengan sabun MENGUPAS TOMAT Agar tidak licin dikupas celupkan tomat kedalam air panas. MENGUPAS KETIMUN Agar ketimun tidak pahit setelah dikupas, kupaslah ketimun dari ujung terus kebawah karena pusat pahit pada ketimun ada pada bagian sekitar tangkai, dan jika dikupas dari sana akan meluas ke seluruh bagian. SAYUR YANG BERLENDIR Agar sayur yang dipanaskan tidak berlendir,yang pertama dilakukan yaitu dengan merendam kapur sirih lalu diendapkan sampai air rendaman jernih ,setelah itu air rendaman yang sudah jernih diambil untuk dicampur pada sayur yang sedang dipanaskan aduk sampai air tersebut merata, dan sayur akan lebih awet dari biasanya. MEREBUS KEMBANG KOL Agar kembang kol tidak berwarna kuning, berilah sedikit susu kental pada air untuk merebus kembang kol tersebut. MEREBUS KENTANG Agar kentang cepat matang, tusuklah dengan sepotong kawat di tengahnya lalu di rebus, dengan cara ini kentang akan 2 kali lebih cepat masak dari biasanya MEMASAK KACANG Bila anda memasak kacang-kacangan, jangan memberi garam ke dalam sayur tersebut sebelum kacang empuk, garam akan membuat kacang lama empuknya, sama halnya jika anda memasak kol/kubis. Jika anda ingin memasak kacang polong sebaiknya berilah sedikit gula pasir supaya lebih cepat empuk, untuk kacang-kacangan lain berilah sedikit margarine MEREBUS ASPARAGUS Untuk menghindari asparagus hancur karena digodok terlalu lama, ikat seluruh asparagus dengan tali sebelum direbus. MANFAAT LAIN BONGGOL BROKOLI Jangan buang bongkol brokoli. Setelah dipetik kuntumnya, bongkol bisa digunakan untuk menancapkan bunga sebagai pengganti mos. Konon bunga akan jadi lebih segar. MEMILIH JERUK LEMON YANG BANYAK AIR Jeruk lemon yang berkulit keras sudah bisa dipastikan harus dihindari. Pilih yang kulitnya tipis dan empuk saat ditekan. Jeruk seperti ini pasti banyak mengandung air.

1

----------TIPS SEPUTAR DAGING Bagaimana caranya memasak daging yang keras? Bagaimana menggiling daging dengan mudah? Bagaimana caranya memanggang ayam agar lezat? Bagaimana membuat kulit bebek panggang menjadi garing dan renyah? Bagaimana membuat bistik lebih empuk CARA 1 Bila anda kebetulan mendapat daging sapi yang tua dan keras...seringkali lama sekali memasaknya agar empuk. Anda dapat mempercepatnya dengan menambahkan air anggur hasil fermentasi ke dalam air rebusannya. Untuk setiap kg daging berilah 2 sendok teh air anggur tersebut dan hasilnya akan empuk dan tidak menggangu rasa daging tersebut. CARA 2 Daging yang keras tersebut anda bungkus dengan daun pepaya selama 2 sampai 3 jam setelah itu cuci dan di rebus. BAGAIMANA MENGGILING DAGING DENGAN MUDAH? Menggiling daging dengan gilingan tentu sangat mudah ,tapi tidak enaknya selalu masih ada sisa daging yang belum tergiling di dalam gilingan itu dan sisa yang sedikit ini harus kita cincang..ini sangat merepotkan. Cara mengatasinya yaitu setelah daging dimasukkan semuanya ke penggilingan, masukkan sepotong roti atau kentang rebus ke dalam gilingan dan sisa daging yang biasanya tidak tergiling halus akan keluar juga dari penggilingan,dan roti atau kentangnya bisa dicampur dengan daging cacahan tersebut. BAGAIMANA CARA MEMANGGANG AYAM AGAR LEZAT? Pakai campuran madu dengan tiga bagian air jeruk manis yang telah diaduk menjadi satu, oleskan pada ayam yang sedang di panggang sesering mungkin,dan ayam akan lebih terasa lezat dengan hasil yang baik pula. BAGAIMANA MEMBUAT KULIT BEBEK PANGGANG MENJADI GARING DAN RENYAH? Pakai campuran madu dengan tiga bagian air jeruk manis yang telah diaduk menjadi satu, oleskan pada ayam yang sedang di panggang sesering mungkin,dan ayam akan lebih terasa lezat dengan hasil yang baik pula. BAGAIMANA MEMBUAT BISTIK LEBIH EMPUK Daging untuk bistik sebaiknya daging lemusir, bila tidak ada pilih daging biasa yang tidak terlalu banyak uratnya, setelah itu berilah sedikit air jeruk dan kecap inggris dan rendam selama satu jam sebelum digoreng.

----------TIPS IKAN MENGHILANGKAN BAU LUMPUR PADA IKAN 2

Untuk menghilangkan bau lumpur, buang insangnya sampai bersih betul , cara lain yang dapat anda lakukan sewaktu ikan digoreng masukkan sepotong kulit roti tawar ke dalam minyak, pasti bau lumpur akan hilang. MEMBERSIHKAN IKAN Supaya tangan anda tidak licin ketika memegang ikan ,pakailah garam halus pada tangan anda, lalu bersihkan dengan baik perut ikan karena perut ikan adalah pusat bau amis, bersihkan perut ikan dengan garam dan air jeruk, gosok-gosoklah garam pada bagian ikan yang kena aliran ledeng, dan pergunakan juga garam untuk membersihkan sisik ikan. MENYIMPAN UDANG Kupas udang yang akan disimpan lalu cuci dan beri garam secukupnya lalu masukkan ke dalam kantong plastik, tutup ujung plastik rapat-rapat dengan karet gelang, lalu taruh dalam lemari es, dengan cara ini udang akan lebih tahan lama disimpan MENGGORENG IKAN Hal biasa dilakukan untuk menggoreng ikan ialah memberi dulu telur yang diaduk baru digoreng, untuk hasil yang maksimal berilah sedikit minyak pada telur yang sudah diaduk tersebut, dengan cara ini gorengan ikan anda akan baik dan tidak hancur. MEMBUAT KALDU IKAN TIDAK AMIS Kaldu ikan bisa dibuat dari tulang ikan. Agar tidak amis, goreng dulu tulang ikan, tetapi gunakan sedikit minyak agar sup tidak terlalu berminyak. Begitu juga dengan kaldu udang. Goreng dulu kepala udang sebentar sampai berwarna merah lalu tambahkan air dan sayuran. Masak agak lama supaya kuah kaldu betul-betul gurih. Jangan lupa api yang digunakan harus kecil.

----------TIPS MINYAK MENGHINDARI PERCIKAN MINYAK Sebelum menggoreng hamburkanlah garam halus pada minyak di wajan MINYAK GORENG Minyak untuk menggoreng jangan dijadikan satu dengan minyak untuk memasak sayur, minyak goreng harus ditempatkan di dalam kaleng dan ditutup rapat. Supaya minyak tidak cepat kotor sehabis dipakai segera saring dengan kawat yang halus. MENGGORENG RISOLES ATAU BAKSO Supaya risoles atau bakso tidak pecah waktu digoreng,celupkan dahulu ke dalam air dingin sebelum digulung pada tepung roti/terigu SUPAYA MINYAK KELAPA JANGAN CEPAT BAU Beri sedikit garam ( untuk 1 liter minyak kira-kira 2 sendok teh) lalu masak sampai mendidih,setelah dingin baru simpan di dalam botol.

----------TIPS SEPUTAR BUMBU DAPUR DAN BAHAN-BAHAN LAIN 3

MENGHINDARI GETAH BAWANG PUTIH SEWAKTU MENGUPAS Getah bawang putih sering kali lengket di tangan dan tak mau lepas hingga menimbulkan bau yang berkepanjangan. Rendam dulu bawang putih dalam air hingga lengketnya hilang. Setelah itu bawang putih siap dikupas dan diiris. SUPAYA BAWANG MERAH BERWARNA BAGUS Bawang goreng akan tidak hangus dan warnanya insah kalau selama menggoreng Anda tambahkan 1 atau 2 sendok makan susu cair. Ingatlah susu cair harus tawar. Kalau dibuat dari susu bubuk yang dicairkan pun, harus dipilih yang tidak mengandung gula. MENYEGARKAN BUAH TOMAT YANG TERLALU MATANG Buah tomat yang terlalu matang bisa disegarkan sedikit, dan ditegarkan kulitnya dengan jalan berikut. Rendam tomat matang semalaman dalam air dingin di lemari es. Jangan lupa menambahkan sedikit garam. Keesokan harinya tomat menjadi lebih segar. KEGUNAAN LAIN DAUN MINT Daun mint tak hanya bisa memberi kesegaran dan aroma pada minuman, kue, atau masakan, tetapi juga bisa diandalkan untuk menghilangkan cegukan. Kunyah dua atau tiga helai daun mint. Biarkan sebentar lalu minumkan air hangat. MENGUPAS BAWANG TANPA AIR MATA Yang paling penting adalah membung kedua ujungnya. Karena di tempat itulah zat yang bikin kita menangis itu terletak. Kemudian perciki papan talenan tempat mengiris bawang dengan sedikit cuka. Cara ini betul-betul membuat Anda tidak "menangis". Cara lain, Nyalakan lilin di tempat Anda mengiris. Nah, mari kita mengiris bawang merah. MEMILIH JERUK LEMON YANG BANYAK AIR Jeruk lemon yang berkulit keras sudah bisa dipastikan harus dihindari. Pilih yang kulitnya tipis dan empuk saat ditekan. Jeruk seperti ini pasti banyak mengandung air. MENYIMPAN SISA PASTA Kelebihan pasta yang sudah direbus tidak perlu jadi masalah besar. Rendam pasta dalam air dan masukkan dalam lemari pendingin. Pasta akan tetap lembut dan lembap hingga bisa digunakan keesokan harinya. RAHASIA SUKSES MEMBUAT BUTTER CAKE Kocok mentega tidak terlalu lama. Gunakan gula yang sudah dihaluskan agar gula mudah hancur. Tetapi kalaupun ada yang belum hancur, jangan terlalu dipikirkan betul karena gula akan mencair selama dioven. Pengocokan mentega yang terlalu lama sering membuat cake terbelah kala dioven. MENYIMPAN PANCAKE Pancake pasti nikmat disantap kala sahur. Agar tak repot Anda bisa membuatnya beberapa hari sebelumnya. Tumpuk pancake dan lapisi kertas antar tiap helai. Ini akan menghindari pancake saling melekat. Simpan tumpukan pada kotak kedap udara dan masukkan dalam lemari pendingin atau freezer untuk penyimpanan lama. PENGGANTI KRIM Dalam resep-resep sering kita temukan bahan krim. Karena masih impor di kota tertentu krim sulit ditemukan. Kalaupun ada harganya cukup tinggi. Kalau mau diganti, bahan yang paling mendekati adalah susu evaporated, yakni susu kental tawar. Biasanya dikemas dalam kaleng. Soal gurih, tentu krim jauh lebih gurih dan kaya rasa, tetapi susu evaporated pun cukup oke kalau krim tidak 4

memungkinkan. MENCEGAH TAHU BERASA ASAM Tahu mudah sekali asam. Untuk menghindarinya, beli tahu yang masih baru. Cara mengetahuinya, tekan tahu dengan jari. Tahu yang lembut biasanya masih baru. Tahu yang relatif keras, usianya umumnya lebih lama. Sesampai di rumah, rebus tahu dalam air mendidih selama 5 sampai 10 menit untuk menghentikan fermentasi. Setelah dingin, tahu bisa diolah segera atau disimpan dalam waktu cukup lama di lemari pendingin. Agar permukaan tahu tidak kering, simpan tahu dalam wadah kedap udara yang rapat. JANGAN MENYIMPAN WORTEL DENGAN APEL Wortel termasuk sayuran yang cukup tahan lama. Tetapi salah penyimpanan juga bikin sayuran ini cepat busuk. Yang paling baik adalah membungkusnya dengan kertas (jangan kertas koran, lo) lalu meletakkannya dalam tempat sayur khusus di lemari pendingin. Hati-hati juga wortel tidak boleh disandingkan dengan buah yang mengandung gas etilen. Misalnya, apel, pisang, atau pir. Gas etilen membuat buah cepat matang. Nah, kalau wortel terkontaminasi gas ini pun jadi cepat matang dan busuk. MEMBUAT AYAM GORENG ISTIMEWA Ayam goreng tepung biasanya disukai anak-anak, tetapi kalau Anda menyajikan dengan bumbu serupa terus-menerus, si Kecil bakal bosan juga pada akhirnya. Nah, cobalah memvariasikan bumbu perendamnya. Banyak bumbu yang bisa Anda variasikan. Yang sederhana adalah bawang putih. Lain hari, bacem dulu ayam Anda. Pada hari yang lain lagi, Anda bisa membuatnya dari bumbu kari. Demikian pula dengan tepungnya. Untuk mendapatkan rasa pedas menyengat, Anda bisa mencampur tepung dengan sedikit merica dan taburan bubuk cabai kering. Hingga rasanya seperti hot spicy made in restoran. Taburan bubuk bawang putih juga amat oke dicampur dalam tepung untuk menambah rasa gurih. Kalau kebetulan bumbu mi instan Anda sedang berlebih, boleh juga dicampur dengan tepung. Tetapi, hati-hati, lo, jangan gunakan lagi bumbu penyedap. Kebanyakan bumbu, bikin pusing. AGAR BIHUN TIDAK HANCUR SEWAKTU DI MASAK Bihun goreng adalah hidangan sarapan yang mudah dibuat dan menjadi makanan bekal yang disukai anak-anak. Tetapi kalau tak pandai membuatnya, seringkali hancur dan jadi jelek penampakannya. Nah, inilah kiat jitu menghindarinya. Bihun kering sebaiknya tidak direndam dalam air panas, tetapi cukup diseduh lalu biarkan dingin. Sementara itu dalam mangkuk, campur bumbu yang dikehendaki seperti kecap, garam, merica, atau bumbu lain. Siramkan bumbu pada bihun lalu aduk perlahan. Pengadukan di wajan saat dimasak lebih sulit hingga waktu yang dibutuhkan lebih lama. Akibatnya bihun jadi hancur tercabik-cabik. CARA MEMOTONG JERUK SUNKIST Mengiris jeruk sankis tanpa kulit agak sedikit rumit. Dalam keadaan segar, Anda memang bisa menyuguhkan jeruk sankis dalam bentuk irisan bersama kulitnya. Tetapi tentu tidak dalam bentuk minuman. Nah, inilah cara mengiris yang tepat. Potong dulu bagian bawah dan atasnya kemudian kupas kulitnya. Buang bagian putih yang masih melekat di permukaan jeruk. Ingatlah, serat-serat putih ini dapat membuat jeruk terasa pahit. Iris jeruk menurut segmennya dan cemplungkan ke dalam minuman yang sudah Anda siapkan. PENYIMPANAN BAHAN MAKANAN Stroberi memiliki kandungan air yang tinggi hingga kalau terlalu banyak, tidak efektif juga 5

dimasukkan dalam lemari pendingin. Karena itu kalau Anda sedang kebanjiran buah lezat ini, kenapa tidak membuat sebagian jadi selai atau pure stroberi? Keduanya bukan hanya dapat jadi teman makan roti yang sedap, tetapi juga isi kue yang minta ampun lezatnya. Sisanya baru disimpan dalam lemari pendingin untuk disantap dalam keadaan segar. JANGAN PERNAH MENYIMPAN PISANG DI LEMARI PENDINGIN. Kulitnya akan segera dipenuhi bercak hitam hingga tak indah lagi kala disuguhkan. Pisang lebih cocok disimpan dalam suhu ruang. Sayangnya pisang juga cepat menjadi busuk. Makanya, beli secukupnya saja. KENTANG LEBIH PAS KALAU DISIMPAN DI TEMPAT SEJUK DAN GELAP. Bukan di lemari pendingin. Begitu juga dengan bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih. Tempat dengan kondisi di atas membuat bahan-bahan itu lebih tahan lama. Daun selada, seledri, dan jamur akan lebih tahan lama kalau dibungkus plastik lebih dahulu sebelum disimpan dalam lemari pendingin.

diambi dari http://www.geocities.com/siwajaya18/Seputar-Dapur.html

6

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->