Dampak Penggunaan Alkali Tanah

.Barium (Ba) Ba jika bereaksi SO4 digunakan untuk memeriksa saluran pencernaan karena mampu menyerap sinar X meskipun beracun.

Kemungkinan pemaparan berilium masih dapat mungkin terjadi di industri nuklir.Berilium ‡ Berilium dan garamnya adalah bahan beracun dan berpotensi sebagai zat karsinogenik. pemurnian logam berilium. . pembuatan alat elektronik dan pengurusan bahan yang mengandung berilium. Penyakit berilium akut dalam bentuk pneumonitis kimia pertama kali dilaporkan di Eropa pada tahun 1933 dan di Amerika Serikat pada tahun 1943. Beriliosis kronik adalah penyakit granulomatus pulmonari dan sistemik yang disebabkan oleh paparan terhadap berilium. peleburan Alloy berkandungan berilium. penerbangan.

‡ Kesehatan Paru-Paru ‡ Berilium adalah sangat berbahaya jika terhirup. Jika kandungan berilium di udara sangat tinggi (lebih dari 1000 g/m³). Keadaan ini menyerupai pneumonia dan disebut penyakit berilium akut.. keadaan akut dapat terjadi. ‡ Kesehatan Kulit ‡ Berilium yang terkena kulit yang mempunyai luka atau terkikis mungkin akan menyebabkan radang .

.Selain itu keberadaan unsur alkali tanah juga dapat berakibat (bagi aspek geomorfologi): 1. Erosi 2. Gerakan tanah Hal ini diakibatkan karena unsur alkali tanah (khusunya logam) dapat membentuk basa.