Langkah_Langkah Supervisi

1. Perencanaan 2. Persiapan 3. Pelaksanaan 4. Tindak lanjut 5. Pelaporan 1. PERENCANAAN - Kepala Sekolah sebelum mengadakan supervisi perlu membuat perencanaan yang baik. -Tujuan memuat : materi, tehnik yang digunakan, sasaran dan pelaksanaannya. - Berfungsi sebagai pedoman kerja bagi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi di kelas. - Sebagai penjabaran program supervisi tahunan tersebut disusun program supervisi yang lebih operasional . 2. PERSIAPAN Hal-hal yang harus dipersiapkan yaitu : a. Format / Instrumen supervisi b. Materi Pembinaan/Supervisi c. Buku catatan d. Data supervisi sebelumnya, dll. 3. PELAKSANAAN Pelaksanaan supervisi diarahkan pada kegiatan belajar mengajar dalam rangka pencapaian kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum. Pelaksanaan supervisi disesuaikan dengan tehnik-tehnik supervisi sebagaimana diterangkan di atas. Langkah-langkah pelaksanaannya sbb :
1. Temu awal

Kepala sekolah mengadakan rapat untuk menyampaikan hal-hal yang akan disupervisi kepada guru supervisi bisa dilaksanakan oleh pengawas maupun oleh kepala sekolah

Hasil belajar/prestasi siswa klasikal/individual d. Daftar peserta e. Kartu peserta f. semester. Denah kelas d. Kesekretariatan * Selain hal tersebut di atas supervisor dapat menggunakan instrumen berupa Buku Pintar yang berisi . Observasi PBM a. Persiapan mengajar dan pelaksanaannya. Observasi administrasi a. Pengaturan ruangan c.Observasi UAS a. perbaikan dan pengayaan 4. Jadwal k.2.Materi . Tata tertib pengawas/peserta i.Jadwal . Observasi administrasi program pengajaran d. Program tindak lanjut. 3. Observasi administrasi keuangan. Kepanitiaan UAS b. dll. Program BK e. Program ( tahunan. Daftar Korektor h. c. Daftar Pengawas g. Observasi administrasi kesiswaan b.Standar kompetensi/KD masing-masing mapel . Observasi administrasi perlengkapan barang c. bulanan ) b.

6. Hasil akhir supervisi perlu ditandatangani oleh supervisor. Wawancara Setelah pelaksanaan supervisi perlu diselingi atau dilengkapi dengan wawancara. kepala sekolah. Siswa yang kurang pandai . Siswa Temuan yang berhubungan dengan kesiswaan dalam KBM misalnya : a.Format supervisi disesuaikan dengan kebutuhan . d. Setiap kegiatan supervisi diakhiri dengan menyampaikan laporan temuan dan mencari alternatif pemecahannya b.Kepala sekolah terhadap kegiatan pembelajaran Pelaksanaanya dengan menggunakan .Contoh soal untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang sudah dikuasi oleh perserta didik * Supervisi pendidikan di SD dilakukan oleh . Temu akhir a.Pengawas TK/SD . Temuan tehnis khusus dibicarakan langsung dengan guru yang disupervisi/pertemuan pribadi 4. Temuan-temuan umum disampaikan secara umum/rapat sekolah. Temuan-temuan tersebut berkaitan dengan : 1. dan guru yang disupervisi c. TINDAK LANJUT Tindak lanjut merupakan pembinaan dan perbaikan dari hasil temuan pada waktu melaksanakan supervisi.Catatan-catatan khusus sebagai bahan pembinaan selanjutnya 5. guna melengkapi informasi tentang semua masalah yang dihadapi untuk mencari alternatif pemecahan dan pembinaan lebih lanjut..

Membuat dan mempergunakan alat peraga .Pelatihan-pelatihan .Penataran-penataran .Guru yang belum prosefional a.Rapat. Guru Temuan yang diperoleh tentang guru : .LANGKAH . Untuk itu perlu dilibatkan dalam : . 2.disarankan agar diberikan : 1) Bimbingan baik individual/kelompok 2) Latihan-latihan/pekerjaan rumah 3) Perbaikan pengajaran ( remedial ) b. Guru yang profesional dijadikan sebagai .pemandu mapel . b. Guru yang belum prosefional perlu mendapat pembinaan dan penangan khusus agar menjadi guru yang profesional .nara sumber dalam kegiatan KKG. pertemuan lainnya LANGKAH.Guru yang profesional . Siswa yang pandai : Diberikan pengayaan baik secara individu/kelompok.Studi banding .

DIDALAM PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN (Tugas Administrasi Pendidikan) Oleh : Kelompok IV Noviyanti A`ah Winarni PENDIDIKAN GURU RAUDATHUL ANHFAL PERGURUAN TINGGI ILMU AL-QUR`AN AL-HUSNA TANGERANG .