P. 1
Metamorfosis_Serangga

Metamorfosis_Serangga

|Views: 506|Likes:
Published by Hanafi Halim

More info:

Published by: Hanafi Halim on Jul 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/24/2013

pdf

text

original

SUHARA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI UPI

misal kutu buku (Lepisma saccharina Ordo: Collembola. Adapula serangga yang selama hidupnya tidak pernah mengalami metamorfosis. yaitu: Hemimetabola dan Holometabola. Berdasarkan metamorfisnya. . serangga dibedakan atas dua kelompok.Metamorfosis Serangga Serangga dalam perkembangannya mengalami proses metamorfosis. Metamorfosis adalah perubahan bentuk serangga mulai dari telur sampai dewasa.

Perkembangan Serangga .

• pembentukan epikutikula. • pengendapan pro-kutikula baru. • pengembangan prokutikula. . • pembentukan endokutikula selama masa antar molting. • pengerasan dan penggelapan warna. • ekdisis.Proses Ekdisis • apolisis.

Telur b. . c. Nimfa. Imago (dewasa). ialah serangga muda yang mempunyai sifat dan bentuk sama dengan dewasanya.Hemimetabola Hemimetabola yaitu serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. ialah fase yang ditandai telah berkembangnya semua organ tubuh dengan baik. Tahapan perkembangan sebagai berikut: a.

Holometabola Tahapan dari metamorfosis sempurna adalah telur – larva – pupa – imago. pada saat itu pula terjadi penyempurnaan dan pembentukan organ. Larva adalah hewan muda yang bentuk dan sifatnya berbeda dengan dewasa. Pupa adalah kepompong dimana pada saat itu serangga tidak melakukan kegiatan. . Imago adalah fase dewasa atau fase perkembangbiakan.

Holometabola Berdasarkan ciri sayap dan alat mulutnya. Neuroptera 2. Siphonoptera 6. kelompok Holometabola ini meliputi 6 ordo. Lepidoptera 3. Diptera 4. Hymenoptera . Coleoptera 5. yaitu ordo: 1.

Holometabola Undur-undur termasuk Ordo Neuroptera (serangga bersayap jala) Ciri serangga ini adalah mulut menggigit. dan mempunyai dua pasang sayap yang urat-uratnya berbentuk seperti jala. .

Holometabola .

Holometabola Bentuk larva dan pupa pada Lebah (Ordo: Hymenoptera) .

bermetamorfosis dari bentuk nimfanya .Hemimetabola Capung (Ordo: Odonata) mengalami metamorfosis tidak sempurna Seekor capung sedang melakukan ekdisis terakhirnya.

Perbandingan lama metamorfosis Spesies Telur 1 hari 4 hari 4 hari 1 bulan 1 bulan 1 bulan Larva/Nimfa 2 minggu 2 minggu 2 minggu 13/17 tahun 3 tahun 3 bulan Pupa 1 minggu 2 minggu 10 hari - Dewasa 2 minggu 3-9 bulan 2-6 minggu 2 bulan 1 hari 9 bulan Lalat Rumah Kepik Monarch Butterfly Cicada Mayfly Kecoa .

PERANAN HORMON DALAM PROSES PERKEMBANGAN SERANGGA .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->