SUHARA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI UPI

Adapula serangga yang selama hidupnya tidak pernah mengalami metamorfosis. serangga dibedakan atas dua kelompok. misal kutu buku (Lepisma saccharina Ordo: Collembola. Berdasarkan metamorfisnya. Metamorfosis adalah perubahan bentuk serangga mulai dari telur sampai dewasa. . yaitu: Hemimetabola dan Holometabola.Metamorfosis Serangga Serangga dalam perkembangannya mengalami proses metamorfosis.

Perkembangan Serangga .

• ekdisis. • pembentukan endokutikula selama masa antar molting. • pengerasan dan penggelapan warna. • pengembangan prokutikula. • pengendapan pro-kutikula baru.Proses Ekdisis • apolisis. . • pembentukan epikutikula.

Imago (dewasa). ialah serangga muda yang mempunyai sifat dan bentuk sama dengan dewasanya. Tahapan perkembangan sebagai berikut: a. Telur b.Hemimetabola Hemimetabola yaitu serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. ialah fase yang ditandai telah berkembangnya semua organ tubuh dengan baik. Nimfa. c. .

Larva adalah hewan muda yang bentuk dan sifatnya berbeda dengan dewasa. Pupa adalah kepompong dimana pada saat itu serangga tidak melakukan kegiatan. .Holometabola Tahapan dari metamorfosis sempurna adalah telur – larva – pupa – imago. Imago adalah fase dewasa atau fase perkembangbiakan. pada saat itu pula terjadi penyempurnaan dan pembentukan organ.

kelompok Holometabola ini meliputi 6 ordo. Siphonoptera 6. Coleoptera 5. Lepidoptera 3. Diptera 4.Holometabola Berdasarkan ciri sayap dan alat mulutnya. Hymenoptera . yaitu ordo: 1. Neuroptera 2.

dan mempunyai dua pasang sayap yang urat-uratnya berbentuk seperti jala.Holometabola Undur-undur termasuk Ordo Neuroptera (serangga bersayap jala) Ciri serangga ini adalah mulut menggigit. .

Holometabola .

Holometabola Bentuk larva dan pupa pada Lebah (Ordo: Hymenoptera) .

Hemimetabola Capung (Ordo: Odonata) mengalami metamorfosis tidak sempurna Seekor capung sedang melakukan ekdisis terakhirnya. bermetamorfosis dari bentuk nimfanya .

Perbandingan lama metamorfosis Spesies Telur 1 hari 4 hari 4 hari 1 bulan 1 bulan 1 bulan Larva/Nimfa 2 minggu 2 minggu 2 minggu 13/17 tahun 3 tahun 3 bulan Pupa 1 minggu 2 minggu 10 hari - Dewasa 2 minggu 3-9 bulan 2-6 minggu 2 bulan 1 hari 9 bulan Lalat Rumah Kepik Monarch Butterfly Cicada Mayfly Kecoa .

PERANAN HORMON DALAM PROSES PERKEMBANGAN SERANGGA .