P. 1
MODUL 6 Praktek Excel 2007

MODUL 6 Praktek Excel 2007

|Views: 692|Likes:

More info:

Published by: Deden Muhammad Rizqi on Jul 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2012

pdf

text

original

MODUL 6 MENYISIPKAN DAN MENGHAPUS WORKSHEET, KOLOM DAN BARIS Isi Modul : a. b.

Pokok Bahasan Kegunaan Menyisipkan dan menghapus worksheet, kolom, dan baris pada lembar kerja. Memudahkan menyisipkan worksheet, kolom, dan baris pada lembar kerja Excel, serta menghapus kolom dan baris dengan menu Ribbon. c. Metode Klik kiri mouse, klik kanan mouse, dan keyboard. 1. Menyisipkan Worksheet, Kolom, dan Baris pada Lembar Kerja. a. Menyisipkan Worksheet Untuk menyisipkan Workshet, langkah yang harus kita lakukan adalah: 1) Klik pada salah satu sheet. 2) Klik tanda panah dropdown dari ikon Insert pada groups Cells di Ribbon Menu Home. 3) Klik Insert Sheet. Maka akan muncul Sheet 4 seperti tampak pada gambar 6.2

Gambar 6.1 Proses menambahkan Worksheet baru.

bergeser ke kanan dan muncul kolom baru / kosong di kolom E. Gambar 6. langkah yang harus kita lakukan adalah: (contoh: cel E3).2 Hasil dari proses penambahan Sheet (lihat Sheet 5) b. Gambar 6.3 Mengaktifkan salah satu sel pada kolom E 2) 3) Klik tanda panah dropdown dari ikon Insert pada groups Cells Klik Insert Sheet Columns. Maka data pada kolom E akan di Ribbon Menu Home.Gambar 6. Menyisipkan Kolom 1) Klik pada salah satu cel pada kolom yang akan disisipkan Untuk menyisipkan Kolom.4 menu Insert Sheet Columns .

Maka data pada baris 6 akan bergeser di Ribbon Menu Home. ke bawah dan muncul baris baru / kosong di kolom baris 6. Gambar 6. Menyisipkan Baris 1) Klik pada salah satu cel pada kolom yang akan disisipkan Untuk menyisipkan Baris. Gambar 6.c.6 menu Insert Sheet Rows Gambar 6.7 Hasil penyisipan Kolom dan Baris . langkah yang harus kita lakukan adalah: (contoh: cel C6). 2) 3) Klik tanda panah dropdown dari ikon Insert pada groups Cells Klik Insert Sheet Rows.5 Mengaktifkan salah satu sel pada baris 6.

langkah yang harus kita lakukan adalah: (contoh: cel E3).8 Proses Menghapus Sebuah Worksheet. . Maka data pada kolom E akan di Ribbon Menu Home. Kolom. Menghapus Kolom 1) Klik pada salah satu cel pada kolom yang akan disisipkan Untuk menghapus Kolom. Menghapus Worksheet 1) 2) 3) Klik pada salah satu sheet yang akan dihapus (contoh Sheet 4). Gambar 6. b. a. Maka Sheet 4 akan hilang. langkah yang harus kita lakukan adalah: di Ribbon Menu Home. bergeser ke kanan dan muncul kolom baru / kosong di kolom E. Klik tanda panah dropdown dari ikon Delete pada groups Cells Klik Delete Sheet. dan Baris pada Lembar Kerja. Gambar 6. Untuk menghapus Workshet. Menghapus Worksheet.2.9 Mengaktifkan salah satu sel pada kolom E 2) 3) Klik tanda panah dropdown dari ikon Delete pada groups Cells Klik Delete Sheet Columns.

Gambar 6. langkah yang harus kita lakukan adalah: (contoh: cel C6). 5) 6) Klik tanda panah dropdown dari ikon Delete pada groups Cells Klik Delete Sheet Rows.12 menu Delete Sheet Rows . Gambar 6.11 Mengaktifkan salah satu sel pada baris 6. Maka data pada baris 6 akan bergeser di Ribbon Menu Home. ke bawah dan muncul baris baru / kosong di kolom baris 6.Gambar 6. Menghapus Baris 4) Klik pada salah satu cel pada baris yang akan disisipkan Untuk menghapus Baris.10 menu Delete Sheet Columns c.

Gambar 6.13 Hasil penghapusan Kolom dan Baris .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->