RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : SDN Kalipang 01 Mata Pelajaran Kelas/Semester Waktu : Bahasa Indonesia : V/I : 6 x 35 Menit

(3 x pertemuan)

A. Standar Kompetensi

2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menaggapi suatu persoalan, menceritakan hasil

pengamatan, atau berwawancara.
B. Kompetensi Dasar

2.3 Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar

1. Siswa menuliskan daftar pertanyaan untuk berwawancara sesuai dengan topik tertentu menggunakan kalimat tanya yang benar. 2. Siswa melakukan kegiatan wawancara berdasarkan daftar

pertanyaan dengan menggunakan pilihan kata ya ng tepat dan bahasa yang santun. 3. Siswa menulis laporan hasil wawancara dengan kalimat yang runtut, baik, dan benar.

D. Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mencontoh model berwawancara, siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk berwawancara sesuai dengan topik tertentu menggunakan kalimat tanya yang benar.

1

Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 ( 2 x 35 menit) 1. Pak? c. 2 . Materi Pembelajaran 1. Apakah yang menjadi anggota PMR anak usia sek olah. Kegiatan awal (10 menit) a. Apakah syarat-syarat menjadi anggota PMI? e. Pak? b. Contoh: Anak-anak sudah pernah mendengar kata PMI? Apa kepanjangan PMI? Apa saja tugasnya? Nah. Pak? g. Pak? 2. Apakah tujuan didirikannya PMI. Kegiatan berwawancara. apakah yang harus dilakukan PMI pertama kali? d. pada kegiatan pembelajaran kali ini kalian harus berlatih berwawancara. dan benar. baik. E. Pertanyaan wawancara. Apersepsi Guru menggali pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan memberikan pertanyaan tentang PMI. Dengan daftar pertanyaan yang telah disusun . Apa sajakah tugas PMI. 3. Bolehkah masuk menjadi anggota PMI bagi yang belum dewasa? f. menyusun pertanyaan-pertanyaannya. 3. Pada saat terjadi bencana. Contoh: a. Laporan wawancara F. Apakah kegiatan PMR. Dengan kegiatan belajar kelompok siswa dapat menulis laporan hasil wawancara dengan kalimat yang runtut.2. dan menulis laporannya. siswa dapat melakukan kegiatan berwawancara dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.

Pak? Narasumber Pewawancara Narasumber Oh. b. Pak? Tempatnya di frezer dengan suhu 39 derajad selsius di bawah nol. Kegiatan inti (45 menit) a. Setelah itu. c. darah-darah itu disimpan di mana. banyak. masih ada satu tempat lagi. Guru menjelaskan manfaat keterampilan menyusun pertanyaan untuk wawancara. Misalnya: Anak-anak. Pewawancara Narasumber Tempat khusus apa itu. Motivasi. apakah yang dimaksud donor dara h? Donor darah artinya kegiatan menyumbangkan darah kepada orang lain yang membutuhkan. terampil berwawancara. Siswa membaca contoh teks wawancara dan peragaan berwawancara.b. Ada pula yang disimpan di ruang pendingin dengan suhu sekitar 4 derajad selsius. kalian bisa jadi reporter televisi atau radio. yaitu ditaruh dalam lemari dengan suhu ruangan. Pewawancara Apakah semua orang dapat mendonorkan 3 . di bank darah ini. Darah-darah itu nantinya disimpan di tempat khusus. kira-kira dua ratus orang tiap hari Lalu. Oleh karena itu mari kita belajar dan berlat ih berwawancara. Pewawancara Berapakah jumlah orang mendonorkan darahnya setiap hari ke sini. dan terampil menulis laporan. kalau kalian terampil menyusun pertanyaan. Menjelaskan tujuan pembelajaran 2. Pak? Ya. Siswa diajak memperhatikan contoh peragaan wawancara melalui kaset video. dengan langkah kegiatan sebagai berikut: Pewawancara Narasumber Pak.

bukan? Tapi mungkin ada kekurangannya. Di mana kekurangannya? b. kelompok lain memberi tanggapan. Kelompok satu ditugasi mempersiapkan. dua pasang untuk mensimulasikan kegiatan berwawancara. Penegasan-penegasan yang berkaitan dengan tata cara memperagakan. Misalnya: Bagaimana anak-anak peragaan dan diskusi kita yang baru berlalu. Kelompok satu kelompok simulator. tentu saja tidak. Siswa berdiskusi bersama kelompoknya menyusun kalimat tanya untuk berwawancara sesuai dengan topik dan narasumber yang dipilih (narasumber disesuaikan dengan kondisi sekolah) e. menyusun kalimat tanya. Tindak lanjut (langsung diteruskan pada pertemuan kedua) 4 . Kegiatan ini digiring dengan cara guru mengajukan pertanyaan. Refleksi Siswa diberi kesempatan untuk menaggapi kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.darahnya. Kelompok dua ditugasi sebagai pengamat dengan dibekali lembar observasi d. f. menyanggah dan melaporkan c. Kegiatan penutup (15 menit) a. Siswa dibagi atas dua kelompok besar. Masing-masing kelompok membacakan hasil diskusi. Pak? Narasumber Oh. Siswa mendengarkan ulasan guru tentang kalimat tanya yang telah disusun dan peragaan serta hasil pengamatan kelompok dua 3. dan berat badannya minimal 45 c. berbadan sehat.. kelompok dua sebagai pengamat. Menyenangkan. kilogram. Orang yang akan jadi pendonor darah harus sudah dewasa.

Ketua atau sekretaris yang mengajukan pertanyaan. 2) Siswa dibagi atas beberapa kelompok. Penilaian. 2 Kerincian dan kelengkapan pertanyaan. Jumlah anggoya tiap kelompok. Nama/Kelompok Kelas : ««««« : ««««« No 1 Aspek yang dinilai 1 2 Skor 3 4 5 Juml. Tiap kelompok memiliki seorang ketua dan seorang sekretaris. Kegiatan Inti (50 menit) 5 . Penilaian selama proses menggunakan lembar pengamatan seperti contoh berikut.d. Tiap anggota kelompok mempunyai tugas yang sama yaitu mencatat pokok-pokok isi jawaban narasumber. Penilaian dilakukan selama p embelajaran berlangsung berdasarkan lembar pengamatan dan laporan hasil kerja kelompok. skor Nilai akhir Kesesuaian pertanyaan dengan tujuan. 3 Kreativitas dalam menyusun pertanyaan 4 Kejelasan pertanyaan dan kesesuaian dengan mitra bicara  Nilai akhir  Skor maksimal: 20 Pertemuan 2 (2 x 35 menit) 1. paling banyak 5 orang ( sesuai pembagian kelompok pada pertemuan 1). Kegiatan Awal (10 menit) 1) Guru memberi penjelasan tentang langkah -langkah kegiatan wawancara dengan nara sumber. 2.

mendatangkan tenaga medis ke sekolah. Kerincian dan kelengkapan pertanyaan. Kegiatan penutup (10 menit) 1) Refleksi Siswa diberi kesempatan untuk menaggapi kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. 3.Siswa langsung diajak ke lapangan dengan berbekal daftar pertanyaan. Kreativitas dalam menyusun pertanyaan Kejelasan pertanyaan dan kesesuaian dengan mitra bicara Intonasi dan mimik Kelancaran Kewajaran penampilan Skor 2 3 4 5 Jmlh skor Nilai Akhir 6 . kepala sekolah. Kegiatan ini digiring dengan cara guru mengajukan pertanyaan. apakah informasi yang diperoleh sudah lengkap dan sesuai dengan daftar pertanyaan yang telah kalian susun? 2) Penegasan-penegasan berwawancara. satpam. pedagang yang berad a di lingkungan sekolah. Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung Contoh lembar pengamatan: Kelompok : Nama anggota : No 1 2 3 4 5 6 7 Aspek yang dinilai 1 Kesesuaian pertanyaan dengan tujuan. 3) Tindak lanjut yang berkaitan dengan tata cara Siswa diberi tugas menyusun laporan hasil wawancara. 4) Penilaian. Obyek/narasumber ditentukan yang berada di sekitar sekolah misalnya: guru. Misalnya: Bagaimana anak-anak.

2. 2) Penegasan. Kegiatan penutup (10 menit) 1) Refleksi Siswa diberi kesempatan untuk menang gapi kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Penilaian dilakukan terhadap laporan hasil wawancara 7 . 2) Guru memberikan penjelasan berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan. Kegiatan Inti (53 menit) 1) Wakil kelompok. 2) Antar kelompok saling memberikan tanggapan. Kegiatan Awal (7 menit) 1) Guru mengecek alat-alat dan kesiapan siswa untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. 4) Penilaian. 3) Tindak lanjut Bila 85% dari jumlah siswa kelas V sudah mendapatkan nilai 75 (rentang skor 1 ± 100) maka sebagai tindak lanjutnya adalah pengayaan berupa tugas mencatat pokok -pokok isi wawancara dalam acara televise atau radio. mencatat hal-hal yang penting berkaitan dengan wawancara dan membuat laporan wawancara. maka tindak lanjutnya adalah perbaikan di kelas dengan mengulangi materi yang sama.Pedoman penilaian Nilai Akhir   Skor maksimal 35 Pertemuan 3 (2 x 35 menit) 1. 3. menyimpulkan tata cara yang berkaitan dengan wawancara dan membuat laporan wawancara. memberikan saran -saran demi perbaikan pembelajaran berikutnya. Bila yang mendapat nilai • 75 kurang dari 85%. secara bergantian melaporkan hasilnya di depan kelas. 3) Siswa memperhatikan ulasan guru tentang lapo ran masing-masing kelompok.

Format Penilaian laporan hasil wawancara Aspek Bahasa dan kelancaran Kesesuaian/ keakuratan Jumlah skor :Pedoman penilaian   Nilai Akhir Skor maksimal 25 G. 8 Nilai Akhir Keruntutan kalimat No Nama Intonasi dan Kelengkapan isi . penerbit Yudhustira. 4) Media : Vidio kaset. Metode. Pendekatan. 3 Maret 2011 Guru kelas V («««««««. tanya jawab : Buku Bahasa Indonesia kelas 5 Sekolah Dasar. Sumber dan media 1) Pendekatan 2) Metode 3) Sumber : Komunikatif : Diskusi..) NIP (EKO SUHARININGSIH) NIP. Mengetahui: Kepala SDN « Kalipang.

9 .