P. 1
Peluang

Peluang

|Views: 372|Likes:
Published by WahYou PurNomo

More info:

Published by: WahYou PurNomo on Jul 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2015

pdf

text

original

PELUANG

(Rumus)
KAIDAH PENCACAHAN Jika ada k pilihan dengan setiap pilihan memiliki hasil n1, n2, n3, … , nk yang berbeda, banyak hasil berbeda yang mungkin dari k pilihan tersebut adalah: Hasil perkalian semua bilangan bulat positif secara berurutan dari 1 sampai n disebut n faktorial, dan diberi notasi n! (Catatan: 0! = 1) (Contoh Soal) 1. Tersedia dua celana berwarna biru dan hitam, serta tiga baju berwarna kuning, merah, dan putih. Ada berapa banyak pasangan warna celana dan baju yang dapat dibentuk? Jawab: Dengan diagram pohon:
Warna Celana Warna Baju
Pasang an Warna

Kuning Biru Merah Putih Warna Kuning Hitam Merah Putih

B,K B,M B,P H,K H,M H,P

Dengan tabel silang: Baju Kuning Celana Biru Hitam Dengan pasangan terurut: {(B,K), (B,M), (B,P), (H,K), (H,B),(H,P)} 2. Suatu proyek penghijauan akan menanam 4 jenis pohon di 3 kota yang berlainan. Berapa banyak pasangan jenis pohon dan kota yang dapat disusun? Jawab: {(p1,k1), (p1,k2), (p1,k3), (p2,k1), (p2,k2), (p2,k3), (p3,k1), (p3,k2), (p3,k3), (p4,k1), (p4,k2), (p4,k3)} B,K H,K B,M H,M B,P H,P Merah Putih

5. Angka-angka itu boleh berulang b. R. Dari lima buah angka: 0. Angka-angka itu tidak boleh berulang Jawab: Boleh Berulang: Angka 1 Angka 2 Angka 3 Angka 4 4 Tidak Boleh Berulang: Angka 1 5 5 5 Angka 2 Angka 3 Angka 4 4 4 3 2 6. 1. Berapa banyak bilangan yang dapat disusun jika: a. Dari lima buah angka: 2. Huruf pertama dimulai dengan huruf hidup (vokal)? b. dan L. Seseorang hendak bepergian dari kota A ke C. Angka-angka itu tidak boleh berulang Jawab: . ia dapat melalui kota P atau kota Q. dan 6 hendak disusun bilangan genap yang terdiri atas tiga angka. dan L Huruf 1 Huruf 2 Huruf 3 Huruf 4 Huruf 5 3 4 3 2 1 5. jika: a. R. Dari kota A ke kota C. 2. A. Berapa banyak jalur yang dapat ditempuh oleh orang itu untuk bepergian dari kota A ke C melalui P dan Q? Jawab: Banyak jalur dari A ke C melalui P = Banyak jalur dari A ke C melalui Q = Total Seluruh cara = 4. 3. 4. sedangkan dari A ke Q ada 2 jalan dan dari Q ke C ada 5 jalan. Huruf pertama dimulai dengan huruf mati (konsonan)? Jawab: Huruf pertama dimulai dengan huruf hidup: O dan A Huruf 1 Huruf 2 Huruf 3 Huruf 4 Huruf 5 2 4 3 2 1 Huruf pertama dimulai dengan huruf mati: M. jika: a. Berapa banyak bilangan yang dapat disusun. Angka-angka itu boleh berulang b.3. Berapa banyak cara untuk menyusun huruf-huruf M. dan 4 hendak disusun suatu bilangan yang terdiri dari 4 angka. 3. Misalkan dari kota A ke P ada 3 jalan dan dari P ke C ada 4 jalan. Dari kota P ke Q atau sebaliknya tidak ada jalan. O.

4. 8. C dan D? Jawab: 2. tanpa boleh berulang: Sehingga banyak bilangan < 50. 5.000 adalah: 4. dan 9 tanpa ada angka yang diulang yang lebih kecil dari 50. Tentukan jumlah permutasi dari semua huruf dalam kata KARTUNIS jika: a.Boleh berulang: Angka 1 Angka 2 Angka 3 5 Tidak Boleh Berulang: Angka 1 5 Angka 2 3 Angka 3 3 4 3 Banyaknya cara yang mungkin terjadi pada kaidah pencacahan dapat ditentukan dengan: 1. tempat puluhan ribu ada pilihan untuk: 2. yaitu: 2. Kombinasi PERMUTASI = Pemilihan r unsur dari n unsur berbeda dengan memperhatikan urutan (Contoh Soal) 1. 7. artinya. Tentukan banyaknya 3 susunan huruf berbeda yang dapat diperoleh dari kata SMART! Jawab: 3.000. 3. Huruf U dan N harus berdampingan b. Hitung banyak cara menyusun bilangan yang terdiri atas 5 angka dari 8 angka. Berapa banyak permutasi dari 4 huruf: A. Permutasi 3. 6. 3. Aturan pengisian tempa yang tersedia 2. Huruf U dan N tidak boleh berdampingan Jawab: .000! Jawab: Angka 1 Angka 2 Angka 3 Angka 4 Angka 5 3 7 6 5 4 Lebih kecil dari 50. B. dan 4 (3 angka) Sisanya masih ada 4 angka yang dapat dipilih dari 7 angka.

Dua wanita harus di depan b. Diketahui 5 pria dan 4 wanita sedang berbaris.Huruf U dan N berdampingan:  Anggap keduanya satu kesatuan. sehingga: Sehingga total cara: Seorang pria di depan dan seorang wanita di belakang: p  Posisi pertama mempunyai 5 cara (dari 5 pria yang ada)  Posisi terakhir mempunyai 4 cara (dari 4 wanita yang ada)  Sisa 7 posisi dari 7 orang sisanya. Pria berkelompok d. Tidak boleh dua pria berdekatan Jawab: Dua wanita harus di depan: w w  Dua posisi dipilih dari 4 wanita. yang dapat ditukar tempat dengan 2 cara.  Sisa 6 huruf untuk 6 blok + 1 blok dari U dan N = 7 blok Sehingga jumlah permutasi jika U dan N berdampingan adalah: Huruf U dan N tidak berdampingan:  Permutasi dari KARTUNIS adalah Sehingga jumlah permutasi jikaU dan N tidak berdampingan adalah: 5. sehingga:  Sisa 7 posisi dipilih dari 5 pria dan 2 wanita sisa. Seorang pria di depan dan seorang wanita di belakang c. yaitu w Sehingga total cara: Pria berkelompok:  Anggap kelompok pria satu kesatuan. yang dapat dipertukarkan dengan 5! Cara  Sisa 4 wanita + 1 kesatuan pria menjadi 5 posisi yang dapat dipertukarkan dengan 5! Cara Sehingga total cara: . Tentukan banyak cara barisan ini dapat dibentuk dengan urutan orang yang berbeda jika: a.

Tidak boleh dua pria berdekatan: p w p w p w p w p  Posisi pria dapat dipertukarkan dengan 5! cara  Posisi wanita dapat dipertukarkan dengan 4! Cara Sehingga total cara: Permutasi Siklis = Banyaknya cara untuk n objek disusun melingkar dengan urutan berlainan. Kontingen paling sedikit memiliki 1 putri . 1 kuning dan 1 biru. Berapa banyak MATEMATIKA? Jawab: susunan huruf berbeda yang dapat dibentuk dengan menggunakan kata KOMBINASI = Pemilihan r unsur dari n unsur berbeda tapa memperhatikan urutan (Contoh Soal) 1. Sebuah kontingen Olimpiade Matematika terdiri atas 5 siswa yang akan dipilih dari 6 siswa putra dan 4 siswa putri. … dan nk elemen jenis ke-k sama Dengan: (Contoh Soal) 1. 3 merah. (Contoh Soal) Berapa cara 7 orang duduk mengelilingi meja bundar dengan urutan berlainan? Jawab: Permutasi dengan Pengulangan = Pemilihan dengan n1 elemen jenis pertama sama. Jika kesembilan bendera akan dipasang berjajar. Tentukan banyak cara kontingen ini dapat dibentuk jika: a. Tersedia 9 bendera dengan 4 berwarna putih. berapa banyak cara kesembilan bendera tersebut dapat dipasang? Jawab: 2. Tidak ada pembatasan b. n2 elemen jenis kedua sama. Kontingen tepat memiliki 3 siswa putra c.

Misalkan A adalah kejadian munculnya angka genap pada percobaab melempar dadu. Sebuah bola putih? b. Sebuah bola merah? Jawab: . sedangkan dadu bersisi 6 2. Berapa peluang kejadian A? Jawab: Angka genap pada dadu adalah 2. peluang E adalah: (Contoh Soal) 1. Misalkan B adalah kejadian munculnya bilangan prima. Jumlah seluruh siswa = 6 + 4 = 10 b. 3. 3 putra dipilih dari 6 siswa putra Sisa = 5 – 3 = 2 putri dipilih dari 4 siswa putri c. Dari kotak itu diambil sebuah bola secara acak. Berapa peluang kejadian B? Jawab: Angka prima pada dadu adalah 2. 5. 7 Sehingga: 3.Jawab: a. 4. Sebuah bilangan asli diambil secara acak dari bilangan asli antara 1 sampai dengan 9. Berapa peluang yang terambil itu: a. Kontingen semua putra Kontingen paling sedikit memiliki 1 putri = BINOMIAL PELUANG Jika N adalah banyaknya titik sampel pada ruang sampel S percobaan dan E merupakan suatu kejadian dengan banyaknya n pada percobaan tersebut. Satu kotak berisi 5 bola putih dan 3 bola merah. dan 6 Sehingga: .

Dari kotak diambil 3 manik secara acak. 6 . dan sisanya berwarna putih. Suatu kotak berisi 10 manik. Semua merah b. Berapa peluang yang terambil itu: a. Gunakan Bantuan Diagram Pohon Peluang Kejadian Majemuk . 2 merah dan 1 putih c. Tentukan kompleman munculnya mata dadu genap! Jawab: Angka genap dadu adalah 2. 1 merah dan 2 putih Jawab: Dari 10 manik diambil 3 manik: Peluang terambilnya semua merah: Peluang terambilnya 2 merah dan 1 putih: Peluang terambilnya 1 merah dan 2 putih: Peluang Kejadian Kompleks a. 6 buah berwarna merah. Tentukan peluang paling sedikit memiliki satu anak laki-laki dalam suatu keluarga yang memiliki empat anak! Jawab: . sedangkan sisi dadu ada 6 Sehingga peluang dadu genap P(A) = 3/6 = 1/2 2.Komplemen Suatu Kejadian (Contoh Soal) 1. Gunakan bantuan Diagram Kemungkinan b.Total bola di kotak = 5 + 3 = 8 Peluang terambilnya sebuah bola putih: Peluang terambilnya sebuah bola merah: 4. 4.

1) . Queen. (6. P(merah) = 26/52 - Peluang Tidak Saling Lepas (Contoh Soal) 1. merah dan putih.Total kemungkinan = 24 = 16 Komplemennya adalah memiliki empat anak perempuan: Peluang paling sedikit satu anak laki-laki: - Peluang Saling Lepas (Contoh Soal) 1. (2. P(B) = 3/36 2. P(A B) = 8/100 2.5). (5. P(A) = 2/36 m + p = 10  (4. P(A) = 25/100 Kelipatan 6  n(B) = 16 . Sebuah kartu diambil secara acak dari satu set kartu bridge.4) . tentukan peluang muncul kelipatan 4 atau 6! Jawab: Kelipatan 4  n(A) = 25 .6). Berapa peluang yang terambil kartu sekop dan kartu berwana merah? Jawab: P(sekop) = 13/52 . Jika dari kartu bernomor 1 sampai 100 diambil sebuah. Berapa peluang munculnya mata dadu berjumlah 3 atau 10? Jawab: m + p = 3  (1. dilemparkan bersama-sama.2). Dua buah dadu. dan Jack)! Jawab: . Tentukan peluang terambilnya kartu hati atau kartu bergambar Raja (King. P(B) = 16/100 Kelipatan 4 dan juga 6  n(A B) = 8 . Sebuah kartu diambil secara acak dari satu set kartu remi.

Dari dalam kantong yang berisi 6 bola merah dan 4 bola putih. Yeni yang tidak belajar. menjawab semua soal dengan menebak. Jika diambil 2 bola satu per satu tanpa dikembalikan. . Adrian memiliki 5 baju lengan pendek berbeda dan 3 celana panjang berbeda. Sebuah kotak berisi 5 bola merah dan 4 bola biru. Dari 5 pilihan jawaban hanya mengandung 1 jawaban benar. Berapa banyak carakah Yeni dapat menjawab kuis tersebut? 4. Tentukan peluang terambilnya bola putih lalu merah! Jawab: P(merah) = 6/10 = 3/5 P(putih) = 4/10 = 2/5 - Peluang Saling Bebas Bersyarat (Contoh Soal) 1. dilihat warnanya dan dikembalikan lagi. Gunakan diagram pohon untuk mendaftar dan menentukan semua hasil yang mungkin! Kota P dan Q dihubungkan dengan tiga jalan. diambil 1 bola. P(Hati Raja) = 3/52 - Peluang Saling Bebas (Contoh Soal) 1.Kartu hati  n(Hati) = 13 . Buat diagram pohon dan daftar semua hasil yang mungkin! ATURAN PERKALIAN 3. P(Raja) = 12/52 Kartu hati dan juga Raja  n(Hati Raja) = 3 . P(Hati) = 13/52 Kartu Raja  n(Raja) = 12 . 2. Sebuah uang logam dan dadu dilempar bersama. Selama berapa harikah Adrian dapat tampil dengan setelan baju dan celana yang berbeda? Seorang guru memberikan kuis matematika yang terdiri atas 6 soal pilihan ganda. Kota Q dan R dihubungkan dengan lima jalan. tentukan peluang bola yang terambil itu berturut-turut merah – biru! Jawab: P(merah) = 5/9 Bola tidak dikembalikan  9 – 1 = 8 P(biru|merah) = 4/8 = 1/2 (Soal) 1.

C. Delapan bendera dari delapan tim sepak bola terdiri atas 3 warna merah.5. b. c. Jika angka-angka tersebut tidak boleh diulang. pergi ke Bank. D dan angka: 0. Kartu bergambar dan kartu as masing-masing mengelompok sehingga hanya sepasang kartu bergambar dan kartu as yang berdampingan c. Berapa banyak cara berbeda untuk menjajarkan kedelapan bendera tersebut? KOMBINASI 14. dan membeli buku Fisika. Sebuah lemari besi dengan kunci kombinasi memiliki 50 angka. 1. pergi ke Kantor Pos. 2 warna hijau. 2 warna kuning. Huruf-huruf boleh diulang c. Berderet b. 8. 3. 4. 10. Melingkar 13. B. Untuk membuka kunci lemari. f. g}. Clara harus melakukan kegiatan berikut ini setelah pulang sekolah: makan siang. 7 akan dibuat pelat nomor motor yang dimulai dengan satu huruf dan ikuti oleh tiga angka dengan angka 0 tidak boleh sebagai angka pertama. 2. kemudian memutar searah jarum jam ke angka kedua. Kartu-kartu boleh diletakkan pada sembarang tempat b. Tentukan banyak himpunan bagian yang memiliki anggota paling sedikit 4 elemen! . dan 1 warna biru. Dalam berapa carakah dia dapat melakukan seluruh kegiatan ini? Berapa banyak kata sandi yang terdiri dari 4 huruf dapat dibentuk dari 8 huruf pertama dalam abjad jika: a. e. Berapa banyak susunan buku yang mungkin? Seorang kandidat presiden hanya dapat mengunjungi emapt provinsi dari delapan provinsi yang ingin dikunjungi. 6. anda harus memutar kunci ke sebuah angka. d. Berapa banyak pilihan yang dapat diambil oleh siswa tersebut? 15. Berapa banyak cara dengan urutan berbeda ia dapat mengunjungi provinsi-provinsi tersebut? Dari empat huruf: A. Sebuah keluarga terdiri atas 6 orang. Lima buku matematika berbeda disusun rapi pada sebuah meja belajar. Seorang siswa diminta mengerjakan 7 soal dari 10 soal yang tersedia. Ada 3 kartu bergambar dan 4 kartu As. Kartu as tidak boleh berdampingan 12. dengan syarat nomor 1 sampai 5 harus dikerjakan. PERMUTASI 7. dan memutar sekali lagi dengan arah berlawanan jarum jam ke angka ketiga. Dengan berapa cara mereka dapat duduk dengan urutan berbeda pada 6 kursi jika: a. Kartu bergambar berkelompok d. 5. Diketahui P = {a. berapa banyak pelat nomor yang dapat dibuat? 9. Tidak ada huruf yang boleh diulang b. Kedelapan bendera tersebut akan dikibarkan berjajar. Kartu bergambar tidak boleh berdampingan e. Hanya huruf pertama yang tidak boleh diulang 6. Berapa banyak cara kartu-kartu tersebut dapat disusun dalam satu baris dengan urutan berbeda jika: a. Berapa banyak kombinasi berbeda yang bias diperoleh? 11.

Gunakan diagram kemungkinan untuk mendaftar ruang contoh percobaan ini b. Suku ke-5 b. Merah 180°. 3. Tentukan peluang bahwa: a. (x + 2)6 b. Jika ahli kimia tersebut memilih tiga larutan secara acak. kemudian tentukan peluangnya c. Empat buah kartu diberi label angka-angka 2. Dua kartu diambil satu per satu secara acak tanpa dikembalikan. Jumlah x + y adalah genap b. Berapa carakah dari 6 dasi yang tersedia dapat dipilih 2 dasi atau lebih? 18. 5} dan B = {6. Misal A = {3. 7. Jumlah x + y adalah prima c. Dari 7 siswa putra dan 5 siswa putrid akan dipilih 6 siswa untuk dikirim ke Jepang dalam rangka pertukaran siswa. Seorang ahli kimia memiliki sembilan contoh larutan. berapa banyak cara ahli kimia tersebut akan memilih lebih dari satu jenis larutan A? BINOMIAL 19. Sektor merah b. Biru 45°. (5x3 + 2y2)4 d. Terdapat 4 jenis larutan A dan 5 jenis larutan B. y adalah ganjil . kemudian tentukan peluangnya 22. Tentukan: a. Sektor kuning c. Suku ke-8 dari dari dari dari (x + 2y)12 (2m3 – n)14 (2x3 – 3y2)6 (ab-1 + ba-1)11 PELUANG 21. Daftarkan kejadian munculnya bilangan prima. (x2 – x-1)4 20. kuning. Daftarkan ruang sampel dari percobaan ini b. Berapa banyak pilihan berbeda dapat diperoleh jika: (i) Tidak ada pembatasan (ii) Dipilih 4 putra dan 2 putri (iii) Paling sedikit ada 1 putri 17. Tentukan peluang dari kejadian berikut: 1) Gunakan diagram kemungkinan untuk mendaftar ruang contoh percobaan ini 2) Jumlah angka pada kedua kartu adalah genap 3) Hasil kali angka pada kedua kartu adalah genap 24. kemudian tentukan peluangnya d. Tentukan ekspansi berikut: a. Sektor hijau 23. kemudian sebuah kartu diambil secara acak dari kotak tersebut. Kemudian angka lain dipilih secara acak dari himpunan B dan dicatat sebagai y. tentukan peluang titik terletak di: a. Kuning 90°. 5. Daftarkan kejadian munculnya bilangan ganjil. Suku ke-4 d. biru dan hijau. (x + 2y)5 c. a. a. Sebuah angka dipilih secara acak dari himpunan A dan dicatat sebagai x. Daftarkan kejadian munculnya bilngan kelipatan 3. Suku ke-9 c. 8}. Hasil kali x . 4. Kartu-kartu yang diberi angka 11 sampai dengan 20 dimasukkan ke dalam sebuah kotak. Sebuah karton berbentuk lingkaran dibagi atas empat sektor yang diberi warna merah. dan sisanya Hijau.16. dan 7. Jika sebuah titik dipilih acak dari karton.

tentukan peluang kedua sekolah masing-masing memiliki lebih dari 500 siswa. Mata dadu 2 dan sisi angka pada uang logam 31. Mata dadu ganjil dan sisi gambar pada uang logam b. tentukan peluang mengambil komponen yang baik! 26. P J c. Lima belas kartu diberi nomor 1 sampai 15. Tentukan peluang terambil kelereng putih. Sebuah kantong berisi 9 kelereng biru. G: pekerja sudah menikah dan J: pekerja adalah duda atau janda. Jika satu dari 720 sekolah dipilih secara acak. a. kemudian diambil satu kartu secara acak. Kartu bukan kelipatan 3 b. Jika peluang mengambil komponen yang cacat dalam suatu percobaan adalah 1/6. Sebuah anak panah selalau mengenai target yang terdiri atas 2 lingkaran kecil dan besar sepusat. Mata dadu prima ganjil dan sisi angka pada uang logam c. Peluang satu lempran acak mengenai lingkaran yang kecil adalah 16/25. B J d. B: pekerja adalah bujangan. Dua kelereng diambil satu demi satu dengan pengembalian. L J 30. Sebuah survey tentang pekerja pada suatu perusahaan garmen menghasilkan informasi tentang status kelamin dan perkawinan pada table berikut: Kejadian L: pekerja adalah laki-laki. Jumlah siswa pada 720 sekolah yang disurvei diberikan pada table frekuensi kumulatif berikut: Jumlah Siswa ≤ 100 ≤ 200 ≤ 300 ≤ 400 ≤ 500 ≤ 600 Jumlah Siswa 65 149 288 542 684 720 a. Sebuah dadu dan sekeping uang logam dilempar undi satu kali. Jika seorang pekerja dipilih secara acak dari perusahaan tersebut. Kartu bukan prima c. Hitung peluang lemparan mengenai lingkaran besar b. Jika jari-jari lingkaran kecil 8 cm. 6 kelereng kuning dan 4 kelereng merah. tentukan peluang dari tiap kejadian berikut: Kawin Bujangan Duda/Janda Laki-Laki 12% 3% 10% Perempuan 55% 12% 8% a. Dalam sebuah kotak terdapat 4 kelereng merah dan 6 kelereng putih. tentukan jari-jari lingkaran besar. tentukan peluang bahwa sekolah itu memiliki 300 siswa atau lebih sedikit. Kartu diacak. Berapa peluang bahwa kartu yang etrambil adalah: a. P B e. P: pekerja adalah perempuan. Jika dua dari 720 sekolah itu dipilih pada saat yang berlainan secara acak.25. 28. P J f. . kemudian kelereng merah! 32. Tentukan peluang memperoleh: a. L G b. Sebuah kelereng diambil secara acak dari kantong. Tentukan peluang terambil kelereng biru atau kuning! 29. b. Kartu bukan genap dan kelipatan 3 27. tentukan peluang dari tiap perusahaan tersebut.

Tentukan peluang kejadian berikut: a. Paling sedikit 1 merah 39. Tentukan peluang yang terambil adalah bola merah dan putih! 38. Tepat 3 gambar muncul b. dan ⅗. P(A c. Misalkan peluang lulus ujian A. P(A) = 1/2 dan P(A B) = 3/4 b. dan C masing-masing adalah ¾. Tentukan peluang: a. 2. 3! 36. Angka-angka tidak dapat berulang 37. sebuah bola diambil dari kantong B dan dimasukkan ke dalam kantong A. berapa peluang yang memiliki mobil ettapi tidak memiliki sepeda? 41. P(A B) b. Bola yang terambil dari kantong B adalah merah d. P(B) = 1/2 dan P(A a. Sebuah koin dilempar undi 5 kali.33. Tentukan peluang pelari nomor 3. 7. Carilah: 43. 2 putih dan 1 merah d. Peluang paling tidak 1 orang lulus 34. Misalkan A dan B adalah kejadian dengan P(A) = 2/5. B. Jika P(A) = 1/3 dan P(B) = 2/5 carilah: B) B) B’) B) B) = 4/5. Ketiganya merah b. Peluang ketiganya lulus b. Peluang hanya 2 orang lulus c. Tentukan peluang bahwa bilangan tersebut lebih besar daripada 2000 jika: a. Ketiganya berbeda warna e. Dua bola berbeda warna terambil c. Kantong B mengandung 10 bola: 4 merah dan 6 biru. Hasil survey yang dilakukan pada suatu wilayah terhadap kepemilikan mobil dan sepeda diperoleh: 10% penduduk tidak memiliki mobil 40% penduduk memiliki sepeda 5% penduduk tidak memiliki mobil tetapi memiliki sepeda Jika dari wilayah itu diambil satu orang secara acak. Kantong A mengandung 10 bola: 3 merah dan 7 biru. Ketiganya biru c. Dalam sebuah kantong terdapat 6 bola merah. P(A’ A dan B adalah kejadian saling bebas. Angka-angka dapat berulang b. 4 putih. jika: a. tentukan peluang kejadian berikut: a. P(A b. Diambil 2 bola sekaligus dari kotak itu. tentukan peluang terambilnya: a. 2. ⅔. dan 5 biru. Sebuah bola diambil secara acak dari kantong A dan dimasukkan ke dalam kantong B. dan 1 berturut-turut keluar sebagai juara 1. Jika diambil tiga bola sekaligus secara acak. Carilah P(B). Ada delapan pelari dengan nomor punggung 1 sampai 8. Empat angka dipilih dari angka-angka 1. Sebuah kotak berisi 5 bola merah dan 3 bola putih. Kantong A masih mengandung 3 bola merah setelah dua kali pengambilan 35. dan 4 sehingga terbentuk sebuah bilangan. 3. P(A’ B’) . Tidak ada gambar muncul 40. P(A’ d. Kejadian A dan B adalah kejadian saling bebas. Bola merah terambil dari kantong A dan bola biru terambil dari kantong B b. Dengan bantuan diagram pohon. P(A) = 2/5 dan P(A B) = 2/3 42. Setelah bola bercampur. Kejadian a.

P(B|A) e. e. P(A|B) d. Carilah: 44. P(A B) b. P(A|B) P(B|A) P(A’|B’) P(B’|A’) B) = ¼. P(B’|A’) 45.c. P(B) = 1/3 dan P(A a. d. P(A’ B’) c. Misalkan A dan B adalah kejadian dengan P(A) = 1/2. Carilah: a. P(A’ B’) . Misalkan A dan B adalah kejadian dengan P(A) = 2/5. P(A|B) = 3/8 dan P(B|A) = 1/2. P(A’|B’) f. f. P(A B) b.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->