TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

DISUSUN OLEH :
NAMA NIM JURUSAN DOSEN E-MAIL : NURHIDAYATI : 901021 : MANAJEMEN : Drs. AZIS PURWANTO, MM : cahayahati2011@ymail.com

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ( STIE ) TAMAN SISWA BANJARNEGARA

Guru Umum UR . Humas dan UPHI Unit Produksi Hub. MR Wakasek 3 Bid. DU / DI BKK Keterangan : Koperasi Siswa : Garis Komando : Garis Koordinasi .1. Perpustakaan Kakom TKJ Kakom TAV Pembina OSIS Wakasek 2 Bid. Kesiswaan Ekstra UKS BK Kakom TSM Koord. Sarpras Bahan Praktek Inventarisasi 7K Wali Kelas / Guru Wakasek 4 Bid. Skema desain SIM di SMK N 2 Bawang STRUKTUR ORGANISASI SMK NEGERI 2 BAWANG BANJARNEGARA Kepala Sekolah WMM Kepala Tata Usaha Pengajaran Wakasek 1 Bid. Kurikulum Superv & Pengemb.

Hambatan / kelemahan yang dihadapi dalam penerapan SIM adalah . Kemudahan yang diperoleh dari penerapan Sistem Informasi Manajemen ( SIM ) Berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas Organisasi. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi. 1. laporan khusus. 4. 3. fungsi Sistem Informasi antara lain. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem. 3. 5. Tidak tersedianya data / informasi secara lengkap dan informasi tidak berkualitas. dan memilih alternatif yang membawa kepada hasil yang terbaik/maksimal. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai. Tidak memahami konsep dasar informasi dalam mendesain sebuah sistem informasi yang efektif. Tidak tersedianya sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen 4. 2. Mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya. Memahami konsep sebuah sistem keputusan tertutup menganggap orang rasional yang secara logis menguji semua alternatif. 3. Mahal dan sulit biaya yang dikeluarkan dalam penerapan SIM. Solusinya adalah . Deskripsi SIM tersebut diatas Jawaban pada document soal nomer 2 3. 5. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif. 1. laporan yang terjadwal. Adanya rencana dan anggaran. 2. sebagai berikut . 4. mengurutkan berdasarkan kepentingan hasilnya. Sistem informasi yang dimiliki sering kali tidak dapat bekerja dengan baik 5. tanpa mengharuskan adanya perantara sistem informasi. 1. Memahami / memiliki kemampuan menangani suatu model keputusan.2. yaitu dengan mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat ( level ) manajemen dan tipe keputusan yang diambilnya. Sistem informasi tersebut terlalu banyak informasi yang tidak bermanfaat atau berarti ( sistem terlalu banyak data ) 6. analisis operasional sistem informasi manajemen yang dapat memberi bantuan yang cukup jelas pada proses perencanaan strategis. 5. Evaluasi kemampuan yang ada didasarkan atas data internal yang ditimbulkan kebutuhan pengolahan operasional. 2. 4. 6. Mengetahui semua perangkat alternatif dan semua akibat atau hasilnya masingmasing .

5. 3. Peran CIO pada SMK Negeri 2 Bawang. Mengadakan kerja sama dengan pihak luar. Akibat dari kurang mendapat informasi. pengguna produk ( tamatan ).doc . sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi perusahaan / unit kerja. atas terselenggaranya pendidikan di sekolah. Bertanggung jawab kepada Pemerintah. dan lain – lain. Peran antara Manajer dan Informasi yang ada pada unit kerja. Peran informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia. dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya. dan sebagainya ) yang memungkinkan dia membuat urutan kepentingan semua alternatif. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas terselenggaranya seluruh ketatausahaan. seperti orang tua. yang pada akhirnya akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya. sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu. 2. 8. Sebagai koordinator tenaga administrasi sekolah. 2. Memiliki metode ( aturan. 9.Peran CEO pada SMK Negeri 2 Bawang.7. 1. dan menjabarkan kebijakan Kepala Sekolah. 7. baik ke dalam maupun ke luar. adalah . adalah . 2. ketertiban dan keamanan. Memonitor dan mengevaluasi seluruh kegiatan 4. Manajer berperan sebagai pembuat kebijakan dan sebagai penentu kebijakan dalam menerapkan satu jenis sistem informasi dan sumber daya strategis pada unit kerja. jajaran pemerintah. 1. sesuai dengan visi dan misi sekolah. Sebagai perencana program kerja sekolah 3. Jawaban terlampir di soalnomer9. Melaksanakan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan administrasi dan tata usaha di sekolah. sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu. seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangan. 1. Menentukan kebijakan untuk perbaikan seluruh kegiatan selanjutnya. Membuat perbaikan – perbaikan informasi yang diterima pada suatu mekanisme dalam pengendalian suatu informasi yang berfungsi untuk memantau proses informasi dalam unit kerja. hubungan. yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya. Mengelola unsur pokok-pokok manajemen sekolah 6. adalah . Gambar skema sistem informasi manajemen pada unit kerja kami. 6.

Pemakai ( user ) ini menggunakan sofware tertulis yang telah tersedia. 2. Risiko Penerapan EUC adalah . 1. . Perusahaan dihadapkan pada tantangan untuk mengolah sumber-sumber informasi terpusat yang telah berubah menjadi trend pendistribusian.10. komputerisasi ke seluruh perusahaan. Aplikasi-aplikasi dari pemakai ini terdiri atas shofware tertulis yang telah dibuat oleh bagian unit pelayanan informasi atau diperoleh dari sumber-sumber luar dan mereka juga mendisain dan mengimplementasikan aplikasinya sendiri. terutama dalam bentuk mikrokomputer. namun ia juga menggunakan 4GL untuk mengakses database dan membuat laporan khusus. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful