P. 1
12 Gerakan Pengaturan Lalu Lintas

12 Gerakan Pengaturan Lalu Lintas

|Views: 1,099|Likes:
Published by Kinan Wiriawan

More info:

Published by: Kinan Wiriawan on Jul 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2013

pdf

text

original

12 Gerakan Pengaturan Lalu Lintas

Ini dia yang banyak sekali dari rekan-rekan yang belum menguasai... Sepertinya sederhana, tapi kalau gak dihafalkan, lumayan bikin repot pak polantas dalam mengatur arus lalin... Ok! Langsung aja! Gerakan 1 : Menghentikan arus dari segala arah

Priiiiiiiiit! (Satu tiupan peluit yang panjaaaaang....) SEMUA ARAH BERHENTI!!!

.) Rekan-rekan yang berada di depan petugas. .Gerakan 2 : Menghentikan arus dari arah depan petugas Priiiiiiiiit! (Satu tiupan peluit yang panjaaaaang... harus berhenti.

) Kalau rekan-rekan dari arah belakang petugas. segeralah berhenti.. .Gerakan 3 : Menghentikan arus dari arah belakang petugas Priiiiiiiiit! (Satu tiupan peluit yang panjaaaaang. lihat punggung petugas yang merentangkan tangan kiri nya...

Gerakan ke 4 : Menghentikan kendaraan dari arah depan & belakang petugas Priiiiiiiiit! (Satu tiupan peluit yang panjaaaaang....) .

mohon jangan mencuri-curi jalan. mungkin dikiranya petugas itu orang2an sawah yah? Gerakan ke 5: Menghentikan arah tertentu . Walau rentangan tangan petugas tidak dapat menutupi lebar jalan.Arah depan dan belakang petugas diperintahkan untuk berhenti. Sering sekali anak sekolahan menerobos melewati ketiak petugas dari belakang.

... Gerakan ke 6: Menjalankan arus dari arah kanan petugas Prit! Prit! ..... ....) Yang melihat gerakan ini berada di sisi kanan petugas.) Gerakan ini bebas. tergantung petugas mengarahkan telapak tangannya ke arah mana. Prit! Prit! .. apabila rekan-rekan berada dalam arus yang dapat melihat jelas telapak tangan petugas. Prit! Prit! .. artinya BERHENTI. MAJUUUUUUU JALAAAAN.. Prit! Prit! (Dua kali tiupan peluit yang teratur...Priiiiiiiiit! (Satu tiupan peluit yang panjaaaaang....

.Gerakan ke 7: Menjalankan arus dari arah kiri petugas Prit! Prit! ... .... dipersilahkan JALAN.. Prit! Prit! (Dua kali tiupan peluit yang teratur.... Prit! Prit! .... Prit! Prit! ..) Dari sebelah kiri petugas..

... Prit! Prit! (Dua kali tiupan peluit yang teratur.Gerakan ke 8 : Menjalan arus dari arah kanan dan kiri petugas bersamaan Prit! Prit! ... Prit! Prit! .........) Kanan dan kiri petugas. . Prit! Prit! .. AYO JALAN..

Prit! Prit! Prit! .Gerakan ke 9 : Mempercepat kendaraan dari arah kiri petugas Prit! Prit! Prit! .. AYO TAMBAH KECEPATAN... Prit! Prit! Prit! (tiga kali peluit pendek berulang kali) Dari kiri petugas.. JANGAN TERLALU PELAN. ...

Prit! Prit! Prit! (tiga kali peluit pendek berulang kali) Gerakan nomer 9 dan 10.. dan pengendara malah asik menonton orang yang lagi kena musibah kecelakaan. Prit! Prit! Prit! .Gerakan ke 10 : Mempercepat arus dari arah kanan petugas Prit! Prit! Prit! .. . sering dikeluarkan apabila ada kecelakaan.

mohon kurangi kecepatan... Prit! Prit! Prit! .. Prit! Prit! Prit! (tiga kali peluit pendek berulang kali) Rekan-rekan yang melihat petugas melakukan gerakan ini dari depan..Gerakan ke 11 : Memperlambat kendaraan dari arah depan petugas Prit! Prit! Prit! . .

petugas mengayunkan tangan kirinya.Gerakan ke 12 : Memperlambat kecepatan arus dari arah belakang petugas Prit! Prit! Prit! . Prit! Prit! Prit! . Prit! Prit! Prit! (tiga kali peluit pendek berulang kali) Melihat gerakan ini dari belakang. Mohon kurangi kecepatan rekan2.... dari 90 derajat ke 45 derajat berulang-ulang. ..

. dan ketertiban lalu lintas secara umum.. yang di bawah ini GERAKAN KHUSUS pak Polantas yang paling baru. Oh iya....... untuk keamanan rekan-rekan sendiri.NAH! 12 gerakan sudah saya berikan.. Mohon dengan sangat rekan2 menghafalkan gerakan2 di atas.

000.Hayooo.. bahkan yang sudah memiliki SIM sekalipun. banyak yang tidak bisa jawab. Saya jelaskan secara singkat tanpa bahasa hukum. lempengan2 logam yang 'bertengger' di sisi2 jalan. motor yang tidak menyalakan lampu utama di siang hari akan kena denda sebesar Rp. agar mudah untuk diingat: Rambu adalah simbol/tulisan yang menunjukkan suatu arti DI ATAS PERMUKAAN JALAN. seperti yang sering anda lihat. tanpa tiupan peluit) Gerakan ini mengingatkan bahwa mulai 2010. Saya yakin. Pilih nyalain lampu atau ditilang? Apa itu rambu? Apa itu marka? .(tangan petugas mengepal dan membuka berulang kali. .. 100.

. sembari diingat. saya minta satu menit untuk membaca ulang. Ini akan menambah wawasan anda di jalan. . Bagaimana? Mudah bukan? Jangan buru2 beralih ke halaman yang lain.Marka adalah simbol/tulisan yang menunjukkan suatu arti yang 'terbaring' DI BADAN JALAN. misalnya garis putih melintang atau membujur.

y y Isyarat Berhenti Bagi Pemakai Jalan Yang Datang Dari Muka Pengatur Lalu Lintas Isyarat Berhenti Bagi Pemakai Jalan Yang Datang Dari Belakang Pengatur Lalu Lintas .

y y Isyarat Berhenti Bagi Pemakai Jalan Yang Datang Dari Muka Maupun Dari Belakang Pengatur Lalu Lintas Isyarat STOP Buat Menghentikan Pemakai Jalan Dari Arah Yang Tertentu Tanda peringatan/perhatian : Tiga kali tiupan pendek-pendek dan seterusnya Tanda berkumpul : Tiupan pendek dan seterusnya .

html .com/Isyarat/index.y Isyarat STOP Untuk Lalu Lintas Dari Semua Arah « » Back Next http://satlantas-polreswonogiri.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->