P. 1
Miniatur Jembatan OT UNUD 2011

Miniatur Jembatan OT UNUD 2011

|Views: 76|Likes:
Published by olimpiadeteknik
Penjelasan dan Persyaratan Lomba Miniatur Jembatan Olimpiade Teknik Unud 2011
Penjelasan dan Persyaratan Lomba Miniatur Jembatan Olimpiade Teknik Unud 2011

More info:

Categories:Types, Research
Published by: olimpiadeteknik on Jul 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/23/2011

pdf

text

original

1.

KOMPETISI MINIATUR JEMBATAN

A. Latar Belakang Sebagai Negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau yang dipisahkan oleh perairan. Indonesia perlu membangun sarana dan prasarana transportasi khususnya di bidang teknologi jembatan. Selain sebagai infrstruktur dan alat untuk menghubungkan pulau – pulau di indonesia, jembatan juga dapat meningkatkan perkembangan perekonomian bangsa Indonesia. Pada tahun 2011 ini akan diselenggarakan kembali ajang Kompetisi Miniatur Jembatan yang merupakan tradisi tahunan di Olimpiade Teknik. Bukan hanya itu saja dalam rangka lebih memperkenalkan Fakultas Teknik khususnya jurusan Teknik Sipil Universitas Udayana kepada masyarakat luas bahwa sebenarnya Teknik Sipil bukan hanya bergerak dalam bidang pembangunan sebuah bangunan saja, tetapi juga bisa juga ikut berperan aktif dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan sehari-hari di antaranya kemacetan, banjir dan kekeringan, juga pemerataan ekonomi yang diwujudkan dengan pembangunan sebuah jembatan sebagai jalur alternatif yang dapat memudahkan menjangkau suatu daerah yang dipisahkan oleh suatu kondisi alam. Kompetisi Miniatur Jembatan 2011 adalah suatu kompetisi mengenai hasil penulisan dan pemikiran kritis dan kreatif siswa berupa ide atau gagasan dalam merancang suatu jembatan dalam bentuk miniatur disesuaikan dengan jenis jembatan yang akan dirancang tersebut. Rancangan tersebut tertuang dalam karya tulis dengan ketentuan yang telah diberlakukan dan disertai dengan pembuatan miniatur jembatan.

B. Tujuan 1. Menggali dan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh siswa/i

SMA/SMK/sederajat dalam upaya untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam bentuk merancang suatu miniatur jembatan. 2. Menumbuhkan daya tarik bagi siswa/i SMA/SMK/sederajat untuk ke depannya lebih mendalami ilmu ketekniksipilan khususnya dalam hal rekayasa merancang miniatur jembatan. 3. Menciptakan dan membudayakan iklim kompetisi dikalangan siswa/i

SMA/SMK/sederajat.

C. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kompetisi Miniatur Jembatan 2011 akan dilaksanakan pada tanggal 7 - 8 Oktober 2011 bertempat di Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, JimbaranBali. D. Persyaratan-persyaratan 1. Peserta Kompetisi Miniatur Jembatan 2011 adalah siswa/i SMA/SMK/sederajat seJawa, Bali dan Nusa Tenggara. 2. Peserta adalah kelompok dengan jumlah anggota maksimal 3 orang siswa/i. 3. Peserta dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda yang ditekuni oleh bersangkutan. 4. Peserta belum pernah mempublikasikan atau memperlombakan rancangannya pada lomba lain. 5. Peserta membuat karya tulis yang membahas jembatan yang dirancang dan juga miniatur (maket) jembatan tersebut dengan ukuran panjang minimal 50 cm. 6. Peserta mengirimkan: Karya tulis, dalam bentuk hardcopy sebanyak 3 (tiga) rangkap yang dijilid cover dengan warna sampul biru muda dan dalam bentuk softcopy yang disimpan/diburn pada Compact Disc (CD), Foto ukuran 4R dari miniatur jembatan di mana foto tersebut menggambarkan secara jelas dari miniatur jembatan yang telah dibuat, pada tanggal 12 – 24 September 2011 di sekretariat bersama Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Jl. PB. Sudirman, Denpasar. 7. Peserta wajib membayar pendaftaran. Biaya regristrasi dibedakan berdasarkan jumlah anggota setiap tim. a. Bila dalam 1 tim terdiri dari 1 orang maka biaya registrasi sebesar Rp 60.000,b. Bila dalam 1 tim terdiri dari 2 orang maka biaya registrasi sebesar Rp 85.000,c. Bila dalam 1 tim terdiri dari 3 orang maka biaya registrasi sebesar Rp 120.000,-

E. Proses Seleksi dan Kriteria Penilaian Seleksi Awal: 1. Seleksi awal dilakukan oleh tim penilai khusus untuk memilih peserta yang memenuhi persyaratan. 2. Penilaian dilakukan dengan melihat isi dari karya tulis yang tentunya membahas miniatur jembatan yang dibuat dan juga foto dari miniatur jembatan yang telah dibuat.

3. Peserta hendaknya merancang suatu jembatan dalam bentuk miniatur harus sesuai dengan jenis jembatannya. Artinya, jika peserta ingin merancang suatu jembatan dengan jenis A, maka bentuk dan komponen-komponennya kurang lebih sesuai dengan jembatan jenis A tersebut. Sekadar informasi mengenai jenis-jenis jembatan dapat dilihat di http://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan atau sumber informasi lainnya. 4. Peserta ditantang tidak hanya mengombinasikan kreasi dengan pengetahuan/teknologi yang sudah ada, nilai tambah bagi peserta yang mampu merancang jembatan dengan teknologi yang sedang dikembangkan atau bahkan merancang jembatan dengan inovasi sendiri/baru ke dalam bentuk miniatur.

Seleksi Lanjut: 1. Peserta yang telah dinyatakan lolos akan diundang untuk mengikuti technical meeting untuk membahas teknis presentasi. 2. Presentasi dilakukan secara resmi dan terhormat dengan mengundang peserta yang telah lolos seleksi awal ke Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Jimbaran-Bali. 3. Yang dipresentasikan adalah karya tulis dan miniatur jembatannya. Untuk itu, peserta diwajibkan untuk membawa miniatur jembatan yang telah dibuat dan harus sesuai dengan foto yang telah dikirim sebelumnya.

F. PENUTUP Pedoman ini diharapakan menjadi acuan bagi seluruh peserta Kompetisi Miniatur Jembatan 2011 dan pembimbing di setiap sekolah. Semoga pedoman ini bermanfaat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->