RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE : Kewarganegaraan

: SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 1 (satu) : 8x45 menit (untuk 4x pertemuan) :1

I. Standar Kompetensi : Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara III. Indikator : Pertemuan 1  Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.  Menganalisis pengertian bangsa.  Menganalisis unsur-unsur terbentuknya negara. IV. Materi Pokok : • Hakikat manusia sebgai makhluk individu • Hakikat bangsa • Unsur-unsur terbentuknya negara V. Langkah-Langkah Pembelajaran a. Pendahuluan • Apersepsi melalui tanya jawab untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi yang akan diberikan. • Memberi stimulus melalui berita-berita aktual dalam negara. b. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran, metode ) o Siswa diminta untuk menuliskan hal-hal yang berkaitan atau berhubungan dengan orang lain. o Berdiskusi secara berkelompok (kelompok besar) mengenai makna dan hakekat sebuah bangsa. o Siswa mengetahui unsur-unsur terbentuknya negara. c. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Menyimpulkan bersama-sama makna sebuah bangsa dan negara terutama NKRI.  Mengetahui hal-hal yang menjadi prioritas dalam mengisi pembangunan bangsa dan negara Indonesia. VI. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan  Media informasi baik cetak maupun elektronik (internet, tv) VII. Penilaian dan Tindak Lanjut a. Penilaian : - Proses, guru memberikan nilai saat siswa aktif memberikan nilai saat siswa aktif berdiskusi.  Jenis tagihan : penugasan individual, laporan, ulangan blok.  Bentuk tagihan : laporan secara lisan atas tugas ndividual siswa, plihan ganda dan uraian bebas. - Hasil Tuntas dan tidak tuntas Tindak lanjut Siswa yang tidak tuntas akan mendapatkan remedial serta tugas-tugas tertentu yang membantu penguasaan materi.

b.

1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE : Kewarganegaraan : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR : X (sepuluh) : 1 (satu) : 2x 45 menit : 2 (dua)

I. Standar Kompetensi : Memahami hakikat bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan III. Indikator : Pertemuan 1 Menganalisis pengeritan negara dan kenegaraan Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan IV. Materi Pokok : Hakikat negara Asal mula terjadinya negara Makna penting pengakuan suatu negara dari negara lain Bentuk-bentuk kenegaraan Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan : 1. Apersepsi dengan tanya jawab serta ceramah untuk mengarahkan pada materi pembelajaran. 2. Memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaanpertanyaan singkat. b. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran, metode )  Siswa diberi tugas untuk melakukan study literatur ke perpustakaan untuk mencari makna negara dan bentuk kenegaraan  Siswa dibagi menjadi 2 kelompok besar, dengan pembagian tugas: Kelompok 1 bertugas mencari asal muasal terjadinya negara Kelompok 2 bertugas mencari pentingnya sebuah pengakuan negara lain bagi sebuah negara.  Masing-masing kelompok memberikan laporan mengenai tugasnya  Mendiskusikan pentingnya sebuah pengakuan dari negara lain bagi suatu negara.  Guru memberikan contoh bentuk-bentuk negara dan kenegaraan. a. c.Penutup (Antara lain : Refleksi)  Menyimpulkan hasil laporan siswa mengenai makna negara dan kenegaraan, asal muasal terjadinya sebuah negara, perlunya sebuah pengakuan dari negara lain bagi sebuah negara serta contoh bentuk-bentuk negara dan kenegaraan.  Membetulkan hasil kerja tiap-tiap kelompok. VI. Media dan Sumber Belajar :  Buku Paket Kewarganegaraan kelas 1 SMA  Media informasi lain yang menunjang terhadap materi pembelajaran Penilaian dan Tindak Lanjut

V.

VII.

2

Proses diberikan saat siswa memberikan laporan tugasnya, baik secara berkelompok maupun individu. 1. Jenis tagihan: Penugasan kelompok melalui study literatur dan laporannya, ulangan harian. 2. Bentuk tagihan: Laporan kelompok, pilihan ganda dan uraian berstruktur Hasil: akan terdapat siswa yang tuntas serta tidak tuntas saat mengikuti materi pembelajaran. b. Tindak lanjut: Siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran akan dan diharuskan mengikuti remedial serta penugasan yang lainnya.

a. Penilaian:

3

fungsi dan tujuan NKRI Indikator :  Menguraikan pengertian dan fungsi negara  Membandingkan berbagai teori tujuan negara  Mendeskipsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia   IV. 2. metode ) 1. Apersepsi melalui tanya jawab dan ceramah tentang keadaan negara saat ini. pilihan ganda biasa dan bervariasi. Bentuk tagihan: Laporan dalam buku catatan siswa. VI. c.Hasil (Akan terdapat siswa yang tuntas serta tidak tuntas saat mengikuti materi pembelajaran. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. b.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. Penilaian : . Memberikan motivasi dengan membacakan essay karya taufik ismail (terlampir). 2. . Menganalisis teori tujuan negara dan tujuan negara NKRI.Proses (penilaian yang dilakukan saat KBM berlangsung dan melihat kemampuan siswa dalam mengausai materi). 2. Tindak lanjut: Siswa yang tidak tuntas akan mendapatkan remedial dan tugas yang lainnya. 2. 1. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan penerbit yang lainnya  Media cetak maupun elektronik yang dapat menunjang pengayaan KBM. VII. Jenis tagihan: Penugasan individual dan Ulangan harian. Penutup (Antara lain : Refleksi) 1. Langkah-Langkah Pembelajaran a. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 1 (SATU)/GANJIL : 2X45 MENIT : 3 (TIGA) Standar Kompetensi : Memahami hakikat bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian. Penilaian dan Tindak Lanjut a. Materi Pokok : Pengertian NKRI sesuai dengan undang-undang yang berlaku Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 V. untuk pertemuan berikutnya. Mengkaji dari berbagai buku sumber tentang pengertian dan fungsi sebuah negara.) b. III. Memberikan tugas kepada siswa untuk mencari contoh sikap yang menunjukkan semangat nasionalisme. II. Pendahuluan: 1. 4 . Menyimpulkan bersama-sama hasil kajian mengenai pengertian dan fungsi sebuah negara.

Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab. IV.  Makna nasionalisme  Makna patriotisme  Tata cara menerapkan patriotisme dalam kehidupan. metode ) 1. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 1 (SATU)/ GANJIL : 2X 45 MENIT : 4 (EMPAT) Standar Kompetensi : Memahami hakikat bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) Kompetensi Dasar : Menunjukkan semangat kebangsaan. Siswa mampu menunjukkan sikap nasionalisme masyarakat Indonesia dengan cara mampu menyimpulkan macam-macam nasionalisme dan contoh sikap patriotisme. PG berfariasi. 1. 5 . Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. serta menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme indonesia. 2. Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). Penilaian dan Tindak Lanjut a. b. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Menyimpulkan. maka penilaian dilakukan saat siswa memberikan laporan tugasnya maupun saat siswa mengemukakan pendapatnya dalam kelas). 2. mana sikap patriotisme dan nasionalisme yang benar dalam masyarakat dan negara Indonesia. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. 2.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. Penilaian : . . VII. yang telah diberikan sebelumnya dan mendiskusikan semangat kebangsaan dan patriotisme serta nasionalisme indonesia. berbangsa dan bernegara.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan masukan kegiatan KBM. Langkah-Langkah Pembelajaran a.Proses (karena sebelumnya siswa telah diberi tugas.  Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia. nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat. Siswa melaporkan hasil kerjanya. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. b. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa III. VI. Indikator :  Menunjukkan contoh prilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan  Mendeskripsikan macam-macam nasionalisme. 3. Siswa mampu membedakan mana sikap yang patriotisme dan bukan dalam masyarakat melalui kajian litertur. II. V. Jenis tagihan: Ulangan harian Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. Pendahuluan: 1. Materi Pokok :  Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme). c.

PG berfariasi. Pendahuluan i. Menganalisis berbagai buku sumber tentang pengertian sistem hukum dan penggolongan hukum. ii. Jenis tagihan: Ulangan harian 2.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. II. 2. V. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. . Penilaian : . III. Penilaian dan Tindak Lanjut a. Media dan Sumber Belajar : Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa VII.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan masukan kegiatan KBM. Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. b.   VI. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 1 (SATU)/ GANJIL : 10X45 MENIT (untuk 5 x pertemuan) : 1 (SATU) Standar Kompetensi : Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan internasional. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional Indikator :  Mendeskripsikan pengertian hukum  Menentukan macam-macam penggolongan hukum  Mendeskripsikan pengertian an dasar hukum lembaga peradilan nasional Materi Pokok : Sistem hukum dan lembaga peradilan  Pengertian hukum  Tata hukum Indonesia  Penggolongan hukum  Sumber hukum  Lembaga-lembaga peradilan Langkah-Langkah Pembelajaran a. IV. 6 . pengertian lembaga peradilan nasional dan dasar hukum lembaga peradilan nasional. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. Berdiskusi tentang sumber hukum. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. b. Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). 1. metode ) 1. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). Penutup (Antara lain : Refleksi)  Menyimpulkan hasil belajar dan hasil diskusi tentang lembaga peradilan nasional. c.

 Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. . Penutup (Antara lain : Refleksi)  Memberikan kesimpulan mengenai fungsi dan peranan lembaga peradilan yang ada di Indonesia. Penilaian : . V. 2. 7 . VI.  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a. PG berfariasi. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. III. Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. Pendahuluan i.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. ii. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. Jenis tagihan: Ulangan harian. b.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. Kompetensi Dasar : Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan Indikator :  Menguraikan perangkat lembaga peradilan  Menganalisis macam-macam lembaga peradilan  Menganalisis peranan lembaga peradilan Materi Pokok : Lembaga peradilan  Perangkat atau kelengkapan lembaga peradilan  Klasifkasi lembaga peradilan  Tingkatan lembaga peradilan  Peranan atau tugas dan fungsi lembaga peradilan Langkah-Langkah Pembelajaran a.  Berdiskusi tentang macam-macam lembaga peradilan dan peranan lembaga peradilan. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 1 (SATU)/ GANJIL : 2X45 MENIT : 2 (DUA) Standar Kompetensi : Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan internasional. IV. metode )  Membagi siswa dalam 2 kelompok besar untuk melakukan diskusi tentang lembaga peradilan. II. 1. b. c. VII.

Contoh perbuatan yang melanggar hukum beserta sanksinya. 2.  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a.  Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku.  Jenis tagihan: Ulangan harian  Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. PG berfariasi. metode ) 1. Langkah-Langkah Pembelajaran a. Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. Materi Pokok :  Sikap yang sesuai dengan hukum: a. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan buku KUHP. III. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. IV. 8 . c. Perbuatan-perbuatan yang sesuai dan yang bertentangan denan hukum. II. . Penilaian : . : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 1 (SATU)/ GANJIL : 2x45 MENIT : 3 (TIGA) Standar Kompetensi : Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan internasional. VI. b. b. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Memberikan kesimpulan macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum serta sanksinya. 2. V.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. VII. Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab. Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan sanksinya.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep).RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. Kompetensi Dasar : Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku Indikator :  Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum  Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. Pendahuluan 1. b. Melakukan tanya jawab dua arah (berdiskusi umum) engan siswa tentang sikap taat pada hukum.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas).

Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). II.  Penutup (Antara lain : Refleksi) 1.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 1 (SATU)/ GANJIL : 2X45 MENIT : 4 (EMPAT) Standar Kompetensi : Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan internasional. Kompetensi Dasar : Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di indonesia Indikator : 1. Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi Langkah-Langkah Pembelajaran  Pendahuluan 1. Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab. Materi Pokok :  Pemberantasan korupsi 1. 9 . Siswa membawa/mencari artikel tentang kasus korupsi yang terjadi di indonesia dan telah di sidangkan. 3. III. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. IV. Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi 3. PG berfariasi. I. Pengertian korupsi 2. Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi 2. Media dan Sumber Belajar : Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. Penilaian dan Tindak Lanjut Penilaian : . Mengklasifikasikan perbuatan korupsi. 2. Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. Menunjukkan contoh macam-macam tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi. Dasar hukum pemberantasan korupsi 3. b.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). 2. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. 2. V. Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa VII.  Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. Klasifikasi perbuatan korupsi 4.   a. VI. . metode ) 1. Membuat kesimpulan bersama-sama mengenai korupsi yang ada di Indonesia serta akibat-akibat korupsi yang ditimbulkan. II. Membahas melalui diskusi mengenai sidang kasus korupsi yang ada di Indonesia. Jenis tagihan: Ulangan harian.

c. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 1 (SATU)/ GANJIL : 2X45 MENIT : 5(LIMA) Standar Kompetensi : Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan internasional. VI. Macam-macam gerakan atau organisasi anti korupsi 2.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). PG berfariasi. b. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. metode ) 1. VIII. b. a. Contoh peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi. Penilaian : .  Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa.  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a. Materi Pokok :  Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di indonesia 1. Indikator :  Menunjukkan contoh sikap anti korupsi  Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi  Menampilkan sikap anti korupsi V. Sikap diri anti korupsi Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab. Berdiskusi dua arah (antara siswa dan guru) secara umum untuk menelaah peran dan fungsi atau gerakangerakan yang memberantas korupsi. 10 . . Siswa mencari dari berbagai media organisasi serta gerakan-gerakan yang ada di Indonesia dalam upaya menanggulangi korupsi.  Jenis tagihan: Ulangan harian. 3. 2.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. VII.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Bersama-sama menyimpulkan keefektifitasan fungsi lembaga atau organisasi yang menganggulangi korupsi di Indonesia. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. Kompetensi Dasar : Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia IV.

individu dan masyarakat.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). penghormatan. VI. Mengkaji artikel tentang upaya pemajuan. penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM). dan penegakkan HAM Pengertian dan macam-macam HAM Upaya pemerintah dalam menegakkan HAM Instrumen atau dasar hukum yang mengatur HAM Peran masyarakat dalam menegakkan HAM Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 1 (SATU)/ GANJIL : 6X45 MENIT (UNTUK 3X PERTEMUAN) : 1 (SATU) Standar Kompetensi : Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan.  Menentukan instrumen HAM nasional  Mendeskripsikan upaya pemajuan. II. dan penegakan HAM. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. dan penegakkan HAM yang dilakukan oleh individ dan masyarakat. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. Penilaian : . Jenis tagihan: Ulangan harian. dan penegakkan HAM yang dilakukan pemerintah.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. b. VII.  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a. metode ) 1. Materi Pokok : Pemajuan. a.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). Menganalisis dari berbagai pustaka (buku paket dan sumber lain) tentang pengertian. penghormatan. Indikator :  Menganalisis upaya pemajuan. . IV. 2.  V.   b. penghormatan. macam-macam instrumen HAM. c. PG berfariasi. Kompetensi Dasar : Menganalisis upaya pemajuan. 11 . Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. III. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Bersama sama membuat kesimpulan upayaupaya yang telah dilakukan pemerintah indonesia serta masyarakat dalam ikut serta menegakkan HAM. penghormatan. penghormatan. dan penegakkan HAM yang dilakukan pemerintah.

2. dan penegakkan HAM. Melalui pengamatan bersama dapat mengilustrasikan dan menyimpulkan contoh prilaku dalam penegakkan HAM. Penilaian : . VI. serta menentukan sikap prilaku yang sesuai dengan upaya pemajuan. Siswa dengan bimbingan guru mata pelajaran menganalisis berbagai sumber tentang proses penegakkan HAM. Contoh prilaku yang dengan upaya pemajuan. penghormatan. b. II.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. . Jenis tagihan: Ulangan harian. VII. penghormatan. Indikator :  Menguraikan proses dalam upaya pemajuan. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. 2. Proses pemajuan.  Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan. Materi Pokok : Peran serta dalam penegakkan HAM di Indonesia 1.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. metode ) 1. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Menyimpulkan sikap yang harus kita miliki dalam upaya ikut serta menegakkan HAM di negara Indonesia. dan penegakkan HAM di Indonesia. penghormatan. penghormatan. dan penegakkan HAM di Indonesia. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 1 (SATU)/ GANJIL : 2X45 MENIT : 2 (DUA) Standar Kompetensi : Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. b. dan penegakkan HAM di Indonesia. 3. III.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). dan penegakkan HAM di Indonesia. Tindak lanjut  V. penghormatan. c. a. dan penegakkan HAM. IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab. penghormatan.  Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM. Pelanggaran HAM dan penanganan kasus pelanggaran HAM. 12 .  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. PG berfariasi. Kompetensi Dasar : Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan. penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM).

Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. 13 .

PG berfariasi. Jenis tagihan: Ulangan harian. Materi Pokok : Instrumen hukum dan peradilan Internasional HAM  Instrumen HAM internasional  Kasus-kasus pelanggaran HAM internasional  Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada peradilan internasional. V. IV. Penilaian : . penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM).  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. VI. VII.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). a. 2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. II.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 1 (SATU)/ GANJIL : 2X45 MENIT : 3 (TIGA) Standar Kompetensi : Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan. b. Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). metode )  Mengkaji beberapa literatur dan sumber bacaan tentang instrumen hukum dan peradilan internasional HAM serta menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. III. 14 . b. c.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM.  Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional  Mendeskripsikan peradilan HAM internasional. . 1. Indikator :  Mendeskripsikan instrumen HAM internasional. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Membuat kesimpulan bahwa dalam dunia internasional pun masih terdapat pelanggaran HAM. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran.

2. Materi Pokok : Dasar negara dan konstitusi  Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara  Tujuan dan Nilai Konstitusi  Keterkaitan dasar negara dan konstitusi Langkah-Langkah Pembelajaran : a. Pertemuan 2:  Berdasarkan laporan siswa terhadap kajian antara dasar hukum dan konstitusi. II. Jenis tagihan: Ulangan harian. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. III.  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). VII. b.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. VI. Penilaian : . . untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan.  Berdiskusi antara guru dan siswa (dalam forum kelas) tentang keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi. dilanjutkan ke forum diskusi kelas. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 2 (DUA)/ GENAP : 10X45 MENIT (UNTUK 5X PERTEMUAN) : 1 (SATU) dan 2 (DUA) Standar Kompetensi : Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi Indikator :  Mendeskripsikan pengertian dasar negara  Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara  Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi  Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara. c. Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab. Tindak lanjut IV.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). 1.  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil untuk mengkaji beberapa buku sumber mengenai konstitusi dan dasar negara. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Membuat kesimpulan mengenai hubungan antara dasar negara dengan konstitusi. 15 . V. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. b. metode ) Pertemuan 1:  Menganalisis beberapa buku sumber tentang pengertian dasar negara dan konstitusi.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. PG berfariasi.

Guru Pamong Praktikan DrS. 132 056 038 ELI PRIYATNA NIRM. Pebruari 2009 Diketahui. AA ROKHMAN NIP. Cikembar. 076101166 16 .Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya.

PG berfariasi. b. Penilaian : . VI. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. Materi Pokok : Substansi konstitusi negara  Muatan konstitusi negara  Klasifikasi konstitusi  Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). i.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. 17 . V. IV.  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. b. metode ) 1. Jenis tagihan: Ulangan harian ii. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Membuat kesimpulan ciri-ciri sebuah konstitusi di sebuah negara serta substansi nya konstitusi di indonesia. VII. 2. Menganalisis substansi konstitusi negara. a.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. mengkaji beberapa buku sumber atau litertaur tentang unsur-unsur konstitusi.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 2 (DUA)/ GENAP : 2X45 MENIT : 3(TIGA) Standar Kompetensi : Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi Kompetensi Dasar : Menganalisis substansi konstitusi negara Indikator :  Menguraikan unsur sebuah konstitusi  Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu  Menganalisis substansi konstitusi negara Indonesia. II. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. c. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. III. ciri sebuah konstitusi dan konstitusi indonesia. .RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I.

Nurhidayatien. 076101172 Mengetahui. Kepala Sekolah Dra. M. Guru Pamong Praktikan ENDANG TRI WIDYASTUTI NIP. 130 682 798 18 . Hj.Pd NIP. 480 200 502 PIPIH PERMIASIH NIRM. Pebruari 2009 Diketahui.Cikembar.

VII. c. . II. b. metode )  Menganalisis UUD 1945 tentang pokok pirian. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM.  Berdiskusi (secara umum. Jenis tagihan: Ulangan harian ii. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 2 (DUA)/ Genap : 2X45 MENIT : 4 (EMPAT) Standar Kompetensi : Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi Kompetensi Dasar : Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara kesatuan republik Indonesia. IV. makna tiap alinea yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945. PG berfariasi.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. Materi Pokok : Pembukaan UUD 1945 negara Kesatuan Republik Indonesia  Pokok pikiran pembukaan UUD 1945  Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945  Makna setiap alinea dalam pembukaan Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I.  Menguraikan makna tiap alinea yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). i. 19 . Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). melalui media elektronik maupun media cetak. karena waktu hanya 2 jam pelajaran tidak akan mencukupi utnuk berdiskusi secara berkelompok) tentang kedudukan pembukaan terhadap UUD 1945. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Bersama-sama membuat kesimpulan kedudukan pembukaan terhadap UUD 1945. a.  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a. Tindak lanjut V. VI. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. Penilaian : . Indikator :  Mendeskripsikan pokok pikiran yan terdapat dalam pembukaan UUD 1945. b.  Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 III.

Hj. Kepala Sekolah Dra. Cikembar. Pebruari 2009 Diketahui. M. Guru Pamong Praktikan ENDANG TRI WIDYASTUTI NIP. 130 682 798 20 . Nurhidayatien. 076101172 Mengetahui. 480 200 502 PIPIH PERMIASIH NIRM.Pd NIP.Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya.

Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). Penilaian : . : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 2(DUA)/GENAP : 2x45 MENIT : 5 (lima) Standar Kompetensi : Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi Kompetensi Dasar : Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara Indikator :  Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia  Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi  Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara IV. . i.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. Jenis tagihan: Ulangan harian ii. II. 21 . Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. VII. V. VI. dan bersikap positif terhadap konstitusi negara.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas).  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. III. Materi Pokok : Perkembangan konstitusi Indonesia  Periode berlakunya konstitusi  Fungsi dan tahapan perubahan UUD 1945  Kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan  Contoh prilaku positif terhadap konstitusi negara Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab. c. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. metode )  Mengkaji perubahan UUD 1945 tentang periodesasi konstitusi Indonesia.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. PG berfariasi. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Membuat kesimpulan sikap-sikap positif yang dimiliki oleh konstitusi negara Indonesia.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM.  Mengkaji hasil perubahan UUD 1945  Siswa dapat menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. b. a.

Kepala Sekolah Dra. Pebruari 2009 Diketahui. 480 200 502 PIPIH PERMIASIH NIRM. Nurhidayatien. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. 130 682 798 22 . Guru Pamong Praktikan ENDANG TRI WIDYASTUTI NIP. Hj. M.Pd NIP.b. 076101172 Mengetahui. Cikembar.

II. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Membuat kesimpulan mengenai kasus kewarganegaaraan orang Indonesia serta orang asing yang ingin menjadi warga negara Indonesia. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. b. III. VI. V. Materi Pokok : Warga negara dan pewarganegaraan  Dasar hukum yang mengatur warga negara  Asas dan stelsel dalam kewarganegaraan  Syarat menjadi warga negara  Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab.  Mencari penyebab kasus kehilangan kewarganegaraan serta cara-cara mendapatkan kewarganegaraan. a.  Berdiskusi secara terbuka (forum kelas) mengenai kasus-kasus kewarganegaraan yang menimpa orang Indonesia. 23 . metode ) Pertemuan 1:  Melalui kajian literatur siswa dapat memahami tentang warga negara sesuai hukum yang berlaku. IV. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di indonesia Indikator :  Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945  Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. Pertemuan 2:  Melanjutkan diskusi yang sebelum nya mengenai syarat menjadi seorang warga negara.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. c. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 2(DUA)/GENAP : 8x45 MENIT (untuk 4 kali pertemuan) : 1 (satu) dan 2 (dua) I. Standar Kompetensi : Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan.  Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum.

Penilaian : . 24 . . i. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. b.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). Penilaian dan Tindak Lanjut a.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. Jenis tagihan: Ulangan harian ii. PG berfariasi. Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa VII.

Nurhidayatien. 130 682 798 25 . M. 076101164 Mengetahui.Cikembar. Kepala Sekolah Dra. 480 200 502 ATIH AISYAH NIRM.Pd NIP. Guru Pamong Praktikan ENDANG TRI WIDYASTUTI NIP. Pebruari 2009 Diketahui. Hj.

 Mendiskusikan (secara umum) tentang perilaku yang mencerminkan pelaksanaan persamaan kedudukan warga negara yang diatur dalam UU yang berlaku. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. Penilaian : . PG berfariasi.  Contoh prilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. berbangsa dan negara yang diatur dalam Undang-undang. b. c. metode )  Melalui studi pustaka siswa dapat mengetahui tentang kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat. Materi Pokok : Persamaan kedudukan warga negara  Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara  Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). Indikator IV.  Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). III. Jenis tagihan: Ulangan harian ii. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. VI. berbangsa dan negara.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. berbangsa dan negara. b. VII. 26 . untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan.  Memberikan contoh prilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat. i. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. II. berbangsa dan negara. . : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 2 (DUA)/GENAP : 2X45 MENIT : 3 (tiga) Standar Kompetensi : Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan. berbangsa dan negara.  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a. berbangsa dan bernegara di Indonesia. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Menyimpulkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. Tindak lanjut V. a. Kompetensi Dasar : Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat. :  Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat.

076101172 Mengetahui. Guru Pamong Praktikan ENDANG TRI WIDYASTUTI NIP. Hj. 480 200 502 PIPIH PERMIASIH NIRM. M.Pd NIP. Nurhidayatien. Kepala Sekolah Dra. 130 682 798 27 .Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. Pebruari 2009 Diketahui. Cikembar.

golongan. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Menyimpulkan persamaan kedudukan warga negara menurut UUD 1945.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM.  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa V. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. golongan. dan suku. budaya.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep).  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). VII. gender. dan suku. . Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 2 (DUA)/GENAP : 2x45 menit : 4 (empat) Standar Kompetensi : Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan. PG berfariasi. agama. budaya. gender. Penilaian : . budaya. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. gender. golongan. dan suku. tanpa membedakan ras.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. Materi Pokok : Persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan  Ras  Agama  Gender  Golongan  Budaya. dan suku. golongan. Jenis tagihan: Ulangan harian ii. suku Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab. gender. 28 .  Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras. Penilaian dan Tindak Lanjut a. Indikator :  Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras. agama. agama. suku dan lainnya. VI. b. budaya. a. Kompetensi Dasar : Menghargai pesamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras. b. i. III. metode )  Mendiskusikan tentang persamaan kedudukan waga negara tanpa membedakan ras. II. IV. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. c. agama.

Pebruari 2009 Diketahui. AA ROKHMAN NIP. Guru Pamong Praktikan DrS.Cikembar. 076101166 29 . 132 056 038 ELI PRIYATNA NIRM.

Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. kelompok kepentingan 3.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. Indikator :  Menganalisis pengertian sistim politik Indonesia  Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia  Mendeskripsikan infra struktur politik indonesia Materi Pokok : Supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia  Pengertian sistim politik di indonesia  Cara berpolitik melalui suprastruktur politik atau lembaga formal negara  Infra struktur kelompok kekuatan politik dalam masyarakat 1. partai politik 2. VII. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. Penutup (Antara lain : Refleksi)  Menyimpulkan bersama-sama mengenai peranan supra struktur dan infra struktur politik di indonesia. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 2(DUA)/GENAP : 12x45 menit (untuk 6x pertemuan) : 1 (satu) dan 2 (dua) Standar Kompetensi : Menganalisis sistem politik di Indonesia Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia. . II. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. Pertemuan 2  Melalui kajian literatur secara berkelompok siswa mendapatkan cara-cara berpolitik melalui infra struktur maupun supra struktur. IV. VI. metode ) Pertemuan 1  Melalui kajian literatur siswa mencari pengertian sistim politik Indonesia. c.  Hasil kajian literatur dipresentasikan secara berkelompok. V. media komunikasi politik Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). Jenis tagihan: Ulangan harian ii.  Hasil kajian literatur dipresentasikan di kelas. Penilaian : . b.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. kelompok penekan 4. c.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). PG berfariasi. III.  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a. 30 . Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. a. i.

076101166 31 . 132 056 038 ELI PRIYATNA NIRM.Cikembar. AA ROKHMAN NIP. Guru Pamong Praktikan DrS. Pebruari 2009 Diketahui.

 Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan. i.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. a. 32 . c.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). Materi Pokok : Sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara  Dinamika politik Indonesia  Pelakanaan sistem politik di Indonesia  Sistem politik di negara liberal dan negara komunis Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab. Jenis tagihan: Ulangan harian ii. Penilaian : .Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas).  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. VII. II. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. . V.  Mendiskusikan bahan yang telah diperoleh serta mempresentasikannya di depan kelas. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 2 (DUA)/ GENAP : 4X45 MENIT : 3 (tiga) dan 4 (empat) Standar Kompetensi : Menganalisis sistem politik di Indonesia Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara Indikator :  Menguraikan dinamika politik di Indonesia  Menunjukkan kelebihan dan kekurangan sistim politik yang dianut Indonesia  Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis. VI. b.  Mendiskusikan bahan yang telah dibawa atau diperoleh oleh siswa mengenai dinamika politik yang terjadi di Indonesia. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. IV. PG berfariasi. Pertemuan 2  Melakukan kajian literatur perbandingan sistim politik yang dilakukan oleh Indonesia dengan yang berlaku di negara yang beraliran komunis maupun liberal. termasuk yang ada di Indonesia. metode ) Pertemuan 1  Melalui media elektronik maupun media cetak siswa mengetahui dinamika politik yang tengah terjadi di indonesia. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. III. b. Penutup (Antara lain : Refleksi) Membaut kesimpulan mengenai sistim politik di berbagai negara.

Cikembar. 076101166 33 . 132 056 038 ELI PRIYATNA NIRM. Guru Pamong Praktikan DrS. Pebruari 2009 Diketahui. AA ROKHMAN NIP.

metode ) Pertemuan 1  Melalui penugasan siswa mengetahui ciri-ciri masyarakat politik  Mempresentasikan hasil tugas mengenai ciri masyarakat politik Pertemuan 2  Diskusi secara umum (tanya jawab) mengenai perilaku politik yang sesuai dan tidak sesuai dengan aturan.Proses (penilaian saat KBM berlangsung untuk mengetahui siswa yang telah memahami konsep dan yang belum memahami konsep). Jenis tagihan: Ulangan harian ii. II.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN KELAS/PROGRAM SEMESTER ALOKASI WAKTU PERTEMUAN KE I. Tindak lanjut Siswa yang tidak atau belum tuntas akan mendapatkan remedial serta penugasan yang lainnya. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran. Media dan Sumber Belajar :  Buku paket kewarganegaraan erlangga dan yang lainnya. III. b. a. . (pasal 28 UUD 1945 yang telah diamandemen). VI.  Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di indonesia IV. Penilaian : . Penutup (Antara lain : Refleksi)  Memberikan kesimpulan positifnya masyarakat ikut serta dalam sistim politik indonesia.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomentari kegiatan KBM. V.  Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan.  Media informasi lainnya yang dapat menunjang KBM siswa Penilaian dan Tindak Lanjut a. : KEWARGANEGARAAN (PKN) : SMA NEGERI 1 CIKEMBAR :X : 2 (DUA)/GENAP : 4x 45 menit : 5 (lima) dan 6 (enam) Standar Kompetensi : Menganalisis sistem politik di Indonesia Kompetensi Dasar : Menampilkan peran serta masyarakat dalam sistem politik di indonesia Indikator :  Mengidentifikasikan ciri-ciri masyarakat politik.  Siswa memberikan contoh peran serta masyarakat secara aktif dalam sistim politik di indonesia. untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diberikan.Hasil ( akan ada siswa yang tuntas serta tidak tuntas). c. VII. PG berfariasi. Bentuk tagihan: Pilihan ganda biasa. i.  Memberikan motivasi agar siswa terlibat dalam KBM. b. Materi Pokok : Peran serta masyarakat dalam sistim politik di Indonesia  Ciri masyarakat politik  Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan  Contoh peran serta dalam sistem politik Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan  Apersepsi melalui ceramah dan tanya jawab. 34 .

076101166 35 . 132 056 038 ELI PRIYATNA NIRM. Pebruari 2009 Diketahui.Cikembar. AA ROKHMAN NIP. Guru Pamong Praktikan DrS.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful