HUBUNGAN PERADABAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA DG KEBUDAYAAN DUNIA

.

HUBUNGAN DENGAN KEBUDAYAAN INDIA .

.

yang berbahasa Sansekerta dan Tamil yang berkembang di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.  . Awalnya hanya sebagai tempat persinggahan tetapi akhirnya orang Indonesia ikut dalam kegiatan perdagangan sehingga Indonesia menjadi pusat pertemuan antar para pedagang. termasuk pedagang India.Pengaruh budaya India   Orang India menyebarkan kebudayaannya melalui hasil karya sastra. Pada abad 1-5 M di Indonesia muncul pusatpusat perdagangan terutama pada daerah yang dekat dengan jalur perdagangan tersebut.

Bukti arkeologisnya ditemukan manikmanik berbahan kaca dan serpihan-serpihan kaca yang bertuliskan huruf Brahmi.    . Penyebarannya melalui proses perdagangan. Hal ini menyebabkan masuknya pengaruh budaya India pada berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia. Tarumanegara. dsb. Transfer kebudayaan India merupakan tahapan terakhir dari masa budaya pra sejarah setelah tahun 500 SM. yaitu jalur maritim melalui kawasan Malaka. Terlihat dengan masyarakat Indonesia yang akhirnya memeluk agama Hindu-Budha serta berdirinya kerajaan-kerajaan di Indonesia yang mendapat pengaruh India seperti Kutai. Jalur perdagangan antar bangsa tersebut kemudian lebih dikenal dengan jalur Sutera.

dan tulisan. pahat.Penyebaran budaya india Tersebarnya agama Hindu-Budha di kalangan masyarakat Indonesia  Dikenalnya sistem pemerintahan kerajaan  Dikenalnya bahasa Sansekerta dan Huruf Pallawa yang menandai masuknya zaman sejarah bagi masyarakat kepulauan Indonesia  Budaya India tersebut meninggalkan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat prasejarah Indonesia terutama pada seni ukir.   .

  . Jawa Timur. yang berlanggam seni arca Gunahasa.  Selain itu ditemukan arca sejenis di daerah Jember.Pengaruh India di Indonesia dapat dilihat dengan adanya: Arca Buddha dari Perunggu di Sempaga. dan daerah Bukit Siguntang. di India Utara.  Ditemukan arca Budha di Kutai. Sumatera Selatan. yang memperlihatkan langgam seni Amarawati (India Selatan pada Abad 2-5 SM). Sulawesi Selatan.

Geographike Hypeghesis  . Misalnya kitab 1.Hubungan dengan kebudyaan Eropa Hubungan kebudayaan eropa dengan indonesia diketahui melalui beberapa kitab yang dikaji oleh para ahli sejarah.Periplous tes Erythras Thallases 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful