P. 1
Jenis Paragraf

Jenis Paragraf

|Views: 13|Likes:
Published by Alvin Rizki

More info:

Published by: Alvin Rizki on Jul 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/23/2011

pdf

text

original

y

PARAGRAF NARASI Paragraf Narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu kejadian berdasarkan kronologisnya. Contoh : Kekalahan Inter Milan oleh Barcelona tidak membuat inter milan tersingkir dari liga Champion. Dikarenakan jumlah gol yang dicetak oleh inter milan ke gawang Barcelona lebih banyak dibandingkan gol yang dimasukan Barcelona ke gawang inter milan. Di leg pertama, Inter memasukan 3 gol,dan hanya kemasukan 1 gol. Lalu di leg ke 2, Barcelona hanya memasukan 1 gol sehimgga jumlah gol Barcelona hanya 2, sedangkan Inter 3. PARAGRAF DESKRIPSI Paragraf Deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan kata kata yang merangsang indra realistis. Contoh : Hand Phone BlackBerry Curve 8310, merupakan salah satu hp terlaris tahun ini. karna memiliki fitur yang lengkap guna mempermudah sipengguna hp untuk mengakses data dari internet. Memiliki camera 2 MP, memory internal 1Gb untuk menyimpan beberapa data seperti sms, video, mp3 dll. Menggunakan Full qwerty keyboard dan track ball navigation seperti computer. Ada juga maps untuk melihat peta dan jalan kalau sedang dalam perjalanan. PARAGRAF EKSPOSISI Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang menguraikan suatu kejadian sejelas jelasnya agar pembaca mudah mengerti. Contoh : Kecelakaan bus yang terjadi di jalur pantura itu disebabkan oleh kelalaian si pengemudi bus yang tidak mengecek keadaan bus sebelum berangkat. Kecelakaan ini terjadi pukul 03.15 WIB. Bus yang melaju kencang tiba tiba oleng karena ban depan sebelah kiri bocor sehingga bus terpental kesebelah kiri lalu menabrak pembatas jalan. Kecelakaan tersebut tidak memakan korban jiwa, hanya saja beberapa penumpang mengalami luka ringan. Para korban sudah dibawa kerumah sakit untuk menjalani pengobatan. Supir bus pun sudah diamankan petugas. PARAGRAF ARGUMENTASI Paragraf Argumentsi adalah suatu paragraf yang isinya membuktikan kebenaran suatu pendapat atau kesimpulan dengan data dan fakta sebagai bukti. Contoh : Perdagangan Global mendorong terbentuknya jaringan distribusi dan pasti penjualan yang kian tersebar terjadi dalam jaringan yang kuat , hidup dan bersistem dalam bisnis di Indonesia tambahannya perekonomian serta tekhnologi informasi dan saluran distribusi. PARAGRAF PERSUASI Paragraf Persuasi adalah paragraf yang isinya berupa ajakan kepada pembaca agar melakukan sesuatu yang diajukan sepenulis.

y

y

y

y

Demikian juga dengan tentara. sejumlah Undang-Undang dibuat untuk melindungi hewan langka dari incaran pemburu. ia akan sombong dan garang. Diharpkan menggunakan pakaian olah raga. Banyak cara yang telah dilakukan pemerintah untuk melestarikan hewan-hewan langka. pemerintah mebuat cagar alam untuk pelestarian badak bercula satu. Hanya Toni yang mendapatkan nilai 60 . y Analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya.00 selesai. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut. mereka memerlukan fisik yang kuat untuk melindungi masyarakat. Enal. Dengan intruktur senam profesional. Demikian pula dengan manusia yang tidak berilmu dan tidak berperasaan. anak kelas 6 cukup pandai mengarang. Bisa dikatakan. bersikaplah seperti padi yang selalu merunduk. Selamet. Contoh : Para atlet memiliki latihan fisik yang keras guna membentuk otot-otot yang kuat dan lentur. . kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian dan kelebihan. Di Ujung Kulon. Keduanya juga membutuhkan mental yang teguh untuk bertanding ataupun melawan musuh-musuh di lapangan. ternyata Iman. Oleh karena itu. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili Contoh : Pemerintah telah menjadikan Pulau Komodo sebagai habitat pelestarian komodo. Selain itu. Anak-anak yang lain mendapat 75. untuk menjadi atlet dan tentara harus memiliki fisik dan mental yang kuat. Oleh karena itu.Contoh : Hadirilah!!!!!! senam pagi yang akan dilaksanakan di depan lobby ITC Cempaka Mas pada pukul 06. dan Deri mendapat nilai 90. Setelah karangan anak-anak kelas 6 diperiksa. y Generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang dari 60. Anda dapat menarik kesimpulan.

Contoh : Kemarau tahun ini cukup panjang. irigasi di desa ini tidak lancar.y Paragraf hubungan sebab akibat (hubungan kausal) adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab. Oleh karena itu. y . Di samping itu. Sebelumnya. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan pertaniannya. pohon-pohon di hutan sebagi penyerap air banyak yang ditebang. dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat. tidak mengherankan panen di desa ini selalu gagal.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->