P. 1
Rancang Bangun SIMP Tentang Sarana Dan Prasarana Di Suatu Daerah Tertentu

Rancang Bangun SIMP Tentang Sarana Dan Prasarana Di Suatu Daerah Tertentu

|Views: 308|Likes:
Published by deinoz

More info:

Published by: deinoz on Jul 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2014

pdf

text

original

0 Makalah Rancangbangun SIMP Tentang Sarana dan Prasarana Di Suatu Daerah Tertentu disajikan pada Mata Kuliah

:

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN
Dosen Pengampu: Prof. Dr. H. Sjarkawi, M.Pd

Oleh : Sukabul NIM A2E009135

PROGRAM MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Yang disebut dengan kegiatan “merekam” itu bisa berupa menulis. dalam daftar istilah pendidikan dikenal pula sebutan alat bantu pendidikan (teaching aids).” Dalam makna inilah sebutan “digunakan langsung” dan “digunakan tidak langsung” dalam proses pendidikan seperti telah disinggung di muka dimaksudkan. 1. sarana pendidikan adalah segala macam peralatan yang digunakan murid untuk memudahkan mempelajari mata pelajaran. misalnya. termasuk alat pelajaran jika digunakan guru untuk menuliskan materi pelajaran. yaitu segala macam peralatan yang dipakai guru untuk membantunya memudahkan melakukan kegiatan mengajar. Berikut kita bahas apa itu sarana pendidikan dan apa pula prasarana pendidikan. dan (3) media pengajaran/pendidikan. (2) alat peraga. yaitu sarana pendidikan untuk “memudahkan penyampaian / mempelajari materi pelajaran. menempel (di TK). a. 2 . dan penghapus (karet stip dan “tipeks”). sarana pendidikan adalah segala macam peralatan yang digunakan guru untuk memudahkan penyampaian materi pelajaran. Perbedaan sarana pendidikan dan prasarana pendidikan adalah pada fungsi masing-masing. atau mempelajari pelajaran. Papan tulis. digunakan langsung ketika guru mengajar (di papan tulis itu guru menuliskan pelajaran). dan sebagainya. Sarana Pendidikan Sarana pendidikan itu berdasarkan fungsinya dapat dibedakan menjadi: (1) alat pelajaran. Itu rumusan (definisi) sementara. buku tulis itulah yang digunakan langsung). ” prasarana pendidikan untuk “memudahkan penyelenggaraan pendidikan. misalnya. Termasuk juga kapur (untuk chalkboard) atau spidol (untuk whiteboard) dan penghapus papan tulis. Alat pelajaran Alat pelajaran adalah alat-alat yang digunakan untuk rekam-merekam bahan pelajaran atau alat pelaksanaan kegiatan belajar. pinsil. Jika dilihat dari sudut murid. Jelasnya.PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JAMBI Rancang Bangun SIMP Tentang Sarana Dan Prasarana Di Suatu Daerah Tertentu A. juga termasuk alat pelajaran. disebut “langsung” itu terkait dengan penyampaian materi (mengajarkan materi pelajaran). melukis. mencatat. Papan tulis. pulpen atau bolpoin. Latar Belakang Terkait dengan sarana dan prasarana pendidikan . Jadi. Alat bantu pendidikan ini yang pas untuk disebut sebagai sarana pendidikan. Meja murid tentu tidak digunakan murid untuk menulis pelajaran. Buku tulis. melainkan untuk “alas” murid menuliskan pelajaran (yang dituliskan di buku tulis.

apa itu media? Media (medium) dalam konteks pendidikan. melainkan alat kegiatan belajar. Otak manusia sangat sulit untuk diragakan oleh benda aslinya. maka lalu dibuatlah peta untuk meragakan bentuk dan letaknya. tukang “sunggi”/tatah wayang. digantikan oleh media. Kadang orang menyebut semua alat bantu pendidikan itu media. Alat peraga Alat peraga adalah segala macam alat yang digunakan untuk meragakan (mewujudkan. perekat dsb). guru bisa “dibantu digantikan” keberadaannya. Dengan kata lain. Lalu.) dalam pelajaran kerajinan tangan. Dengan pengertian dasar serupa itu. tentu saja jika “dibedah”). Alat pelajaran dan alat peraga membantu guru dalam mengajar. yaitu: (1) alat peraga sebenarnya. Bunga dalam materi pelajaran tentang bunga dapat diragakan oleh bunga asli. mempunyai makna sama dengan media dalam komunikasi (karena pendidikan itu juga komunikasi. bisa dengan gambar bunga. bisa dilihat (bagian dalam tubuh manusia pun bisa dilihat. di sisi lain. dari komunikator (“pembicara”) ke komunikan (yang diajak “bicara”). alat-alat pelajaran yang digunakan di TK (gunting. Oleh media. Media pendidikan Media pendidikan (media pengajaran) itu sesuatu yang agak lain sifatnya dari alat pelajaran dan alat peraga. Guru mengajarkan materi pelajaran dibantu (agar murid dapat menangkap pelajaran lebih baik) oleh alat pelajaran dan alat peraga. Alat peraga suka dibedakan menjadi dua macam.). guru bisa tidak ada di kelas. Media komunikasi merupakan perantara penyampaian pesan (messages) yang berupa informasi dan sebagainya. c. kertas lipat. bagian raga dari makhluk manusia merupakan bagian yang tampak. padahal bukan. alat-alat praktikum. alat-alat kesenian dalam pelajaran kesenian. jadi dibuat alat peraga tiruan berupa gambarnya atau “bonekanya” (torso–bahasa Belanda. arti sebenarya badan atau tubuh patung). Dalam arti luas yang tak terindera (teraba untuk yang tunanetra). b. raket. Dengan kata lain. maka yang disebut media pendidikan dapat didefinisikan 3 .” yaitu menjadikan sesuatu yang “tak terlihat” menjadi terlihat. tukang kayu.Alat pelajaran yang bukan alat rekam-merekam pelajaran. yang merupakan saluran (perantara) komunikasi. dan (2) alat peraga tiruan. Itu intinya “meragakan. Manusia punya raga (jasmani. lapangan. adalah alat-alat pelajaran olah raga (bola. Murid (dan guru) tidak bisa “melihat” pulau-pulau yang terletak di Indonesia. tukang anyam. alat-alat “pertukangan” (tukang pahat. komuniksi antara pendidik dan pedidik atau yang dididik). Alat pelajaran dan alat peraga memerlukan keberadaan guru. fisik). dsb. menjadikan terlihat) objek atau materi pelajaran (yang tidak tampak mata atau tak terindera. karena itu manusia terlihat. inti makna media adalah sesuatu (apapun) yang di dalamnya terkandung pesan (message) komunikasi. dsb. Jadi. atau susah untuk diindera).

Permasalahan dalam makalah ini adalah bagaimanakah rancangbangun SIMP tentang Sarana dan Prasarana di SMP Negeri 17 Kabupaten Tebo? C. dan dengan dana yang efisien. 2. seperti gedung. jalan menuju sekolah. Prasarana atau fasilitas disebut juga sebagai hiden curiculum dan akan berubah menjadi sarana pendidikan jika dimanfaatkan secara langsung untuk proses belajar mengajar. kebun. seperti halaman. Prasarana pendidikan Prasarana pendidikan adalah segala macam alat. A. atau bendabenda yang dapat digunakan untuk memudahkan (membuat nyaman) penyelenggaraan pendidikan. Tujuan Manajemen Sarana Dan Fasilitas Pendidikan 1. Permasalahan Agar informasi mengenai sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah dapat selalu diakses oleh stakeholder guna mendapatkan informasi yang akurat dan faktual maka perlu dibuat Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Mengenai Sarana dan Prasarana agar dari data tersebut dapat dibuat kebijakan-kebijakan yang dibutuhkan sekolah. taman. Prasarana atau fasilitas adalah segala sesuatu yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau pengajaran. khususunya proses belajar mengajar. Pembahasan SARANA DAN PRASARANA Sarana adalah segala sesuatu yang berwujud fisik maupun non fisik yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan. serta alat-alat dan media pengajaran. 2. kursi. Untuk mengupayakan pemakaian sarana dan fasilitas sekolah secara tepat dan efisien. meja. Untuk mengupayakan pengadaan sarana dan fasilitas sekolah melalui sistem perencanaan dan pengadaan yang hati-hati dan seksama. 4 . Sarana dan prasarana atau fasilitas pendidikan merupakan sesuatu yang harus dipenuhi oleh pihak penyelenggara untuk mendukung terciptanya proses pembelajaran efektif dan efisien.sebagai segala sesuatu yang berisikan pesan berupa materi pelajaran dari pihak pemberi materi pelajaran kepada pihak yang diberi pelajaran. ruang kelas. sesuai dengan kebutuhan sekolah. perlengkapan. B. sehingga sekolah memiliki sarana dan prasana yang baik.

jika dana yang tersedia tidak mencukupi untuk pengadaan semua kebutuhan yang diperlukan. Pengadaan Sarana Dan Fasilitas Pendidikan Di Sekolah a. Memadukan rencana kebutuhan dengan dana atau anggaran sekolah yang tersedia. Menampung semua usulan pengadaan perlengkapan sekolah yang diajukan oleh setiap unit kerja dan atau mengiventarisasi kekurangan perlengkapan sekolah b. Meminta sumbangan dari wali murid (komite) atau mengajukan proposal bantuan pengadaan sarana dan fasilitas sekolah ke lembaga-lembaga sosial yang tidak mengikat d.3. misalnya untuk satu triwulan. Pengadaan perlengkapan dengan cara menyewa atau meminjam ke tempat lain e. Pengadaan sarana dan fasilitas sekolah dengan cara membeli baik secara langsung maupun melalui pemesanan terlebih dahulu c. Bantuan ini sifatnya terbatas sehingga pengelola sarana dan fasilitas pendidikan di sekolah tetap harus mengusahakan dengan cara lain b. Untuk mengupayakan pemeliharaan sarana dan prasana pendidikan. atan tahun ajaran c. Dalam hal ini. Pengadaan perlengkapan sekolah dengan cara tukar menukar barang yang dimiliki dengan barang lain yang dibutuhkan sekolah Berikut adalah rancangbangun SIMP Sarana dan Prasarana yang akan diterapkan di SMPN 17 Kabupaten Tebo: SARANA DAN PRASARANA 5 . B. maka perlu diadakan seleksi terhadap semua kebutuhan perlengkapan yang telah direncanakan dengan melihat urgensi setiap perlengkapan yang diperlukan. Perencanaan Sarana Dan Fasilitas Pendidikan a. Proses Manajemen Sarana Dan Fasilitas Pendidikan 1. Memadukan rencana (daftar) kebutuhan perlengkapan yang urgen dengan dana atau anggaran yang tersedia. 2. sehingga keberadaannya selalu dalam kondisi siap pakai dalam setiap diperlukan oleh semua pihak sekolah. maka perlu diadakan seleksi lagi dengan melihat skala prioritas f. Penetapan rencana pengadaan akhir. hal ini merupakan bantuan yang diberikan pemerintah kepada sekolah. Memadukan rencana kebutuhan yang telah disusun dengan perlengkapan yang tersedia sebelumnya d. Menyusun rencana kebutuhan perlengkapan sekolah untuk periode tertentu. Semua perlengkapan yang urgen didaftar dan didahulukan pengadaannya e. Dropping dari pemerintah. semester.

Papan Tulis 4. LCD Proyektor 5. Komputer 2. Ruang Praktek/Workshop 1. Tempat Upacara F.A. Layar Proyektor D. Lemari B. Peralatan Praktek 2. Bahan-bahan praktek C. Labor Komputer 1. Tempat Parkir 6 . Scanner 4. Meja 2. Ruang Belajar : 1. Printer 3. Kantin E. Kursi 3.

000 2. DATA TANAH No.000 2.570 KETERANGAN 7 .Lampiran : Data mentah Rancangbangun SIMP tentang sarana dan sarana di suatu daerah tertentu 1. 1 2 3 4 5 6 8 DATA TANAH Luas Tanah Seluruhnya Bangunan Pekarangan Lapangan Upacara Lapangan Olahraga Jalan Lingkungan Sekolah Tanah Kosong LUAS (M2) 19.000 300 12.840 970 2.

........... Jumlah 3 1 1 1 1 7 1 1 1 1 1 1 2 1 20 4 14 65 45 16 478 120 2 16 16 64 10 - 12 - 13 2000 2836 1 18 0 0 0 6 0 0 0 8 .. DATA BANGUNAN/RUANGAN BENTUK Se mi Per Pe ma rm nen an en 5 6 1 1 1 1 7 1 1 1 1 1 1 KEADAAN S R e u Ba d s ik a a n k g 7 8 9 1 4 1 MOBILER Se da ng 11 KE T No .. BANGUNAN/RUANGA N JU ML AH LUA S (M²) Ba ik Rus ak 1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 2 Ruang Kepala Sekolah Ruang Wakasek Ruang Majelis Guru Ruang Tata Usaha Ruang BK Ruang UKS Ruang OSIS Ruang Kelas Ruang Laboratorium IPA Ruang Laboratorium Bahasa Ruang Perpustakaan Ruang Keterampilan Ruang Serbaguna WC Kepala Sekolah WC Pegawai WC Peserta Didik Rumah Penjaga Sekolah Musholla Sumur Tempat Parkir Lapangan Olahraga ....2...............

com 4. PERALATAN N O 1 1 2 3 4 5 6 JENIS ALAT 2 Alat Peraga Alat Olahraga Alat Kesenian Alat Praktik Labor Alat Audio Visual Alat Kerja Lainnya Jumlah JUML AH 3 77 32 27 336 5 12 489 KEADAAN Seda Rusa ng k 5 6 KET 7 Baik 4 77 32 27 336 5 12 489 Daftar Rujukan : 1. BUKU N O 1 1 2 3 4 JENIS BUKU 2 Buku teks utama siswa/BSE Buku sumber guru Buku pelengkap/penunjang Buku bacaan perpustakaan Jumlah JUMLAH 3 109 9 48 19 185 Baik 4 109 9 48 19 185 KEADAAN Sedan Rusak g 5 6 - 9. http://findyou. Strategi dan Implementasi SIMP.php? option=com_content&view=article&id=74:sim&catid=3:artikel&itemid=27 3.id/indek. http://www.com/2008/01/28/sistem-informasi-manajemenpendidikan-indonesia/ 6. Contoh penerapan sistem informasi dalam aktifitas manusia.net/index. http://justmaksum.com 5. Kurikulum SMPN 17 Kabupaten Tebo 2.php? option=com_content&view=article&id=97&Itemid=107 9 .2.wordpress.sch.erp-pendidikan. http://www. http://kita-bisa.spentra.

10 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->