Sel tumbuhan Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa

Ini berbeda dari jaringan hifa yang digunakan oleh fungi.Sel tumbuhan adalah bagian terkecil dari setiap organ tumbuhan. yang menjaga turgor sel dan mengontrol pergerakan molekul di antara sitosol dan getah. terutama kloroplas yang mengandung klorofil. Fitur-fitur berbeda tersebut meliputi: Vakuola yang besar (dikelilingi membran. juga merupakan dasar bagi semua struktur dan fungsi tumbuhan. Sel tumbuhan adalah penggerak dari suatu tumbuhan itu sendiri. yang dibuat dari kitin. Sel parenkim memiliki dinding primer yang tipis. tidak memiliki dinding sekunder. pigmen yang memberikan warna hijau bagi tumbuhan dan memungkinkan terjadinya fotosintesis. dan disimpan oleh protoplasma di luar membran sel. Ini berbeda dengan dinding sel fungi. . disebut tonoplas. Plastida. Plasmodesmata.berperan dalam pengangkutan di dalam tubuh tumbuhan Jaringan tanah . dan prokariotik. dan bertanggung jawab terhadap fungsi biokimia. dan sitoplasma yang sangat fungsional. dalam banyak kasus lignin.Dinding primer tipis. Sel kolenkim Sel skelerenkim [sunting] Tipe jaringan sel Arabidopsis Jaringan epidermis .Sel ini memiliki fungsi untuk menyokong berdirinya tumbuhan.jaringan paling luar yang membungkus tumbuhan Jaringan pengangkut . dapat berkembang menjadi jaringan tumbuhan yang lebih terspesialisasi. Dinding sel yang tersusun atas selulosa dan protein. Sel ini hidup saat dewasa. Sel tumbuhan cukup berbeda dengan sel organisme eukariotik lainnya. penyimpanan makanan.melakukan fotosintesis. Kelompok tumbuhan tidak berflagella (termasuk konifer dan tumbuhan berbuga) juga tidak memiliki sentriol yang terdapat di sel hewan. Parenkim . yang dibuat dari peptidoglikan. dan penyokong struktur. Daftar isi [sembunyikan] 1 Tipe sel 2 Tipe jaringan 3 Bagian 4 Pranala luar [sunting] Tipe sel Sel Parenkim . merupakan pori-pori penghubung pada dinding sel memungkinkan setiap sel tumbuhan berkomunikasi dengan sel berdekatan lainnya.

Dinding sekunder tebal. bergabung untuk menyokong bagian tumbuhan yang sedang tumbuh. Sklerenkim . [sunting] Bagian Membran sel Dinding sel Plasmodesma Vakuola Tonoplas Kristal Plastida Kloroplas Leukoplas Kromoplas Badan golgi Ribosom Retikulum endoplasma Mitokondrion Mikrotubula Mikrofilamen Lisosom Tubuh mikro Hyaloplasma Nukleus Membran nuklear Pori-pori nuklear DNA Kromatin RNA RNA duta RNA transpor .Dinding primer yang tebal. menyokong bagian tumbuhan yang tidak tumbuh.Kolenkim .

20 μM. dan biasanya mereka memiliki .Sel hewan Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Sel hewan adalah nama umum untuk sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. dan kloroplas. termasuk organelnya. Sel manusia berdiameter 10 . karena mereka tidak memiliki dinding sel. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Diagram tiga dimensi sel hewan. seperti sel tumbuhan. Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain.

vakuola yang lebih kecil.jpg Berbeda dengan sel hewan. Hal tersebut karena struktur satuan penyusun jaringan tubuhnya tidak kaku. tumbuhan mampu menghasilkan atau mensintesis makanan sendiri. sel tumbuhan memiliki beberapa kekhususan yang tidak ditemukan pada sel hewan. Tumbuhan sama sekali tidak mampu melakukan pergerakan dan bersifat menetap serta kaku. jika kamu perhatikan beberapa jenis hewan. baik invertebrate maupun vertebrata dapat melakukan pergerakan untuk berpindah-pindah dari tempat satu ke tempat lainnnya. sedangkan hewan sama sekali tidak mampu. Seekor harimau dengan sangat lentur berlari kencang mengejar mangsanya. Hal ini membuktikan bahwa komponen sel tumbuhan berbeda dengan hewan. sel hewan bervariasi bentuknya. Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan gambar:perbedaan sel hewan dan tumbuhan. 1. Dinding Sel . Karena tidak memiliki dinding sel yang keras. bahkan tidak ada. Sel manusia adalah salah satu jenis sel hewan. Perbedaan ini jelas menggambarkan bahwa komponen penyusun sel pada tumbuhan berbeda dengan penyusun sel pada hewan.

Beberapa senyawa penyusun dinding sel. Dinding sel tumbuhan berfungsi untuk melindungi. menyebabkan tumbuhan dapat berdiri tegak melawan gravitasi bumi. dan asam galakturonat. Kloroplas . Protein dan lemak Di dalam dinding sel ditemukan dalam jumlah yang sedikit.gambar:Dinding sel tumbuhan. xilosa. antara lain: a. Kutin Kutin merupakan suatu selubung atau lapisan pada permukaan atas daun atau batang dan berfungsi untuk mencegah dehidrasi akibat penguapan dan melindungi kerusakan sel akibat patogen dari luar. Hemiselulosa Hemiselulosa merupakan polisakarida yang tersusun atas glukosa. Pektin Pektin merupakan polisakarida yang tersusun atas galaktosa. Dinding sel tumbuhan banyak tersusun atas selulosa. b. Di dalam dinding sel.jpg Dinding sel hanya ditemukan pada sel tumbuhan. sehingga sel tumbuhan bersifat kokoh dan kaku atau tidak lentur seperti sel hewan. c. arabinosa. 2. e. Lignin Lignin hanya dijumpai pada dinding sel yang dewasa dan berfungsi untuk melindungi sel tumbuhan terhadap lingkungan yang tidak menguntungkan. hemiselulosa berfungsi sebagai perekat antar mikrofibril selulosa. manosa dan asam glukoronat. mempertahankan bentuknya serta mencegah kehilangan air secara berlebihan. Adanya dinding sel yang kuat. suatu polisakarida yang terdiri atas polimer glukan (polimer glukosa). d.

proses fotosintesis berlangsung sehingga organisme yang memiliki kloroplas digolongkan pada organisme autorof. yaitu membran luar dan membran dalam di antara kedua membran tersebut terdapat ruang antar membrane. ukuran dan jumlah kloroplas untuk tiap sel organisme autorof berbedabeda. dan stroma yang di dalamnya terdapat tilakoid. bagian-bagian pembangun kloroplas adalah membran luar. Tilakoid besar berbentuk saluran-saluran yang saling berhubungan dan membentuk anyaman di dalam stroma.jpg Kloroplas merupakan organel sel bermembran yang hanya ditemukan pada sel tumbuhan. Organel ini mengandung pigmen fotosintesis yang mampu melangsungkan proses fotosintesis. tilakoidnya terlepas dari membran dalam.gambar:kloroplas. misalnya Ricinus comunis dapat mencapai 400. Tilakoid kecil terbentuk seperti cakram atau uang logam yang bertumpuk membentuk suatu struktur yang dinamakan granum (jamak – grana). sehingga tumbuhan digolongkan sebagai produsen karena kemampuannya menghasilkan makanan sendiri. kandungan pigmen Iainnya. karena kemampuannya dalam menghasilkan makanan sendiri. adalah amiloplas. Kloroplas merupakan plastida yang mengandung klorofil Plastida pada sel tumbuhan ada bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda -beda. mangkuk. ruang antimembran. tilakoid stoma (tilakoid antar grana). Tilakoid besar. Kloroplas juga terbungkus oleh dua membran. leukoplas. Lebar rata-rata kloroplas adalah 2 .000 kloroplas per mm2 luas daun. dan sebagainya. Tilakoid merupakan hasil penjuluranpenjuluran membran dalam kloroplas ke arah stroma.bentuk lainnya. Tilakoid besar juga berfungsi sebagai penghubung anatargrana. jumlah kloroplas juga tergantung dari spesiesnya.4 mikrometer dan panjangnya antara 5-10 mikrometer. dan bentuk . cakram. . Berdasarkan bentuknya. Ada yang berbentuk pita. Pada umumnya diberi nama sesuai dengan fungsinya. pada klorplas yang telah dewasa. tilakoid kecil (grana). Bentuk. jika diurutkan dari luar ke dalam. kromoplas. Organel ini hanya ditemukan pada sel tumbuhan atau organisme autorof uniseluler. Pada organel ini. membran dalam.

Vakuola . Pembagian siitoplasma berlangsung setelah pembagian materi inti (kriokinesis) selesai. Lisosom banyak ditemukan pada fagosit atau sel –sel yang berfungang masuk ke dalam jaringmasuk kedalam jaringan tubuh. setelah pembagian materi inti selesai maka dinding sel baru terbentuk tanpa adanya cincin kontraktil. Pada sel tumbuhan . Sentriol http://stearnslab.stanford. misalnya lipase dan protease Organel ini berfungsi dalam proses pencernaan intraseluler.jpg Sentriol merupakan organel tak bermembran yang hanya ditemukan pada sel hewan. Lisosom Lisosom merupakan organel sel bermembran yang hanya ditemukan pada sel hewan. 4. Cincin Kontraktil Cincin kontraktil hanya ditemukan pada sel hewan. Organel ini berisi enzim hidrolitik. tepatnya pada tahap sitokinesis atau pembagian sitoplasma sel anak. Cincin kontraktil terbentuk pada saat pembelahan sel.3. Organel ini berukuran kecil . Organel ini akan memisah satu sama lain untuk membentuk gelendong pembelahan pada saat terjadi pembelahan sel.edu/centrosome. 6. 5. jumlahnya sepasang dan letaknya dekat membrane inti dalam posisi tegak lurus antar keduanya.

kromator (pigmen) dan materi inti (DNA dan RNA).pilus . Sel prokariotik tidak mempunyai membran inti dan sistem endomembran seperti retikulum endoplasma dan kompleks golgi. Pada organisme bersel satu seperti paramaecium dan Amoeba. berukuran besar yaitu hampir setengah dari volume sel. Yang termasuk sel prokariotik adalah bakteri dan alga biru. 7. Berikut bagian struktur sel bakteri Escherichia coli: . Fungsi organel ini adalah sebagai tempat menyimpan air dan cadangan makanan pada sel tumbuhan. juga ditemukan adanya organel ini. Selain itu tidak memiliki mitokondria dan kloroplas. Plasmodesmata gambar:Plasmodesmata. Plasmodesmata hanya terdapat pada tumbuhan. Vakuola pada organisme ini dinamakan vakuola kontraktil dan vakuola makanan dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan vakuola yang terdapat pada sel tumbuhan. mesosom.Vakuola sentral merupakan organel bermembran sel.jpg Plasmodesmata merupakan bentuk hubungan atau komunikasi antar sel satu dengan sel tetangganya yang terjalin karena adanya juluran membrane retikulum endoplasma sel yang satu ke sel lainnya melalui suatu celah khusus yang terbentuk di antara kedua sel yang berhimpitan. Struktur Sel Prokariotik Diposkan oleh van210 on 14 April 2008 Sel prokariotik mempunyai membran plasma. sitoplasma yang mengandung ribosom.

Sel epitel No Bagian sel Valesneria pipi Sitoplasma 1 Ada Ada Inti/nukleus 2 Ada Ada Kloroplas 3 Ada Tidak ada Dinding sel 4 Ada Tidak ada Membran 5 Ada Ada sel Dari Tabel 2. dan inti sel Elode terletak di pinggir dekat ke dinding sel. Hal ini disebabkan dibagian tengah dari sel tumbuhan terdapat adanya vakuola besar yang terletak di tengah-tengah sel (disebut vakuola sentral).2 kalian dapat mengetahui persamaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. tetapi berasal dari makanan.daerah nukleoid (DNA) .kapsul . sel tumbuhan Ditulis oleh Ameilia Siregar pada 04-10-2010 Data observasi dengan menggunakan mikroskop cahaya pada sediaan sel daun tumbuhan (Elodea sp) dan sel epitel pipi manusia diperoleh hasil sesuai Tabel 2. karena ukuran vakuolanya kecil. Perbandingan sel Elodea dan sel epitel pipi Elodea. Hydrilla.. yaitu bagian-bagian yang dijumpai pada sel Elodea dan epitel pipi (sebutkan!) Demikian juga kalian dapat mengetahui ciri-ciri khas tumbuhan. Gamet jantan pada hewan mempunyai flagel. organel yang disebut lisosom (karena ukurannya kecil maka tidak dapat diamati dengan mikroskop cahaya) berfungsi mencerna makanan yang diabsorbsi oleh sel. sedangkan pada pada tumbuhan tingkat tinggi tidak berflagel.2. Demikian juga adanya dinding sel pada sel Elodea menjadikan bentuk selnya lebih jelas dibandingkan pada sel pipi. Dengan adanya kloroplas pada sel Elodea maka tumbuhan ini dapat mensintesis makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. sedangkan pada sel hewan tidak teramati adanya vakuola sentral. Organel ini tidak dijumpai pada sel tumbuhan.ribosom . Dalam sel hewan. kloroplas.dinding sel -membran plasma . sel hewan. Organel ini umumnya tidak terdapat pada sel tumbuhan.mesosom . Karena sel hewan tidak mempunyai kloroplas (plastid) maka tidak dapat melakukan fotosintesis sehingga energi yang diperolehnya bukan dari cahaya matahari. Tabel 2.2. Apabila kita mengamati reproduksi seksual pada sel hewan dan sel tumbuhan maka pada saat proses pembelahan sel terdapat adanya sentriol dekat inti sel hewan.flagela Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan Kata Kunci: perbedaan sel. . yaitu bagian-bagian yang dijumpai pada sel Elodea tetapi tidak dijumpai pada sel epitel pipi. Jika kalian amati secara cermat.

Sel di dalam kerajaan monera seperti bakteri dan cyanobacteria (juga dikenal sebagai ganggang biruhijau) adalah prokariota.3. kira-kira ukuran dari mitokondria hewan (sekitar 1-2μm dengan diameter dan 10 pM panjang). .3. informasi genetik mereka berada dalam lingkaran melingkar yang disebut plasmid. bakteri sel-sel membagi dengan pembelahan biner. Tabel 2. Alih-alih melalui proses replikasi rumit seperti eukariota. Sel prokariotik berbeda secara signifikan dari sel-sel eukariotik. dan spiral. Sel-sel ini memiliki struktur internal yang beberapa yang dibedakan bawah mikroskop.Berdasarkan pengamatan dan keterangan tersebut. kita dapat menyebutkan perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan. bulat. Diagram dari sel prokariotik. Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan Ciri Sel Tumbuhan Sel Hewan Dinding sel Tetap Tidak ada Bentuk sel Ada Bervariasi Butir Fotosintesis Tidak ada plastida Vakuola besar Makanan Asal energi (Sentral) Lisosom Vakuola Tidak ada Ada Sentriol Tidak ada Ada Flagel Sel prokariota Sel yang tidak memiliki nukleus yang terikat membran yang disebut prokariota (dari bahasa Yunani yang berarti sebelum inti). Sel prokariotik menampilkan tiga bentuk utama: berbentuk batang. Mereka tidak memiliki inti yang terikat membran dan bukannya memiliki kromosom DNA. Perhatikan organel internal tidak mudah dibedakan. Perbedaan kedua makhluk hidup tersebut dapat dilihat pada Tabel 2. Sel bakteri sangat kecil.

dan molekul polar yang sangat kecil (air. bakteri yang terlibat dalam siklus hara banyak seperti siklus nitrogen. Juga. agen fermentasi. . sel-sel prokariotik menikmati beragam fungsi metabolisme. Mereka melayani sebagai dekomposer. Sebagai contoh.Bakteri melakukan banyak fungsi penting di bumi. Tidak seperti sel eukariotik yang bergantung pada oksigen untuk metabolisme mereka. Molekul yang dapat melewati membran sel antara lain ialah molekul hidrofobik (CO2. O2). yang mengembalikan nitrat ke dalam tanah untuk tanaman. etanol). Contoh Sel Prokariotik Hak Cipta Daniel Kunkel Hak Cipta Daniel Kunkel C opyright Daniel Kunkel Transport Pada Sel Sistem transpor membran Salah satu fungsi dari membran sel adalah sebagai lalu lintas molekul dan ion secara dua arah. beberapa bakteri menggunakan sulfur bukan oksigen dalam metabolisme mereka. dan memainkan peran penting dalam sistem pencernaan kita sendiri.

Membran Plasma Banyaknya molekul yang masuk dan keluar membran menyebabkan terciptanya lalu lintas membran. ion. yaitu dengan transpor pasif untuk molekul-molekul yang mampu melalui membran tanpa mekanisme khusus dan transpor aktif untuk molekul yang membutuhkan mekanisme khusus. Materi genetiknya (DNA) terkonsentrasi pada suatu daerah yang disebut nukleoid. Sel prokariotik tidak memiliki nukleus. Sel Prokariotik.Sementara itu. Sel Prokaryotik . tetapi tidak ada membran yang memisahkan daerah nukleoid ini dengan bagian sel lainnya. molekul lainnya seperti molekul polar dengan ukuran besar (glukosa). pro yang berarti “sebelum” dan karyon yang artinya “kernel” atau juga disebut nukleus. Lalu lintas membran digolongkan menjadi dua cara. Kata prokariota (prokaryote) berasal dari bahasa Yunani. dan substansi hidrofilik membutuhkan mekanisme khusus agar dapat masuk ke dalam sel.

Eukariot memiliki kromosom > 1. Eukariot tidak memiliki operon. osmosis. materi inti tersebar dlm sitoplasma krn tdk mempunyai membran inti. sedang prokariot tidak mempunyai inti yang sebenarnya. berbentuk sirkuler. sedang pada Prokariot regulasi sintesis protein lebih sederhana. sedang Prokariot tidak memiliki intron. Pada Eukariot transkripsi lebih rumit dikarenakan akses RNA polymerase terhadap DNA lebih lamah akibat DNA dikemas secara kompak dengan protein histon. Klik Penjelasan mengenai sel Transpor pasif Transpor pasif merupakan suatu perpindahan molekul menuruni gradien konsentrasinya. Pada Eukariot transkripsi terjadi di inti dan translasi terjadi di sitoplasma. sedang Prokariot hanya memiliki kromosom tunggal. Eukariot memiliki DNA yang lebih kompleks. Transpor pasif ini bersifat spontan. eu berarti “sebenarnya”dan karyon berarti nukleus. Difusi. Eukariotik mengandung pengertian memiliki nukleus sesungguhnya yang dibungkus oleh selubung nukleus. Pada Eukariot regulasi sintesis proteinnya lebih kompleks. lebih sedikit mengandung pasangan basa nukleotida. hanya ekson. lebih banyak mengandung pasangan basa nukleotida. prokariot ada operon. Eukariot memiliki intron dan ekson. sedang pada Prokariot transkripsi dan translasi dapat terjadi secara simultan. Difusi terjadi akibat gerak termal yang meningkatkan entropi atau ketidakteraturan sehingga menyebabkan . sedang pada Prokariot transkripsi terjadi lebih sederhana. Keduanya tidak dapat dilakukan secara bersamaan. dan difusi terfasilitasi merupakan contoh dari transpor pasif.Sedangkan sel eukariotik. Sel Eukaryotik Perbedaan Sel Eukariot dan Prokariot Eukariot mempunyai real nucleus krn materi inti dilingkupi oleh membran inti. sehingga harus digulung pada protein histon (ada histonnya). sedang Prokariot memiliki DNA yang lebih sederhana.

b. Contoh yang sederhana adalah pemberian gula pada cairan teh tawar. c. difusi sederhana. maka jumlah carrier akan habis berikatan dengan bahan tersebut sehingga pada saat itu kecepatan difusi menjadi maksimal (Vmax). transport dengan fasilitas. Transport pasif terjadi tanpa memerlukan energi sedangkan transport aktif memerlukan energi. Jika konsentrasi bahan ini terus ditingkatkan. dan ikatan ini akan membuka channel tertentu untuk membawa ikatan ini ke dalam sel. Osmosis adalah suatu topik yang penting dalam biologi karena fenomena ini dapat menjelaskan mengapa air dapat ditransportasikan ke dalam dan ke luar sel. Contoh lain adalah uap air dari cerek yang berdifusi dalam udara Osmosis Adalah perpindahan air melalui membran permeabel selektif dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. tapi dapat dihambat secara buatan dengan meningkatkan tekanan pada bagian dengan konsentrasi pekat menjadi melebihi bagian dengan konsentrasi yang lebih encer. Pada difusi sederhana hal ini tidak terjadi.campuran yang lebih acak. transport lewat ion channel. Difusi_Terfasilitas Transport dengan cara difusi fasilitas mempunyai perbedaan dengan difusi sederhana yaitu difusi fasilitas terjadi melalui carrier spesifik dan difusi ini mempunyai kecepatan transport maksimum (Vmax). Yang termasuk transport pasif adalah : a. Transport Lintas Membran Proses transport melalui membran terjadi melalui 2 mekanisme. Lambat laun cairan menjadi manis. yang mengakibatkan gradien tekanan sepanjang membran. Membran semipermeabel harus dapat ditembus oleh pelarut. yaitu transport aktif dan transport pasif. makin banyak bahan kecepatan transport bahan maakin meningkat tanpa batas. Ion channel ini mempunyai sifat yang sangat . Suatu bahan yang akan ditransport lewat cara ini akan terikat lebih dahulu dengan carrier protein yang spesifik. Transport_Ion_Channel Transport lewat ion channel khusus bagi ion-ion yang sulit ditransport secara difusi akibat muatan listriknya. Difusi Adalah peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Osmosis merupakan difusi pelarut melintasi membran selektif yang arah perpindahannya ditentukan oleh beda konsentrasi zat terlarut total (dari hipotonis ke hipertonis). Difusi akan berlanjut selama respirasi seluler yang mengkonsumsi O2 masuk. tapi tidak oleh zat terlarut. Difusi terfasilitasi juga masih dianggap ke dalam transpor pasif karena zat terlarut berpindah menurut gradien konsentrasinya. Osmosis merupakan suatu fenomena alami. Gaya per unit luas yang dibutuhkan untuk mencegah mengalirnya pelarut melalui membran permeabel selektif dan masuk ke larutan dengan konsentrasi yang lebih pekat sebanding dengan tekanan turgor.

Contoh protein yang terlibat dalam transpor aktif ialah channel protein dan carrier protein. Transport Passif dan Aktif Transpor aktif Merupakan kebalikan dari transpor pasif dan bersifat tidak spontan. Pada Na-K pump. 3 Na akan dipompa keluar sel sedang 2 K akan dipompa kedalam sel. serta ionophore Transport aktif terbagi atas transport aktif primer dan sekunder.selektif dan terbukanya channel tersebut akibat potensial listrik sepanjang membran sel dan melalui ikatan channel dengan hormon atau neurotransmitter. 3 ion Na akan ditransport kedalam sel . Transpor aktif membutuhkan bantuan dari beberapa protein. Misalnya pada Na-Ca exchange dan Na-H exchange. ca akan dipompa keluar sel agar konsentrasi Ca dalam sel rendah. masuknya ion Na ke dalam sel akan menyebabkan bahan lain ditransport keluar. Pada Ca pump. Carrier Ionophore Transport sekunder co-transport Pada transport sekunder co-transport . Sehingga glukosa atau asam amino ditransport secara transport aktif sekunder co-transport Transport sekunder counter-transport Pada proses counter transport/exchange. Transport aktif sekunder juga terdiri atas co-transport dan counter transport (exchange). Transport aktif primer memakai energi langsung dari ATP. meskipun asam amino atau glukosa di dalam sel konsentrasinya lebih tinggi dari luar sel. Arah perpindahan dari transpor ini melawan gradien konsentrasi. Pada Na-Ca exchange. glukosa atau asam amino akan ditransport masuk dalam sel mengikuti masuknya Natrium. misalnya pada Na-K pump dan Ca pump. tetapi asam amino atau glukosa ini memakai energi dari Na (akibat perbedaan konsentrasi Na). Natrium yang masuk akibat perbedaan konsentrasi mengikutkan glukosa atau asam amino ke dalam sel.

Na-H exchange terutama berperan mengatur konsentrasi ion Na dan Hidrogen dalam tubulus proksimal ginjal.untuk setiap 1 ion Ca yang ditransport keluar sel. hal ini untuk menjaga kadar Ca intrasel. sehingga turut mengatur pH dalam sel . khususnya pada otot jantung sehingga berperan pada kontraktiitas jantung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful