MAKALAH PROSES PEMBUATAN TAPAI SINGKONG

MATA PELAJARAN BIOLOGI GURU PEMBIMBING Hj. SHOFI ASIFAH, S.Pd

Oleh:
Alif Hurial V.H. Amanda Legyana Nida Urrahmah Trastian Satria W.
(01)

(02) (17) (23)

SMP NEGERI I MOJOKERTO KELAS IX B 2010/2011

Sebagian besar tapai yang ada di Indonesia dibuat dari fermentasi beras ketan (Oryza sativa glutinosa) atau singkong (Manihot esculenta). contohnya tapai pulut (Malaysia). 2. chao (Kamboja). sedangkan masyarakat Jawa Timur lebih sering menyebutnya tape telo. Masyarakat Jawa Barat lebih mengenal tapai singkong dengan sebutan peuyeum. dan yang paling penting adalah membuat badan hangat B. Maka dari itu tapai tidak luput dari ilmu bioteknologi. Makanan ini memiliki nama lokal yang berbeda beda di setiap negara. 4. Contoh dalam bidang kesehatan adalah mengurangi kemungkinan terkena anemia. Tapai juga dikenal di kawasan Asia. Latar Belakang Tapai (sering dieja sebagai tape) adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang dihasilkan dari proses peragian (fermentasi) bahan pangan berkarbohidrat. basi binubran (Filipina). 3. Pengertian Tapai Pengertian Bioteknologi Mikroorganisme Dalam Proses Pembuatan Tapai Singkong Proses Pembuatan Tapai Singkong Pengaruh Konsumsi Tapai Bagi Kesehatan . seperti singkong dan ketan. dan khaomak (Thailand).BAB I PENDAHULUAN A. Rumusan Masalah Dari latar belakang diatas maka kami memunculkan rumusan masalah sebagai berikut : 1. 5. terutama Asia Tenggara. menghindari timbulnya jerawat. Tapai memiliki berbagai khasiat mulai dari bidang kesehatan maupun dalam bidang ekonomi. lao-chao atau chiu niang (Cina).

serta pemuliaan dan reproduksi hewan.BAB II PEMBAHASAN 1. dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim. Sebagian besar tapai yang ada di Indonesia dibuat dari fermentasi beras ketan (Oryza sativa glutinosa) atau singkong (Manihot esculenta). Tapai bentuknya beragam tergantung dari bahan utamanya seperti tapai yang dibuat dari bahan singkong disebut tapai singkong. Bioteknologi secara sederhana sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Dengan alat ini. produksi antibiotik maupun vaksin dapat dilakukan secara massal. dan insulin walaupun masih dalam jumlah yang terbatas akibat proses fermentasi yang tidak sempurna. Dimana Reaksi fermentasi ini dilakukan oleh ragi. maupun keju yang sudah dikenal sejak abad ke-19. fungi. . dll. perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi semata. Sampai saat ini. alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. atau sukrosa) Alkohol (etanol) + Karbon dioksida + Energi (ATP) 2. roti. pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas-varietas baru di bidang pertanian. Sebagai contoh. penerapan bioteknologi di masa lalu dibuktikan antara lain dengan penemuan vaksin. fruktosa. Perubahan signifikan terjadi setelah penemuan bioreaktor oleh Louis Pasteur. kimia. virus. antibiotik. di bidang teknologi pangan adalah pembuatan bir. dan lain sebagainya. komputer. Di bidang medis. seperti biokimia. matematika. bioteknologi adalah ilmu terapan yang menggabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa. Dengan kata lain. Persamaan Reaksi Kimia : C6H12O6 2C2H5OH + 2CO2 + 2 ATP (Energi yang dilepaskan:118 kJ per mol) Dijabarkan sebagai Gula (glukosa. mikrobiologi. tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain. seperti singkong dan ketan. biologi molekular. Pengertian Bioteknologi Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri. Pengertian Tapai Tapai adalah salah satu makanan yang berkembang pesat di Indonesia. dan digunakan pada produksi makanan. Tapai (sering dieja sebagai tape) adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang dihasilkan dari proses peragian (fermentasi) bahan pangan berkarbohidrat. genetika.

Setelah matang.Sendok & Garpu Bahan : 1. Inilah yang menyebabkan aroma alkoholis pada tape 4.Singkong 1/2 kg Proses: 1. dan Bacillus sp. Pichia burtonii. masukkan air ke dalam panci samapai kira kira terisi seperempat lalu panaskan hingga mendidih. seperti tempe atau minuman alkohol. Tape dibuat dari beras. Mikroorganisme dari kelompok kapang akan menghasilkan enzim-enzim amilolitik yang akan memecahkan amilum pada bahan dasar menjadi gula-gula yang lebih sederhana (disakarida dan monosakarida). Berdasarkan uraian di atas. Kemudian khamir akan merubah sebagian gula-gula sederhana tersebut menjadi alkohol.Ragi yang telah dihaluskan 4.Kompor 4.Pisau 8. Cuci hingga bersih singkong yang telah dipotong. 2. Mikroorganisme Dalam Proses Pembuatan Tapai Tape merupakan makanan fermentasi tradisional yang sudah tidak asing lagi. Kedua kelompok mikroorganisme tersebut bekerja sama dalam menghasilkan tape. khamir Saccharomycopsis fibuligera. Sementara menunggu singkong kering. dan Candida utilis. atau dari singkong (ketela pohon). Kupas singkong dan kikis bagian kulit arinya hingga kesat. Mucor sp.Baskom 2. angkat singkong yang telah ¾ masak lalu taruh di suatu wadah. Berbeda dengan makanan-makanan fermentasi lain yang hanya melibatkan satu mikroorganisme yang berperan utama. Wadah itu terdiri dari baskom yang bawahnya dilapisi dengan daun pisang. . Saccharomyces cerevisiae. pembuatan tape melibatkan banyak mikroorganisme. 6.. dapat disimpulkan mikroorganisme yang terdapat di dalam ragi tape adalah kapang Amylomyces rouxii. 3. Saccharomycopsis malanga.Panci Kukus 5. Proses tersebut sering dinamakan sakarifikasi (saccharification).Kain Lap 3. Siapkan semua bahan.Daun pisang 3.Penyaring 6. serta bakteri Pediococcus sp. Sambil mengipas ngipas. Proses Pembuatan Tapai Singkong Alat : 1.Air secukupnya 2.Piring 7. kira kira ketika daging singkong sudah bisa ditusuk dengan garpu. beras ketan. lalu kukus hingga singkong ¾ matang. dan Rhizopus sp. 5.. Potong singkong yang telah dikupas sesuai keinginan. 7.3. Setelah air mendidih masukkan singkong ke dalam panci kukus. teman satu kelompok kami menyiapkan wadah sebagai tempat untuk mengubah singkong menjadi tape. 4. kemudian didinginkan 8.

Setelah singkong ditutupi dengan daun pisang. dan sistem pencernaan agar dapat berfungsi dengan . mak kami telah membuat bagan sebagai berikut: Singkong Dikupas Dipotong-potong Dicuci Dikeringkan Dikukus Didinginkan Lapisi wadah dengan daun pisang Masukkan singkong Beri ragi Tutup yang rapat Peram selama 1-2 hari Tape 5. Setelah singkong benar benar dingin. Keunggulan Fermentasi tapai dapat meningkatkan kandungan Vitamin B1 (tiamina) hingga tiga kali lipat. Dari tahap-tahap dalam proses pembuatan tapai dengan bahan singkong. sel otot. Pengaruh Konsumsi Tapai Bagi Kesehatan 1. diamkan selama 1-2 hari hingga sudah terasa lunak dan manis. Saat itulah singkong telah menjadi tape. Singkong ini harus benar benar tertutup agar mendapatkan hasil yang maksimal.9. Singkong yang telah diberi ragi ini kemudian ditutup kembali dengan daun pisang. masukkan singkong ke dalam wadah lalu taburi dengan ragi yang telah dihaluskan dengan menggunakan saringan 10. 11. Vitamin ini diperlukan oleh sistem saraf.

00 gram 33. karena meningkatkan jumlah bakteri dalam tubuh dan mengurangi jumlah bakteri jahat. 2. penduduknya rentan menderita anemia. Kelemahan Konsumsi tapai yang berlebihan dapat menimbulkan infeksi pada darah dan gangguan sistem pencernaan. KOMPONEN Kalori Air Phosphor Karbohidrat Kalsium Vitamin C Protein Besi Lemak Vitamin B1 Total KADAR 146.20 gram 0. Produk fermentasi ini diyakini dapat memberikan efek menyehatkan tubuh. Konsumsi tapai dalam batas normal diharapkan dapat mereduksi aflatoksin tersebut.30 gram 0. Cairan tapai dan tapai ketan diketahui mengandung bakteri asam laktat sebanyak ± satu juta per mililiter atau gramnya. Selain itu. Di beberapa negara tropis yang mengkonsumsi singkong sebagai karbohidrat utama. tapai dapat digolongkan sebagai sumber probiotik bagi tubuh.00 kal 62. Hal ini dikarenakan singkong mengandung sianida yang bersifat toksik dalam tubuh manusia. Selain itu singkong adalah sumber karbohidrat utama selain nasi. beberapa jenis bakteri yang digunakan dalam pembuatan tapai berpotensi menyebabkan penyakit pada orang-orang dengan sistem imun yang .50 gram 40. Toksik ini banyak kita jumpai dalam kebutuhan pangan sehari-hari. Konsumsi tapai dapat mencegah terjadinya anemia karena mikroorganisme yang berperan dalam fermentasinya mampu menghasilkan vitamin B1. Aflaktosin merupakan zat toksik atau racun yang dihasilkan oleh kapang. seperti kecap.00 mg 1. Karena mengandung berbagai macam bakteri baik yang aman dikonsumsi. Kelebihan lain dari tapai adalah kemampuannya tapai mengikat dan mengeluarkan aflatoksin dari tubuh.00 mg 34.70 mg 0. terutama sistem pencernaan. terutama Aspergillus flavus.00 mg 30.06 mg 75 Dari tabel diatas kita akan tahu bahwa singkongg adalah sumber karbohidarat.baik. Berikut adalah tabel yang akan menunjukkan komposisi singkong per 100 gram.

konsumsi tapai perlu dilakukan secara terkendali dan pembuatannya serta penyimpanannya pun dilakukan dengan higienis.terlalu lemah seperti anak-anak balita. kaum lanjut usia. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut. . atau penderita HIV.

3. sehingga singkong akan menjadi lunak. 2. Dalam pembuatan tape. tape terasa manis apabila sudah matang walaupun tanpa diberi gula sebelumnya. jamur tersebut akan merubah glukosa menjadi alkohol. jamur ragi akan memakan glukosa yang ada di dalam singkong sebagai makanan untuk pertumbuhannya. . ragi (Saccharomyces cereviceae) mengeluarkan enzim yang dapat memecah karbohidrat pada singkong menjadi gula yang lebih sederhana. Pada proses pembuatan tape. Oleh karena itu.BAB III KESIMPULAN 1. Pembuatan tape termasuk dalam bioteknologi tradisional karena masih menggunakan cara-cara yang terbatas.

org/wiki/Tapai 3.org/wiki/Bioteknologi 4. http://id.klipingku.DAFTAR PUSTAKA Browsing dari : 1.com/doc/46658075/Makalah-TapeSingkong 2.wikipedia.com/2009/10/tips-memilih-ragi/ . http://www. http://www.scribd. http://id.wikipedia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.