1. Apa yang dimaksud dengan Wide Area Network (WAN) ? 2.

Jelaskan komponen pembentuk Wide Area Network (WAN) ? 3. Jelaskan tiga jenis koneksi WAN ! 4. Apa yang dimaksud dengan Protokol WAN, berikan contohnya ! 5. Jelaskan dua metoda autentikasi yang disediakan oleh PPP ! 6. Jelaskan keunggulan CHAP dibanding PAP pada implementasi koneksi PPP ! 7. Tuliskan topologi fisik yang dapat dibentuk untuk mengimplementasikan jaringan Frame Relay ! 8. Apa yang dimaksud dengan Virtual LAN (VLAN) ? 9. Apa yang dimaksud dengan Virtual Private Network (VPN) ? 10. Sebutkan beberapa protokol tunneling yang dapat digunakan pada VPN ! 11. Tuliskan prinsip yang digunakan dalam melakukan diagnosa permasalah pada WAN ! 12. Tuliskan hal yang harus diperhatikan dalam upaya menjaga kehandalan kualitas koneksi jaringan komputer ! 13. Mengapa perbaikan masalah pada koneksi jaringan komputer harus memperhatikan down time ? 14. Jelaskan konsep perbaikan pada metode Bottom Up, Top Down dan Divide and Conquer ! 15. Dari tiga metode perbaikan yang disajikan, menurut anda mana metode yang lebih efektif digunakan untuk perbaikan koneksi host yang tidak dapat terhubung internet, setelah sebelumnya memiliki koneksi yang relatif stabil. Berikan argumen anda untuk hal ini ! Jawaban 1. WAN (Wide Area Network) merupakan infrastruktur yang dapat melayani penggunaan aplikasi komunikasi data antar host yang secara geografis tidak terbatas, selanjutnya aplikasi yang berjalan didalamnya dikenal dengan istilah Internet. 2. - Customer Premises Equipment (CPE), yaitu peralatan yang dimiliki dan berada di lokasi pelanggan. - Data Terminating Equipment (DTE), yaitu perangkat (dapat berupa perangkat tunggal atau berupa sistem) yang berfungsi untuk mengakses jaringan publik yang berada di lokasi pelanggan - Local Loop, yaitu jalur yang menghubungkan demarcation dengan lokasi switch yang berada di lokasi Central Office terdekat. - Data Circuit Terminating Equipment (DCE), yaitu perangkat (dapat berupa perangkat tunggal atau berupa sistem) yang berfungsi untuk membagi akses jaringan publik kepada pelanggan.

termasuk didalamnya pengaturan untuk pengamanan pembentukan link . Penerapan konfigurasinya dilakukan pada router yang keduanya terhubung pada internetwork dengan menggunakan protokol yang sama untuk keperluan VPN..Dedicated Point to Point. terlebih dahulu harus dilakukan proses pembentukan koneksi dengan melakukan prosedur call setup. karena sebelum pengiriman data di enkripsi terlebih dahulu 7.Menetapkan kemampuan dasar jaringan komputer pada saat konfigurasi awal. .Menetapkan masalah 12. L2TP. . . Full Mesh. Pada teknik ini. SOCKS 11. Central Office juga biasa di sebut dengan istilah Point Of Presents (POP). sebelum pengiriman data dilakukan.Lapisan Network bertugas memberikan layanan traffic menggunakan NCP (Network Control Protocol) dan memberikan layanan traffic secara logika dengan menggunakan protocol IP. yaitu perangkat yang menghubungkan pelanggan ke jaringan switching milik provider.Packet Switching.Menyiapkan langkah perbaikan yang efektif dan tools yang digunakan dalam melakukan perbaikan koneksi jaringan komputer. 10. 3. Virtual Private Networks (VPN) merupakan solusi untuk membuat koneksi LAN melalui internetwork.Adanya prosedur yang baku pada jaringan komputer .. 6. .Lapisan Datalink bertugas untuk memberikan encapsulasi untuk koneksi WAN.Central Office. Virtual LAN (VLAN) adalah sebuah konsep yang menggabungkan beberapa broadcast domain menjadi satu collision domain.. Start. .Perawatan jaringan dilakukan secara berkala . 4. Teknik ini adalah metode WAN switching yang mengijinkan user untuk membagi bandwidth dengan pengguna lain untuk menghemat biaya. IPSec.Circuit Switching. Karena ketika dilakukan perbaikan atau setting ulang jaringan. Keunggulan CHAP dibanding PAP adalah CHAP lebih aman. .Adanya data perawatan atau dikenal dengan data Maintenance Repair (MR) 13. Koneksi ini tidak memerlukan proses call setup terlebih dahulu ketika hendak mengirimkan data antar DTE. PPTP. . 5. L2F. Aturan ± aturan atau tata cara yang digunakan dalam melaksanakan pertukaran data dalam sebuah jaringan berbentuk WAN. IPX dan protocol layer 3 lainnya. user mendapat banyak kerugian akibat terputusnya koneksi. Partial Mesh 8. . 9. ..

selanjutnya identifikasi dilakukan ke lapisanlapisan diatasnya.14. Dengan begitu dapat meminimalisir waktu yang diperlukan dalam perbaikan koneksi . sampai penyebab masalah diketahui. . .Bottom Up adalah metode perbaikan yang dimulai dari identifikasi pada komponen (lapisan) fisik.Top Down adalah metode perbaikan yang identifikasinya dan perbaikan dilakukan dari lapisan teratas kemudian bergerak turun ke lapisan dibawahnya. .Divide and Conquer adalah metode perbaikan yang hanya dilakukan pada lapisan yang diyakini bermasalah 15. sampai penyebab masalah dapat ditemukan. karena metode ini dilakukan hanya pada lapisan yang diyakini bermasalah saja. Menurut saya dari ketiga metode tersebut yang paling efektif untuk perbaikan koneksi host yang tidak dapat terhubung internet adalah Devide and Conquer.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful